Friday, June 28, 2013

Variasi Martabak Manis dan Asin


Judul: Variasi Resep Martabak Manis & Gurih Plus Kupas Tuntas Bisnis Martabak
Penulis: Budi Sutomo
Penerbit: Kriya Pustaka
Bisa Beli Online Diskon 20 % di: SINI dan jaringan toko buku Gramedia & Gunung Agung
 
Siapa yang tidak kenal martabak manis atau martabak asin (martabak telur)? Ke dua jajanan ini memang sangat populer. Selain citarasanya yang enak, harganyapun relatif murah dan mudah didapat. Hampir semua orang, baik tua mapun muda menyukai martabak, banyaknya penggemar martabak membuat permintaan jajanan ini sangat tinggi. Kondisi ini tentu membuka peluang wirausaha boga, baik yang sekala kecil, seperti martabak dengan gerobak dorong maupun sekala besar yang memiliki bangunan permanen seperti toko martabak atau tempat makan khusus menjual martabak.

Bagi Anda yang jeli membaca peluang usaha wirausaha martabak manis atau asin sangat menjajikan. Selain market yang besar, wirausaha martabak juga terbilang wirausaha yang berisiko rendah dan mudah dijalankan. Asal tepat pemilihan lokasi pemasaran, kualitas produk yang baik dan harga yang kompetitf, dijamin wirausaha martabak pasti akan berjalan dan menjanijkan laba yang melimpah.

 
Memulai usaha martabak bisa dimulai dari sekala rumah tangga atau home industry. Mengingat investasi wirausaha martabak tidak memerlukan peralatan yang terlalu rumit dan dana yang besar. Jika lokasi rumah Anda cukup ramai, wirausaha martabak bisa dijalankan di halaman rumah. Menyewa lapak atau bangunan permanen di lokasi yang strategis juga bisa menjadi pilihan lokasi berwirausaha martabak.

Di dalam buku ini Anda akan dipandu mengenal seluk beluk wirausaha matabak. Mulai dari kiat keberhasilan usaha, cara berpromosi, pemasaran, penghitungan laba, pengenalan bahan dasar, teknik pembuatan adonan martabak manis dengan fermentai ragi, martabak manis tanpa fermentasi ragi, dan martabak asin disertai step by step. Puluhan resep pengembangan adonan dasar martabak bisa menjadi pilihan Anda berwirausaha boga. Buku juga dilengkapi tip anti gagal, serta resep yang telah lolos dapur uji, dan ditulis dengan bahasa yang sistematis aehingg mudah difahami. Jika Anda menyukai pemula dan ingin mencoba resep martabak, atau mau membuka usaha martabak manis atau asin, buku ini layak Anda miliki sebai panduan. Selamat Mencoba & Selamat Berwirausaha.

Salam,

Budi Sutomo

Pizza Terung

Adonan kulit pizza tidak hanya diisi dengan sosis, daging atau ayam. Dengan taburan buah terung, pizza pun tidak kalah lezat dan bergizi, Selamat Mencoba. Budi Sutomo.


Roti Isi Salad

Lembutnya tekstur roti tersa pas dengan isi salad yang gurih dan lezat. Anda ingin mencoba membuatnya? Simak bahan dan cara membuatnya dalam video ini. Budi Sutomo.

Pastel Isi Sayuran

Kue pastel bisa diisi dengan beragam bahan, seperti diisi tumisan daging, ayam atau sayuran. Berikut salah satu variasi kue pastel dengan isi sayuran yang lezat dan bergizi. Budi Sutomo. 

Cinnamon Roll Bread

Membuat roti sebenarnya sangat mudah, asal resep sesuai takaran dan metode pembuatan diikuti dengan benar maka hasil roti akan maksimal. Berikut adalah video cara membuat cinnamon roll bread. Selamat mencoba. Budi Sutomo.


Mengenal Manfaat Buah Buni

Buah Buni (Antidesma bunius (L.) Spreng.) termasuk tanaman langka yang sudah jarang dijumpai. Tanaman buah buni merupakan bohon berkayu yang bisa mencapai tinggi 10 meter. Sepintas buah buni mirip dengan buah lada. Buahnya bergerombal dalam untaian. Jika masih muda berwarna hijau, seiring dengan matangnya buah akan berubah menjadi merah dan keunguan.

Citarasa buah buni manis dan asam segar. Bisa dimakan segar, diolah menjadi selai, sirup atau campuran rujak. Di tilik dari sisi nutrisi, buah buni kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin E, potasim, zat besi, dan serat. Kandungan vitamin C nya yang tinggi dapat befungsi sebagai antioksidan pencegah kanker dan penuaan dini. Vitamin C juga meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini juga kaya serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan serta menjegah terjadinya kanker kolon. Kandungan vitamin A di dalam buah buni berfungsi menjaga kesehatan mata. Dan vitamin E akan mengencangkan dan meremajakan sel kulit. Foto & Teks: Budi Sutomo.


Mengenal Bumbu Dapur Masakan Indonesia - Daun Jintan, Daun Bangun-Bangun & Daun Miana

Masakan Indonesia kaya akan penggunaan bumbu dan rempah. Salah satunya adalah bumbu daun. Beberapa bumbu daun yang populer, seperti daun salam, daun jeruk purut, dan daun kemangi tentu sudah Anda kenal. Tapi ada beberapa bumbu daun yang terdengar masih asing, seperti daun jintan, daun miana, dan daun bangun-bangun. Sepintas ke tiga daun ini terlhat sama namun memiliki aroma dan kegunaan yang berbeda dalam bumbu masakan. Yuk kita mengenal dua bumbu daun ini lebih dekat. Teks & Foto: Budi Sutomo.
 
Daun Jintan/Daun Tebal (Plectranthus amboinicus L. Spreng.)
Tampilannya yang tebal dan berbulu halus membuat daun ini sering disebut daun tebal. Daun jintan banyak dipakai di dapur Sulawesi. Aromanya merupakan kombinasi bau jintan dan adas. Iris halus dan tambahkan daun pada masakan berkuah untuk mendapatkan cita rasa khas dan tekstur yang kental.

Daun Bangun-Bangun (
Coleus amboinicus)
 
Bumbu ini banyak digunakan di dapur Sumatera, terutama daerah Batak. Sepintas penampakannya mirip daun jintan, namun lebih tipis dan berbulu. Bagian yang digunakan adalah pucuk daun mudanya. Manfaat daun ini adalah dapat menghilangkan aroma amis pada olahan ayam dan ikan. Daun ini juga sering dimasak menjadi sayur berkuah santan.


Daun Miana/Coleus (Coleus atropurpureus Bentham) 

Warna daun ini merah tua, dan karena keindahannya maka sering ditanam sebagai tanaman hias. Miana banyak digunakan di dapur Toraja. Pilih pucuk daun mudanya dan tambahkan pada olahan daging kerbau atau babi agar bau tajam daging berkurang.  Tanaman miana sangat mudah di tanam, cukup dengan stek batang atau menyemaikan bijinya. Tanam di media campuran pasir halus, tanah kebun dan kompis dengan perbandingan 1:1:1.

Wednesday, June 05, 2013

Kue Mangkuk Mengembang Sempurna

Kue mangkuk merupakan jajan pasar yang perlu perhatian ekstra. Salah dalam ukuran bahan, memilih bahan atau metode pembuatan akan menyebabkan kegagalan. Ikuti petunjuk resep dengan benar dan cermati tip anti gagalnya agar sukses membuat kue mangkuk. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Kue Mangkuk

Bahan:
300 g tepung beras
50 g tepung sagu tani
300 ml air kelapa
300 ml santan dari 1/4  butir kelapa
200 g gula pasir
10 g ragi instan
1 sdt baking powder double acting
1/2 sdt vanili bubuk
1 sdt pewarna merah muda
1/2 sdt garam halus
 Cara Membuat:
1. Campur tepung beras dan tepung sagu tani. Ayak. sisihkan.
2. Didihkan air kelapa, gula, dan garam. masak hingga mendidih dan gula larut.  Angkat, saring. Dinginkan. Ukur airnya menjadi 400 ml.
3. Tuang air rebusan gula ke dalam campuran tepung, tambahkan vanili, pewarna merah dan santan. keplok-keplok dengan telapak tangan selama 25 menit atau hingga adonan terasa ringan.
4. Diamkan adonan selama 1 jam. Tambahkan baking powder, aduk rata.
5. Tuang adonan ke dalam cetakan kue mangkok yang telah dipanaskan selama 5 menit. Kukus adonan dengan api besar selama 25 menit atau hingga kue matang. angkat, dinginkan.
6. Keluarkan kue dari cetakan. Atur di atas piring saji. Hidangkan.
Untuk 30 Buah
Tip: 
Kue mangkuk tidak mekar. Penyebabnya, fermentasi kurang lama, tepung beras yang digunakan tepung lama, terlalu banyak cairan dan kukusan kurang panas. Pilih cetakan dari proslen untuk kue mangkuk, cetakan plastik kurang panas sehingga kue terkadang tidak mengembang. Selalu memanaskan cetakan kue mangkuk sebelum adonan dimasukkan.

Kue mangkuk keras. Penyebabnya, terlalu banyak penggunaan tepung dan kurang cairan.

Kue asam. Penyebabnya, terlalu lama pros fermentasi atau terlalu banyak penggunaan ragi.

Kue tidak bersarang atau tidak berserat. Penyebabnya, fermentasi kurang lama, atau ragi yang digunakan kualitasnya tidak bagus.

Jangan mengolesi minyak di dalam cetakan dan jangan membuka kukusan sebelum kue mengembang agar kue dapat merekah.