Friday, February 22, 2013

Mengenal Bumbu Masakan Eropa: Tarragon

Tarragon (Artemisia dracunculus) merupakan bumbu masakan Eropa. Bumbu ini memiliki aroma yang khas dan sering digunakan dalam bentuk segar maupun kering.
 
Olahan panggang, unggas, seafood dan telur terasa pas jika ditambahkan bumbu tarragon. Aroma khasnya dapat meningkatkan citarasa semua jenis hidangan, mulai dari seafood hingga olahan telur. Sebagian orang menambahkan cincangan tarragon ke dalam saus mayonnaise atau bearnaise, hasilnya saus menjadi lebih istimewa. Tanaman asal Asia ini sudah banyak dijual disupermarket besar di Jakarta. Teks & Foto: Budi Sutomo.

Mengenal Bumbu Masak: Wijen & Minyak Wijen

Bumbu dan rempah masakan ada yang berasal dari batang, bunga, biji, umbu dan akar tanaman. Salah satu bumbu yang sering digunaan untuk memasak adalah biji dan minyak wijen. Yuk kita kenali lebih dekat.

Biji Wijen/Sesame Seed (Sesamum indicum L.) banyak digunakan sebagai campuran dan bumbu masakan. Aroma wangi yang khas memberikan efek aroma gurih pada masakan terutama masakan tumisan ala oriental. Sebelum digunakan sebagai bumbu masak, biji wijen biasanya disangrai terlebih dahulu agar muncul aroma gurih khas wijen. Beberapa jenis kue, seperti onde-onde juga menggunakan biji wijen untuk taburan kulit luar kue onde-onde. 

Di pasaran dijual biji wijen hitam dan wijen putih. Selain bijinya, wijen juga diekstrak minyaknya menjadi minyak wijen yang populer sebagai bumbu masakan Asia. Minyak wijen dijual dalam kemasan botol kaca. Anda bisa membeli minyak wijen di supermarket besar. Teks & Foto: Budi Sutomo.

Mengenal Bumbu Masak: Taoco & Tausi

Bumbu masak banyak sekali ragamnya. Salah satunya adalah taoco dan tausi. Bentuk dan gegunaannya mirip dan bisa saling menggantikan. Kenali karakteristik kedua bumbu ini agar Anda tidak salah pilih.
 
Taoco
Taoco adalah bumbu yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai dan rempah-rempah. Aromanya menyengat dan sangat khas. Rasanya sedikit asam dan warnanya kecoklatan. Memberikan rasa yang lezat pada masakan. Cah kangkung adalah salah ssatu jenis masakan yang menggunakan tauco sebagai bumbunya. Dijual dalam kemasan botol dan masih terlihat butiran biji 

Tausi
Adalah bumbu hasil dari fermentasi kedelai hitam. Citarasanya mirip dengan tauco namun lebih ringan. Dijual dalam kemasan botol di dalam larutan air. Kuliner Asia, seperti masakan Cina banyak menggunakan taosi sebagai bumbunya. Bisa dibeli disupermarket bagian bumbu masakanan Asia. Teks & Foto: Budi Sutomo.

Info Bumbu Masak: Bumbu Dasar Putih, Kuning dan Merah


Jika kita amati masakan Indonesia yang sangat beragam itu mempunyai kesamaan dalam hal bumbu. Secara garis besar bumbu pada masakan dapat digolongkan menjadi tiga bumbu dasar, yaitu bumbu dasar merah, putih dan kuning. Dari bumbu dasar ini dapat digunakan untuk mmembuat beragam jenis masakan.


Tidak ada salahnya jika ada waktu senggang Anda membuat ketiga bumbu dasar ini. Masukan di dalam botol yang tertutup rapat dan simpan di dalam kulkas. Sewaktu diperlukan, Anda tinggal menambahkan beberapa jenis bumbu sesuai kebutuhan resep masakan yang akan dibuat.

Bumbu Dasar Putih
Bumbu dasar putih dapat digunakan pada masakan ase lidah, gudeg, terik daging, sayur bobor, tempe bacem dan opor ayam.
Bahan yang diperlukan: 11 butir bawang merah, 6 siung bawang putih, 7 butir kemiri, 1 sdt lada butir, ½ sdm ketumbar, 1 sdt gula pasir, 1 sdt terasi, 1 sdt garam dan 3 sdm minyak goreng. Cara membuatnya, panaskan minyak dan tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum. Bumbu siap digunakan. 

Bumbu Dasar Kuning
Bumbu dasar kuning dapat dikembangkan menjadi bumbu kari, acar kuning, pesmol ikan, nasi kuning, terik daging, kari ayam, aneka pepes, ayam goreng .
Bahan-bahannya: 10 siung bawang merah, 6 siung bawang putih, 7 butir kemiri, 1 sdt lada butir, 2 cm kunyit, 1 sdt garam dan 3 sdm minyak goreng. Haluskan semua bumbu dan tumis sampai harum. Simpan di botol yang tertutup rapat dan masukan ke lemari pendingin.

Bumbu Dasar Merah
Penggunaan bumbu dasar merah pada masakan biasanya untuk bumbu sambal goreng, rendang, kering tempe, pepes, sambal bajak, aneka gulai, ayam bumbu rujak, telur balado.
Bahan yang diperlukan: 10 buah cabai merah, 5 butir kemiri, 9 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 1 sdt lada butir, 1 sdt ketumbar, 1 sdt terasi, 1 sdt gula pasir, 1 sdt garam dan 4 sdm minyak goreng.
Cara membuatnya, semua bumbu dihaluskan sampai halus kemudian ditumis sampai harum dan matang. Teks & Foto: Budi Sutomo

Saturday, February 16, 2013

Otak - Otak Ikan Tenggiri

Citarasa lezat daging ikan, tekstur yang kenyal dengan aroma bakar sangat cocok disajikan dengan cocolan saus kacang. Baca resepnya dan praktean, saya percaya kudapan ini akan menjadi camilan favorit keluarga Anda. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.
Otak-Otak 

Bahan: 
400 g daging ikan tenggiri, haluskan 
150 ml santan kental 
50 g tepung kanji/tepung tapioka/sagu tani 
30 g tepung maizena 
1 butir telur 
Daun pisang untuk membungkus 
Bumbu: 
3 butir bawang merah, haluskan 
1 siung bawang putih, haluskan 
½ sdt lada halus 
3 sdm irisan daun bawang 
1 sdt gula pasir 
1 sdt garam halus 
Sambal Otak-Otak: 
200 g kacang tanah, goreng, haluskan 
300 ml air mendidih 
50 g gula pasir 
1 sdm air jeruk limau 
1 sdt cuka masak 
4 buah cabe merah keriting, haluskan 
3 buah cabe rawit, haluskan 
Cara Membuat: 
1. Campur daging ikan tenggiri dengan semua bumbu-bumbu, tepung maizena dan tepung kanji. Uleni hingga kalis. 
2. Siapkan daun pisang. Ambil dua sendok makan adonan. Gulung menyerupai lontong kecil dan agak dipipihkan. 
3. Siapkan bara api. Panggang di atas bara api sambil dibolak-balik hingga matang. Angkat. 
4. Atur di atas piring saji. Hidangkan dengan cocolan sambal otak-otak. 
5. Sambal Otak-Otak: Campur semua bahan sambal hingga gula larut dan tercampur rata. Sajikan sebagai pelengkap pempek bakar. 
Untuk 25 Buah

Tip: Adonan otak-otak juga bisa digoreng dan menjadi otak-otak goreng.

Pempek Palembang

Masakan asal Palembang ini memang sangat populer. Citarasanya yang kenyal, gurih dan lezat terasa pas dengan siraman kuah cuko asam pedas. Anda ingin membuat pempek sendiri di rumah? Berikut resepnya untuk Anda. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo 

Pempek Tenggiri 

Bahan: 
300 g daging ikan tenggiri/belida, haluskan 
300 g tepung kanji 
30 g tepung terigu protein sedang
200 ml air
2 sdm minyak goreng
2 siung bawang putih, haluskan 
½ sdt vetsin (jika suka) 
2 butir putih telur 
4 sdm air
1 sdt garam halus
1 sdt gula pasir
Minyak untuk menggoreng 
Cuko Pempek: 
800 ml air 
150 g gula merah, iris halus 
4 buah cabe merah, haluskan 
6 buah cabe rawit, haluskan 
4 sing bawang putih, haluskan 
1 sdm tongcai 
5 sdm air asam jawa 
1 sdt cuka 
2 sdm kecap manis 
2 sdm ebi, haluskan 
1 sdt garam halus 
2 butir telur untuk isi pempek kapal selam 
Pelengkap: 
200 g timun, potong sesuai selera 
3 sdm ebi sangrai, haluskan 
Cara Membuat:
1. Pempek: Larutkan air dan tepung terigu. Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih. tuang ke atas adonan ikan, tambahkan tepung kanji, tepung terigu, telur, minyak, air, dan bumbu-bumbu. Aduk dan uleni hingga kalis.
2. Pempek Kapal Selam: Ambil adonan pempek, isi dengan telur mentah atau potongan telur rebus. Bentuk menyerupai pastel. Rebus hingga matang. Angkat, tiriskan. 
3. Pempek Lenjer: Ambil 3 sendok makan adonan pempek bentuk bulat panjang. Rebus hingga matang. Angkat. Dinginkan. 
4. Pempek Adaan: Ambil dua sendok makan adonan pempek, bentuk menjdi bola-bola sebesar bola tenis meja. Rebus hingga matang. Tiriskan dan dinginkan. 5. Panakan minyak banyak, goreng pempek hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. 
6. Saus Pempek: Campur semua bahan saus pempek. Rebus hingga mendidih. Angkat. 
7. Penyajian: Atur pempek kapal selam, pempek lenjer dan pempek adaan di atas piring saji. Siram dengan kuah cuko pempek dan. Hidangkan dengan dilengkapi potongan timun dan ebi sangrai. Sajikan. 
Untuk 4 Porsi 

Tip: Agar pempek tidak terlalu berair, sajikan segera setelah pempek disiram saus pelengkap atau sajikan saus di tempat terpisah. Tambahkan sedikit air jika adonan masih terlalu keras dan susah dibentuk dan tambahkan tepung kanji jika adonan terlalu lembek..

Wednesday, February 06, 2013

Berkreasi dengan Buah Naga - Sate Buah Naga

Buah naga mengandung banyak vitamin, mineral dan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda bosan memakannya sebagai buah segar, kreasikan menjadi sate buah naga yang unik dan menarik. Selamat Mencoba. Budi Sutomo.


Video Membuat Snack Sehat untuk Anak

Membiasakan anak jajan diluar merupakan kebiasaan yang kurang baik karena kurang terjaga kebersihannya. Stik tahu keju bisa Anda buat di rumah sebagai salah satu alternatif kudapan sehat untuk anak. Selamat Mencoba. Budi Sutomo.


Video Membuat Cookies Wortel

Cookies wortel sangat cocok menjadi kudapan keluarga khususnya anak-anak yang susah makan sayur. Kue ini mudah dibuat dan bahannya mudah didapat.  Citarasa yang lezat pasti disukai anak-anak. Selamat Mencoa. Budi Sutomo.


Jangan Musnahkan Daun Khat (Ghat) - Bisa Jadi Berkhasiat Obat


Kasus Narkoba Raffi Akhmad membuat geger masyarakat Indonesia. Banyak pertanyaan mengusik ketika tiba-tiba BNN mengintruksikan untuk memusnahkan tanaman Khat (Catha Edulis) yang diduga sebagai bahan baku Chatinone. Apakah benar daun Khat berbahaya bagi kesehatan? Atau mungkin justru bermanfaat?

Kalau dilihat dari seni kuliner, daun khat atau sering juga disebut daun ghat memiliki citarasa asam dan ada rasa sedikit getir. Bentuknya seperti daun salam. Aroma normal tidak ada aroma yang terlalu menyengat. Jadi daun mudanya cocok dan cukup enak menjadi bahan lalapan sambal terasi dan lauk ikan asin. Dari sisi nutrisi, daun khat yang pasti mengandung serat, klorofil, vitamin A, zat besi, dan mineral esensial lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Saya pribadi agak miris melihat BNN (Badan Narkotika Nasional) melakukan instruksi agar musnahkan daun khat. Apakah benar daun khat berbahaya untuk kesehatan? Atau mungkin sebaliknya berkhasiat sebagai obat. Perlu dilakukan riset ilmiah mendalam. Karena Narkoba yang beredar dan dikonsumsi Raffi Ahmad adalah methylone, zat turunan chatinone yang terbuat dari senyawa kimia sintetis bukan dari daun khat.
 
Lantas bagimana dengan kandungan Chatinone alami yang ada di dalam daun khat? Kemampuan manusia mengonsumsi daun khat segar paling hanya segenggam, bahkan sebagian orang hanya mengunyah dan menelan sarinya. Apakah dengan mengonsumsi segenggam daun khat kita akan mendapatkan efek negatif? Semua yang berlebihan memang tidak baik dampaknya, bahkan alhokol durian, senyawa mentol daun mint dan minyak atsiri daun kemangi jika diekstrak menjadi berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.


Banyak bahan pangan yang mengandung zat kimia dan memberi efek stimulan, seperti cafein pada kopi dan teh, zingeron pada jahe, senyawa menthol pada daun mint dan zat aktif saponin dalam ginseng. Dalam ambang batas tertentu, efeknya akan menyegarkan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Lantas seberapa bahayanya efek stimulan dari bahan pangan segar? atau justru menyehatkan?. Ini yang harus dikaji ulang.

Mungkin lebih bijak jika pemerintah dengan lembaga terkait melakukan penelitian mendalam tentang bahaya daun ini jika dikonsumsi segar. Benarkah berbahaya, berapa ambang batasnya, atau mungkin malah bermanfaat untuk kesehatan.  Karena image daun ini menjadi sangat buruk setelah kasus narkoba Raffi Akhmad, padahal narkoba yang dikonsumsi Raffi tidak terbuat dari daun ini. Ngga tega rasanya melihat daun ini dimusnahkan begitu saja tanpa ada landasan penelitian ilmiah yang kuat. Sepertinya tindakan bodoh. Budi Sutomo.