Membuat Manisan Buah Pala


Kulit buah pala merupakan limbah, namun dengan sedikit kreatifitas, kulit buah pala bisa diolah menjadi manisan basah atau kering. Dengan diolah menjadi manisan, kulit buah pala berubah menjadi makanan yang lezat dan bernilai ekonomi tinggi. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Bahan:
1 kg kulit buah pala, kupas dan potong bentuk bunga atau sesuai selera
1 lt air matang
2 sdt air kapur sirih
3 sdt garam halus
½ sdt vanili bubuk
1 sdt asam sitrat
1 kg gula pasir
¼ sdt natrium benzoat
Cara Membuat:
1. Cuci buah pala yang telah dikupas dan dibentuk hingga bersih. Campur garam dapur dengan ½ lt air matang, aduk rata. Rendam potongan buah pala di dalam larutan garam selama 4 jam. Angkat, tiriskan.

2. Larutkan air kapur sirih dengan ½ lt air matang. Rendam kembali potongan pala di dalam larutan air kapur selama 3 jam. Angkat, cuci bersih, tiriskan.

3. Didihkan gula dengan 1 lt air, masak hingga mendidih dan teksturnya menjadi agak mengental. Masukkan vanili, natrium benzoat dan asam sitrat, aduk rata.

4. Masukkan potongan buah pala ke dalam larutan gula, masak selama 1 menit. Angkat, dinginkan.
Masukan rendaman buah pala dalam sirup gula ke dalam kulkas dan diamkan selama 2 hari. Masukkan manisan beserta cairan perendam ke dalam kemasan dan manisan buah pala siap dipasarkan.
Untuk 1 kg

Komentar

Posting Komentar

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

EUPHORBIA, Bunga Cantik Pembawa Hoki