Friday, August 10, 2012

Resep Puding

Saat perayaan hari lebaran, biasanya kita menyantap berbagai hidangan penuh lemak, bersantan dan pedas. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan panas dalam, dan sembelit karena mengonsumsi banyak sumber protein namun rendah serat. Kini saatnya pencernaan kita didetok dengan hidangan pencuci mulut yang sehat. Kandungan serat, vitamin dan mineal yang tinggi di dalam puding stroberi akan meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga saluran pencernaan. Selamat Mencoba.  Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.


Puding Stroberi

Bahan:
300 g buah stroberi, potong dadu kecil
1 pks (11 g) bubuk agar putih
60 g gula pasir
60 ml susu kental manis
60 ml syrup cocopandan 
250 ml susu tawar cair
250 ml air
1/4 sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Larutkan bubuk agar dengan air, gula pasir, dan garam. aduk rata. Didihkan sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
2. Tambahkan susu tawar cair, susu kental manis, syrup cocopandan. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih. angkat.
3. Siapkan cetakan puding atau gelas saji. Masukkan potongan buah stroberi. Tuang adonan agar, dinginkan hingga mengeras. Sajikan dingin.
Untuk 12 Porsi

Tip: Susu tawar cair bisa diganti dengan santan. Basahi cetakan puding dengan air matang sebelum digunakan agar puding mudah dikeluarkan dari cetakan.



Video Membuat Roti Mini

Variasi adonan roti banyak sekali ragamnya. Salah satunya adalah dengan dibuat roti mini, atau yang populer dengan sebutan roti unyil. Video berikut memaparkan bagaimana proses cara pembuatan roti mini isi jagung manis. Selamat Mencoba. Budi Sutomo


Video Membuat Kue Bolu Tape

Campuran tape dengan paduan gula merah terasa pas. Aroma wangi tape terasa cocok dengan rasa lembut tekstur kue bolu. Tunggu apa lagi, siapkan bahannya dan praktekkan. Sajikan saat hangat dengan secangkir teh, saya percaya, Anda akan mendapat pujian dari keluarga tercinta. Selamat Mencoba. Budi Sutomo.



Cake Havermuth

Cake havermuth terasa lembut dan sehat. Bahannya mudah di dapat dan teknik pembuatannyapun mudah. Cocok sebagai suguhan snack keluarga. Selamat Mencoba. Budi Sutomo.

Friday, August 03, 2012

Resep Special Lebaran untuk Lauk Ketupat


Lebaran biasanya disajikan opor ayam, gulai atau sambal goreng udang sebagai lauk ketupat. Tidak ada salahnya lebaran tahun ini Anda mencoba Gulai Daun Pakis sebagai pelengkap makan ketupat. Gurihnya kuah santan kental  dan lembutnya pucuk daun pakis terasa pas dengan sepiring ketupat hangat. Selamat Mencoba.  Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.


Gulai Daun Pakis

Bahan:
400 g daun paku/pakis muda, potong-potong
1 lt santan dari 1 butir kelapa
150 g teri nasi atau ikan jambal kering, potong-potong
Bumbu:
8 butir bawang merah, haluskan
6 siung bawang putih, haluskan
1 cm jahe, bakar, haluskan
6 buah cabai merah, haluskan
3 cm kunyit, bakar, haluskan
1 lembar daun kunyit, potong-potong
2 potong asam kandis
2 sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Didihkan santan dengan semua bumbu-bumbu. Masak sambil diaduk-aduk  hingga mendidih.
2. Masukkan teri/ikan jambal daun pakis, asam kandis dan daun kunyit. Masak hingga kuah mengental. Angkat. Tuang ke dalam mangkuk saji. Hidangkan.
Untuk 7 Porsi

Tip: Masakan asal Kayutanam ini cocok disajikan dengan katupe atau ketupat. Asam kandis bisa di ganti dengan asam jawa.