Sunday, July 24, 2011

Mengenal Fungsi & Kegunaan Bahan Kue untuk Pemula


Bagi para pemula, sering kali bingung membaca resep masakan, kue, roti, cake atau minuman. Banyak istilah bahan pembuatan kue yang kurang faham. Seperti apa itu ragi, apa itu baking powder dan apa fungsi dari bread improver. Penjelasan berikut semoga membantu para pemula agar dapat membedakan fungsi dan kegunaan bahan kue. 

Ragi Instan/Yeast/Biang Donat
Ragi instan/yeast/biang donat adalah beragam nama dengan isi yang sama. Di dalam ragi (yeast) berisi mikroorganisme ber sel satu yang hidup dari keluarga fungus atau khamir, spesies Saccharomyces cerevisiae. Di dalam adonan roti, ragi berfungsi mefermentasi adonan sehingga adonan dapat mengembang dan terbentuk serat/pori-pori roti. Di dalam proses fermentasi, ragi merubah gula dan karbohidrat di dalam adonan menjadi gas karbondioksida (CO2) dan alkohol. Terbentuknya zat inilah yang menjadikan adonan mengembang dan beraroma harum khas roti ketika dipanggang.

Di pasaran banyak dijual aneka jenis ragi. Seperti ragi basah (compressed yeast) atau ragi kering instan (instant dry yeast). Ragi basah kurang populer karena tidak praktis dalam penggunaanya, seperti harus menggunakan adonan biang, disimpan dalam suhu dingin dan tidak tahan lama. Ragi instan lebih banyak digunakan karena praktis dan dapat dicampur langsung ke dalam adonan. Penambahan ragi biasanya menggunakan perbandingan 20-25 g ragi per 1 kilo gram tepung terigu. Ragi harus disimpan di dalam tempat yang dingin (kulkas), setelah dibuka sebaiknya segera digunakan. Ragi hanya tahan beberapa minggu di dalam suhu ruang (setelah dibuka) dan beberapa bulan di dalam suhu dingin. Setelah itu ragi tidak dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kualitas adonan roti yang rendah.Di pasaran dijual dengan merek dagang fermipan, saft-instant,  dan mauripan.

Bread Improver
Dipasaran lebih dikenal dengan sebutan Unipan atau Baker Bonus. Bread improver adalah bahan tambahan roti yang ditambahkan dengan tujuan agar hasil roti lebih empuk, teksturnya lebih lembut, fermentasi berjalan lebih cepat dan roti memiliki serat yang halus. Di dalam bread improver terdapat penguat gluten (Ascorbic acid), pelunak gluten (Sodium metabisulfit), makanan ragi (amonium klorida), enzim (Alfa amylase), dan emulsifier (surfactant atau lecitchin). Bentuk bread improver adalah serbuk berwarna cokelat muda. Bisa di beli di toko yang menjual aneka bahan kue. Penggunaanya sekitar 1 sdt untuk 500 g tepung terigu. Di pasaran banyak sekali merek dagang bread improver seperti Eka-300, Unipan, Lowan, V9, Baker’s Bonus dan Bakerine Plus.

SP
Fungsi SP tidak jauh berbeda dengan ovalet atau TBM yaitu membuat adonan menjadi homogen dan tidak mudah turun saat dikocok atau biasa di sebut cake emulsifier. Biasanya digunakan untuk cake, bolu atau kue-kue lain yang menggunakan teknik telur dikocok hingga mengembang kaku. Kandungan kimia SP adalah Ryoto ester (gula ester). Dimana esternya adalah asam lemak seperti asam stearat, palmitic, dan oleic. Bahan SP terkadang merupakan produk hewani sehingga kehalalannya masih diragukan. Bentuknya pasta seperti ovalet. Biasanya dijual dengan merek dagang SP cap Koepoe-Koepoe, SP Baker Cream, SP-Nova atau Sponge-28. Gunakan 1 sendok teh setiap 5 butir telur.

Cream of Tar-Tar
Bahan ini biasanya ditambahkan saat mengocok putih telur dalam proses membuat cake, kue bolu, meringue atau kue-kue yang memerlukan kocokan putih telur sampai mengembang kaku. Komposisi cream of tar tar adalah garam potasium (kalium) dari asam tartaric, yang berbentuk kristal atau powder sehingga memiliki nama kimia potassium tartaric acid atau potassium hydrogen tartraye dan potassium bitartrate. Fungsi bahan ini adalah mengeluarkan gas di dalam adonan sehingga akan dihasilkan volume kocokan telur yang baik, manfaatnya tentu akan dihasilkan tekstur pori-pori cake yang baikpula. Bahan ini dibuat dari proses pembuatan minuman beralkohol yang direaksikan dengan potassium. Bentuknya bubuk mengkilat berwarna putih. Gunakan ½ sdt untuk mengocok 5 butir putih telur. Merek dagang cream of tar tar adalah McKenzie’s, Koepoe-Koepoe, dan McCormuck.

VX
VX seringkali ditambahkan dalam proses pembuatan cake. Tujuannya agar cake lebih mengembang. Kandungan kimi VX adalah  sodium bicarbonat (NaHCO3), sodium acid picorofosfat, dan bahan pengisi seperti pati jagung. Bentuk VX adalah serbuk putih. Bahan ini kategorinya aman kehalalannya. Pengunaanya sekitar 1/2 sdt untuk 500 g tepung terigu. Campur dan ayak dengan tepung. Baking soda dan baking powder dapat menggantikan VX.

Baking Soda
Sering disebut juga soda kue. Baking soda sebenarnya nama lain dari sodium bikarbonat. Bahan ini akan mengeluarkan gas kabondioksida (CO2) ketikan dipanaskan atau bertemu dengan cairan atau asam. Karenanya bahan ini bisa digunakan sebagai pengembang karena mengeluarkan gelembung gas saat adonan kue di goreng, kukus atau dipanggang. Baking soda bisa ditambahkan untuk membuat cake atau kue kering. Di dalam cake baking soda akan memperbaiki tekstur cake menjadi lebih berpori-pori dan jika ditambahkan di dalam adonan kue kering, baking soda akan menjadikan kue kering bertekstur garing, kering dan renyah. Bentuknya bubuk berwarna putih. Gunakan ½ sendok teh untuk 500 g tepung terigu. Merek dagang di pasaran Baking Soda Arm & Hammer, Koepoe-Koepoe dan Pesawat Angkasa.

Baking Powder
Baking powder  biasanya digunakan sebagai pengembang (leavening agent) cake, bolu panggang, bolu kukus, cup cake dan pancake. Komposisi kimia dari baking powder adalah  campuran sodium bicarbonat, sodium alumunium fosfat, dan monocalcium fosfat. Baking powder juga berisi inert seperti pati. Bahan berisi fat inert ini sengaja dicampur untuk menjaga agar komponen bahan baking powder tetap dalam keadaan baik. Dari sisi kehalalan komposisi baking powder tergolong aman. Seperti halnya baking soda, cara kerja baking powder adalah akan mengeluarkan gas karbondioksida saat bertemu dengan cairan dan terkena panas. Karenanya baking powder dapat mengembangkan cake atau kue. Di pasaran dijual single acting baking powder dan double acting baking powder. Double acting baking powder memiliki efek mengembangkan lebih kuat dibandingkan dengan single acting baking powder. Efek pengembangan double acting baking powder ini bekerja saat adonan dibuat dan saat dipanggang. dikukus atau digoreng. Gunakan jenis baking powder ini jika anda membuat kue dalam jumlah banyak agar kue yang terahir dipanggang tetap dapat mengembang dengan sempurna.  Bentuknya bubuk berwarna putih. Merek dagang untuk baking powder double acting adalah Suparize, Hercules dan U-88. Gunakan1/2 sendok teh untuk 500 g tepung terigu. Dipasaran baking powder single acting dikenal dengan merek dagang Royal, Hain, Davis, hercules,  U-88, Suparize, Pesawat Angkasa, dan Koepoe-Koepoe.

Ovalet
Ovalet sebenarnya bukan bahan pengembang melainkan cake emulsifier atau pelembut dan pensetabil adonan agar adonan cake homogen dan tidak mudah turun saat dikocok serta adonan tercampur dengan baik.  Komposisi kimia  ovalet biasanya adalah mono  dan digliserida. Bahan ovalet juga biasanya menggunakan asam lemak dari hewan atau tumbuhan. Kehalalannya masih dipertanyakan. Ovalet, TBM dan SP bisa saling menggantikan. Biasanyanya digunakan sebagai bahan pengemulsi pada adonan cake dan bolu. Bentuknya pasta berwarna kuning. Gunakan 1 sendok teh untuk 5 butir telur. Merek dagang di pasaran dijual dengan merek dagang Ovalet cap Koepoe-Koepoe dan Vivid SP cake emulsifier.

TBM
TBM berfungsi memperbaiki tekstur cake menjadi lebih lembut. TBM adalah merek dagang, komposisi kimia bahan ini sama dengan ovalet yaitu mono dan digliserida.  Biasanya ditambahkan saat pengocokan adonan telur. Penggunaanya sekitar 1 sendok teh untuk 5 butir telur. Bentuknya pasta seperti ovalet. Merek TBM yang terkenal adalah TBM cap Koepoe-Koepoe.

Aneka Pasta Pemberi Aroma
Di pasaran dijual aneka pasta, seperti pasta pandan, pasta vanili, pasta stroberi, pasta moka, pasta cokelat dan lain sebagainya. Aneka pasta ini ditambahkan pada produk cake, kue atau minuman dengan tujuan meningkatkan cita rasa dan aroma lebih kuat. Seperti cake cokelat. Meskipun sudah menggunakan cokelat blok atau cokelat bubuk, dengan ditambahkan pasta cokelat maka warna akan lebih cokelat dan aroma cokelat lebih kuat. Penggunaan cukup ½ sdt setiap 1 liter bahan cair atau 1 kg penggunaan tepung.

Aneka Essence/esens
Esen adalah ekstrak dari aroma bahan makanan seperti vanili, cokelat, moka, orange, stroberi dan lainnya. Esens digunakan untuk menambah atau menguatkan aroma pada  bahan cake, roti, kue, puding  maupun minuman. Bentuknya cair. Penggunaanya cukup 1 sdt setiap 1 liter cairan atau 1 kg penggunaan bahan tepung.

Rum
Rum biasanya digunakan sebagai bahan pemberi aroma cake, puding, minuman atau saus pada hidangan penutup atau dessert. Bentuk rum adalah cairan berwarna agak kecokelatan. Rum seringkali mengandung alkohol, namun jumlah alkohol rendah dan biasanya akan menguap ketika dipanaskan. Agar lebih aman, gunakan rum esens yang tidak mengandung alkohol. Di pasaran, rum dijual dengan merek dagang World Famous atau Rum Jamaica. Penggunaanya 1 sdt untuk setiap bahan cair atau 1 kg tepung. Teks: Budi Sutomo. Foto; Budi Sutomo dan Dot Net.

17 Comments:

At 11:40 PM, Blogger Patricia said...

Mas Budi,

Saya ingin menanyakan masa kadaluarsa dari bahan2 kue diatas, berhubung pada umumnya tidak tertera pada kemasannya.
Terima kasih.
Salam,
Patricia

 
At 5:34 AM, Anonymous Anonymous said...

makasih infonya membantu sekali bagi pemula seperti saya.

 
At 8:12 PM, Anonymous Norma S said...

Terima kasih banyak info-nya, Mas.

 
At 12:44 AM, Anonymous Anonymous said...

Makasih infonya :)

 
At 6:20 AM, Anonymous Anonymous said...

dian
trims atas ilmunya.. bagi pemula ini sangat berarti

 
At 7:31 PM, Blogger Nurul Ufarizqia said...

Makasih info'a :)

 
At 7:33 PM, Blogger Nurul Ufarizqia said...

makasih info'a :)

 
At 6:26 PM, Anonymous Anonymous said...

Kalo untuk bikin martabak manis bangka, terang bulan, yg ada dipasaran itu menggunakan apa yah mas?? Tolong dijawab ya mas
Terima kasih sebelumnya

 
At 10:07 AM, Anonymous rohedihedi462.blogspot.com said...

mas kalau membelinya ditoko yang kaya gimana misal dipasar

 
At 6:42 AM, Anonymous lupi said...

Infonya top banget, jadi nambah ilmu nich..thanks

 
At 6:44 AM, Anonymous lupi said...

infonya top banget, jadi nambah ilmu nich..thanks ya!!

 
At 10:27 PM, Blogger Indah Sri said...

mas.. ijin copas ke blog saya ya .. trims ..

 
At 6:47 AM, Anonymous IbuCantik said...

Tergantung kapan ibu beli dong.. kalau ibu beli bahannya 19 tahun yg lalu pasti sekarang sdh expired

 
At 5:30 PM, Blogger HANDAYANI SEPRI said...

Wakakakakak...
....encroooottt ...apalagi belinya taun 1825 pas pecah perang di ponegoro

 
At 5:31 PM, Blogger HANDAYANI SEPRI said...

Thank you zillion mas rudiiiiii....you d best sangat bermanfaat

 
At 5:32 PM, Blogger HANDAYANI SEPRI said...

Wakakakakak...
....encroooottt ...apalagi belinya taun 1825 pas pecah perang di ponegoro

 
At 9:06 AM, Blogger ismi iis said...

Terima ksh mas Budi.... Jadi lebih tahu dan mengerti.

 

Post a Comment

<< Home