Friday, April 28, 2006

Buah Peach Kaya Vitamin dan Cegah Kanker


Peach
Buah Sexy Pencegah Penuaan Dini

Hampir semua orang menyukai buah peach (Prunus presica). Selain rasa yang manis, asam menyegarkan, buah sexy ini juga sangat kaya kandungan vitamin, serat dan mineral penting lainnya. Peach juga bersifat anti-aging, meningkatkan kekebalan tubuh dan bersifat detoksifikasi atau membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
Sekilas Tanaman Peach

Peach termasuk keluarga stone fruit atau buah-buahan berbiji keras. Menurut literatur, peach berasal dari dataran China, konon buah ini sudah tumbuh di sana semenjak 3000 tahun lalu. Kini peach dapat dibudidayakan hampir di seluruh belahan bumi, terutama di dataran tinggi yang berhawa sejuk.

Sepintas karakteristik pohonnya mirip tanaman apel. Pohon akan berbuah lebat pada kisaran bulan Juni hingga September. Bunganya muncil di pangkal batang muda, beberapa bulan kemudian akan menjadi buah bergelantungan di setiap pangkal batang. Peach muda berwarna kehijauan, seiring dengan matangnya buah, kulit akan berubah kuning kemerahan. Peach mempunyai banyak varietas. Dari puluhan jenis yang ada, varietas yellow peach dan white peach paling banyak dijumpai.
Mengolah Peach
Sepintas bentuk dan citarasa peach mirip dengan buah plum atau apricot. Bedanya peach mempunyai kulit luar berbulu, daging lebih empuk, banyak mengandung air dan aromanya lebih harum.

Kebanyakan orang mengkonsumsi peach hannya sebagai buah meja. Padahal, buah sexy dengan citarasa manis, asam segar ini bisa diolah menjadi beragam hidangan. Peach segar bisa dibuat juice, isi pie, fruit compote, atau campuran puding. Dipasaran juga dijual peach olahan dalam sirup atau manisan kering. Peach dalam larutan sirup, cocok sebagai campuran fruit cocktail, isi puding atau pie. Untuk peach kering, bisa dijadikan isi roti, cake atau campuran cookies.

Mengolah peach segar terkadang perlu dikupas kulitnya. Untuk memudahkan mengupas, rendam buah dalam air panas selama 15 menit, angkat dan masukkan ke dalam air dingin. Kini Anda dapat mengupas kulit buah dengan mudah. Jika hendak diolah, jangan memasaknya terlalu lama karena tekstur buah sangat lembut dan cepat matang.
Mencegah Penuaan Dini
Di dalam buah peach terkandung beragam vitamin, mineral dan zat gizi lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Menurut USDA Nutrient Database, setiap 100 gr buah peach matang terkandung 43 kal kalori, 2.0 g serat, 66 mg Vitamin C, 535 IU vitamin A, 0,700 mg vitamin E dan beragam mineral penting lainnya.

Penelitian ilmiah punya fakta lain, Menurut pakar kesehatan, mengkonsumsi peach secara teratur menjadikan tubuh tercukupi kebutuhan serat, terhindar dari kanker colon, memperlancar proses pencernaan dan gangguan sembelit. Buah peach juga kaya vitamin C dan E yang dapat mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh, antioksidannya mencegah penuaan dini dan mencegah kanker. Peran Beta carotene terkandung lain lagi, zat ini dapat mencegah gangguan flu ringan dan membuat tubuh lebih tahan terhadap gangguan berbagai penyakit karena daya tahan tubuh meningkat. Budi Sutomo

5 Comments:

At 5:44 AM, Anonymous Anonymous said...

Mas Budi, blog-nya bagus banget. Fotonya itu loh, yang bikin beda.. keren.. sukses terus dengan karya2nya yaa..

 
At 12:29 PM, Anonymous Anonymous said...

What a great site »

 
At 3:25 AM, Anonymous Anonymous said...

I have been looking for sites like this for a long time. Thank you! »

 
At 9:41 PM, Anonymous Anonymous said...

Mas aku tertarik dgn buah peach..... Mas gimana cara tanamnya. Dindonesia bisa tumbuh gak ya? u sekarang lagi ditaiwan, dan sekarang lagi musim buah peach

 
At 10:28 AM, Anonymous manfaat yoghurt said...

Jadi pengin makan buahnya langsung.
Biasanya merasainnya di rasa-rasa minuman seperti yoghurt atau lainnya.

 

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home