Monday, June 05, 2006

RESEP MUFFIN PRAKTIS DAN EKONOMIS, UNTUK BERWIRASWASTA



Resep: Budi Sutomo














Muffin Ubi Hitam Manis

Buah :
150 gr ubi jalar, kukus dan haluskan

100 g margarin/mentega

100 g gula pasir

4 butir kuning telur

2 butir putih telur
100 g tepung terigu
½ sdt baking powder
100 g cokelat masak, lelehkan
50 g cokelat masak, cincang

Cara membuat:

1. Kocok margarin dan gula hingga mengembang kaku. Masukkan kuning dan putih telur satu per satu sambil terus dikocok dengan kecepatan sedang.

2. Tambahkan tepung terigu, baking powder dan ubi. Aduk rata. Tuangkan coklat yang sudah dilelehkan dan cokelat cincang, aduk rata.

3. Tuang adonan dalam cetakan muffin yang telah dialas dengan cup kertas. Oven pada suhu 180 derajat celcius kurang lebih 20 menit. Angkat dan dinginkan.
4. Hias atasnya dengan coklat tim dan sajikan segera.

Untuk 10 buah


Muffin Isi Ceri
Bahan:
2 butir telur
125 ml susu tawar cair
80 gr mentega, cairkan
100 gr gula pasir
Campur dan ayak:
200 gr self raising flour *
40 gr tepung maizena
1 sdt baking powder
1 sdt garam halus
Isi, aduk rata:
100 gr ceri segar, belah dua, rendam dalam sirup coco pandan
60 ml selai stroberi
Cara Membuat:
1. Kocok telur telur bersama gula pasir selama 3 menit. Masukkan campuran tepung yang telah di ayak ke adlam kocokan tel;ur, aduk rata.
2. Tambahkan susu tawar cair dan mentega yang sudah dilelehkan. Aduk rata.
3. Masukkan adonan ke dalam cetakan muffin yang telah di alas cup kertas, isi dengan beberapa potong buah ceri. Tutup lagi dengan adonan hingga hampir penuh. letakan atasnya satu potong ceri.
4. Oven hingga matang dan muffin berwarna kuning kecokelatan. Angkat, oles dengan bagian atasnya dengan mentega. Sajikan hangat.
* self raising flour, tepung terigu yang telah ditambahkan bahan pengembang. Bisa didapatkan di swalayan terkemuka. Bisa diganti dengan mencapur 500 gr tepung terigu dengan 1 sdt baking powder.

Hasil 5 Buah

10 Comments:

At 10:12 PM, Blogger For Order please contact me on uwi_yuli@yahoo.com said...

Mas budi,
Saya penggemarmu loh, bahkan sebelum dirimu bergabung dengan NCC. Soalnya aku kerja di Gramedia Majalah, satu atap dengan Primedia, kenal baik dengan mbak Yani hehehe...bilang aja Yuli Hotgame. Daaan aku telah memiliki 2 buah bukumu loh. Kalo ke Jl.Panjang bilang2 ya, mo minta tanda tangan nih hehehe

 
At 10:02 PM, Blogger Budi Sutomo, S.Pd said...

Wah....salam kenal balik. senang banget! eh....mau dong bikin buyku di gramedia. aku punya dua buku yang belum sempat aku tawarkan ke penerbit. pertama . Tanaman Hias Populer kedua Esiklopedia Boga dan Pariwisata. Mbak Yuliana di bagian apa di gramed?

 
At 1:42 AM, Anonymous yayang said...

kalo aku yg bikin, jadinya enak gak ya?
yg ada dapur berantakan di mana2,
jangankan buat dijual, dimakan sendiri aja mikir2 dulu kaya gimana rasanya... ;)

 
At 6:55 PM, Anonymous bundafaiha said...

mas budi,salam kenal dari bundafaiha.
aku mau tanya boleh ya.... :)
untuk mufin,cetakanya punya beberapa ukuran ya....


thanks

 
At 4:09 PM, Anonymous Anonymous said...

You have an outstanding good and well structured site. I enjoyed browsing through it » » »

 
At 10:08 PM, Anonymous Anonymous said...

mas... kalo muffin di isi coklat bisa gak?? pake coklat apa?? selai coklat??

salam
abigael

 
At 1:26 AM, Anonymous Anonymous said...

Mas Budi, klo di muffin ubicoklat masak cincangnya dganti choco chip bisa?

 
At 8:36 PM, Anonymous ella said...

mas budi, aku mo tanya beda ga sih cupcake dengan muffin :),..tq ya

 
At 1:37 AM, Blogger Isma Yani said...

Salam kenal mas budi... aku bikin kue muffin selalunya tidak mengembang. rahasianya apa sih supaya hasilnya bagus

 
At 1:27 AM, Anonymous Kreasi Marie said...

Mari mampir ke http://www.kreasimarie.com/ atau ke http://www.facebook.com/MarieBerkreasi untuk resep kreasi lainnya :) Mampir sekarang ya..

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home