Thursday, April 03, 2008

Kue Sosis Solo

Meskipun sedikit repot saat membuatnya, cita rasa kue ini sebanding dengan rasanya yang lezat. Tekstur kulit lembut terasa menyatu dengan gurih dan lezatnya daging sebagai bahan isi. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo


Sosis Solo

Bahan:

Kulit:

Telur ayam, kocok lepas 5 butir

Santan kental dari ¼ butir kelapa 150 ml

Garam halus ¼ sdt

Minyak untuk menggoreng

Isi:

Daging sapi cincang 250 g

Telur ayam, kocok lepas 1 butir

Santan kental 2 sdm

Bawang merah, haluskan 3 siung

Bawang putih, haluskan 2 siung

Kemir, haluskan 2 butir

Ketumbar, haluskan ½ sdm

Gula pasir 1 sdt

Lada halus ¼ sdt

Jintan bubuk ¼ sdt

Garam halus ½ sdt

Cara Membuat:Kulit:

1. campur telur dengan santan dan garam, aduk rata. Panaskan wajan datar anti lengket yang sudah diolesi dengan sedikit minyak. Ambil setengah sendok sayur adonan kulit. Tuang ke dalam wajan, goyangkan hinga rata. Masak kulit hingga matang. Angkat, sisihkan. Lakukan hingga adonan habis.

2. Isi: Panaskan 2 sdm minyak goreng, tumis bawang merah, bawang putih dan bumbu lainnya hingga harum. Masukkan daging cincang dan santan. Masak sambil terus diaduk-aduk hingga matang. Angkat. Sisihkan.

3. Ambil satu lembar kulit, masukkan satu sendok makan bahan isi. Bungkus dan gulung menyerupai risoles/lumpia.

4. Panakan minyak, goreng sosis solo hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan. Sajikan hangat.

Untuk ± 20 buah

Tip: Sosis solo juga bisa diselesaikan dengan cara dikukus hingga matang. Isi bisa diganti dengan daging ayam cincang atau udang cincang.

9 Comments:

At 2:30 AM, Blogger nindafunky said...

Hai,salam kenal!
Blognya keren!
Hm...jadi lapar neh;-)!
Pingin punya banyak pengunjung blog anda? Silahkan pasang IKLAN GRATIS LANGSUNG TAMPIL!
Pingin dapat duit tiap kali blog kita dikunjungi orang?
Silahkan klik di sini!
Pingin ngeklik dapat duit??
Silahkan
klik di sini!

 
At 10:06 PM, Blogger Miming said...

Duh.. mas Budi sy jd merem melek liat sosis solo dadi pingin cepat2 balik ke Yogya nih... Jdi keinget mbak bakul kue langganan kita di Yk, sosis solo sll jd serbuan pertama.

Eniwe.. mas Budi ada info kursus kue di Yk? sy liat list-nya m Budi kebanyakan yg di Jkt. Kalo yg di Yk punya ga mas? Thx infonya ya..

Ijin nge-link jg ya mas..* udah sy siapin dr dlu sih, tp krn blom ada jwban dr m Budi jd takut hihi ;)*

Matur nuwun...

 
At 12:36 AM, Anonymous tukang masak said...

Lo..lo ko ada comment yang sekalian iklan? hehe sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Btw thanx resep sosis Solonya (yg bener sosis atau sozis ya..?), biasanya cuma tau dari "wiskul"nya Pak Bondan aja.

ehm numpang iklan juga kalo gitu hehe, mau kumpulan resep-resep steak?
semua ada di :

www.homegrill.blogspot.com

 
At 5:58 PM, Blogger n2inpink said...

mas budi,
walah, saya ketemu blog mas budi by accident....
tapi isinya yahud yahud!

boleh minta e-mail mas budi?
kalo mau tanya tanya...hehehehe!

kalo mau cari buku terbitan mas budi dimana donk?
saya tinggalnya di negara singa..
singapore...

blog saya:
http://myhumblearts.blogspot.com

 
At 10:53 PM, Anonymous Hes said...

saya bole contek resepnya ya, Pak? thx :D

 
At 8:13 PM, Anonymous Anonymous said...

itu kulit sosis solo ny kok ga ada tepung terigu nya, apa bisa d goreng tuh

 
At 8:17 PM, Anonymous Anonymous said...

Jawab:
Sosis solo memang kulitnya ngga pake terigu, cuma telur dadar, tapi kalau mau kulit agak keras boleh aja pake air ama terigu dikit
Budi sutomo

 
At 11:31 PM, Blogger Queen Of Bloggirl said...

mas budi..thanks buat resepnya...o iya...posting resep soto jalan bank dong...tau kan mas...uenak itu mas, aku mau buat tapi ga tau resepnya ...ditunggu lho...thanks ya...

 
At 4:05 AM, Blogger liveart said...

11, 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1 0

 

Post a Comment

<< Home