Wednesday, November 28, 2007

MENU SEBULAN DIET GOLONGAN DARAH B


Judul:

MENU SEHAT DAN LEZAT SEBULAN
Untuk Golongan Darah B

Penyusun:
Budi Sutomo.S.Pd & Dr.Yoanita Ristyaningrum

Penerbit:
PT. Kawan Pustaka- Jakarta

Pembelian/Pemesanan:
Tlp: 021-78883030. E-mail: redaksi@kawanpustaka.com
Resensi:
Golongan darah manusia dibedakan menjadi A, B, O dan AB. Golongan darah ini masing-masing memiliki respon yang berbeda terhadap asupan makanan. Teri ini dilandasi penelitian bertahun-tahun dari Dr.Peter J.D’Adamo, ahli naturopatis asal Amerika. Hasil penelitannya menunjukan bahwa setiap bahan pangan memiliki reaksi berbeda terhadap golongan darah. Makanan tertentu akan bermanfaat baik bagi tubuh, bersifat netral dan ada yang merugikan tubuh karena bersifat seperti racun. Makanan juga tidak bereaksi sama terhadap golongan darah, terkadang bahan pangan tertentu bermanfaat, namun bisa bersifat racun bagi golongan darah lainnya. Kondisi ini disebabkan karena hampir setiap bahan makanan mengandung lektin, sejenis protein yang akan berakesi dengan darah di dalam tubuh. Jika golongan darah tidak cocok dengan lektin maka akan terjadi ganguan beragam kesehatan seperti penggumpalan darah yang dapat memicu beragam penyakit.

Penelitian Dr. D’Adamo menunjukkan ada efek fisiologis muncul akibat lektin. Zat ini bisa menyebabkan penggumpalan darah darah yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Seperti Hipertensi, stroke, ganguan imunitas seperti alergi. Bakteri dan virus juga menyukai lektin sebagai media hidupnya. Akibatnya tentu tubuh akan mudah terserang banyak penyakit apabila banyak mengkonsumsi bahan pangan yang mengandung lektin. Uniknya lektin di dalam bahan pangan, seprti di dalam daging ayam akan bereaksi buruk terhadap golongan darah B, yaitu bisa menggangu produksi hormon insulin dan kerja enzim pencernaan. Namun bisa bereaksi baik bagi golongan darah lainnya.

Pemilik golongan darah B membutuhkan diet yang bervariasi dalam memilih bahan pangan. Sebaiknya golongan darah B tidak mengkonsumsi daging ayam karena tinggi kandungan lektinya. Lektin ini bisa menyebabkan stroke, ganguan diabetes, ganguan otot dan hipertensi. Golongan darah B cocok dengan bahan pangan hasil-hasil peternakan seperti susu sapi dan keju. Namu demikian asupanya harus dibatasi karena tingginya lemak terkandung di dalam bahan ini.
Lewat buku ini bisa menjadi pedoman menyusun menu sesuai dengan golongan darah B untuk diaplikasikan selama satu bulan. Menu sengaja dipilih yang mudah dibuat, bahan mudah didapat dan cita rasa sesuai dengan lidah orang Indonesia. Penyusunan menu dibuat per hari, mulai dari sumber karbohidrat, lauk nabati, lauk hewani, hidangan sayuran, hidangan penutup atau jus sehat. Dengan panduan menyusun menu satu bulan akan memudahkan Anda di dalam menyusun menu diet sesuai dengan golongan darah B. Selamat menjalani diet

6 Comments:

At 3:05 AM, Anonymous Anonymous said...

di situs lain.
ditulis kalau golongan darah tipe B diperbolehkan mengonsumsi ayam.
tapi, kenapa menurut dokter tidak diperbolehkan?
lalu apakah golongan darah ini boleh mengonsumsi ikan / daging?

 
At 12:33 AM, Anonymous Anonymous said...

hehehe baru tahu kalo ada makanan khusus sesuai golongan darah...anyway makasih pak!

 
At 9:28 PM, Anonymous Anonymous said...

golongan darah B diet menambah berat badan makannya apa ajah???

 
At 9:53 PM, Anonymous Anonymous said...

ya makan apa aja lah...
lebih banyak lebih bagus,he...

 
At 11:22 PM, Anonymous Anonymous said...

> mau tAu aLamat rumah makan / restaurant di jakarta yang menyediakan menu untuk berbagai jenis golongan darah donk....! Thx...

 
At 3:12 AM, Anonymous Anonymous said...

asupan makan untuk gol darah B di anjurkan untuk selektif dalam memilih menu makanan.

 

Post a Comment

<< Home