Monday, July 18, 2011

Sushi Gulung Salmon

Jika ditilik dari arti  Huruf Kanji Jepang, sushi artinya makanan yang asam. Dalam perkembangannya, sushi ditambahkan nasi, yang disebut naresushi. Saat ini, sushi menjadi beragam bentuk seperti nigirisushi, atau sushi yang atasnya  diberi potongan ikan mentah. Hakosushi yaitu nasi sushi yang diisi dan dibentuk dengan cetakan segi empat.  Makisushi atau sushi gulung dengan beragam isi. Inarisushi, ini sushi yang dimasukkan ke dalam kantung tahu dan temakisushi, yaitu nasi sushi yang digulung dengan nori membentuk kerucut.
Sushi umumnya dimakan menggunakan dengan sumpit. Saat paling tepat menyajikan sushi adalah sesaat setelah dibuat, mengingat sushi biasanya menggunakan bahan segar dan mudah rusak, seperti potongan ikan salmon segar atau telur ikan segar. Menikmati sepotong sushi paling cocok disajikan dengan kecap jepang/japanese soy sauce  (shoyu), wasabi dan acar jahe. Resep/Dapur Uji/Food Stylist: Budi Sutomo.

Roll Sushi (Makisushi )

Bahan:
3 lembar nori (lembaran rumput laut kering)
200 g beras Jepang butir pendek
400 ml air
5 helai kombu (gangang laut kering)
1 sdt  mirin (arak beras)
1 sdm gula pasir
½ sdt garam halus
Isi:
100 g fillet ikan salmon, potong balok panjang
100 g daging kepiting sintetis (crab stick)
2 buah telur, buat dadar tebal, potong balok panjang
4 sdm tobiko (telur ikan terbang yang berwarna oranye)
Pelengkap Penyajian:
100 ml kecap jepang (shoyu)
50 g acar jahe
2 sdm wasabi

Cara Membuat:
1. Dashi/Kaldu: Rebus air, masukkan kombu (konbu), masak selama 3 menit. Angkat, saring. Sisihkan kaldunya.
2. Tuang kaldu dan beras ke dalam panci. Masak hingga mendidih dan kaldu terserap oleh beras.  Pindahkan aron beras ke dalam kukusan, kukus beras hingga benar-benar matang dan pulen. Angkat.
3. Selagi nasi panas, tambahkan campuran mirin, garam, gula pasir ke dalam nasi panas. Aduk rata.
4. Siapkan sudare (alat enggulung sushi dari bambu). Letakkan satu lembar nori.  masukkan nasi sushi di atas nori, ratakan sambil ditekan-tekan agar terbentuk lapisan nasi yang rata dipermukaan nori.
5. Tambahkan potongan ikan salmon, potongan telur dadar, daging kepiting tiruan dan taburkan tabiko. Atur susunanya dan gulung sambil dipadatkan menggunakan sudare.
6. Buka sudare, potong-potong sushi dengan pisau yang tajam. Atur di atas piring saji. Hidangkan sushi dengan shoyu, wasabi dan acar jahe. Hidangkan segera.
Untuk 20 Potong

Tip: Membuat nasi sushi juga bisa dibuat dengan cara beras direbus dengan kaldu hingga beras matang. Untuk variasi, di dalam sushi juga bisa ditambahkan mayonaise. Isi bisa diganti sesuai selera, seperti nugghet ayam, ikan goreng, sayuran atau belut goreng.

Mengenal Bahan Membuat Sushi
Kombu/konbu
Kombu adalah lembaran ganggang laut yang dikeringkan. Dalam masakan Jepang, kombu seringkali ditambahkan untuk membuat kaldu. Kaldu ini digunakan untuk merebus beras sushi. Kaldu kombu juga bisa dibuat menjadi kaldu bahan sup jepang, seperti miso sup. Untuk sup, selain kombu, biasanya juga ditambahkan serbuk ikan bonito kering dalam rebusan kaldu sehingga rasanya lebih gurih dan lezat.

Nori
Adalah rumput laut yang dikeringkan sehingga bentuknya berupa lembaran tipis berwarna hijau tua atau agak kehitaman. Lembaran nori memiliki dua sisi permukaan, bagian halus dan kasar. Bagian sisi nori yang kasar adalah bagian yang menghadap ke dalam yang dilapisi dengan beras. Sedangkan sisi yang halus adalah sisi bagian luar.
Tabiko
Adalah telur ikan, bentuknya mirip caviar namun tabiko memiliki beragam warna, mulai dari hitam, merah, kuning hingga orange. Tabiko dijual di supermarket terkemuka bagian gerai masakan Jepang.

Mirin
Mirin adalah arak beras warnanya bening kekuningan. Mengandung alkohol. Cita rasa mirin sangat khas dan agak manis. Jika tidak tersedia bisa diganti dengan sake (arak jepang), cita rasa shake lebih keras dibandingkan mirin karena kandungan alkohol sake lebih tinggi. Tambahkan 1 sdt gula pasir pada 60 ml sake, aduk rata. Formula ini bisa menggantikan mirin pada pembuatan sushi.

Shoyu
Shoyu adalah bumbu utama masakan Jepang. Shoyu adalah kecap asin yang terbuat dari kacang kedelai. Dalam resep sushi, shoyu ini biasanya disajikan sebagai pelengkap cocolan makan sushi bersamaan dengan wasabi.

Wasabi
Dijual dalam bentuk pasta alam kemasan tube. Warnanya hijau. Wasabi adalah bahan makanan yang terbuat dari tanaman Wasabia japonica, batang tanaman  dan umbi tanaman ini memiliki cita rasa yang sangat pedas. Biasanya di campur dengan shoyu sebagai pelengkap cocolan makan sushi.






1 Comments:

At 8:33 AM, Blogger indomama said...

mas Budi, kayaknya enak nich, eeh yang benar wasabi atau wasapi...?:)

 

Post a Comment

<< Home