Sunday, April 29, 2012

Tip Anti gagal Membuat Kue, Jajan Pasar, Roti dan Kue Kering



Judul: Rahasia Sukses Membuat Cake, Roti, Kue Kering dan Jajan Pasar
Penulis: Budi Sutomo. S.Pd
Penerbit: nsbooks
Harga: Rp. 55.000
Informasi dan pemesanan: nsbooks.red@gmail.com
Buku bida didapatkan di seluruh toko buku terkemuka

Bagi sebagian orang, membuat roti, kue kering, cake, dan jajan pasar sulit dilakukan. Rasa takut gagal dan kurang percaya diri membuat kita kadang enggan untuk mencoba. Padahal jika Anda tahu rahasianya, membuat roti, cake, kue kering, dan kue tradisional merupakan hal yang mudah untuk dilakukan.
Kita sering mendengar, betapa susahnya membuat kue bika ambon yang bersarang, cake bantat, kue kering keras, bolu tidak mengembang, atau kue mangkuk yang tidak merekah. Hal-hal seperti ini sebenarnya tidak perlu terjadi, asal sebelum membuat kue Anda terlebih dahulu mengenal bahan dengan baik, mengolah dengan teknik pembuatan yang benar, menimbang bahan dengan tepat, serta mengetahui tip dan trik sukses membuat kue.

Dalam buku ini, penulis mengungkap dengan tuntas dan gamblang seluk beluk rahasia membuat kue, roti, cake, kue kering, dan kue-kue tradisional. Buku ini juga dilengkapi, pengetahuan dasar membuat kue seperti mengenal bahan tambahan makanan seperti ragi, bread improver, icing sugar, baking powder dan resep standar yang telah lolos dapur uji sehingga Anda tidak perlu takut untuk mencobanya. Semua resep ditulis dengan bahasa yang jelas dan sistematis sehingga mudah dipahami oleh para pemula. Setiap resep juga dijelaskan rahasia sukses membuat beserta tip anti gagalnya. Foto dan ilustrasi pendukung juga turut memudahkan Anda untuk melihat hasil akhir kue yang baik. Tidak lupa, penulis juga menyertakan direktori alamat te,pat-tempat kursus masakan dan kue beserta alamat lengkap toko yang menjual aneka bahan kue. Jika Anda belum puas, penulis juga memberikan bonus belajar masak gratis secara online yang link-nya bisa dilihat di akhir buku ini.

Setelah membaca buku ini, penulis percaya, Anda akan semakin percaya diri turun ke dapur untuk membuat kue-kue. Jadi tunggu apalagi, baca tip-tipnya, intip rahasianya, praktekkan resepnya, dan bersiaplah menerima pujian dari orang-orang terkasih. Selamat mencoba!

Video Membuat Bolu Kukus Lapis

Bolu kukus lapis memiliki penampilan yang cantik dan menggugah selera. Dari sisi cita rasa, aroma wangi vanili dan gurhnya santan membuat kue ini terasa istimewa. Selamat Mencoba.

Snack Indonesia - Panada

Panada biasanya diisi dengan ikan tongkol, dalam video berikut, kulit panada diisi dengan jamur yang lezat dan menggugah selera. Selamat Mencoba.

Kue Tradisional Indonesia - Bingka Kentang

Kue jajan pasar banyak sekali ragamnya, salah satunya adalah kue bingka kentang. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang harum, hmm..sungguh menggugah selera.

Makanan Sehat Untuk Anak - Pizza Bayam

Anda bingung membuat makanan kecil untuk anak yang sehat dan lezat?. Pizza isi bayam berikut layak anda coba. Pizza ini di isi denga beragam sayuran yang kaya akan mineral, serat dan vitamin. Selamat mencoba.

Kue Kenari

Kue ini dengan taburan kacang kenari ini memang nikmat. Apalagi disajikan hangat dengan secangkir teh. Anda ingin mencobanya, simak bagaimana cara membuatanya di dalam video berikut.

Snack Praktis - Roti Goreng

Snack bercita rasa gurih ini memang lezat dan menggugah selera. Membuatnya mudah dan bahannya gampang didapat. Hanya dengan berbekal roti tawar, anda bisa menyajikan snack lezat sebagai penyerta minum teh di sore hari. Selamat Mencoba.

Roti Isi Labu Kuning - Pumkin Bread

Adonan roti bisa divariasikan dengan bebragam isi. Seperti cokelat, keju, abon, selai atau labu kuning. Selain lezat, roti dengan isi labu kuning juga sehat karena kaya akan betakaroten dan serat. Selamat Mencoba.

Friday, April 27, 2012

Jajan Pasar - Kue Ku

Kue berbahan tepung ketan ini mudah dibuat dan risiko kegagalannya rendah. Tekstur yang legit dengan isi kacang hijau membuat kue ini selalu ngangeni. Bagi Anda yang ingin wirausaha boga, resep berikut layak Anda Coba. Foto/resep/dapur uji: Budi Sutomo. 

Kue Ku 

Bahan Kulit: 
300 gr tepung ketan 
300 santan dari ½ butir kelapa 
100 gr gula pasir 
½ sdt pewarna merah 
Bahan Isi: 
300 gr kacang hijau kupas, rendam 1 jam 
250 ml santan dari ½ butir kelapa 
125 gr gula pasir 
2 lembar daun pandan 
½ sdt garam halus 
2 sdm minyak goreng untuk olesan 
Cara Membuat: 
1. Isi: Kukus kacang hijau hingga empuk, haluskan. Rebus kacang hijau dengan santan, gula pasir, daun pandan dan garam. Masak sambil diaduk hingga terbentuk adonan yang dapat dibentuk. Angkat, dinginkan. 
2. Kulit: Campur tepung ketan dengan gula pasir, aduk rata. Tambahkan santan sedikit demi sedikit sambil diuleni. Tambahkan pewarna, aduk lagi hingga rata. Sisihkan. 
3. Penyelesaian: Ambil satu sendok makan adonan kulit, bentuk bulatan dan pipihkan. Isi dengan ½ sendok makan bahan isi yang telah dibentuk bulat. Bungkus isi dengan adonan kulit bentuk bulat pipih. 
4. Siapkan cetakan kue ku yang telah ditaburi tepung ketan. Masukkan adonan yang sudah diisi sambil ditekan-tekan. Keluarkan dari cetakan, alas dengan daun pisang. Lakukan hingga habis. 
5. Kukus selama kurang lebih 20 menit sambil sesekali tutup kukusan dibuka tutup agar bentuk tetap bagus. Setelah matang, olesi permukaan kue dengan minyak. Sajikan. 
Untuk ± 15 buah 

Tip: Taburi cetakan dengan tepung ketan agar kue mudah dikeluarkan. Selama mengukus sebaiknya tutup kukusan ditutup dengan serbet dan dibuka tutup agar bentuk kue tetap bagus.