Friday, September 03, 2021

MEMULAI YOUTUBE MASAKAN - APA SAJA SARATNYA MENJADI YOUTUBER - APA SAJA KEPERLUANYA - SUKA DUKA YOUTUBER MASAKAN - YOUTUBE BUDIBOGA OFFICIAL

Memulai merintis channel youtube masakan profesional memang diperlukan banyak hal yang perlu disiapkan. Namun dengan dana dan alat seadanya, kita juga bisa membangun channel youtube yang baik dan diminati banyak orang. Seperti channel youtube kami BUDIBOGA OFFICIAL dengan alat dan dana yang tidak terlalu besar, bisa mebuat channel youtube yang layak untuk ditonton dan semoga bermanfaat. Simak tip menjadi yotuber masakan pemula berikut;

1. Niat dan Kerja Keras, memulai menjadi youtuber masakan, yang pertama harus memiliki niat dan tekad yang kuat serta harus bekerja keras. Keinginan membagikan resep terbaik yang telah lolos dapur uji menjadi sarat wajib agar resep yang dibagikan tidak gagal jika dipraktekan oleh pemirsa channel kita.

Kerja keras itu pasti, karena untuk membuat video masakan tidaklah mudah, memerlukan persiapan dan waktu memasak yang cukup lama. Apalagi untuk hasil  video yang baik secara visual.

2. Mulai Saja Dulu. Jika niat sudah ada, kita mulai saja dulu dengan alat masak dan peralatan syuting yang seadanya. Meskipun hanya bermodalkan camera HP, kita bisa menghasilkan video yang baik dan layak tayang. apalagi saat ini sudah banyak aplikasi penunjang editing video yang mudah digunakan.

3. Rencanakan Resep. Sebelum memulai syuting memasak, kita harus sudah membuat perencanaan resep dengan baik, tentukan resep yang akan dibuat, pastikan ukuran bahan dan cara membuat sudah di kosep dengan baik. Agar dalam pelaksanaan syuting berjalan dengan lancar, seperti tidak ada bahan yang tidak tersedia atau step pembuatan yang salah. 

4. Siapkan Alat dan Bahan. Sebelum mulai syuting, alat masak dan bahan harus sudah siap. Tidak perlu dapur lengkap, alat masak yang mahal dan bahan yang mewah. Dengan alat seadanya yang sudah ada di dapur kita, dan bahan yang murah, kita tetap bisa membuat video dengan hasil yang baik. Pastikan metode pembuatan direncanakan yang baik, alat dan bahan disapkan, tentu akan menghasilkan masakan berkualitas dan layak di share ke pemirsa.

5. Alat Syuting dan Lighting. Jika tidak memiliki camera yang mumpuni, gunakan saja kamera HP. Pencahayaan atau perkakas lighting yang biasanya lumayan mahal. Bisa diakali dengan syuting di dekat jendela dapur atau di ruang terbuka. lakukan syuting di siang hari, cahaya matahari cukup untuk memberikan visual yang bagus pada hasil video tanpa perlu membeli peralatan lighting yang mahal. Jadi lakukan syuting di siang hari.

6. Edit Video. Mengedit video tidak perlu memakai aplikasi edit video berbayar yang mahal. Banyak aplikasi edit video gratisan di playstore yang bagus dan gratisan. Manfaatkan secara maksimal.

7. Upload dan Beri Judul yang Menarik. Meskipun video sederhana, dengan judul yang menarik, thumbnail yang relevan, akan menarik orang untuk mengklik video kita. Jangan lupa tambahkan hastag tanda pagar dengan kata kunci yang banyak dicari orang sehingga memungkinkan video kita lebih banyak ditemukan google search engine atau di pencarian youtube.

8. Semangat Berbagi. Jangan terlalu terobsesi dengan jumlah penonton, jumlah follower dan penghasilan uang memalui google adsense. Bagikan saja video terbaik, upload secara berkala. Dengan sendirinya  channel youtube anda akan berkembang, subcriber akan naik dan channel youtube otomatis akan memenuhi sarat monetisasi dan menghasilkan uang. 

9. Promsikan Dijejaring Sosial. Untuk meningkatkan jumlah viewers channel kita. Promosikan secara berkala di jejaring sosial seperti facebook, instagram, twitter, grup whatsapp dll. Dengan cara ini sangat membantu menaikan jumlah viewers dan subcriber di channel youtube kita.

Selamat Berkarya dan Berbagi!

BUDIBOGA OFFICIAL