Resep Manisan dan Rucuh Buah Cermai


CERMAI
Asam Segar Menyehatkan

Teks/Foto/resep: Budi Sutomo

Buah cermai (Phylanthus acidus) adalah tanaman dari pohon perdu berkayu. Sepintas tanaman cermai mirip dengan pohon belimbing wuluh. Besar buah cermai seukuran bola bekel dengan pinggiran berbiku-biku. Buahnya hijau saat muda dan berangsur kekuningan ketika matang.

Cita rasa buah cermai sangat asam sehingga kurang cocok dimakan sebagai buah meja. Cermai lebih pas diolah menjadi manisan atau rucuh cermai. Buah yang semakin susah dijumpai ini kaya akan serat yang baik untuk mencegah kanker kolon dan membantu mengatasi sembelit. Vitamin C dan beragam mineral penting di dalam buah cermai bermanfaat sebagai antioksidan. Panas dalam dan sariawan juga bisa di atasi dengan mengkonsumsi buah cermai.

Resep

Rucuh Cermai

Bahan:
500 g buah cermai
5 buah cabai merah besar, haluskan
4 sdm gula pasir
1 sdt garam halus
200 ml air matang
Cara Membuat:
1. Gulingkan buah cermai di atas tampah sambil digoyang-goyang hingga kulit memar. Sisihkan. 2. Di tempat terpisah, didihkan air, masukkan cabai merah, gula pasir dan garam. Masak hingga mendidih. Angkat.
3. Selagi hangat, masukkan buah cermai, aduk rata. Siamkan di dalam kulkas selama 2-3 jam agar bumbu meresap. Sajikan.
Untuk 500 g

Manisan Cermai
Bahan:
600 g cermai
1 kg gula pasir
1 sdt pewarna hijau cair
1 sdt garam halus
600 ml air
Cara Membuat:
1.
Larutkan gula, pewarna hijau dan garam dengan air. aduk rata.
2. Didihkan selama 10 menit. Masukkan buah cermai, masak sambil sesekali di aduk hingga gula mengental. Angkat.
3. Jemur manisan cermai selama beberapa hari hingga lapisan gula agak mengering. Simpan di wadah kedap udara.
Untuk 700 g

Tip:

Jika Anda ingin mendapatkan manisan cermai basah, buah cermai cukup direbus dengan larutan gula dan garam. Simpan di dalam sirup gula.

Komentar

  1. Anonim11:32 PM

    saya sebagai seorang yg bekerja dibidang culinary, saya membanggakan sekali dengan hasil karyanya mas budi, sepertinya saya belum melihat ada kekurangan dalam semua tulisan resep n gambar yang mas budi tampilkan, cuman kalo bisa sekali2 buat roti karna saya sebagai seorang baker

    BalasHapus
  2. Bravo Mas Budi Sutomo, S.Pd. saya sangat tertarik dng tulisan anda tentang Manisan Cermai.
    Kebetulan saya lagi sakit Tumor Kelenjar Getah Bening, jadi saya butuh banget Manisan Cermai itu.
    Bagaimana saya bisa memperolehnya, tolong saya difasilitasi, harganya berapa per-Kg asal terjangkau dan wajar saya butuh, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dirumah saya banyak cermai.
      Kalo bapak butuh . Saya bisa kirim buah nya yg segar. Saya gak Jual .krna drumah kebetulan bnyk pohon nya .kalo bpk minat bs hub.sy di 081264893103.mksh

      Hapus
    2. Dikampung saya banyak .kebetulan lg musim.
      Kalo bapak butuh .sy bisa kirim ke alamat bpk.saya gak Jual .krna kebutulan punya pohon nya ,klo minat bs hub.sy di 081264893103

      Hapus
    3. Alamtnya mana pak ?

      Hapus
    4. Alamtnya mana pak ?

      Hapus
  3. rasanya kayak apa tuh ? saya belum pernah mencoba :)

    BalasHapus
  4. Anonim6:47 AM

    mmg sangat sedap...manisan kesukaan waktu kecil

    BalasHapus
  5. Makasih ya atas informasinya sangat bermanfaat
    cara membuat Manisan kolang kaling

    BalasHapus
  6. Produksi buah cerme sape berapa ton mas ?

    BalasHapus

Posting Komentar

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

MENGENAL ANEKA RAGAM BUMBU MASAKAN EROPA - BUMBU MASAKAN KONTINENTAL

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf