Friday, October 01, 2010

Resep Lapis Legit Lembut dan Harum


Siapa sih yang menolak jika disuguhi kue lapis legit yang lembut, lezat dan harum? Apalagi disertai dengan secangkir teh di sore hari. Hmm...tentu menggugah selera. Tidak usah ke bakery ternama, dari dapur Anda, kue lapis legit homemade lebih menggugah selera. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Bahan:
650 gr mentega
60 gr susu bubuk full cream
70 g tepung terigu protein sedang (Cap Segi Tiga Biru)
4 sdm susu kental manis
50 butir kuning telur
400 gr gula halus
1 sdt vanilla essence/bubuk
2 sdt pewarna kuning
1 sdm  bumbu spekoek
1 gr garam halus
200 g manisan kering buah prune, potong-potong, rendam dalam sirup gula, tiriskan
Cara Membuat:
1.    Campur tepung terigu, bumbu sepekuk, garam halus dan susu bubuk, aduk rata. Sisihkan.
2.    Kocok mentega dan susu kental manis selama 10 menit atau hingga lembut. Sisihkan.
3.    Di tempat terpisah, kocok kuning telur dan gula halus hingga mengembang dan lembut (kurang lebih 30 menit).
4.    Masukkan kocokan mentega dan tepung bergantian ke dalam kocokan kuning telur sedikit  demi sedikit sambil dimixer kecepatan sedang hingga tercampur rata.
5.    Siapkan loyang ukuran 20x20x8 cm yang telah dioles dengan margarin. Tuang adonan ke dalam loyang sebanyak 2 sendok sayur, ratakan. Oven dengan suhu 170 derajat celcius menggunakan api bawah. Hingga lapisan atas mengering. Tuang adonan berikutnya, taburi dengan potongan manisan buah prune. Oven kembali dengan api atas. Lakukan selapis demi selapis dan setiap 2 lapis ditaburi dengan potongan buah prune hingga adonan habis. Untuk lapisan terahir, panggang menggunakan api bawah dan atas selama 10 menit hingga kue benar-benar matang. Angkat dinginkan. 
6. Potong-potong, atur di dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk 22 Potong

Tip: Ratakan setiap lapisan dengan spatula agar terbentuk lapisan yang bagus dan rata bagian permukaannya.Lapisan juga bisa dibuat variasi tebal dan tipis sehingga kue lebih menarik, caranya  banyaknya adonan dibedakan setiap lapisannya.

6 Comments:

At 7:25 PM, Blogger Just a MOM said...

Yuuuummmm ... aku mau yg udah mateng-nya aja mas ^_^ makasih resepnya!
-Lina G-

 
At 4:48 AM, Anonymous yunita said...

mas budi...kl pgn 1/2 resep pake loyang berapa yaaa biar keliatan tinggi???hehehe....takut ga secantik py mas Budi ;D. makasih sebelumnya...

 
At 9:14 AM, Blogger Ricke Indriani 'Bunda Nadhifa' said...

Wah, dari kemarin pengen buat lapis prunes. Soalnya ada sekilo buah prunes nganggur di kulkas. Tapi lagi ngumpulin semangat buat bikin lapis legit nih Mas. Lagi ngerjain pesanan yg lain juga. Semoga bisa secepatnya bikin lapis prunes yag harum ini. TFS ya! ^_^

 
At 6:44 AM, Anonymous Kirana said...

Keliatan enak mas, kalo prunes biasanya didapat dimana ya kalo di indonesia... maaf kalo pertanyaannya amatiran nubie di dunia baking
thanks

 
At 7:26 PM, Blogger Eddy said...

Pakai mixer taiwan kami akan lebih memberikan hasil maksimal dalam pengocokkan telur dan pengadukkan tepung.
Kunjungi website saya :

http://www.breadtool.blogspot.com/

Terima kasih dan sukses selalu!!!

 
At 6:52 PM, Blogger Vonny said...

Wah,,50 butir telur? Hiks.. nyerah dech :(

 

Post a Comment

<< Home