Wednesday, July 05, 2006

Resep POP CORN (Berondong Jagung), Cemilan Asik Buat Nonton Bola




Resep: Budi Sutomo

POP CORN
Snack yang murah dan mudah membuatnya, buat selingan di saat nonton tv atau kumpul bareng anggota keluarga

BAHAN:

200 gr jagung pop corn
60 gr mentega/margarin
2 tetes pewarna sesuai selera (jika suka)
1 sdt garam halus
1/2 sdt bumbu kaldu instan/vetsin (jika Suka)

CARA MEMBUAT:

1. Panaskan 1 sendok makan mentega/margarin, masak hingga meleleh, tambahkan, garam dan bumbu kaldu instan, tuang pewarna, aduk rata.

2. Masukkan satu genggam jagung popcorn, aduk rata. Tutup rapat dan sesekali wajan diangkat sambil digoyang-goyang. Tunggu beberapa saat hingga terdengar bunyi letusan-letusan. Setelah semua jagung meletus dan tidak terdengar lagi bunyi letusan, angkat pop corn dan biarkan dingin.


3. Simpan Berondong jagung dalam stoples atau kemasan kedap udara.


Untuk 200 gr


Tip:
*Jagun pop corn sebaiknya di jemur dulu sebelum di buat berondong agar jagung bisa mengembang dengan baik.

* Jangan memasukan jagung terlalu banyak, karena matangnya tidak rata.


* Jika tidak punya alat membuat pop corn, gunakan wajan tebal/teflon tebal. Tutup rapat atasnya dengan tutup panci.


* Usahakan selalu menggoyang wajan selama memasak agar bumbu tercampur rata dan jagung rata mekarnya.

20 Comments:

At 3:36 AM, Anonymous anto said...

aku mau tanya mas,
kenapa yach disebut berondong?
ada hubungannya gak sama 'brondong'?

 
At 3:36 AM, Anonymous anto said...

aku mau tanya mas,
kenapa yach disebut berondong?
ada hubungannya gak sama 'brondong'?

 
At 11:37 PM, Anonymous rika said...

mas, klo mo bikin yang manis gimana? soalnya klo dimasukkan gula di wajan panas biasanya cepat gosong...?

 
At 7:14 PM, Anonymous Anonymous said...

Very cool design! Useful information. Go on! » » »

 
At 1:01 PM, Anonymous Anonymous said...

That's a great story. Waiting for more. film editing schools

 
At 8:08 PM, Anonymous nyinya said...

aku pernah bikin yang manis...
caranya gula dicampur air sedikit biar tidak gosong, terus dimasak di wajan.
setelah gula leleh dan mengental (air habis)masukkan pop corn yang sudah jadi, aduk cepat sampai rata.
gula dicampur susu kental manis juga enak rasanya...

 
At 11:41 PM, Blogger Rahmatullah said...

Saya waktu ke C4 minggu lalu, tidak sengaja saya melewati lorong rak biji-bijian. mata saya langsung terpaku pada satu produk yang "nyeleneh" karena diletakkan di rak biji-bijian. Produk tersebut O'Corn Popcorn. harganya 1700an kalo tidak salah.karena saya penasaran dan saya juga penggemar berat popcorn, saya langsung membelinya. Sampai di rumah saya langsung memasaknya. oh iya, o'corn popcorn ini masih harus dimasak tapi inilah yang menurut saya yg menjadikannya unik dan menarik, kalo boleh dibilang 'pengalaman yang fun' saat memasaknya selain itu bisa dimasak dengan kompor apa saja ( kompor minyak tanah, kompor gas, kompor listrik) tanpa harus menggunakan microwave yang mahal itu. sedangkan popcorn instan import yg dijual selama ini cukup mahal dan harus segera dimakan setelah dimasak (berhubung saya tidak mempunyai microwave).Popcorn instant O'Corn menurut saya adalah popcorn all in one PERTAMA di Indonesia, dimana jagung, bumbu, margarine dan garam tercampur menjadi satu, sehingga PRAKTIS, (tidak perlu menambahkan margarine lagi ). oiya, satu hal yang perlu saya share dgn yg lain,saya mulai mengganti kebiasan ngemil saya dan keluarga dengan snack2 yang lebih sehat. menurut hemat saya, popcorn adalah salah satu pilihan terbaik, karena serat alami dari jagungnya sangat baik untuk pencernaan ditambah pula kandungan Vitamin Bnya.
Oiya, kalo mau variasi coba klik ke: http://www.tabloidnova.com/articles.asp?id=11055

 
At 6:26 AM, Blogger Ceritanya Yuyun said...

Daripada beli yang instan, mending bikin sendiri. Selama ini saya selalu bikin sendiri, tapi cuma pake mentega dan garam saja, gak pake vetsin. Lumayan buat iseng2

 
At 5:19 AM, Anonymous Anonymous said...

cara buat jagung jd pop corn itu gimana sih ? dijemur dulu atau gimana ? berapa lama jemurnya ? thanks

 
At 3:40 AM, Anonymous Anonymous said...

Tks ya pak.

Kbetulan kmi gie cari resep
Skul we gie praktek nilai ekonomis jadie kami membuat nilai ekonomis suatu barang nantie di jwal.

 
At 7:00 AM, OpenID eddiekrg said...

hmm, postingan yg menarik ttg cara bikin pop corn, saya copas di blog saya ya? btw, skrng lagi nunggu bikin popcorn nih, tadi waktu pulang kantor mampir ke hero, eh ada biji2an popcorn, iseng2 mau coba.. :D

 
At 8:42 PM, Anonymous Nina said...

Mas.jagung popcorn tuh jagung yg kering itu kan??

 
At 4:07 AM, Anonymous Anonymous said...

aku bikin jagung, yang jadi hanya 10% saja, yang lain hangus, kanapa ya?? sudah 2x mencoba...

 
At 3:24 AM, Anonymous Anonymous said...

mas, aku pengen jualan jagung popcorn pake gerobak gimana caranya ya..

 
At 2:18 AM, Anonymous Momogi said...

Nice info!

 
At 5:48 AM, Anonymous Anonymous said...

kalo buat pop corn manis gimana caranya? Pake gula pasir langsung atau dibuat karamel dahulu, mohon infonya. Trims

 
At 1:44 AM, Blogger Ani Mulyani said...

makasih tips nya mbakk,,,

 
At 11:02 PM, Blogger chelsea erdanti said...

jagung pop corn itu khusus ya :/
:D nggak bisa jagung biasa yang sering ditanam itu ..???

 
At 11:03 PM, Blogger chelsea erdanti said...

jagungnya itu khusus ya .. :/
nggak bisa kalo pake jagung yang sering ditanam biasanya itu ..???

 
At 5:17 AM, Anonymous kaos baju distro said...

bisa di coba nih di rumah :)

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home