Friday, September 01, 2006

Rahasia Resep Ayam Goreng Gurih

Kelezatan dari ayam goreng ini adalah dagingnya yang gurih dan empuk. Rahasianya terletak pada air perendam dan teknik menggorang. Mengungkep ayam dengan air kelapa dan rempah-rempah menjadikan ayam goreng ini bercita rasa istimewa. Jangan lupa goreng dengan teknik deep frying atau menggoreng dengan minyak banyak, agar ayam matang merata, renyah dan berwarna kuning kecokelatan.
Resep & Dapur Uji: Budi Sutomo

AYAM GORENG GURIH

Bahan:

1 ekor ayam, potong menjadi sepuluh bagian
500 ml air kelapa
3 cm lengkuas, haluskan
2 cm jahe, haluskan
1 sdm ketumbar, haluskan
2 cm kunyit, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam halus
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

1. Larutkan semua bumbu dalam air kelapa, aduk rata. Masukkan daging ayam, diamkan dalam kulkas selama 2 jam agar bumbu meresap.
2. Didihkan ayam beserta air kelapa berbumbu dalam api kecil. Setelah daging empuk, angkat, tiriskan.
2. Panaskan minyak banyak, goreng ayam hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. angkat. Sajikan hangat dengan sambal terasi atau sambal tomat dan lalapan.
Untuk 5 Porsi

Tip: Jika Anda menghendaki ayam empuk hingga ketulang-tulangnya. Rebus ayam dengan air kelapa berbumbu dalam panci presto selama 20 menit.

28 Comments:

At 4:26 AM, Anonymous Budiyati said...

Mas adakah pengganti air kelapa untuk menggurihkan ayam?saya diJepang tidak ada air kelapa! maturnuwun tipsnya!

 
At 6:46 PM, Anonymous Tiara said...

pengganti air kelapa bisa pake rumus sbb:

250ml air + 1/2 sdt cuka + 2 sdt gula pasir + 1/4 sdt garam.

Tipsnya diambil dr website dapur keluarga Nugraha http://www.resepnugraha.net/resep/others/tips_didapur.html

 
At 6:43 PM, Anonymous Anonymous said...

Buat yg dah biasa masak, mo nanya dunk. Air kelapanya tuh...apa harus air kelapa muda? ato air kelapa tua juga boleh? makasih

Deen

 
At 7:25 AM, Anonymous Anonymous said...

wah patut dicoba nih soalnya suamiku doyan banget ayam goreng, biasanya aku masak ga bisa garing apalagi kl udah dingin...kl yg resep ini masih garing ga y?

 
At 5:26 AM, Anonymous Anonymous said...

sekalian minta resep sambal terasinya dong mas

 
At 6:25 AM, Anonymous Edwin Maolana said...

Mas terima kasih untuk resepnya... akan saya coba buat keluarga.

 
At 2:34 AM, Anonymous Anonymous said...

mas, mo nanya..
kalo ga punya panci presto gimana?

 
At 8:39 PM, Anonymous resep masakan said...

mantap kali neh resep nya, !! aq dah nyoba

 
At 10:30 PM, Blogger chix_stp said...

wahh,,,jadi pengen..
ntar cobain ahh..
air kelapanya, air kelapa muda ato tua ya?

 
At 4:16 AM, Blogger mpu said...

Mbak Budiyati, saya jg di jepang. Utk dapetin air kelapa harus ke asian market dulu. Atau beli coconut milk kalengan. Ada yg buatan indonesia atau thailand.

 
At 11:48 AM, Anonymous Anonymous said...

kirain coconut milk itu santan?

 
At 10:19 PM, Anonymous Anonymous said...

Wah... Hatur nuhun mas.. resepnya.... ditempat aku air kelapa banyak.. (air nyiur namanya).. .bisa kelapa muda bisa kelapa tua.. atau kelapa kopyor... nanti saya cobanya... tapi ya itu nunggu 2 jam... ya biar meresap bumbunya...

 
At 2:05 PM, Anonymous Anonymous said...

Mas,aQ deni dr saLa3... sng bgt wkt Liat resep ney...y9 mu Q tnya'in,kr2 ayam'y bs thn brP Lm ya?!cz,mu coba bwt jualan....tq very much!!
KL g kbratan krm ja di: tdslovers@gmail.com

 
At 5:56 AM, Anonymous Anonymous said...

Mas, kalau di presto supaya tulangnya lunak apa ada perubahan bumbu

 
At 12:22 AM, Anonymous atik said...

blom pernah nyoba masak ayam goreng pake air kelapa, perlu dicoba neh.. thanks dah sharing resep...:)

 
At 3:15 PM, Anonymous Anonymous said...

bukannya klo coconut milk itu santan yaa???

mas klo cukanya diganti lemon sama ga ya rasanyaaa... :) thx

 
At 7:34 PM, Anonymous vita said...

Ayam goreng kering bikin kepengen, musti dicoba nih

 
At 8:36 AM, Anonymous Masak Apa? said...

Muantep Banget resep nya nih! Bisa belajar Mas!

 
At 4:30 AM, Blogger Anthony said...

kayaknya enak tuch..tapi mas klu gk punya ayam gimana?..

 
At 8:23 PM, Anonymous Anonymous said...

Coconut Milk itu : santan, diambil dr daging kelapa diparut dan diperas airnya.

Air kelapa yaitu air Чαπğ ada didalam buah kelapa. Citarasa dan kegunaan berbeda. Kl santan bisa mengentalkan dan citarasa harum nya khas.
Kalau air kelapa biasa u mengempukkan daging/ayam, bisa jd juicy. Air kelapa jg u menetralkan racun dalam tubuh,terutama Чαπğ ijo/hijau (degan ijo org jawa bilang).terutama sehabis makan seafood ato keracunan obat.
Air jeruk tdk dpt mengantikan cuka, karena kandungan cuka berbeda dgn air jeruk, mk dr itu rasanya beda walaupun sama2 asam.

 
At 12:25 PM, Anonymous Bebek goreng said...

Resep2nya sangat menarik & menginspirasi

salam dilaturahmi dari kami Resto Bebek Goreng Waralaba Abah Ndut

Ditunggu kunjungan baliknya
Terima kasih

 
At 1:46 AM, Anonymous dina said...

3cm lengkuas itu sama dengan brapa sendok lengkuas bubuk y? 2cm kunyit sama dg brapa sendok kunyit bubuk?
sy msh baru blajar masak..sayangny dsini saya kesusahan cari rempah2, cuma pnya bumbu bubuk ajah... :(

 
At 1:46 AM, Anonymous dina said...

3cm lengkuas itu sama dengan brapa sendok lengkuas bubuk y? 2cm kunyit sama dg brapa sendok kunyit bubuk?
sy msh baru blajar masak..sayangny dsini saya kesusahan cari rempah2, cuma pnya bumbu bubuk ajah... :(

 
At 8:34 PM, Anonymous Baliview said...

Salam kenal mas, mohon ijin pakai resepnya yaa, lagi panic mode on gara2 tukang masak di rumah mendadak pulang.., jd langsung cari resep dan dipraktekin, smg berhasil!
Terima kasih

 
At 7:02 AM, Anonymous Anonymous said...

kalo ngak bisa motong ayamnya gimana?

 
At 7:55 AM, Anonymous Anonymous said...

I LOVE U PAK BUDIIIIII.... :D


Resepnya benar2 menginspirasi.......



SALAM HANGAT.....

 
At 11:34 PM, Blogger Siti Sarah Mawaddah said...

panci prestonya kalo gak punya bisa diganti dengan panci yang lain ngga?

 
At 11:37 PM, Blogger Siti Sarah Mawaddah said...

ayam baiknya dipotong brp?

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home