Tuesday, June 05, 2007

Resep Kue Pastel Sehat




Hampir semua orang pernah menikmati lezatnya kue pastel. Namun pastel berkulit renyah dengan isi sayuran yang menyehatkan belum pernah Anda coba bukan? Berikut resep pastel isi sayuran yang lezat, kaya serat dan vitamin. Selamat mencoba.

Resep/Dapur Uji/Food Stylist/Foto: Budi Sutomo

Pastel Isi Sayuran

Bahan Kulit:
250 gr tepung terigu
1 butir telur, kocok lepas
40 gr margarin
60 ml air
½ sdt garam halus
minyak untuk menggoreng
Bahan Isi:
200 gr daging ayam, cincang kasar
60 gr wortel, potong dadu kecil
60 g kacang polong
1 batang daun bawang, iris halus
3 sdm kecap manis
3 siung bawang putih, haluskan
3 siung bawang merah, haluskan
½ sdt garam halus
½ sdt lada halus
3 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat:
1. Isi: panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam, masak hingga berubah warna. Tambahkan wortel, kacang polong, daun bawang dan bumbu lainnya. Masak sambil diaduk hingga semua bahan matang. Angkat, dinginkan.
2. Kulit: Campur tepung terigu, telur, margarin dan garam. Aduk rata. Tambahkan air, uleni sebentar hingga terbentuk adonan yang bisa digiling.
3. Giling adonan hingga ketebalan ¼ cm dengan diameter 10 cm. Ambil satu lembar kulit yang telah dibentuk. Masukkan satu sendok makan bahan isi. Lipat dan wiru pada bagian tepinya. Lakukan hingga adonan habis.
4. Panaskan minyak, goreng pastel dengan api sedang hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, sajikan hangat.
Untuk ± 15 buah

Tip:
Air untuk adonan kulit bisa diganti dengan air es agar kulit lebih renyah. Isi bisa diganti sesuai selera.

Jangan mengaduk/menguleni adonan dengan tangan terlalu lama karena margarin akan mencair dan kulit pastel menjadi tidak renyah
.




21 Comments:

At 2:02 AM, Blogger >Lisa said...

ada tips ngga utk me-wiru tepinya ? krn sering pastel saja terbuka sendiri ( utk info: pastel saya tidak digoreng tapi di oven)

 
At 4:21 AM, Blogger CempLuk said...

hhmmm..enak sekali pastel nya...jadi laper...

 
At 1:10 AM, Blogger Budi Sutomo, S.Pd said...

enak bener kuenya, salam kenal

 
At 2:31 PM, Blogger ichaAwe said...

mas aku pernah nyoba resep ini ... sama banget bahan2nya ... tp kok hasil kulitnya agak keras yah mas... gak kayak pastel2 yg aku beli jadi waktu di Indonesia? atau harus pake tepung khusus?

 
At 1:44 PM, Anonymous Diah Evans said...

mas terimakasih resep pastel-nya, tombo kangen dengan Solo tercinta, untuk kulit pastelnya saya beli jadi kulit pie beku (di supermarket di Seattle area banyak dech!) tinggal dibentuk bulat aja!..enggak saya goreng, tapi bake aja!.

 
At 5:48 PM, Anonymous hfi said...

trims resep pastelnya. udah dicobain, renyah

 
At 5:57 AM, Blogger molly said...

seandainya adonan pastel dibuat hari ini kemudian di masukkan dlm lemari es dan di goreng esok harinya apakah hasilnya akan maksimal?

 
At 6:52 AM, Anonymous Dila said...

Terima kasih atas resepnya. Saya mau coba praktekkan untuk snack di rumah.

 
At 5:35 PM, Anonymous jessie said...

Mas, saya sudah coba, hasilnya oke dan mudah buatnya. Tapi saya ada pertanyaan, gimana caranya supaya bisa tahan lama renyahnya. Karena yang saya bikin, dalam waktu 4 jam aja kulitnya sudah tidah renyah lagi. terima kasih.

 
At 11:19 PM, Anonymous Anonymous said...

Mas Budi, ada resep pastel kukus ngak?

 
At 5:17 AM, Anonymous Marketing Bisnis said...

Thanks buat resepnya, bini suruh nyari resep pastel nih :)
Marketing Bisnis

 
At 9:09 PM, Anonymous Anonymous said...

Prastelnya yummy...

 
At 9:13 PM, Anonymous Anonymous said...

Prastelnya yummy...

 
At 9:13 PM, Anonymous Anna kurniawati said...

Prastelnya yummy...ok

 
At 9:15 PM, Anonymous Anonymous said...

Prastelnya yummy...

 
At 9:15 PM, Anonymous Anonymous said...

Prastelnya yummy...

 
At 12:49 AM, Anonymous Aris said...

keren abis pastelnya . . .
thank's ya atas resepnya . . .
saya modifikasi sedikit biar lebih berselera, ternyata tambah ma'nyusssss.........
Thank's . . . . . . . .

 
At 1:12 AM, Blogger blognya kie2 said...

makasih kak resepnya...
mw coba nih..
:)

 
At 12:18 AM, Anonymous Kreasi Marie said...

Hmmmm yumm!! Silakan mampir ke http://www.kreasimarie.com/ untuk berbagai resep kreasi :)

 
At 6:40 PM, Anonymous rosita said...

Aku dah coba enak, renyah thx resepnya mas cuma mau nanya neh gimana caranya biar minyaknya Ga berlebih yah?

 
At 4:48 PM, Anonymous Anonymous said...

Kalo mau renyahnya lama, jgn pakai telur.

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home