Friday, October 05, 2007

RISOLES SEHAT ISI SAYURAN

Makan risoles memang selalu tidak cukup satu potong. Apalagi jika dimakan panas-panas dengan cabe rawit sebagai pelengkapnya. Namun ingat, risoles pada umumnya mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Kulitnya tepung terigu, isnya ragu dari terigu juga, belum lemaknya untuk menggoreng. Anda yang sedang diet, tentu mikir dua kali untuk ngemil kudapan ini. Nah, sekarang coba risoles sehat isi sayuran, paling tidak risoles ini lebih sehat karena isinya sebagian besar sayuran dan Anda tidak perlu lagi merasa terlalu "berdosa" untuk mencobanya.

Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo

Risoles Isi Sayuran

Kulit:

150 g tepung terigu
1 butir telur, kocok lepas
300 ml air
ΒΌ sdt garam halus

minyak sayur untukmenggoreng
Isi:
60 g wortel, potong korek api
60 g kol, iris halus
60 g tauge
60 g daging kakap cincang
1 batang daun bawang, iris halus
1 sdt gula pasir
1 sdm kecap asin
1 sdt ketumbar, haluskan
3 siung bawang putih, haluskan
4 butir bawang merah, haluskan
1/2 sdt lada halus
1/2 sdt garam halus
2 sdm minyak goreng
Lapisan:
2 butir telur, kocok lepas
60 g tepung panir
Cara Membuat:
1. Kulit: Campur tepung terigu, dengan air, telur dan garam, aduk rata. Saring. Panaskan wajan datar anti lengket yang telah diberi sedikit minyak. Tuang satu sendok sayur adonan kulit. Buat dadar tipis. Lakukan hingga adonan habis. sisihkan.
2. Isi: Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih dan ketumbar hingga harum. Masukkan daging ikancincang, aduk hingga ikan berubah warna. Masukkan wortel, kol, daun bawang serta tauge. Bumbui dengan lada, garam, kecap asin dan gula pasir. Masak sambil sesekali diaduk hingga semua bahan matang. Angkat.
3. Ambil satu lembar kulit risoles. Maukan 2 sendok makan bahan isi. Lipat dan gulung. Lakukan hingga habis.
4. Celupkan risoles ke dalam kocokan telur dan gulingkan ke atas tepung panir hingga seluruh permukaan terselimuti tepung.
5. Panaskan minyak, goreng risoles hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan, angkat. Atur di dalam pirirng saji. Hidangkan hangat.

Untuk 15 Buah

Tip: Isi bisa diganti dengan ragout daging atau udang

5 Comments:

At 5:18 PM, Anonymous anya said...

wah enak..trus mudah lg bikinnya... aku coba ya!!!

 
At 10:32 PM, Anonymous Anonymous said...

makanan sehat? bener aja judulnya risoles sayur, tapi komponen didalamnya justru bukan sayur yang lebih banyak ada telur, ada minyak goreng , ada ikan kakap, ada tepung terigu, panir... yang notebene : SEMUA ITU LEMAK dan KOLESTEROLNYA JAUH LEBIH TINGGI daripada SAYURANNYA!! BAhkan mungkin dengan digoreng begitu gizi sayurannya malah ilang!! HAaaaa... Silahkan santap dan selamat tetap gendut!

 
At 2:26 AM, Anonymous Anonymous said...

mbak/mas anonymous di atas, makanya sebelum posting nanya dulu. Saya rasa postingan mas budi dengan tema risoles sehat sudah terwakilkan ko. kue ini hanya menggunakan tepung terigu sebagai kulit, kulit risolles mbak tau ngga sih? itu kan tipis jadi ngga terlalu ngaruh terhadap asupan kalori. lagian resep ini untuk 15 buah, jadi kebanyangkan berapa sedikitnya tepung yang mauk ke dalam tubuh, dan anda tau kan tepung yang tidak berlebihan merupakan sumber kalori yang baik bagi tubuh. anda tentunya tidak makan risolles 20 buah kan? jadi risoles ini tetap menyehatkan.

berikutnya tentang vitamin sayuran risoles yang larut dalam minyak. kayanya mbak atau mas di atas memang ngga pernah masak ya? tau manfaat lemak bagi tubuh ngga mbak? salah satu manfaat lemak adalah melarutkan vitamin A, D, E dan K. namun risolles itu sayuranya berada di dalam kulit dan dipanir jadi tidak bersentuhan dengan lemak saat digoreng. artinya, dengan makan risoles, vitaminya utuh karena di bungkus kulit namun saat dimakan, dan di cerna tubuh vitaminya di serap maksimal karena adanya sedikit lemak yang terdapat di kulit lumpia. jdi makan lumpia sayuran = menyehatkan, tentu jangan berlebihan ok. makanya, sebelum bertanya nanya dulu kepada pakarnya. tentu mas budi posting resep ini juga sudah diperhitungkan kalkulasi gizinya, ok.

 
At 12:04 AM, Anonymous tiwi said...

Hmmm enak nih kayaknya, ijin copas ya mas..trs aku praktekkan,Trims...

 
At 11:44 PM, Anonymous pupuk organik said...

pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik , pupuk organik

 

Post a Comment

<< Home