Wednesday, November 22, 2006

RESEP KUE WIDARAN KEJU


Banyak sebutan untuk kue ini, sebagian orang mengenalnya dengan kue widaran, telur gabus atau telur belanak. Apapun namanya, yang pasti kue ini mempunyai citarasa renyah, gurih dan lezat. Bahan-bahanya mudah didapat dan teknik pembuatanya tidak terlalu sulit. Jika tau rahasia membuatnya, Anda pasti sukses membuat kue ini. Selamat Mencoba.
Resep/Dapur Uji/Food Stylist: Budi Sutomo

WIDARAN

Bahan:
350 g tepung kanji/sagu tani
3 butir telur, kocok sebentar menggunakan garpu
1/4 sdt garam halus
minyak untuk menggoreng.
2 sdm keju chedar parut

Cara Membuat:
1. Campur tepung kanji, keju parut dan garam. Aduk rata.
2. Masukan telur sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga terbentuk adonan yang bisa dipulung.
3. Ambil sejumput adonan, bentuk menggunakan kedua telapak tangan hingga berbentuk bulat panjang. Tampung hasilnya di dalam wajan berisi minyak dingin.
4. Panaskan minyak berisi adonan yang sudah dibentuk. Goreng hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan. Simpan dalam stoples/wadah kedap udara.
Untuk 300 g

Tips:
Jangan pernah menggoreng kue ini langsung ke dalam minyak panas. Kue akan meletus dan bentuknya menjadi tidak bagus. Goreng dalam minyak dingin. Untuk variasi rasa, kue widaran keju bisa di besta/dilapisi dengan gula pasir yang di panaskan hingga mengentak/semrambut. masukan air sedikit demi sedikit, hentikan jika adonan sudah dapat di bentuk/dipulung. Tambahkan tepung jika adonan susah dipulung/terlalu lembek.

14 Comments:

At 1:29 AM, Anonymous Lika said...

jadi rahasianya yg mana ni mas budi?? bagi2 doong..

 
At 1:57 AM, Anonymous Inendut said...

Kayanya bisa untuk wira usaha boga nih mas? Thanks resepnya ya?

 
At 12:32 AM, Blogger Anie said...

ini dia neh cemilan kesukaan aku...
aku copy ya...

 
At 1:40 AM, Blogger Ina said...

asyiiik! sekarang daku bisa cobain disini deh. Soale kalau makan beginian kudu pas mudik atau tungg oleh-oleh temen yang baru mudik dari Indo....
Thanks ya mas...

 
At 3:15 AM, Blogger akoe said...

bisa gag mas tepungnya diganti ama tepung yg lain. soalnya gag nemu kanji disini mas:((

 
At 1:53 AM, Blogger tie said...

wah... ini kesukaan tie... untung mas budi posting... makasih mas... tie pengen bikin ah...

 
At 7:12 PM, Anonymous Anonymous said...

mas Budi, aku da coba bikin kue wedaran keju nya, kok waktu digoreng
dengan minyak panas,dari minyak dingin, kuenya jadi lengket mas?? tolong
dong..dimana salahnya? thanks sebelumnya...Ria

 
At 11:23 PM, Anonymous yanti said...

kalo andaikan tepung sagu tani/kanjinya di ganti ama tepung ketan gimana variasi nya ya mas? aku bikin nya dari tepung ketan tapi bosen rasanya gitu muluuu...makasih

 
At 6:58 PM, Blogger gate said...

siip..resepnya
terima kasih mas budi..

 
At 11:25 PM, Anonymous Ann said...

Salam Kenal nich...
Mas boleh minta resep untuk skutel?

 
At 8:53 PM, Anonymous Anonymous said...

mas.. kejunya berapa banyak??

 
At 2:23 AM, Blogger meinekueche said...

Enak, renyah dan empukkkk...seeneng banget saya bisa buat kue tradisional ini...

 
At 7:11 PM, Anonymous Eka sari said...

Saya pernah buat tapi kok setelah digoreng hasilnya lengket antara yang satu dengan yang lain y?jadinya mlempem,kira2 kenapa ya mas?tolong dong...di kasih tau rahasianya..

 
At 7:14 PM, Anonymous Eka sari said...

Saya pernah coba pake tepung kanji kok setelah digoreng hasilnya lengket y?dan juga mlempem?kira2 kenapa ya?tolong dong dikaasih tahu rahasianya...

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home