Wednesday, May 10, 2006

BUNGA MAWAR, SI BUNGA ROMANTIS


Mawar
Si Bunga Romantis

Penulis: Budi Sutomo

Hampir semua orang mengenal dan menyukai mawar (Rosaceae). Tanaman dari ordo Rosanales ini pantas dijuluki "ratu bunga". Rupanya yang cantik dengan warna beragam, membuat suasana taman jadi hidup dan semarak.
Pesona mawar kian bertambah dengan tebaran aroma yang semerbak. Anda ingin mengenal lebih dekat dengan si lambang cinta ini?

Sejak dulu bunga mawar mempunyai banyak varietas. Itulah sebabnya orang menyebutnya Rosaceae atau keluarga mawar-mawaran. Seiring dengan kemajuan teknologi budidaya keluarga mawar semakin beragam. Warna-warnanya pun semakin bervariasi dari merah, ungu, hitam hingga campuran beberapa warna. Tampilan kelopak bunga juga semakin bervariasi, dari yang berkuntum tunggal, ganda hingga bertumpuk.
Mawar dikelompokkan berdasarkan perawakan dan sifat pertumbuhannya. Secara umum, ada 4 kelompok besar. Pertama, mawar semak yang banyak ditanam sebagai pagar. Kedua, mawar kerdil berupa tanaman dalam pot. Ketiga, mawar pohon dan terakhir mawar liana yang tumbuh merambat.

Berkebun Mawar
Menanam mawar sangat mudah karena bunga ini tidak memerlukan perawatan yang khusus. Mawar bisa tumbuh di daerah beriklim panas, sedang hingga dingin.
Mawar membutuhkan media tanam tanah berhumus dan drainase/pengairan yang baik. Mawar kurang subur jika ditanam pada media yang terlalu gembur dan berpasir. Jangan lupa, pilih lokasi tanam yang cukup sinar matahari agar pohon rajin berbunga dan tumbuh subur.
Menanam mawar banyak caranya, Anda bisa memperbanyak tanaman lewat biji, setek, okulasi, cangkokan dan membelah anakan. Lebih praktisnya, lakukan dengan cara setek. Agar mawar rajin berbunga, lakukan pemangkasan secara berkala supaya muncul tunas baru dan jangan lupa, beri pupuk perangsang bunga secara teratur.
Satu hal yang perlu diingat, pemangkasan sebaiknya dilakukan pada musim hujan karena tunas akan segera tumbuh dan kuntum bunga baru akan bermunculan.


Menanam Dalam Pot
Jika Anda tidak punya lahan cukup, tanamlah mawar di pot. Memang untuk cara yang satu ini perlu perlakuan khusus dan sedikit ketelatenan.
* Gunakan pot dari tanah liat/tembikar atau dari semen cor. Pot plastik kurang disarankan karena tidak berpori dan lembab sehingga akar mudah busuk dan suplai oksigen kurang.
* Terapkan media tanam dengan perbandingan 1:1:1/4 antara tanah, pupuk kandang dan pasir halus. Jika memungkinkan, kukus lebih dulu media tanam agar mikroorganisme pembusuk mati dan mawar terbebas dari penyakit.
* Tambahkan potongan batu bata atau batu kecil di dasar pot agar kelebihan air siraman dapat keluar.
* Jangan lupa, lakukan pemotongan akar dan penggantian media setiap 1-2 tahun sekali agar tanaman tumbuh subur. Jika Anda merawat dengan baik dan penuh kasih sayang, si cantik ini dapat berbunga sepanjang tahun dan bisa bertahan hidup hingga 15-20 tahun.

Mawar Potong Tahan Lama
Keindahan mawar di jambangan akan sirna seiring dengan masa layu bunga. Agar bunga potong lebih tahan lama, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.
* Umumnya bunga layu karena pembusukan pada bekas pemotongan tangkai bunga. Kondisi ini akan menyebabkan bakteri pembusuk berkembang biak dan menyumbat saluran vaskuler. Akibatnya bunga cepat layu karena suplai makanan terhambat. Tambahkan asam benzoate pada air agar bakteri mati dan pembusukan dapat diperlambat. Cara lain, tambahkan 3 tetes cairan pemutih kain per 1 liter air.
* Bunga potong juga memerlukan nutrisi untuk memperpanjang kesegarannya. Tambahkan 1 sdt gula pada 1 liter air perendam. Jika tersedia, Anda bisa menggunakan nutrisi khusus bunga potong yang tersedia di toko bunga potong.
* Biasanya bunga potong akan menyerap air secara maksimal pada pH 3,5-4,5. Agar tidak menimbulkan dehidrasi, turunkan air pada pH ideal dengan menambahkan asam sitrat 200 mg per 1 liter air.
* Gunakan vas dari kaca, keramik atau plastik dan hindari penggunaan vas bunga yang terbuat dari logam karena bunga biasanya sensitif terhadap ethylene dalam kandungan logam.
* Potong pangkal batang menyerong agar penampang batang lebih besar dan serapan air lebih maksimal sehingga bunga lebih tahan lama.
* Luruhkan daun yang tidak diperlukan agar bunga potong mendapat suplai makanan cukup.


Bunga Simbol Kasih Sayang
Ada banyak arti di balik setangkai mawar, mulai rasa tulus, sukacita, kasih sayang bahkan dukacita. Namun di balik semua itu, ada makna cinta yang tersirat di dalam mawar.
Keanekaragaman warna bunga mawar seringkali mengungkapkan banyak arti. Agar tak terjadi salah pengertian, sebelum memberi kenali arti warna dibalik keelokan bunga mawar.
Merah: cinta, keberanian, penghargaan
Kuning: kegembiraan, kebahagiaan, kebebasan
Pink/peach: terima kasih, syukur, kekaguman, penghargaan dan simpati
Putih: penghormatan, kesucian hati, kerahasiaan, pertunangan
Merah & Putih: kebersamaan


Nikmat, Aman & Menyehatkan
Bila suatu ketika Anda jalan-jalan di Bangkok, jangan kaget kalau disuguhi makanan yang terbuat dari bunga mawar.
Di Ibukota Thailand ini banyak restoran menyuguhkan menu andalan dari bahan bunga mawar. Di Indonesia pun kita sudah terbiasa mengkonsumsi sirup mawar, atau air mawar untuk aroma kue.
Selain aman dikonsumsi, bunga mawar juga memiliki beragam khasiat. Dalam minyak asirinya terkandung geraniol dan limonene yang berfungsi sebagai antiseptik, pembunuh jamur candida albican penyebab keputihan dan menambah daya tahan tubuh.
Aromanya yang harum juga sering digunakan sebagai aromaterapi yang bersifat menenangkan dan meningkatkan mood.
Jika Anda punya waktu luang, buatlah esen mawar. Caranya: pilih varietas mawar yang beraroma sangat harum seperti jenis Papa Meilland atau Buff Beauty. Keringkan bunga, ambil daun kelopak bunga dan buang putik bunga yang berwarna putih karena akan memberi rasa pahit. Masukkan daun kelopak bunga ini ke dalam botol, tambahkan sedikit vodka atau Brandy agar aroma lebih keluar. Biarkan di tempat tertutup selama enam minggu atau hingga aroma mawar tercium tajam. Saring dan simpan di tempat tertutup. Kini Anda memiliki esen mawar yang siap digunakan untuk campuran minuman atau membuat kue.
Daun kelopak bunga kering juga dapat digunakan untuk mengharumkan teh. Rebus kelopak mawar dengan teh dan air, saring. Tambahkan gula, madu dan sedikit air jeruk lemon. Nikmati teh mawar dalam keadaan hangat, sembari mereguk kesegarannya Anda dapat menghirup aromanya.

Teks: Budi Sutomo

15 Comments:

At 7:29 AM, Anonymous yayang said...

yayang, aku kapan dikasih bunga mawar?
it's so sweat...

 
At 10:10 PM, Anonymous Anonymous said...

Info ini pas banget buat aq yg lagi belajar cara menanam mawar nih. Kebetulan nyari di google ketemu. Thanx udah nulis artikel yang penting kayak gini....

 
At 3:11 AM, Anonymous Anonymous said...

Wah makasih banget nih atas artikelnya sangat membantu saya yang sedang mulai menanam mawar.
Ada yang ingin saya tanyakan bagaimana dengan proses penyiraman ? apakah hanya disiram sekali sehari atau dua kali sehari (pagi dan sore?) dan mengenai pupuk bunga, apakah MPK juga bisa digunakan sebagai pupuk dan berapa butir sebaiknya kita gunakan untuk setiap mawar ?
Terimakasih atas bantuannya.

 
At 12:09 PM, Anonymous Anonymous said...

best regards, nice info » » »

 
At 6:55 AM, Anonymous Anonymous said...

That's a great story. Waiting for more. »

 
At 3:56 AM, Anonymous Anonymous said...

Thanks yah buat info tanam mawarnya.

 
At 8:18 PM, Anonymous Anonymous said...

memang mawar gampang di biakkan dan mudah dalam perawatannya, namun ada beberapa hal yang perlu hobis ketahui dalam menanam mawar:
1. selain butuh cahaya yang mencukupi tapi mawar juga tidak bisa ditempatkan di tempat yang terlalu panas.
2. sehabis berbunga jangan lupa memangkas sisa bunga yang sdh layu dan kering, pemangkasan dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan cabang baru dan calon bunga baru.
3. rentannya mawar terhadap kutu daun memang sangat mangganggu. untuk hobis yang tidak punya fungisida bisa gunakan kapur anti kecoa dan semut yang di hancurkan dan ditaburkan ke batang yang diserang kutu.

selamat mencoba bertanam mawar..

 
At 1:18 AM, Blogger yunian elisa said...

Tips buat yang gk pernah dikasih bunga mawar. jangan pernah menunggu untuk diberi bunga mawar, tanamlah sendiri bunga mawar. banyak aneka ragam warnanya. kayak saya, saya tanam bunga mawar warna pink. dijamin gk bakal berubah warna menjadi kuning. garansi 1 tahun. anda sendiri yang nanggung. peace

 
At 10:43 PM, Blogger novitasari said...

belum ada penelitian atau survey yang mendukung bahwa mawar merupakan indikator rasa sayang.

 
At 10:46 PM, Blogger novitasari said...

lain waktu gimana kalo ngebahas "Sahabat ato pacar" ?

 
At 10:03 PM, Anonymous Anonymous said...

Aq aLfHiA ..
Aq tUh sUkAaAaAa bAn9eUd aMa mAwAr ..
ApA La9i wArNa mErAh ..
iNfo nIe bAgUs bAn9eT bWaT AqU ..
Yg kbEtULaN LgI bLaJaR mNaNaM mAwAr Yg bgUs ... ^^,

 
At 6:30 AM, Anonymous nana's_axin said...

salam hangat....... pupuk yg baik buat tanaman mawar pada media pot yg sperti apa yach? thnx...

 
At 2:16 AM, Anonymous Anonymous said...

gimana cara memperbanyak mawar hitam???????????????

 
At 12:54 PM, Anonymous danu said...

saya suka bunga mawar, bagi2 donk tips memperbanyak kuncup mawar.

 
At 11:57 PM, Anonymous Anonymous said...

kunjungi blog gw donk, semua tentang tanaman ada di http://kebun-tanaman.blogspot.com/

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home