Wednesday, April 25, 2007

BUAH JERUK, CEGAH STROKE DAN KANKER



1001

Manfaat
Jeruk


Puluhan varietas jeruk ada di muka bumi. dari yang bercitarasa asam hingga manis. Walaupun berbeda warna, bentuk dan rasa, jeruk memiliki eksamaan, yaitu kaya akan antioksidan, tinggi mineral dan vitamin C.

TEKS & FOTO: BUDI SUTOMO



Jeruk Bali ( Citrus maxima)

Bentuknya besar dengan daging buah berwarna putih ataug merah muda. Jeruk ini memiliki cita rasa manis, asam dan segar karena banyak mengandung air. Jeruk bali mengandung vitamin B, provitamin A, vitamin B1, B2 dan asam folat. Setiap 100 g jeruk bali mengandung 53 kkal energi, protein 0,6 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 12.2 g, retinol 125 mcg, kalsium 23 mg dan 27 mg fosfor. Kandungan lain seperti flavonoid, pektin dan lycopene menjadikan buah ini semakin kaya akan zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Beragam manfaat bisa diperoleh jika mengkonsumsi jus jeruk bali. Senyawa terkandung di dalam jeruk bali mampu mencegah kanker, menurunkan risiko penyakit jantung, melancarkan saluran pencernaan, menjaga kesehatan kulit, mencegah konstipasi, menurunkan kolesterol dan mencegah anemia.

Jeruk Manis/orange (Citrus Aurantium)

Jenis manis mengandung betakaroten dan bioflavanoid yang dapat memperkuat dinding pembuluh darah kapiler. Pektinnya juga banyak terapat dalam buah dan kulit jeruk, manfaatnya membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mingkatkan kolesterol baik (HDL). Jeruk juga berlimpah kandungan flavanoidnya, seperti flavanpis yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal menangkap radikal bebas penyebab kanker. Flavanoid juga menghalangi reaksi oksidasi LDL yang menyebabkan darah mengental dan mencegah pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah. Jeruk juga kaya akan kandungan gula buah yang dapat memulihkan energi secara cepat. Jeruk juga kaya akan serat (dietary fiber) yang dapat mengikat zat karsinogen di dalam saluran pencernaan. Manfaatnya sembelit, wasir dan kanker kolon bisa dihindari.

Di dalam 100 g jeruk manis mengandung energi 51 kkal, protein 0,9 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 11.4 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0.4 mg, retinol 57 mcg dan asam askorbat 49 mg. Jejruk juga kaya akan serat yang dapat memperlancar proses pencernaan.


Jeruk Lemon (Citrus medica Linn)

Di samping kandungan vitamin C yang melimpah, jeruk lemon juga kaya dengan vitamin B, E, natrium, dan beberapa mineral mikro yang dibutuhkan tubuh untuk sisitem imunitas (kekebalan) serta mencegah virus penyebab influenza. Lemon juga sarat


dengan kandungan bioflavanoid yang berperan sebagai antioksidan pencegah kanker. Flavanoid jeruk lemon berfungsi menghalangi oksidasi LDL sehingga aterosklerosis penyebab jantung dan stroke bisa dihindari. Jeruk lemon juga berlimpah kandungan serat berupa pektin yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Jeruk Nipis (Citrus auranfolia)

Banyak unsur senyawa kimia yang bemanfaat dalam jeruk nipis, seperti linalina setat, limonen, geranil asetat, sitral dan fellandren. Di dalam 100 gram buah jeruk nipis mengandung: vitamin C 27 mg kalsium 40 mg, fosfor 22 miligram, hidrat arang 12,4 g, vitamin B 1 0,04 mg, zat besi 0,6 mg, lemak 0,1 g, kalori 37 kkal, protein 0,8 g dan air 86 g. Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral dan asam sitrat.

Dengan kandungan yang melimpah itu, tak heran jika jeruk nipis ampuh menghadang amandel, malaria, ambien, sesak nafas, influenza, batuk; sakit panas, sembelit, terlambat haid, perut mules saat haid; disentri, perut mulas, lelah, bau badan, keriput wajah. Tak kalah pentingnya, jeruk nipis mampu menghambat pembentukan kristal oksalat yang merupakan penyebab penyakit batu ginjal.



6 Comments:

At 12:54 AM, Blogger ' ' aniesha said...

saya ingin bertanya ke bapak Budi Sutomo soal buah jeruk yang sudh bapak tulis.
apakah proses penguningan pada buah jeruk itu mempengaruhi kadar vitamin c atau manfaatnya bagi tubuh manisia?
mungkin bapak mempunyai sumber lain seperti jurnal atau buku mengenai hal tersebut?
mohon dijelaskan karena saya sedang mencoba untuk meneliti hal tersebut.
mohon di balas di email saya: anishacorner@yahoo.com

terima kasih atas perhatiannya
anisa

 
At 6:05 AM, Blogger Butik-Ceria said...

Salam kenal pak Budi :)

Terima kasih atas informasinya .. anak saya umur 5 bulan apa sudah bisa diberi minuman tambahan seperti perasan jeruk baby ya ?

Best Regards

Inu Arya A
www.butik-ceria.com
Butik Sprei-Kaos-Handuk Online

 
At 6:49 PM, Blogger nazhifa Az Zahra said...

salam kenal pa budi...

saya mau nanya nih, apabila sudah terjadi penyumbatan pada salauran lencing, yang kadang bila buang air kecil itu berdara, dan darah yang keluar adalah darah beku, trus di rontgen, hasilnya katanya ada batu ginjalnya, batu ginjal atau prostat ya... nah bisa gak kalo pake jeruk nipis? gimana cara penggunaannya?

 
At 6:50 PM, Blogger nazhifa Az Zahra said...

sebelumnya terima kasih atas jawabannya


regard

weni

 
At 6:34 AM, Anonymous Fatisa said...

terima kasih buat informasinya, saya jadi tertarik untuk menjadikan komoditi ini bahan percobaan nanti..


oh y salam kenal juga pak budi

 
At 8:33 PM, Anonymous Minute Maid Pulpy said...

Nice article. Thanks.

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home