Friday, May 05, 2006

UNTUNG RUGI MINUM KOPI





CERITA DIBALIK SECANGKIR KOPI....

Penulis: Budi Sutomo

Menikmati secangkir kopi di kala sore hari pasti sangat nikmat, apalagi ditemani dengan sepotong cake atau makanan kecil lainnya. Namun apa jadinya jika sedang asik menikmati cappuccino di coffee shop langganan tiba-tiba Anda dihampiri segerombolan wanita pembenci kopi?!.

Cerita di atas memang belum terjadi di sini, namun di London, pada tahun 1674 sekelompok wanita mendirikan Women Petition Against Coffee alias petisi wanita pembenci kopi, Apa pasal? Ternyata wanita di sana cemburu dan kesal karena para suami lebih betah nongkrong sambil menyeruput secangkir kopi di caffee house dari pada berkumpul dengan anak istri diruma. Ingin tau lebih jauh tentang kopi? Simak ulasan berikut.

Jenis Kopi
Pada mulanya biji kopi (Coffee sp) hanya terdiri dari jenis Arabica dan Robusta. Arabica mempunyai biji lebih kecil dibandingkan Robusta, kandungan kafeinya lebih rendah, rasa dan aroma lebih nikmat dan harga relatif lebih mahal. Robusta lain cerita, biji kopi ini utiranya besar, bentuknya oval, tinggi kafein dan memiliki aroma yang kurang harum. Kita lebih mengenal kopi Toraja atau kopi Jawa yang berasal dari varietas kopi Arabica atau kopi Lampung dan Bali dari jenis Robusta.

Proses Pembuatan
Nikmatnya secangkir kopi memang sebanding dengan proses membuatnya. Berawal dari biji kopi tua, dijemur hingga kering, digiling untuk memisahkan kulit dengan bijinya, disangrai hingga hitam, dihaluskan baru diseduh dengan air panas.
Saat ini banyak bermunculan kedai kopi, mulai dari warung sederhana yang menyediakan kopi tubruk hingga coffee house dengan cappuccino, espresso dan latte sebagai minuman andalan. Penikmat kopi sejati lebih menyukai kopi tubruk atau Espresso; kopi yang dibuat dengan cara menyemprotkan uap panas bertekanan tinggi ke dalam bubuk kopi lebih cocok karena citarasa khas kopi lebih terasa. Bagi pemula, Cappuccino; satu porsi kopi espresso yang ditambah susu dan taburan kayu manis bubuk atau latte; setengah porsi espresso yang ditambah susu cair lebih cocok karena citarasa kopi lebih ringan. Untuk rasa yang lain, irish Coffee; kopi panas yang diberi irish whisky dengan topping krim kocok menjanjikan sensasi yang berbeda bagi penikmat kopi.

Untung Rugi Minum Kopi
Beberapa penelitian ilmiah membuktikan, kalau minum kopi bermanfaat untuk kesehatan. Seperti yang dilakukan tim dari University of Houston, Texas. Penelitian yang dilakukan pada warga Irlandia yang suka minum kopi dengan ditambah whisky dapat menurunkan hingga 80% risiko serangan stroke. Kopi juga dapat menyembuhkan sakit kepala akibat ketegangan, seperti yang diungkap Dr. Seymour Diamond dari Diamond Headache Clinic. AS. Pakar lain berpendapat kandungan kafein Kopi dipercaya mampu meningkatkan libido seksual pria. Senyawa kafein bisa menghilangkan rasa lelah, kantuk dan meningkatkan kewaspadaan saraf motorik.
Selain manfaat beragam manfaat, kopi juga mempunyai sisi buruk terutama bagi para wanita. Laporan hasil penelitian rumah sakit Christchurch, Selandia baru mengungkap, sebagian besar wanita pecandu kopi akan melahirkan bayi yang sulit bernafas saat dilahirkan. Sedangkan penelitian Sven Cnattingius dari Karolinska Institute, Swedia, mengungkap; wanita yang mengkonsumsi 100 mg kafein/hari akan lebih mudah mengalami keguguran. Pakar kesehatan juga berpendapat kalau minum kopi lebih dari 6 cangkir sehari dapat meningkatkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida penyebab stroke. Budi Sutomo.



11 Comments:

At 4:12 PM, Blogger anulucu said...

Mas Budi Yth., saya adalah orang yang gemar minum kopi dan kebetulan saya juga ingin tahu lebih banyak tentang biji kopi dan ragam minuman kopi beserta masing-masing ciri dari tiap biji/minuman kopi yang ada. Saya pernah membaca bahwa kita bisa mengenali kekhasan kopi dari masing-masing aroma dan rasanya. Hingga pada suatu waktu saya mendengar istilah-istilah seperti 'Strong, mild, medium, earthy, fruity, dsb.' yang hingga saat ini saya belum bisa mengerti apa maksudnya. Lalu perbedaan yang lebih spesifik mengenai rasa dan aroma antara kopi jenis arabika dengan kopi dari jenis robusta juga saya masih bingung.

Nah, dalam kesempatan ini saya mau bertanya kepada Mas budi karena Anda saya anggap memiliki pengetahuan yang baik perihal minuman. Yang ingin saya tanyakan;
1. Apakah maksud/arti dari istilah-istilah seperti: Strong, mild, earthy, fruity, smoky, dsb.? Apakah bisa dijelaskan secara teori ataukah saya harus praktek langsung untuk bisa mengetahui definisi dari istilah-istilah tersebut?
2. Apakah perbedaan yang lebih spesifik antara kopi arabika dan kopi robusta baik dari aroma maupun rasa?

Dari kunjungan-kunjungan saya ke beberapa warung kopi tubruk dan coffee shop (ngga banyak sih) saya memang menemukan perbedaan rasa dan aroma dari tiap kopi yang saya minum (kebetulan pesannya ngga pernah sama) ada yang beraroma seperti coklat, gosong, kecut/asam dsb. Nah untuk itu saya mohon pencerahan dari Mas Budi. Terima Kasih

 
At 8:53 PM, Anonymous Anonymous said...

coba klik coffeeblogging.blogspot.com

 
At 4:53 AM, Blogger anulucu said...

Wah, terimakasih infonya. Bermanfaat sekali untuk saya :D

 
At 9:57 PM, Blogger Lenny said...

wadooh maS buDy repoT juga yaH kaLo begitu, saYa sampai sekarang sudah addict banget samakopi, kalo gak minum kopi sehari peruT saYa terasa muaL, badaN terasa enteNG daN tidaK ada seMangat daLam bekerja, badaN teraSa LemaS.
LaLu bagaimana yaH cara menghentikan kebiasaan tersebut.

 
At 6:21 AM, Anonymous Anonymous said...

mas budi...
saya pecinta kopi dan kayanya klo ga minum kopi setiap pagi, rasanya tidak afdol.
waktu itu pernah krn buru- buru ingin berangkat ke tempat aktifitas, saya lupa minum kopi yang udah saya buat dan alhasil, seharian kepala saya pusing. apa ini salah satu efek dari kopi???

 
At 12:16 AM, Anonymous Jeff said...

thanx for sharing pak... kopi tambah mantab jika dinikmati pagi hari dengan telur ayam kampung 1/2 matang plus durian...

begitulah cara orang-orang dikampung mertua saya menikmati secangkir kopi hampir disetiap paginya....

http://kopitubruk-kayumanis.blogspot.com

 
At 6:55 AM, Blogger Untuk Berbagi ☆ said...

Thank's ats inf0nya,sya mulai ketagihan ng0pi neh mas,,'krna itu aq nyari2 inf0 sputar manfaat ng0pi,apalagi klw dicampur susu'mantep bener p0k0k ne,,,ar0manya itu l0 mas yg buat aq ktag!han rasanya klw udh ng0pi 'capex ,stres,pusing,' r0nt0k smua...

 
At 1:49 AM, Anonymous abidin said...

kopi memang menguntungkan buat kesehatan.

keuntungan minum kopi

 
At 7:30 AM, Anonymous Indonesian Coffee Community said...

Telah hadir forum komunitas pecinta kopi terbesar di Indonesia!

Indonesian Coffee Community merupakan suatu wadah untuk bertukar pengalaman dan informasi tentang kopi di Indonesia. Forum atau komunitas ini tidak hanya untuk pelaku bisnis kopi, tetapi juga untuk semua pecinta dan penikmat kopi (Coffee Lovers) yang berada di seluruh wilayah Indonesia. Indonesian Coffee Community dibuat khusus untuk membumikan kopi di tanah air bahkan di dunia.

come and join with us :

http://www.coffeecommunity.web.id

Regards,
Indonesian Coffee Community Team

 
At 8:05 PM, Blogger luxi said...

askum... sya mau tnya...
jika wanita mengkonsumsi kopi setiap hari.. dan perhari tu.. satu kali..dampak buruknya apa....

 
At 9:49 AM, Anonymous rian said...

hay

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home