Tuesday, December 03, 2013

Rayakan Tahun Baru dengan Sensasi Minuman Halal Sparkling Java Beer

Rayakan Tahun Baru dengan minuman bercita rasa beer. Namun bukan minuman bir yang memabukan namun bir sehat ala Jawa yang segar dan sehat karena menggunakan beragam rempah-rempah khas Pulau Jawa. Dijamin sensasi rasa hangatnya dan warnanya mirip dengan bir sesungguhnya.  Sangat cocok disajikan untuk menemani malam tahun baru.

Jika Anda penasaran cara membuatnya, minuman kreasi saya ini akan tayang pertama kali di DAAI TV pada acara House & Living edisi tahun baru 2014.Dapur Uji & Original Resep Hasil Kreasi: Chef Budi Sutomo

Sparkling Java Beer

Bahan:
1 ltl air
350 ml minuman ginger ale (merk F&N), dinginkan
250 g gula pasir
150 g jahe, bakar, kupas, memarkan
150 g es batu
40 g serutan kayu secang
3 batang serai, memarkan
½ sdt lada hitam utuh, tumbu kasar
5 cm kayu manis
6 buah cengkih
4 sdm air perasan jeruk lemon
¼ sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Didihkan air, masukan gula pasir, jahe, kayu secang, serai, cengkih, kayu manis, garam, lada, dan serai.  Masak hingga mendidih. Angkat. Saring. Dinginkan di dalam kulkas.
2. Tuang 700 air rebusan jahe dan kayu secang, air  ginger ale, es batu, dan perasan air jeruk lemon ke dalam tabung blender. Blender selama sebentar hingga es batu hancur dan minuman menjadi berbusa.
3. Tuang sparkling java beer ke dalam gelas saji.  Hidangkan segera selagi dingin.
Untuk 7 porsi


Tip: Minuman ini sangat cocok disajikan dingin. Agar citarasa lebih enak, dinginkan air rebusan jahe dan kayu secang di dalam kulkas baru digunakan menjadi minuman sparkling java beer.