Friday, May 05, 2006

BUAH PALA, MENGOBATI GANGUAN INSOMNIA, MUAL DAN MASUKANGIN




PALA
BUMBU DAPUR BERKHASIAT OBAT

Penulis: Budi Sutomo


Hampir semua orang mengenal buah pala (Myristica Fragrans Houtt). Kita biasa menggunakan bijinya sebagai bumbu masakan. Olahan daging maupun masakan bersantan terasa lebih harum dan lezat dengan menambahkan sedikit pala halus. Daging buahnya lain lagi, aromanya yang harum dengan rasa sedikit asam menjadikan daging buah pala cocok untuk bahan baku sirup maupun manisan. Kebiasaan menggunakan pala sebagai bumbu masakan atau mengkonsumsi dalam bentuk sirup dan manisan perlu digalakkan, mengingat buah dengan keharuman semerbak ini ternyata mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Kandungan kimia terkandung dapat mengatasi insomania, batuk berlendir, membantu pencernaan, penghilang kejang otot dll.

Fisiologi Pala

Buah pala berasal dari keluarga Myristicaceae. Pohon berkayu yang tingginya bisa mencapai 15 meter. Jika musim berbuah, pohon ini akan muncul bunga disetiap ujung ranting dan menjadi buah bergerombol berwarna hijau kekuningan. Daging buahnya tebal berwarna keputihan, buah ini berasa getir dan mengandung banyak getah. Setelah daging buah ada fuli, berupa selaput tipis kemerahan yang menyelimuti biji pala.
Ada tiga bagian dari buah pala yang bernilai ekonomis tinggi. Pertama daging buah yang berwarna keputihan. Daging buah pala dapat diolah menjadi manisan atau direbus dengan gula menjadi sirup pala yang terkenal lezat dan harum. Berikutnya adalah fuli, sebagian orang menyebutnya dengan bunga pala. fuli banyak digunakan sebagai bumbu masakan atau diekstrak sarinya menjadi bahan baku kosmetika dan parfum. Terakhir Bagian biji yang berwarna kecoklatan, pada bagian ini paling banyak dimanfaatkan. Dihaluskan menjadi beragam bumbu masak , parfum, kosmetik, minyak atsiri, bahan pengawet dll

Kandungan Kimia dan Manfaatnya

Berdasarkan hasil riset penelitian yang dilakukan National Science and Technology Authority, dalam bukunya Guidebook on the proper use of medicinal plants. Buah pala mengandung senyawa-senyawa kimia yang bermanfaat untuk kesehatan
Kulit dan daging buah pala misalnya, terkandung minyak atsiri dan zat samak. Sedangkan fuli atau bunga pala mengandung minyak atsiri, zat samak dan zat pati. Sedangkan dari bijinya sangat tinggi kandungan minyak atsiri, saponin, miristisin, elemisi, enzim lipase, pektin, lemonena dan asam oleanolat.
Hampir semua bagian buah pala mengandung senyawa kimia yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya dapat membantu mengobati masuk angin, insomnia (gangguan susah tidur), bersifat stomakik (memperlancar pencernaan dan meningkatkan selera makan), karminatif (memperlancar buang angin), antiemetik (mengatasi rasa mual mau muntah), nyeri haid, rematik dll. Berikut ramuanya:

Ramuan Pala Berkhasiat

Nyeri Haid.
Ambil ½ sdt pala halus, 2 cm kunyit, 6 butir ketumbar, 1 buah cengkeh dan satu gelas air. Campur semua bahan dan rebus dengan api kecil sampai airnya tinggal setengah. Saring dan minum selagi hangat.
Insomnia.
Campur 1 sdt biji pala, 1 gelas susu segar, 1 sdt madu, 1 sdt pala halus dan ½ sdt gula batu. Rebus susu sampai mendidih, angkat dan campur dengan pala, madu dan gula batu. Aduk, saring dan minum selagi hangat.
• Mengatasi rasa mual dan muntah.
Seduh 1 sdt pala halus dengan ¼ sdt garam halus dalam 1 gelas air hangat. Aduk rata dan minum selagi hangat beserta ampasnya.
Maag, Masuk Angin dan Cegukan.
Siapkan 100 ml air hangat, Campur dengan 1 sdt pala halus dan 2 sdt bubuk buah pisang batu. Minum beserta ampas selagi hangat. Sebaiknya pengobatan diulang sampai sembuh.
Suara Parau.
Campur 2 sdm pala jalus dengan 2 sdm jahe parut, 1 sdt cengkeh halus dan 3 tetes minyak kayu putih. campur semua bahan sampai terbentuk adonan menyerupai pasta. Oleskan pada leher seperti memakai masker, biarkan meresap selama 3 jam. Ulangi pengobatan sampai sembuh.
• Rematik.
Bagi penderita rematik, mandilah dengan sabun pala secara teratur dan gosok pada bagian yang sakit dengan balsam pala. Kedua bahan ini dapat diperoleh di apotik atau toko obat. (Budi Sutomo)

14 Comments:

At 4:53 AM, Anonymous sally said...

waaaw blog yang berguna skaliii hehe top2..
memang neh mas budi tpercaya skali dalam urusan boga memboga.. (dibayar brapa ni muji2 hehe)
sukses terus yaa, smoga peringkatnya naek terus n makin ngetop..
oia tolong bikinin menu buat gemukin badan dong mas budi =p

 
At 9:01 PM, Blogger Budi Sutomo, S.Pd said...

menu biar sally cepat gemuk.
1. tidur 20 jam sehari.
2. makan blueband 4 sendok setiap hari.
3. brutu ayam 5 potong
4. nasi 2 piring
5. dan terakhir minum susu berlemak 3 gelas sehari. setahun aja pola makan seperti ini, niscaya sally menjadi gembil, bahkan bisa ndut.

 
At 12:09 AM, Anonymous Anonymous said...

That's a great story. Waiting for more. Affordable personalized stationery free games online cadillac for sale Usopen tennis Free xxx cartoon games every women has a foot fetish Big boob webcams Orthodontic+insurance http://www.bulk-email-3.info/5-pc-original-proactiv-set-4-extras.html Massive multiplayer browser games 91 acura integra specs 1957 ford f-500 Buy cheap what is accutane porsche 928 ball joint update oem Horse racing software handicap download Keyword tramadol withdrawal oldsmobile aurora olds 40l Car diagnostics problems

 
At 6:44 AM, Anonymous Anonymous said...

That's a great story. Waiting for more. Senseo white coffe maker Motorhome salvage ca junk yards Gold buillion investing unique baby gift 2b sport 2b baseball Ambien blackout Water bed supplies protonix Tenuate dospan jersey

 
At 5:22 AM, Anonymous ranisya said...

Anak saya hyperaktive skrg sdg mengkonsumsi obat utk mengurangi hyperaktivnya, saya mau tanya mungkin mas Budi tau atw prnh dengar, buah pala/sirup pala dapat/efektiv utk menurunkan tkt hyperaktive anak2 yg penyandang autis dgn hyperaktive ?

 
At 8:40 PM, Anonymous Anonymous said...

@ranisya: iya, memang buah pala bisa sebagai digunakan sbg obat herbal pengganti risperdal dan sejenisnya: untuk mengurangi hiperaktifitas anak berkebutuhan khusus. kelebihannya selain harganya lebih murah dr obat kimiawi, buah pala tidak memberi efek negatif ke tubuh. untuk informasi lebih lanjut coba kunjungi http://puterakembara.org/archives/00000283.shtml
semoga berhasil.
salam,
Bunda Ahmad

 
At 3:36 AM, Anonymous Anonymous said...

Ya...ini sangat bergunasekali buahnya, mau tanya bagaimana kita bisa membeli dan berapa harganya ? mohon info gumbiratno@gmail.com atau 081326460743 tks

 
At 3:04 AM, Anonymous Anonymous said...

Any idea how credit crunch affected porn?


----------------
interracial sex

 
At 12:41 PM, Blogger Admin said...

Mas aku mohon ijin untuk menerbitkan kembali artikel diblog Mas, thank

 
At 12:48 PM, Blogger Admin said...

Mas aku mohon ijin untuk menerbitkan kembali artikelnya, thank

 
At 5:42 PM, Anonymous Sarip Husen said...

Ternyata banyak sekali manfaat dari buah pala, selain untuk bumbu masakan juga bisa digunakan sebagai obat.

 
At 9:24 AM, Anonymous Anonymous said...

pak budi.saya berniat lbh banyak mempelajari buah pala ini..dan bolehkah saya menghubungi anda via phone?

bram.

 
At 2:20 PM, Blogger herlina_niko said...

Mas Budi, saya ingin membuat sirup pala yang bebas bahan kimia. Apa ya bahan dan takarannya? Gula apa yang bebas kimia, tapi baik untuk kesehatan? Bagaimana tingkat kematangan buah palanya?
terima kasih,
Herlina

 
At 6:43 AM, Blogger ayunda said...

Mas budi,saya sering sekali mkn manisan pala bisa dibilang setiap hari ,skrg saya tepat di ternate maluku utara disini banyaaaaaaak sekali buah pala,,setiap hari saya mkn manisan pala tp saya g tau khasiatnya.....wahh ternyata bnyak gunanyaaa g sia² mkn manisan buah pala setiap hari

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home