Saturday, January 23, 2016

KORAN REPUBLIKA EDISI MINGGU - KUPAS RAHASIA ANTI GAGAL MEMBUAT CINNAMON ROLL

Koran harian REPUBLIKA edisi Minggu selalu hadir dengan berita yang ringan namun tetap berisi dan timeless. Seperti REPUBLIKA edisi Ahad 24 Januari 2016 mengulas beragam headline yang menarik untuk dibaca mengisi waktu di hari libur. Salah satunya adalah halaman Senggang dalam Rubrik Kuliner mengulas tuntas tentang roti cinnamon roll yang sedang booming dikalangan pecinta kuliner. 

Roti berlapis lemak korsvet yang memiliki cita rasa unik dengan isi taburan bubuk kayu manis dan raisin. Tekstur roti yang unik karena berlapis-lapis diulas tuntas mulai dari sisi pelaku usaha, sejarah, rahasia sukses membuatnya, kiat anti gagal, hingga resep yang bisa menjadi panduan saat turun dapur. Perlu di baca bagi Anda yang ingi mengenal roti asal Eropa ini secara lebih mendalam. Jangan lupa, praktekan resepnya untuk mengisi hari libur Anda. Suguhkan sebagai alternatif lain menu breakfast atau penyerta minum teh di sore hari bersama keluarga tercinta.

Turut berbangga hati karena dalam edisi ini REPUBLIKA mempercayakan saya sebagai narasumber untuk artikel Roll, Roll...Cinnamon roll.. Happy weekand & Have a nice baking! 

Monday, January 18, 2016

GREEN TEA SMOOTHIE

Green tea smoothie termasuk mimuman populer di cafe atau restoran. Membuatnya mudah dan memiliki citarasa yang nikmat. Tidak sulit membuatnya dan bahannyapun mudah di dapat. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Green Tea Smoothie

Bahan:
1 sdm bubuk green tea
50 g ice cream green tea/vanilla
150 ml susu tawar cair
60 g sirup gula
100 g es batu
1 scoop ice cream green tea/vanilla
Cara Membuat:
1.  Siapkan blender. Masukkan bubuk green tea, ice cream vanilla, susu tawar cair, sirup gula, dan es batu. Proses hingga lembut.
2. Tuang smoothie ke dalam gelas saji. Tambahkan 1 scoop ice cream green tea di atasnya. Sajikan segera.

Untuk 1 porsi


Tip:  Sajikan segera smoothie sesaat baru disajikan agar dingin dan rasanya prima.

ES TEH TARIK

Anda pasti sering menikmati segarnya es reh tarik ala cafe bukan? Tentu segar di nikmati di siang hari saat dahaga. Anda penasaran dengan resepnya? Berikut resepnya yang bisa Anda coba di rumah. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo. 


Es Teh Tarik

Bahan:
50 g bubuk black tea
600 ml air
150 ml susu kental manis
Es batu secukupnya
Cara Membuat:
1. Didihkan air dan gula pasir. Masak  hingga mendidih.  Masukkan bubuk black tea. Masak sebentar. Angkat. Saring. Dinginkan.
2. Siapkan gelas saji. Masukkan susu kental manis dan air rebusan  teh. Tuang teh secara bolak-balik menggunakan dua buah gelas secara bolak-balik hingga teh berbuih.
3. Tuang teh ke dalam gelas saji. Tambahkan es batu. Sajikan segera.
Untuk 4 Porsi


Tip:  Black tea bisa diganti dengan teh celup.

Monday, January 11, 2016

MENU POPULER ALA RESTORAN CEPAT SAJI / FAST FOOD



Penerbit: Kawan Pustaka
Harga: Rp.48.500
Informasi dan pemesanan: 021 78883030
Bisa diperoleh di toko buku Gramedia, Gunung Agung dan Android Play Store

Masakan dan minuman ala restoran cepat saji sangat populer dan sudah menjadi pilihan bersantap masarakat. Rasanya yang lezat dan penampilannya yang menggugah selera membuat siapa saja tergoda untuk menyantapnya.

Buku ini merangkum resep ala restoran cepat saji KFC (Kentucky Fried Chicken, Hoka-Hoka Bento, dan masakan ala Cafe. Menu populer seperti ayam goreng KFC yang gurih dan renyah, Beef Teriyaki ala restoran Hoka-Hoka Bento yang lezat, atau salad, spaghetti bolognese, dan minuman hot cappuccino ala cafe yang menggugah selera. Semuanya terangkum lengkap di dalam buku ini.

Puluhan resep terangkum lengkap dengan bahasa yang mudah dipahami, disusun secara sistematis dan telah lolos dapur uji. Dijamin Anda tidak akan gagal jika mencobanya. Tip anti gagal disetiap resepnya juga akan membantu Anda terhindar dari kegagalan. Resep juga disertai foro yang menarik.

Bagi Anda yang jeli membaca peluang usaha boga. Resep-resep di dalam buku ini sangat cocok dijadikan menu usaha boga seperti restoran cepat saji dan cafe. Namun, tidak salah juga jika Anda ingin mencobanya dan menyajikan untuk keluarga tercinta. Tentunya keluarga akan bangga jika sang bunda bisa menyajikan menu selezat restoran hasil masakan sendiri.

Sunday, January 10, 2016

CARA MEMBUAT BLACK COFFE ALA CAFE

Wanginya kopi hitam atau black coffe tentu membuat para pecinta kopi ingin segera menyeruputnya. Tak perlu ke cafe untuk menikmati secangkir black coffe karena Anda bisa membuat sendiri di rumah. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Black Coffee

Bahan: 
15 g bubuk kopi 
60 ml air panas 95 derajat celcius 
40 ml air panas 95 derajat celcius 
Cara Membuat: 
1. Siapkan bubuk kopi di dalam portafilter. Pres dengan cara menekan dengan tamper. Pasang portafilter yang telah berisi bubuk kopi ke dalam coffee machine, proses kopi dengan 60 ml air panas dan ekstrak dengan coffe machine hingga keluar sari kopi. Tampung sari kopi ke dalam cangkir dan tambahkan 40 ml air panas. Aduk rata. 
2. Sajikan black coffe dengan gula pasir di tempat terpisah. 
Untuk 1 Porsi 

Tip: Jika Anda ingin membuat kopi espresso, sari kopi tidak perlu ditambahkan dengan 40 ml air panas sehingga sari kopi lebih pekat.

MINUMAN ALA CAFE - HOT CAPPUCCINO

Hot Cappuccino adalah salah satu minuman di kedai kopi atau cafe yang sangat populer. Anda ingin membuatnya sendiri di rumah? berikut resepnya. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo. 

Hot Cappuccino 

Bahan: 
150 ml susu tawar UHT 
60 ml kopi espresso shot 
40 g gula pasir/brown sugar untuk pelengkap penyajian atau bubuk kayu manis
Cara Membuat: 
1. Proses susu tawar UHT dalam mesin cappuccino tool. 
2. Tuang kopi espresso ke dalam cangkir penyajian. Tuang cappuccino foam ke atas nya. Sajikan panas. 
Untuk 1 Porsi 

Tip: Kopi espresso short adalah sari kopi murni tanpa tambahan air panas, cara membuatnya menggunakan mesin kopi espresso. Saat menuang cappuccino foam bisa menggunakan teknik art late sehingga terbentuk motif hiasan di permukaan cangkir. Dengan cara ini tampilan cappuccino lebih menarik.

VANILLA PANCAKE

Pancake merupakan hidangan penutup yang mudah dibuat. Aroma vanilla dari pancake hangat, dipadu dengan ice cream yang lembut serta segarnya potongan buah membuat kudapan ini memanjakan lidah. Berikut resepnya untuk Anda coba di rumah. Resep/Foto/Dapur Uji: Budi Sutomo.

Vanilla Pancake

Bahan:
100 g tepung terigu protein sedang
2 butir telur
200 ml susu tawar  cair
4 sdm gula pasir
50 g margarin
¼ sdt baking powder
1/4 sdt vanilla pasta
¼ sdt garam halus
Pelengkap penyajian:
150 g es krim cokelat
Pelengkap:
100 g stroberi
100 g ice cream vanilla
Cara Membuat:
1.     Campur tepung terigu dengan gula pasir, baking powder, vanilla pasta, dan garam, aduk rata.
2.  Di tempat terpisah, kocok telur dengan margarin menggunakan mixer hingga lembut. Tuang susu tawar cair sedikit demi sedikit, aduk rata. tuang larutan susu dan telur ke dalam tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan mixer kecepatan sedang.
3.     Panaskan wajan datar anti lengket ukuran kecil (diameter 7 cm) yang telah diolesi dengan margarin. Tuang satu sendok sayur adonan, masak hingga matang. Angkat. Lakukan hingga adonan habis.
4.      Atur pancake di atas piring saji. Letakan satu sekop ice cream vanilla di atasnya sebagai pelengkap penyajian. Hias dengan cokelat tim atau susu kental manis cokelat. Hidangkan segera.

Untuk 10 buah

Tip: Jangan memberikan olesan margarin terlalu banyak karena akan menyebabkan bagian bawah pacake berkerut.