Tuesday, February 06, 2007

Pepino, Buah Pendatang Baru yang Kaya Manfaat

Si Sexy Pepino

Pepino (Solanum muricatum Aiton), adalah buah yang masih satu famili dengan keluarga terong. Di Indonesia buah ini pertama kali di datangkan pada masa penjajahan Belanda. Pepino dapat tumbuh subur dan berkembang dengan baik pada dataran tinggi seperti kawasan puncak. Buah ini banyak dibudidayakan di daerah Dieng-Jawa Tengah.

Bentuknya bulat telur, besarnya bisa mencapai 1/4 kg. Buah ini memiliki cita rasa manis sedang dan sedikit asam. Seperti kombinasi rasa buah blewah dan melon. Cocok dimakan sebagai buah meja, di buat jus, isi es buah atau sebagai campuran salad. Pepino kaya akan vitamin C, mineral, gula sederhana, zat besi dan potasium. Setiap 100 g pepino mengandung vitamin C 25.1 mg, protein 0.6 g, betakaroten 26.6 mg dan asam 79.3 mg. Buah ini bermanfaat untuk meningkatykan stamina, menurunkan tekanan darah dan mencegah sariawan. Serat pepino juga sangat tinggi, baik untuk membantu sistem pencernaan, mencegah sembelit dan wasir. Serat juga mengikat zat karsinogen pemicu kanker kolon pada saluran pencernaan.. Teks & foto: Budi Sutomo

16 Comments:

At 4:44 PM, Anonymous golda said...

hai.. habis googling ttg buah pepino yg pagi ini liat di metro tv :p
jujur aku baru denger nama buah pepino. namanya ngga 'indonesia banget', kirain buah aneh .. ternyata semacam terong. tapi kyknya belum dipasarkan di market ya?

 
At 4:47 AM, Anonymous Anonymous said...

Hai....sama nih. abis googling buah pepino juga.
Kalo sekarang sih di Superindo udah ada tuh buah pepino. Trus...kalo buat yang tinggal di bandung, di daerah By Pass Soekarno Hatta banyak juga tuh, mobil2 pick up yang jualan buah pepino. gak tau berapa harga per kilo-nya. Manfaat utama dari buah ini apa sih?

 
At 2:34 AM, Anonymous ahmadeus said...

di bali sudah ada di carefour sunset road , ada du macem warnanya ... pernah liat di TV tentang orang malang yang gondrong dan berjenggot yang mengembangkannya ... hehehe api belum coba nich ..

 
At 9:09 AM, Anonymous Anonymous said...

halo halo
kemarin sih nenekku baru balik dari Jatim. bawa tanaman buah pepino. ma pedagangnya dikasih kyk fotokopian gitu, ngasih tau kalo buah ini bermanfaat buat obat darah tinggi, kencing manis, mpe batuk juga bisa. Kata nenek sih belinya cuman 5000 dapet 1 pohon n dah ada buahnya 2. cuman buahnya masih berwarna hijau aja, ngga ada garisnya kyk gambar diatas. Tau deh kalo dah dibawa ke jakarta bisa numbuh ngga ya ???

 
At 8:50 AM, Anonymous Andy said...

hallo mas budy...
saya saat ini nanam buah pepino yang luasnya hampir 1/4 hektar di daerah sengkaling-Malang, saat ini umurnya hampir 8 bulanan. klo panen sih udah sering kali dan hasilnya lumayan.. hehehehe....
tapi sementara ini yg saya memasarkan hanya sebatas kota malang aja,saya ingin mengembangkan/mengenalkan buah ini seluas mungkin,barangkalai aja ada info di daerah lain yang berminat akan buah ini ? mungkin klo 2 bulan kedepan buah ini masih ada, saya nanam buah pepino yang ijo.. thanks ya....

 
At 7:27 PM, Anonymous Anonymous said...

salam kenal, pak andy saya mau tanya bisa ga biji pepino saya beli? cukup 10 biji aja kirim mel;alui surat ke refilia ramayani d/a kantor Bappeko Dumai jalan H. R. Soebrantas no. 135 Dumai, nanti biayanya saya ganti, saya mau coba tanam.

 
At 9:32 PM, Blogger condet said...

mas andy,

so far prospek pasarnya gimana kalau di malang? kalau ga ribet, mau juga aku nanem di bogor. pls bales ke kakangmas@gmail.com

suwun

 
At 8:45 PM, Blogger Kristina Irawati said...

salam kenal,
beberapa waktu lalu kencing batu saya kambuh dan sempet di rawat di RS. Teman saya kasih tau kalau kakaknya sebelumnya juga pernah sakit yang sama dan konsumsi jus buah pepino hasilnya berangsur sembuh. Saya sendiri belum sempat coba, karena belum ketemu buahnya.
sudah ada yang pernah coba?

 
At 4:03 AM, Blogger Sri Ratna said...

hay buah apa itu bisa nga tumbuh didaerah kalimantan yang banyak hutan tapi masih sejuk dibandingkan surabaya enak udaranya seperti kota brebes, repot nga nanamnya?

 
At 11:41 PM, Blogger Dr.JUCY SAYS said...

thank 4 info

 
At 8:20 PM, Anonymous agung said...

beli dimalang dialamat mana yahhh emial ke listiyawan@yahoo.com

 
At 7:17 PM, Blogger GUEBANGET said...

salam bt smuanya.....
aq tertarik ne dengan Papino n selalu hunting infonya,,, tp dimana ya aq bisa mendapatkan bibitnya? na saya tinggal d madura.. thank's y.

Email: M_dev8286@yahoo.com

 
At 7:13 AM, Anonymous Anonymous said...

Nama saya Adi.
Pepino setahu saya ada di Market Botani Square Bogor, buah ini sangat berkhasiat untuk menurunkan gula darah, ini buah saktinya yang sakit Diabetes. Pengalaman Mama saya lho... satu hari 1 buah dimakan (ya dikupas dulu lha).

Dalam 1-3 hari penurunannya sangat signifikan, ini buah impor, di Indonesia namanya buah Melody. di market Jakarta-Bogor sekilonya bisa 60ribu. Tapi Jika anda tahu Bumijawa di daerah Tegal ke arah selatan, disana sudah dibuka tempat wisata dan perkebunan Pepino, harga jual 15Ribu per kilo.

saya kenal dekat dengan pengusahanya. jika ada Market yang berminat menyediakannya silakan hubungi saya di 087859036897.

Saya juga bergerak di bidang kesehatan herbal alami, jika ada yang membutuhkan Temulawak silakan hubungi saya juga. Dicari Agen pula. Semoga bermanfaat.

 
At 6:49 AM, Anonymous Anonymous said...

penasaran nih, kalau emang keluarga Solanaceae/terung2an kmungkinan bisa jg tumbuh di kalimantan, masalahnya ada yg jual bibitnya ga ya?

 
At 3:10 AM, Anonymous Anonymous said...

kalo di Medan, di daerah pemandian air panas 'Alam Sibayak', 1 kilonya Rp.20.000. sekedar info aja :)

 
At 5:27 PM, Anonymous Anonymous said...

Haiiiiii....
Q baru aja beli buah pepino smalam sore..
Dr berastagi sumut..
Harganya 8ribu 1kilo..
Rasanya sumpah ga enak banget, tp bagus bgt tuk kesehatan..
Klo ada yg mau beli ada fb aQ yah..
"harmawatinainggolan@yahoo.com"

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home