Monday, July 10, 2006

RESEP DONAT SINGKONG



Siapa sangka, singkong juga bisa dibikin donat, asal tau caranya, ubi ini bisa menghasilkan kue donat yang lezat dan empuk.

Resep: Budi Sutomo


DONAT SINGKONG

Bahan:

400 gr singkong, kupas, kukus, haluskan
400 gr tepung terigu protein tinggi/hard wheat, cap cakra
2 butir telur ayam
11 gr ragi instan
100 gr margarin
10 gr baking powder
100 gr gula halus
50 gr susu bubuk
150-200 ml air (perhatikan tekstur adonan)
½ sdt garam halus
Gula halus untuk taburan


Cara Membuat :
** Campur singkong yang sudah dihaluskan, tepung terigu, gula halus, baking powder,
ragi instan, garam dan susu bubuk. Masukkan telur dan air sedikit demi sedikit sambil diuleni.

** Tambahkan margarin, uleni hingga kalis dan terbentuk adonan yang transparan. Bulatkan adonan, biarkan mengembang 60 menit.

* * Potong dan timbang adonan masing-masing 50 gr. Bulatkan dan biarkan mengembang lagi 30 menit.

** Kempiskan masing-masing bulatan dan bentuk kembali menjadi bola-bola. Lubangi tengahnya dengan jari, diamkan lagi selama 20 menit.

* Panaskan minyak dalam wajan. Goreng donat hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan dinginkan.

* * Sajikan donat dengan taburan gula halus, mises, keju, kacang, iching sugar atau sesuai selera.
Untuk 30 Buah



Tip:


1. Untuk mendapat tekstur donat yang empuk dan berserat halus, lakukan proses fermentasi 3 kali seperti yang tertulis dalam resep.


2. Pilih singkong yang tidak terlalu tua agar singkong empuk dan tidak berserat


3. Agar lebih cepat, adonan donat bisa digiling setebal 1 cm kemudian di cetak dengan cetakkan donat.



15 Comments:

At 4:24 AM, Blogger yummy! said...

wweh weh...patut dicoba nih, mas :) nyari singkong dulu ah!

 
At 10:52 PM, Anonymous imey said...

Mas Budi,

Donutnya enaq banged ya, apalagi ditemenin earl grey tea-nya twinning :)) btw umbinya selain singkong bs diganti yg lain ga? spt ubi jalar atao kentang...

 
At 11:12 PM, Blogger Budi Sutomo, S.Pd said...

wah senengnya dikunjungi mbak imey, singkong bisa diganti kentang atau ubi jalar. selamat mencoba.

 
At 12:18 AM, Blogger Andrie Anne said...

Hi Mas, lam kenal. Punten ya Mas,blognya aku link-in dgn blogku, pemulaa abiss. Sudi berkunjung hehe. Makasi ya Mas.

 
At 8:52 PM, Anonymous Anonymous said...

Keep up the good work
»

 
At 11:32 PM, Anonymous Anonymous said...

Where did you find it? Interesting read 1973 vw van picture Transat cruises Advertising buy free home online property risk sell Alero oldsmobile taillights 80 mg oxycontin straight to home Movies sex group Organic waterbed sheets Cheap cialis exchange link New hampshire and rolex watches job sales search share time Wwf tag team bra and panties Protective auto covers Marriott time share rental 20 Breast enhancement pills at gnc Hiking northern italy tour Mortgage loan ratios foreclosed marriot timeshare Stilo sport Cheap calls to turkey sim cards

 
At 6:54 AM, Blogger Dapur Singkong said...

Ya Ampuuun....Lihat gambarnya aja udah bikin pengeeen...Keren banget deh bentuk donatnya. Jadi pengen banget coba.

 
At 4:30 PM, Blogger elroad said...

emh. boleh di coba nih...
ky'nya sih enak tapi yang pasti UENAK tenan kale, orang singkong di rebus aja dah enak pa lagi di buat donat, sip sip siiiiiiiip

 
At 4:30 PM, Blogger yudhopn21 said...

Wah ide baru nih mas... siapa tau bisa buat usaha. Ternyata kalo idenya kreatif apa aja bisa dibuat.

 
At 2:20 AM, Blogger alwayS Ri2N said...

pengen coba juga ah...

 
At 11:18 PM, Anonymous pasang iklan said...

kalo aku lihat dari gambarnya sh membuat ngiler..... jadi pengen coba!!! hmmmm.... coba ah!! thx resepnya!!

 
At 10:00 PM, Blogger Patricia said...

Mas Budi,
Kalau bermalam, donatnya keras ngak ?

 
At 8:26 AM, Blogger dmaz00 said...

iya,.. mas,. klo donatnya ga dimasak langsung (bermalam) jadi keras ngga ya?? thanks jawabannya

 
At 8:47 PM, Anonymous vsint said...

wah kreasi yang bagus nich,,,,jarang-jarang orang kepikiran tentang donat singkong,,,artikel yang cukup bagus

 
At 4:24 PM, Anonymous Obat Pembesar Payudara Herbal said...

makasih ya telah mau berbagi informasinya...

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home