Sunday, November 02, 2008

Camilan Sehat - Kacang Edamame

Kacang Edamame (Vegetable Soybean) atau sering disebut dengan kacang Jepang sedang menjadi trend camilan sehat. Selain kaya akan vitamin A, kacang ini juga tinggi protein dan serat.

Orang Cina menyebut kacang ini dengan sebutan ‘Mau Dou’, namun jika dilihat dari muasal namanya, kacang edamame berasal dari bahasa Jepang, dari kata ‘Eda’ yang berarti cabang dan ‘Mame’ yang artinya kacang. Atau bisa diartikan buah kacang yang tumbuh di bawah cabang. Sedangkan masarakat Eropa menyebutnya sebagai Green Soybean, Sweet Soybean atau Vegetable Soybea.

Selain enak untuk campuran salad, sup maupun ditumis, keluarga kedelai ini juga lezat dimakan sebagai cemilan dengan cara hanya direbus dengan tambahan sedikit garam. Ditilik dari sisi nutrisinya, kandungan gizi kacang edamame sarat akan gizi. Selain protein, vitamin, lemak, dan karbohidrat, edamame juga mengandung beragam mineral esensial, Kacang ini juga kaya akan serat yang dapat memperlancar proses pencernaan dan mencegah timbulnya kanker kolon.

Anda tertarik mengolah kacang ini sebagai camilan? Caranya sangat mudah, didihkan air dengan sedikit garam dan gula pasir. Rebus kacang edamame hingga matang. Angkat, tiriskan. Siram dengan air dingin matang agar warna kulit tetap terlihat hijau segar. Teks & Foto: Budi Sutomo

8 Comments:

At 2:19 PM, Blogger chenmarlin said...

saya kira itu kedelai, banyak dijual di pasar dan murah harganya, dijual dgn kulit atau sudah dikupas.

 
At 4:37 AM, Anonymous Fitriyah said...

mAS,BUKANNYA ITU KACANG KEDELAI?
Yang biasanya dijual orang lewat,kadang juga ada yang kuning.Apa itu dia bahannya.Terimakasih

 
At 11:03 PM, Anonymous S!ska said...

Kliatanx mirip ma bunCis yah,.
Tq

 
At 9:26 AM, Anonymous Anonymous said...

bwntuknya sama dengan kedelai, tetapi ukuranya sepuluh kali lebih besar... jd serupa tapi tak sama dengan kedelai
thx

 
At 8:32 AM, Blogger Hapsoro said...

Kebanyakan tumbuh dimana ya di Indonesia?

 
At 2:09 AM, Anonymous Anonymous said...

tetep beda kok sama kedelai...ini dalemnya pun warna hijau kalau benar memasaknya...mungkin hampir mirip dengan kacang bulu yg suka ada di tukang jagung rebus...

 
At 1:31 AM, Blogger Roy Candra said...

Intinya kacang kedelai, sama. Cuman ukurannya lebih besar, bisa 3-5 kali besarnya dengan kedelai lokal. Itu kacang kedelai import dari Jepang. Biasanya yang sudah masak jualnya 1 kiloan, dalam keadaan dingin/freezer. Semoga bermanfaat infonya.

 
At 6:42 AM, Blogger Aim Ata said...

Gw suka bgt . Keledai jepang itu andai saja kedelai lokal bisa kaya gitu

 

Post a Comment

<< Home