Thursday, December 23, 2010

Aneka Sate Populer Nusantara



Judul: Sate Populer & Lezat
Penulis: Budi Sutomo
Penerbit: Kriya Pustaka
Informasi & Pemesanan: 021 87744463/8729060

Sate merupakan salah satu masakan populer di Indonesia, baik sate tradisional maupun sate modifikasi hasil resapan dari resep manca negara. Kepopuleran sate sudah diakui dunia dan menjadi salah satu menu khas masakan Indonesia. Hampir di setiap tempat makan, baik restoran, maupun di pinggir jalan, banyak dijual sate dengan beragam bahan dan bumbu. Ini menunjukan bahwa sate banyak diminati masarakat. Cita rasa yang gurih dan lezat serta aoma bakar membuat sate disuka tua dan muda.

Sate nusantara dibuat dari beragam macam bahan dasar, umunya terbuat dari daging, baik dari daging sapi, kambing, ayam, ikan udang hingga cumi-cumi. Sate sebenarnya makanan yang simpel dengan bumbu sederhana. Hanya dengan bumbu lada, garam dan air jeruk nipis, sate sudah bisa dibuat dan menghasilkan rasa masakan yang lezat. Tentu sate tidak komplit jika tidak disajikan dengan saus atau sambal pelengkap. Biasanya berupa sambal kacang, sambal kecap maupun sambal cabe.

Ciri khas sate masih daerah sangat beragam, seperti sate dari daerah Padang umunya pedas dan bersaus santan, sedangkan sate dari Jawa Timur seringkali menambahkan bumbu kusus, seperti petis maupun terasi dalam saus pelengkapnya. Sedangkan sate dari daerah Jawa Tengah umumnya bercita rasa manis dan menggunakan kecap manis sebagai bumbu perendam sate. 
Menelusuri kekayaan kuliner nusantara memang tidak ada habisnya. Masing-masing daerah memiliki keunikan kuliner tersendiri, aneka sate nusantara adalah salah satunya. Berbekal buku ini, Anda akan memperkaya pengetahuan pusaka kuliner nusantara yang lezat dan menggugah selera. Pelajari resepnya, praktekan dan saya percaya, salah satu jenis sate nusantara pasti akan menjadi menu favorit keluarga Anda.

Isi Resep:
Sate Ampet, Sate Ayam ‘Senayan’, Sate Ayam Bumbu Rujak, Sate ayam Madura ‘Pak Kumis’, Sate Ayam Sambal Kemiri, Sate Bakso Bakar Sambal Kacang, Sate Banjar, Sate Bebek ‘Pak Encus’, Sate Bumbu Kelapa, Sate Bumbu Rempah, Sate Bumbu Sapit, Sate Bumbu Serapah, Sate Buntel, Sate Sambal Kemangi, Sate Dakem, Sate Gurih, Sate Hati Kambing ‘Tomang’, Sate Kambing ‘Batibul’, Sate Kambing Bumbu Petis, Sate Kambing Tegal, Sate Kerang, Sate Lilit Ikan, Sate Makassar, Sate Mamangut, Sate Manis, Sate Padang ‘Pak Syukur’, Sate Rempah Sari, Sate Tabulinas, Sate Udang Madura, Sate Usus.

3 Comments:

At 6:48 PM, Blogger Aryo said...

Wah, itu sate banyak sekali ya? saya mau tanya, sebenernya daging itu lama manggang nya berapa menit sh biar empuk? kan kalo kelamaan jadi keras....

 
At 4:52 AM, Blogger Neyna Naya said...

mas, bukunya cuma bisa pesen langgung ata udah ada di toko ni?

 
At 2:36 AM, Anonymous Budi said...

Wow macam-macam sate..i love it

 

Post a Comment

<< Home