Monday, December 11, 2006

RESEP KUE KERING KLASIK, PRAKTIS & EKONOMIS

Hari raya seperti Lebaran atau Natal identik dengan kue kering. Tidak ada salahnya, sesekali Anda membuat kue kering sendiri di rumah. Selain menghemat biaya, menyajikan kue kering bikinan sendiri tentu lebih membanggakan.

Jangan bingung dengan resepnya, Resep nastar klasik ini sudah dicoba berulang kali dan hasilnya maksimal. Kue harum, lezat dan teksturnya renyah. Resep ini juga cocok diterapkan untuk berwirausaha boga.Selamat Berkreasi.
Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo



NASTAR KLASIK

Bahan:
250 g tepung terigu rendah protein/soft wheat/cap kunci
40 g tepung maizena
180 g mentega/margarin
20 g susu bubuk
50 g gula halus
2 butir kuning telur
1/4 sdt garam halus
Cengkih untuk hiasan

Selai Nanas:
400 gr nanas matang, parut
200 g gula pasir
3 buah cengkih
5 cm kayu manis/ 1/4 sdt bubuk kayu manis
1/4 sdt garam halus
Olesan, aduk rata:
3 butir kuning telur
2 sdm susu tawar cair/ 1 sdm susu bubuk, larutkan dengan 2 sdm air

Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, aduk rata/ayak.
2. Tambahkan gula halus, kuning telur, mentega/margarin dan garam ke dalam campuran tepung. Aduk dengan garpu atau mixer kecepatan rendah (gunakan satu gigi)hingga terbentuk adonan yang berbutir-butir.
3. Padatkan adonan dengan tangan atau sendok kayu sehingga terbentuk adonan yang bisa dipulung/dibentuk.
4. Ambil sejumput adonan, bentuk menjadi bulatan, pipihkan. Isi tengahnya dengan 1/2 sendok teh selai nanas. Bulatkan kembali.
5. Atur kue yang telah dibentuk di atas loyang beroles margarin. Olesi permukaannya dengan bahan olesan. Tancapkan satu buah cengkih di atasnya.
6. Panggang kue dalam oven bertemperatur 150 derajat celcius selama 20 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dinginkan. Simpan dalam stoples kedap udara.
7. Selai Nanas: Campur parutan nanas, gula pasir, kayu manis, cengkih dan garam, aduk rata. Panaskan sambil terus diaduk hingga terbentuk adonan selai yang kental. Angkat, dinginkan.
Untuk 550 g

Tip:
Jangan mengaduk adonan dengan tangan terlalu lama karena panas tangan akan mencairkan lemak dalam adonan. Akibatnya kue kering akan keras/tidak rapuh. Aduk seperlunya, asal adonan sudah bisa dibentuk. Untuk variasi rasa, selai nanas bisa diganti selai sesuai selera.

27 Comments:

At 5:35 AM, Blogger maisara said...

mas..HMM..Nastar memnag sedap ya...
lebaran kemarin aku juga buat, cuma disini(malaysia)kayaknya kurang 'kenal'dg bentuknya. tapi aku tetap buat juga,pake ditancapkan cengkih diatasnya(bedanya kalau aku bagian bulat itu masuk dalam kue jadi yg bag,panjang bisa dipegang). Cuma disini ada juga kue bahnnya pake selai nanas spt nastar tapi bentuknya lain, namanya jam tart.Aku koleksi resepnya ya...

 
At 10:21 PM, Blogger Si Jagoan Makan said...

Mas Budi, aku sih seringnya beli nastar tapi herannya ada nastar yang makpyurrrr di mulut kenapa apa ya mas ? Jadinya, nggak nikmat soalnya banyak rempahannya trus ngendal di langit mulut. Kenapa ya Mas, kebanyakan roombutternya ya?

 
At 3:20 AM, Blogger tie said...

mas tie pengen request.. kalo nastar kiju gimana ?? maklum tie doyan nih...

 
At 5:51 AM, Blogger nikeyudi said...

asyiiik...ada nastar *cegluk, pengeen*, bikin aaah... ikut nyontek ya mas ;). tenaaaaaaaang.... ntar aku bagi deh kalo jadi ya??itu juga kalo blm habis di serbu pasukan hehehe... makasih ya resepnya :).

 
At 5:33 AM, Anonymous Fitri said...

jadi inget lebaran nih, makan kue nastar,
lebaran tahun depan aku coba bikin sendiri ah... untung ada resepnya mas budi yg OK'S banget... :)

 
At 11:38 PM, Blogger Vio PerSOnal Blog said...

mas... nyontek resepnya y...!!!lg otodidak bikin kue kering nih...tq!!

 
At 4:26 PM, Blogger Ti said...

Mas Budi, minta izin copas resepnya ya buat di publish di blogku, Nastarnya beneran enak lho, empuk bgt, saya udah bikin, thanks ya buat resepnya, dalam dari OZ.

 
At 5:14 PM, Blogger cantik said...

paaasss...banget...aku udah biasa bikin kue2 kering lebaran sebetulnya...untuk konsumsi sendiri aja...karena menurut anak2ku kue2 buatanku lebih enak dari yang beli...hihihi...bangga juga dipuji anak2...yaahh..lumayan lah drpd gak ada yg muji kan...?
tapi gak pernah punya resep yg baku...aku mau coba resep nastar
naaa...kali ini aku mau coba resep nastarnya mas Budi....boleh yaa Maasss....

 
At 4:24 AM, Anonymous phonemic_chip said...

mas,aku nyontek resepnya ya. doain berhasil yaaa...

 
At 10:38 AM, Anonymous Anonymous said...

Hai Budi,

foto nastarmu kutemukan di sini (http://blog.keyshasnack.com/2008/09/05/nastaryummy/#respond).

pemilik asli foto itu siapa??

 
At 1:04 AM, Blogger Budi Sutomo, S.Pd said...

pasti milik budi boga dong, ko ngga izin ya dia?

 
At 9:29 PM, Anonymous Anonymous said...

Kepada Yth,
Dengan surat ini, kami ingin memperkenalkan diri sebagai PT. Sinar Prima Harapan, perusahaan yang spesialis di bidang stoples plastic merk APPLE untuk semua macam kue kering, jajanan, dll. Isi per stoples bisa s/d 500 gram. Kualitas plastic tebal, tidak mudah pecah/retak, bersih, dan dengan desain modern. Harga per lusin: rp 20,000. Terima kasih
Alamat kami di JL raya serang , Tangerang.
Hormat kami,
Jongky Leo
Marketing Manager
HP. 08161966879

 
At 9:01 PM, Anonymous Anonymous said...

aku pernah nyoba nastarmu enak buangeeet tapi apa ga ada resep kue kering yang laen ?!!!

 
At 12:39 AM, Anonymous Anonymous said...

Mas Budi, salam kenal.
aku baru mau coba bikin Nastar, boleh tau, sebaiknya pake mentega/margarin merk apa yah biar enak...??? (Aath)

 
At 6:22 AM, Anonymous aneka resep said...

aku paling suka kue kering, apalagi nastar. Knapa ya kadang klo bli kue kering ditoko ada yang renyah kadang ada yang agak keras yang mempengaruhi takaran apanya ya.....

 
At 8:35 AM, Anonymous Widitya said...

Hi mas....

mau tanya2...

aku pernah bikin nastar, tapi bentuknya waktu dipangang g bisa jadi bulat dan cantik, seperti yang mas punya di gambar.

selain itu gmn caranya biar adonan bisa diisi selai nanas yang cukup banyak?

karena berdasar pengalaman, setelah adonan di kasih selai nanas, susah sekali buat ngebentuk jadi bulat lagi.

best regard

 
At 8:38 AM, Blogger WIDITYA said...

Hi mas....

mau tanya2...

aku pernah bikin nastar, tapi bentuknya waktu dipangang g bisa jadi bulat dan cantik, seperti yang mas punya di gambar.

selain itu gmn caranya biar adonan bisa diisi selai nanas yang cukup banyak?

karena berdasar pengalaman, setelah adonan di kasih selai nanas, susah sekali buat ngebentuk jadi bulat lagi.

best regard

 
At 8:38 AM, Blogger WIDITYA said...

Hi mas....

mau tanya2...

aku pernah bikin nastar, tapi bentuknya waktu dipangang g bisa jadi bulat dan cantik, seperti yang mas punya di gambar.

selain itu gmn caranya biar adonan bisa diisi selai nanas yang cukup banyak?

karena berdasar pengalaman, setelah adonan di kasih selai nanas, susah sekali buat ngebentuk jadi bulat lagi.

best regard

 
At 8:38 AM, Blogger WIDITYA said...

Hi mas....

mau tanya2...

aku pernah bikin nastar, tapi bentuknya waktu dipangang g bisa jadi bulat dan cantik, seperti yang mas punya di gambar.

selain itu gmn caranya biar adonan bisa diisi selai nanas yang cukup banyak?

karena berdasar pengalaman, setelah adonan di kasih selai nanas, susah sekali buat ngebentuk jadi bulat lagi.

best regard

 
At 5:32 AM, Blogger Tegguhbelajar@gmail.com said...

ijin ngelink om...

 
At 5:38 AM, Blogger Tegguhbelajar@gmail.com said...

cek

 
At 5:42 AM, Blogger Tegguhbelajar@gmail.com said...

cek this cek

 
At 5:42 AM, Blogger Tegguhbelajar@gmail.com said...

cek this cek

 
At 6:15 PM, Anonymous albertpriyono said...

Saya sdh pake bukunya 'Roti Favorit', manfaat bgt. Kukernya pasti sama...

 
At 8:28 AM, Anonymous albertpriyono said...

Kelupaan, numpang link ya...

 
At 2:53 AM, Blogger Aya's corner said...

Salam kenal. Saya mau tanya kalo gak ada susu bubuk bisa diganti susu cair gak? Kalo bisa berapa ml? Soalnya saya tinggal di Belanda dan disini tidak jual susu bubuk kecuali hanya utk bayi dan anak dibawah 3 thn.
Terima kasih sebelumnya

 
At 11:13 AM, Blogger Gracia Dee said...

Thanks mau berbagi resep..doakan aku bisa sukses buatnya ya....hehe.
Silahkan mampir ke blog ku ya Mas...
http://graciasstory.blogspot.com/

Thanks ^-^

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home