Tuesday, March 01, 2011

Mengolah Couscous - Tabouleh Salad


Couscous atau sering disebut bulgur adalah bahan pangan sejenis pasta Italia, seperti makaroni, spaghetti dan penne. Bentuknya butiran kecil sekitar 1 milimeter. Dibuat dari tepung gandum Semolina yang dilapisi dengan tepung gandum jenis Durum Wheat. Couscous populer di negara-negara Afrika dan Timur Tengah. Seperti Libiya, Maroko, Mesir, Lebanon, Arab Saudi, dan Tunisia. Saat ini couscous populer di seluruh belahan bumi, baik di Eropa maupun Asia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, couscous bisa diperoleh di supermarket besar, biasanya diletakan pada rak pasta.

Seperti keluarga pasta, masak couscous sangat gampang, hanya dengan direbus 5-6 menit, couscous sudah matang dan siap diolah menjadi hidangan. Tambahkan olive oil setelah direbus agar tidak saling menempel dan rasanya menjadi lebih lezat. Selain direbus, bahan pangan ini juga bisa diolah dengan cara dikukus, perciki cous-cous dengan air, kukus selama 5 menit, perciki kembali dengan air sambil diaduk, kukus lagi selama 5 menit hingga couscous benar-benar matang. Agar lebih praktis, mematangkan couscous dengan microwave, caranya, masukkan couscous dalam mangkuk, rtuang air higga couscous terendam, tambahkan beberapa sendok makan olive oil. Masak dalam microwave seperti saat Anda memasak mi instan.
Couscous bisa sebagai pendamping beragam hidangan atau pengganti nasi, karena bahan pangan ini tinggi karbohidrat dan kalori. Masyarakat Lebanon biasanya mengolah bahan pangan ini sebagai bahan utama masakan tabouleh ( ada juga yang menyebut Tabbouleh), salad khas Lebanon.

Di dunia seni kuliner, couscous bisa diolah menjadi beragam hidangan, seperti dijadikan nasi berbumbu, seperti nasi kebuli, menjadi isi sup, diungkep dengan daging, seafood, campuran masakan sayuran, maupun dimasak tawar menjadi pengganti pasta, nasi atau kentang. Berikut resep “Nasi” Couscous yang bisa Anda coba di rumah.

“Nasi” Cous-Cous

Bahan:
300 g couscous instan
700 ml air
4 sdm olive oil
60 g daun peterseli/parsley, cincang halus
1 sdm mentega
50 g bawang bombay, cincang halus
1 sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Didihkan air, rebus cous-cous selama 5 menit atau hingga matang, angkat tiriskan. Tuang olive oile, aduk rata.
2. Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan couscous, garam dan daun peterseli. Masak sambil diaduk-aduk selama 2 menit. Angkat.
3. Tuang di dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk 350 g

Dari Resep “Nasi” Couscous ini, Anda bisa mengembangkan menjadi Tabouleh Salad (Salad khas Lebanon)

Tabouleh Salad

Bahan:
150 g “nasi” couscous (lihat resep di atas)
3 buah tomat, rebus 1 menit, buang bijinya, potong dadu kecil
6 sdm air jeruk nipis/lemon
50 g bawang bombay, cincang
3 sdm daun parsley /peterseli cincang
6 lembar daun mint, iris halus
2 sdm olive oil
½ sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Campur “nasi” couscous dengan potongan tomat, bawang bombay, daun parsley, daiun mint, olive oil dan garam halus. Aduk rata.
2. Masukkan dalam mangkuk saji. Simpan di dalam kulkas selama 1 jam. Hidangkan.
Untuk 5 Porsi

Catatan: Selain sebagai hidangan pembuka. Tabouleh salad juga lezat disajikan bersama roti pita (pita bread), hummus atau sebagai penyerta menu utama. Teks & Foto: Budi Sutomo.

2 Comments:

At 6:07 AM, Anonymous Anonymous said...

Hallo mas
saya mau tanya, di Indonesia, beli couscous dimana yaa?

 
At 9:15 PM, Blogger Dewi Olive said...

Ada tuh di pasar festival Nama toko nya Mediterranean
UG-40

 

Post a Comment

<< Home