Wednesday, September 28, 2011

Kue Brownies

Brownies memang menggugah selera, kue ini juga mudah dibuat. Bagi Anda yang masih pemula, resep brownies ini layak dicoba. Selain teknik pembuatannya praktis, hasilnya juga dijamin lezat.  Resep/Dapur Uji/Food Stylist/Foto: Budi Sutomo.

Brownies Cokelat


Bahan:

150 g tepung terigu
200 g margarin
150 g gula pasir

3 butir telur, kocok hingga mengembang

40 g cokelat bubuk

200 g dark cooking chocolate, potong-potong

½  sdt garam halus
½ sdt baking powder
Hiasan, tim hingga meleleh:
100 g dark cooking chocolate/cokelat masak hitam

Cara Membuat:

1. Panaskan margarin, masukkan potongan cokelat dan gula pasir, masak sambil diaduk-aduk hingga cokelat meleleh dan gula larut.
2. Campur tepung terigu dengan bubuk cokelat, baking powder dan garam halus, aduk rata. Sisihkan,
 3. Di tempat terpisah, kocok telur menggunakan mixer selama 5 menit atau hingga kental.
4. Masukkan campuran tepung terigu ke dalam cokelat tim, aduk dengan mixer kecepatan rendah. Tambahkan kocokan telur, aduk hingga tercampur rata.
5.Tuang adonan brownies ke dalam loyang cake beroles margarin. Panggang di dalam oven bertemperatur 170 derajat celcius selama 40 menit atau hingga brownies matang. Angkat.

6. Potong-potong brownies, atur di dalam piring saji. Masukkan cokelat tim untuk hiasan ke dalam piping bag. Hias brownies dengan cokelat tim membentuk garis-garis atau sesuai selera. Hidangkan.

Untuk 12 potong

Tip:
Warna kue brownies yang cokelat susah untuk mengetahui apakah kue sudah matang atau belum. Caranya dengan menusuk kue dengan lidi/kawat. Jika lidi diangkat sudah tidak ada adonan yang menempel/kering 
berarti kue sudah matang.

Jangan mengocok telur terlalu mengembang karena akan menyebabkan tekstur brownies empuk menyerupai cake. Cukup kocok hingga telur mengental.

Cara Membuat Manisan Mangga

Jika sedang musim, buah mangga sangat melimpah dan harganya menjadi sangat murah. Untuk meningkatkan nilai ekonomi, buah mangga bisa diolah menjadi manisan yang tahan lama, baik manisan mangga basah maupun kering. Video berikut menjelaskan bagaimana cara membuat manisan mangga basah. Budi Sutomo

Monday, September 26, 2011

Sejuta Kenangan Piring Jadul

Melihat koleksi piring jadul ini, beragam kenangan langsung terngiang. Teringat saat makan di hari lebaran bersama orang tua, inget sayur bikinan nenek, inget keluarga. Ternyata piring juga bisa membangkitkan beragam kenangan. Coba perhatikan baik-baik piring berikut, pasti diantara Anda pernah melihat dan memiliki kenangan dengan piring jadul ini.
 

Thursday, September 22, 2011

Video Cara Membuat Selai Buah Sirsak

Buah sirsak sedang naik daun. Buah ini terbukti bermanfaat baik untuk kesehatan, seperti sebagai anti kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung viamin C yang cukup tinggi. Buah sirsak juga kaya serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Cita rasa buah sirsak memiliki rasa manis dan asam segar. Cocok diolah menjadi minuman seperti jus, smoothie atau milkshake. Buah sirsak memiliki serat dan pektin yang tinggi. Cocok diolah menjadi selai buah sirsak. Selai sirsak bisa menjadi bahan olesan roti tawar maupun isi kue.

Video Cara Membuat Brownies

Buah kurma memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis, cocok dimakan sebagai buah meja. Jika anda ingin berkreasi, kurma juga bisa diolah menjadi brownies yang sehat dan tentu saja lezat. Selamat Mencoba.