Senin, Februari 28, 2022

RAHASIA RESEP SIRLOIN STEAK EMPUK DAN LEZAT / ANEKA SAUS PELENGKAP STEAK / KUMPULAN RESEP STEAK POPULER / USAHA KULINER STEAK RUMAHAN / RESEP PRAKTIS STEAK SAPI

Daging sirloin yang empuk memang cocok diolah menjadi steak dengan waktu masak yang singkat. Tambahan saus jamur sebagai pelengkap membuat steak ini sangat istimewa. Resep/foto/dapur uji: Budi Sutomo.

Video masak dari budiboga bisa di tonton di channel youtube budiboga official, yuk subcribe !


Sirloin Steak Saus Jamur

Bahan:

5 potong daging sirloin @ 200 g

3 sdm saus inggris (worchestershire sauce)

5 sdm margarin

½ sdt garam halus

1 sdt lada halus

Suas Jamur:

50 g jamur kancing, cicang

40 g bawang bombay, cincang

1 sdm margarin

½ sdm tepung terigu

1 sdm krim kental (double cream)

200 ml kaldu sapi

2 sdm saus inggris (worchestershire sauce)

1 sdt mustard

½ sdt lada halus

¼ sdt garam halus

Pelengkap:

Kentang goreng

Setup wortel

Setup kacang polong

Cara Membuat:

1.    Campur kecap inggris dengan lada dan garam, aduk rata. Tuang campuran bumbu ke dalam potongan dagiing, aduk rata. Diamkan 30 menit agar bumbu meresap. Tiriskan.

2.    Panaskan margarin dalam wajan steak atau wajan datar tebal anti lengket. Masak daging, sambil di bolak balik masing-masing sisinya sekitar 4 menit atau hingga matang. Angkat.

3.    Atur di dalam piring saji, siram dengan saus jamur, kentang goreng dan setup sayuran sebagai pelengkap. Sajikan.

4.    Saus Jamur: Panaskan margarin dalam wajan bekas menggoreng steak, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan tepung terigu, aduk rata. Tuang kaldu dan krim kental. Bumbui dengan mustard, kecap inggris, lada, dan  garam. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih.  Masukkan jamur, masak kembali hingga tekstur saus mengental dan jamur matang. Angkat. Sajikan sebagai pelengkap steak.

Untuk 5 Porsi

Tip: Krim kental atau double cream (thick cream)  adalah kepala susu atau lemak susu, krim ini mengandung lemak 40-48% dan akan memberikan rasa gurih pada masakan. Krim kental juga bisa dikocok hingga mengental sebagai hiasan cake.