Sunday, July 24, 2011

Mengenal Fungsi & Kegunaan Bahan Kue untuk Pemula


Bagi para pemula, sering kali bingung membaca resep masakan, kue, roti, cake atau minuman. Banyak istilah bahan pembuatan kue yang kurang faham. Seperti apa itu ragi, apa itu baking powder dan apa fungsi dari bread improver. Penjelasan berikut semoga membantu para pemula agar dapat membedakan fungsi dan kegunaan bahan kue. 

Ragi Instan/Yeast/Biang Donat
Ragi instan/yeast/biang donat adalah beragam nama dengan isi yang sama. Di dalam ragi (yeast) berisi mikroorganisme ber sel satu yang hidup dari keluarga fungus atau khamir, spesies Saccharomyces cerevisiae. Di dalam adonan roti, ragi berfungsi mefermentasi adonan sehingga adonan dapat mengembang dan terbentuk serat/pori-pori roti. Di dalam proses fermentasi, ragi merubah gula dan karbohidrat di dalam adonan menjadi gas karbondioksida (CO2) dan alkohol. Terbentuknya zat inilah yang menjadikan adonan mengembang dan beraroma harum khas roti ketika dipanggang.

Di pasaran banyak dijual aneka jenis ragi. Seperti ragi basah (compressed yeast) atau ragi kering instan (instant dry yeast). Ragi basah kurang populer karena tidak praktis dalam penggunaanya, seperti harus menggunakan adonan biang, disimpan dalam suhu dingin dan tidak tahan lama. Ragi instan lebih banyak digunakan karena praktis dan dapat dicampur langsung ke dalam adonan. Penambahan ragi biasanya menggunakan perbandingan 20-25 g ragi per 1 kilo gram tepung terigu. Ragi harus disimpan di dalam tempat yang dingin (kulkas), setelah dibuka sebaiknya segera digunakan. Ragi hanya tahan beberapa minggu di dalam suhu ruang (setelah dibuka) dan beberapa bulan di dalam suhu dingin. Setelah itu ragi tidak dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kualitas adonan roti yang rendah.Di pasaran dijual dengan merek dagang fermipan, saft-instant,  dan mauripan.

Bread Improver
Dipasaran lebih dikenal dengan sebutan Unipan atau Baker Bonus. Bread improver adalah bahan tambahan roti yang ditambahkan dengan tujuan agar hasil roti lebih empuk, teksturnya lebih lembut, fermentasi berjalan lebih cepat dan roti memiliki serat yang halus. Di dalam bread improver terdapat penguat gluten (Ascorbic acid), pelunak gluten (Sodium metabisulfit), makanan ragi (amonium klorida), enzim (Alfa amylase), dan emulsifier (surfactant atau lecitchin). Bentuk bread improver adalah serbuk berwarna cokelat muda. Bisa di beli di toko yang menjual aneka bahan kue. Penggunaanya sekitar 1 sdt untuk 500 g tepung terigu. Di pasaran banyak sekali merek dagang bread improver seperti Eka-300, Unipan, Lowan, V9, Baker’s Bonus dan Bakerine Plus.

SP
Fungsi SP tidak jauh berbeda dengan ovalet atau TBM yaitu membuat adonan menjadi homogen dan tidak mudah turun saat dikocok atau biasa di sebut cake emulsifier. Biasanya digunakan untuk cake, bolu atau kue-kue lain yang menggunakan teknik telur dikocok hingga mengembang kaku. Kandungan kimia SP adalah Ryoto ester (gula ester). Dimana esternya adalah asam lemak seperti asam stearat, palmitic, dan oleic. Bahan SP terkadang merupakan produk hewani sehingga kehalalannya masih diragukan. Bentuknya pasta seperti ovalet. Biasanya dijual dengan merek dagang SP cap Koepoe-Koepoe, SP Baker Cream, SP-Nova atau Sponge-28. Gunakan 1 sendok teh setiap 5 butir telur.

Cream of Tar-Tar
Bahan ini biasanya ditambahkan saat mengocok putih telur dalam proses membuat cake, kue bolu, meringue atau kue-kue yang memerlukan kocokan putih telur sampai mengembang kaku. Komposisi cream of tar tar adalah garam potasium (kalium) dari asam tartaric, yang berbentuk kristal atau powder sehingga memiliki nama kimia potassium tartaric acid atau potassium hydrogen tartraye dan potassium bitartrate. Fungsi bahan ini adalah mengeluarkan gas di dalam adonan sehingga akan dihasilkan volume kocokan telur yang baik, manfaatnya tentu akan dihasilkan tekstur pori-pori cake yang baikpula. Bahan ini dibuat dari proses pembuatan minuman beralkohol yang direaksikan dengan potassium. Bentuknya bubuk mengkilat berwarna putih. Gunakan ½ sdt untuk mengocok 5 butir putih telur. Merek dagang cream of tar tar adalah McKenzie’s, Koepoe-Koepoe, dan McCormuck.

VX
VX seringkali ditambahkan dalam proses pembuatan cake. Tujuannya agar cake lebih mengembang. Kandungan kimi VX adalah  sodium bicarbonat (NaHCO3), sodium acid picorofosfat, dan bahan pengisi seperti pati jagung. Bentuk VX adalah serbuk putih. Bahan ini kategorinya aman kehalalannya. Pengunaanya sekitar 1/2 sdt untuk 500 g tepung terigu. Campur dan ayak dengan tepung. Baking soda dan baking powder dapat menggantikan VX.

Baking Soda
Sering disebut juga soda kue. Baking soda sebenarnya nama lain dari sodium bikarbonat. Bahan ini akan mengeluarkan gas kabondioksida (CO2) ketikan dipanaskan atau bertemu dengan cairan atau asam. Karenanya bahan ini bisa digunakan sebagai pengembang karena mengeluarkan gelembung gas saat adonan kue di goreng, kukus atau dipanggang. Baking soda bisa ditambahkan untuk membuat cake atau kue kering. Di dalam cake baking soda akan memperbaiki tekstur cake menjadi lebih berpori-pori dan jika ditambahkan di dalam adonan kue kering, baking soda akan menjadikan kue kering bertekstur garing, kering dan renyah. Bentuknya bubuk berwarna putih. Gunakan ½ sendok teh untuk 500 g tepung terigu. Merek dagang di pasaran Baking Soda Arm & Hammer, Koepoe-Koepoe dan Pesawat Angkasa.

Baking Powder
Baking powder  biasanya digunakan sebagai pengembang (leavening agent) cake, bolu panggang, bolu kukus, cup cake dan pancake. Komposisi kimia dari baking powder adalah  campuran sodium bicarbonat, sodium alumunium fosfat, dan monocalcium fosfat. Baking powder juga berisi inert seperti pati. Bahan berisi fat inert ini sengaja dicampur untuk menjaga agar komponen bahan baking powder tetap dalam keadaan baik. Dari sisi kehalalan komposisi baking powder tergolong aman. Seperti halnya baking soda, cara kerja baking powder adalah akan mengeluarkan gas karbondioksida saat bertemu dengan cairan dan terkena panas. Karenanya baking powder dapat mengembangkan cake atau kue. Di pasaran dijual single acting baking powder dan double acting baking powder. Double acting baking powder memiliki efek mengembangkan lebih kuat dibandingkan dengan single acting baking powder. Efek pengembangan double acting baking powder ini bekerja saat adonan dibuat dan saat dipanggang. dikukus atau digoreng. Gunakan jenis baking powder ini jika anda membuat kue dalam jumlah banyak agar kue yang terahir dipanggang tetap dapat mengembang dengan sempurna.  Bentuknya bubuk berwarna putih. Merek dagang untuk baking powder double acting adalah Suparize, Hercules dan U-88. Gunakan1/2 sendok teh untuk 500 g tepung terigu. Dipasaran baking powder single acting dikenal dengan merek dagang Royal, Hain, Davis, hercules,  U-88, Suparize, Pesawat Angkasa, dan Koepoe-Koepoe.

Ovalet
Ovalet sebenarnya bukan bahan pengembang melainkan cake emulsifier atau pelembut dan pensetabil adonan agar adonan cake homogen dan tidak mudah turun saat dikocok serta adonan tercampur dengan baik.  Komposisi kimia  ovalet biasanya adalah mono  dan digliserida. Bahan ovalet juga biasanya menggunakan asam lemak dari hewan atau tumbuhan. Kehalalannya masih dipertanyakan. Ovalet, TBM dan SP bisa saling menggantikan. Biasanyanya digunakan sebagai bahan pengemulsi pada adonan cake dan bolu. Bentuknya pasta berwarna kuning. Gunakan 1 sendok teh untuk 5 butir telur. Merek dagang di pasaran dijual dengan merek dagang Ovalet cap Koepoe-Koepoe dan Vivid SP cake emulsifier.

TBM
TBM berfungsi memperbaiki tekstur cake menjadi lebih lembut. TBM adalah merek dagang, komposisi kimia bahan ini sama dengan ovalet yaitu mono dan digliserida.  Biasanya ditambahkan saat pengocokan adonan telur. Penggunaanya sekitar 1 sendok teh untuk 5 butir telur. Bentuknya pasta seperti ovalet. Merek TBM yang terkenal adalah TBM cap Koepoe-Koepoe.

Aneka Pasta Pemberi Aroma
Di pasaran dijual aneka pasta, seperti pasta pandan, pasta vanili, pasta stroberi, pasta moka, pasta cokelat dan lain sebagainya. Aneka pasta ini ditambahkan pada produk cake, kue atau minuman dengan tujuan meningkatkan cita rasa dan aroma lebih kuat. Seperti cake cokelat. Meskipun sudah menggunakan cokelat blok atau cokelat bubuk, dengan ditambahkan pasta cokelat maka warna akan lebih cokelat dan aroma cokelat lebih kuat. Penggunaan cukup ½ sdt setiap 1 liter bahan cair atau 1 kg penggunaan tepung.

Aneka Essence/esens
Esen adalah ekstrak dari aroma bahan makanan seperti vanili, cokelat, moka, orange, stroberi dan lainnya. Esens digunakan untuk menambah atau menguatkan aroma pada  bahan cake, roti, kue, puding  maupun minuman. Bentuknya cair. Penggunaanya cukup 1 sdt setiap 1 liter cairan atau 1 kg penggunaan bahan tepung.

Rum
Rum biasanya digunakan sebagai bahan pemberi aroma cake, puding, minuman atau saus pada hidangan penutup atau dessert. Bentuk rum adalah cairan berwarna agak kecokelatan. Rum seringkali mengandung alkohol, namun jumlah alkohol rendah dan biasanya akan menguap ketika dipanaskan. Agar lebih aman, gunakan rum esens yang tidak mengandung alkohol. Di pasaran, rum dijual dengan merek dagang World Famous atau Rum Jamaica. Penggunaanya 1 sdt untuk setiap bahan cair atau 1 kg tepung. Teks: Budi Sutomo. Foto; Budi Sutomo dan Dot Net.

Saturday, July 23, 2011

Tumis Oyong

Oyong adalah sayuran yang bertekstur lembut. Selain sebagai isi sayur bening, oyong juga lezat diolah menjadi tumisan. Pilih oyong yang tidak terlalu tua, oyong tua bebrtekstur kasar dan berserat, kurang cocok dijadikan bahan tumisan. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Tumis Oyong Jamur Putren

Bahan:
300 g oyong, bersihkan, potong membulat
100 g jagung putren, potong memanjang
50 g paprika, potong korek api
100 g jamur tiram, potong-pootong
1 sendok sayur kaldu ayam
4 sdm minyak goreng
Bumbu:
40 g bawang bombay, potong korek api
4 siung bawang putih, cincang
1 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1 sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
2. Masukkan jamur, aduk rata. Tuang air, kecap manis, saus tiram, dan garam halus, aduk rata.
3. Tambahkan oyong, paprika dan jagung putren. Masak sambil diaduk-aduk hingga semua bahan matang. Angkat. Tuang ke dalam pinggan saji, hidangkan.
Untuk 4 Porsi

Tip: Oyong bisa diganti dengan brokoli, cuciwis atau kailan.

Hidangan Sahur Praktis - Sukiyaki Masak Wijen

Terinspirasi dari masakan Jepang, yaitu Sukiyaki. Namun dimodifikasi dengan sentuhan cita rasa Indonesia sehingga lebih bisa diterima oleh lidah kita. Hidangan ini paktis dan sangat mudah dibuat. Cocok sebagai hidangan sahur. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Sukiyaki Masak Wijen

Bahan:
300 g daging sukiyaki
60 g wortel, potong sesuai selera
150 g brokoli, potong menurut kuntum
1 sdt biji wijen
100 ml air
1 batang daun bawang, potong serong
4 sdm minyak goreng
Bumbu:
50 g bawang bombay, potong korek api
3 siung bawang putih, cincang
2 sdm saus tomat
3 sdm saus tram
1 sdm kecap asin
1 sdt gula pasir
½ sdt lada halus
1 sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging sukiyaki, aduk hingga daging berubah warna.
2. Tuang air, dan semua bumbu-bumbu. Masak hingga air mendidih. Masukkan wortel, brokoli, daun bawang. Masak hingga semua bahan matang. Angkat.
3. Tuang ke dalam pinggan saji. Hidangkan hangat.
Untuk 5 Porsi

Tip: Daging sukiyaki bisa diganti dengand aging has dalam yang diiris tipis-tipis.

Wednesday, July 20, 2011

Resep Kue Sus Kering

Kue sus kering sangat mudah dibuat dan bahannya mudah didapat. Kue ini juga tahan lama dan memiliki rasa yang gurih dan renyah. Perhatikan proses pembuatan dan tip membuat sus kering agar terhindar dari kegagalan. Resep/Dapur Uji/Food Stylist/Foto: Budi Sutomo.

Sus Kering

Bahan:
250 ml air
160 g tepung terigu
4 butir telur ayam ukuran sedang
100 g margarin
½ sdt baking powder
½ sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Rebus air, masukkan margarin dan garam. Masak hingga margarin larut.
2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk hingga terbentuk adonan yang kalis dan kental. Angkat dari perapian. Diamkan hingga adonan hangat-hangat kuku.
3. Masukkan telur dan baking powder ke dalam adonan tepung, aduk dengan cepat dengan sendok kayu hingga tercampur rata.
4. Masukkan adonan ke dalam kantung plastik segi tiga/piping bag yang telah diisi dengan sepuit bintang.
5. Semprotkan adonan di atas loyang kue kering membentuk bintang-bintang kecil.
6. Panggang kue di dalam oven bertemperatur 200 derajat celcius selama 10 menit. Turunkan suhunya menjadi 140 derajat celcius, panggang hingga kue benar-benar kering dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat. Dinginkan. Simpan kue di dalam stoples kedap udara.
Untuk 350 g

Tip:
Jangan memasukkan telur saat adonan tepung masih panas karena telur akan matang dan kue tidak mengembang saat dipanggang. Masukkan telur ketika adonan sudah hangat-hangat kuku.

Untuk sus kering, loyang tidak perlu dioles dengan margarin, olesan margarin seringkali membuat bagian bawah sus kering lembab dan kurang kering.

Jangan membuka oven 10 menit pertama ketika kue di dalam oven. Membuka oven menyebabkan kue yang sedang mengembang akan turun dan kue gagal mengembang. Ini disebabkan strukutur kue belum kokoh, perubahan suhu ketika oven dibuka akan membuat kue turun.

Gulai Daging

Gulai daging adalah masakan khas Indonesia yang mendapat pengaruh dari masakan Timur Tengah. Seperti penggunaan bumbu kapulaga, adas dan jintan yang sangat lekat dengan bumbu kari masakan India dan Timur Tengah. Yang membuat gulai ini sedikit berbeda dengan kari adalah penggunaan santan. Dengan adanya santan, gulai menjadi lebih gurih dan berlemak dibandingkan kari. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Gulai Daging Sapi

Bahan:
1200 g daging sapi has dalam, potong dadu 4 x 2 x 2 cm
1400 ml santan dari 2 butir kelapa
100 g kentang, potong dadu
100 g wortel, potong dadu
1 sendok sayur minyak goreng
Bumbu:
3 lembar daun jeruk
4 buah kapulaga
3 cm kayu manis
4 buah cengkih
2 batang serai, memarkan
1 sdm air asam jawa
1 sdm bawang merah goreng
Haluskan:
8 butir bawang merah
6 siung bawang putih
6 buah cabai merah
1 sdt klabet, sangrai
1 sdt jintan, sangrai
1 sdt adas, sangrai
½  sdt lada butir, sangrai
1 sdt ketumbar, sangrai
3 cm lengkuas
2 cm kunyit
Cara Membuat:
1. Panaskan minyak banyak, goreng potongan kentang dan wortel hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat. Sisihkan.
2. Panaskan satu sendok sayur minyak goreng.  Tumis semua bumbu halus hingga harum. Masukkan potongan daging, serai, cengkih, kayu manis, kapulaga, dan daun jeruk. Masak hingga daging berubah warna.
3. Tuang santan dan air asam jawa. Masak hingga daging empuk, kuah agak mengental dan berminyak. Sesaat sebelum diangkat, masukkan gorengan kentang dan wortel, aduk rata. Angkat.
4. Tuang gulai ke dalam mangkuk saji.  Taburi bawang merah goreng. Sajikan hangat sebagai lauk ketupat.
Untuk 7 Porsi

Tip:  Masak gulai sambil sesekali diauk-aduk agar santan tidak terpisah dengan air dan teksturnya menggumpal.

Kue Lumpur

Kue lumpur memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, gurih dan lezat. Meskipun banyak bakery bermunculan, namun kue tradisional ini tetap tak lekang di makan jaman. Sederet nostalgia terkadang menjadikan kita rindu akan kue jajan pasar. Seperti kue lumpur kentang ini. Resep/Foto/Dapur Uji/Food Stylist: Budi Sutomo.

Kue Lumpur Kentang

Bahan:
250 gr kentang, kukus, haluskan
200 gr tepung terigu
200 gr gula pasir
6 butir kuning telur
2 butir putih telur
500 ml santan kental dari 1 butir kelapa
60 gr margarin, lelehkan
½ sdt garam halus
¼ sdt garam halus
60 gr kismis untuk taburan
60 g serutan kelapa muda
Cara Membuat:
1.Kocok telur, gula pasir dan garam selama 20 menit atau hingga mengembang. Masukkan tepung terigu dan kentang sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula plastik hingga tercampur rata.
2.Tambahkan santan, vanili dan mentega cair, aduk rata. Saring. Sisihkan.
3.Panaskan cetakan kue lumpur, olesi dengan sedikit minyak. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga ¾ dari tinggi cetakan, tutup dan masak dengan api sedang hingga kue setengah matang.
4.Tambahkan beberapa potong kismis dans erutan kelapa muda di atasnya. Masak kembali hingga kue benar-benar matang. Angkat, atur di dalam piring saji. Hidangkan hangat.
Untuk ± 30 buah

Tip: Untuk variasi isi, kismis bisa diganti dengan potongan cokelat, keju, nangka atau kacang-kacangan sesuai selera.

Lezatnya Kolak Biji salak

Kudapan favorit untuk berbuka puasa biasanya kolak biji salak. Kudapan beraroma pandan ini memang nikmat, tekstur bola ubi yang kenyal terasa pas dengan manisnya gula merah dan kuah kental dan gurih dari santan. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.
Kolak Biji Salak

Biji Salak:
600 g ubi jalar kuning, kupas, kukus, haluskan
100 g tepung kanji
1 sdt garam halus
½ sdt bubuk vanili
2 tetes pewarna makanan warna kuning
Kuah:
100 g gula merah, iris halus
100 g gula pasir
1500 ml air
1 lembar daun pandan, potong-potong
½ sdt garam halus
2 sdm tepung kanji
3 cm kayu manis
Pelengkap:
200 ml santan kental, rebus hingga mendidih
Cara Membuat:
1.Biji Salak: Campur ubi jalar yang telah dihaluskan dengan tepung kanji, vanili, pewarna makanan dan garam, aduk rata. Ambil satu sendok teh adonan, bentul menjadi bulatan-bulatan. Panaskan air, rebus biji salak hingga matang dan terapung. Angkat. Masukkan dalam air dingin matang, tiriskan.
2.Kuah: Didihkan air, masukkan gula pasir, gula merah, kayu manis, potonga daun pandan, larutan tepung kanji dan garam, aduk rata. Masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih dan matang. Sesaat sebelum diangkat, masukkan biji salak, aduk rata. Angkat.
3. Penyajian: Tuang kuah biji salak beserta isinya ke dalam mangkuk saji. Sajikan hangat dengan disertai rebusan santan kental sebagai pelengkap.
Untuk 6 Porsi

Tips: Untuk variasi isi, biji salak bisa ditambahkan potongan kolang-kaling, nangka atau durian. Agar tidak cepat basi, sajikan santan kental pelengkap penyajian di tempat terpisah.

Opor Ayam untuk Lauk Ketupat

Hidangan lebaran kurang afdol jika tidak ada opor ayam. Masakan berkuah santan ini memang cocok dijadikan lauk ketupat. Anda ingin mencoba membuat opor ayam lezat sendiri di rumah? Berikut resep yang dapat Anda Coba. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Opor Ayam

Bahan:
1.200 g ayam, potong-potong
1.500 ml santan cair
300 ml santan kental
3 sdm minyak goreng
Bumbu:
8 butir bawang merah, haluskan
6 siung bawang putih, haluskan
5 butir kemiri, haluskan
3 cm jahe, memarkan
2 batang serai, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
1 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut
1 sdm air asam jawa
1 sdt gula pasir
1 sdt jintan, sangrai, haluskan
1 sdt ketumbar, sangrai, halsukan
2 sdm bawang merah goreng
½ sdt lada halus
1 sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Lumuri potongan daging ayam dengan air asam dan garam, diamkan selama 20 menit agar bumbu meresap.
2. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, jahe dan bumbu-bumbu lainnya hingga harum. Masukkan potongan daging ayam, masak sambil diaduk-aduk hingga ayam berubah warna.
3. Tuang santan cair, masak hingga santan tinggal separuhnya dan ayam matang. Tambahkan santan kental, masak sambil sesekali diaduk-aduk hingga kuah mengenta. Angkat.
4. Siapkan pinggan saji. Tuang opor ayam dan taburi bawang merah goreng. Sajikan.

Untuk 8 Porsi

Tip: Masak opor sambil sesekali diaduk-aduk agar santan tidak pecah

Brownies Cokelat Praktis untuk Pemula

Brownies memang menggugah selera, kue ini juga mudah dibuat. Bagi Anda yang masih pemula, resep brownies ini layak dicoba. Selain teknik pembuatannya praktis, hasilnya juga dijamin lezat.  Resep/Dapur Uji/Food Stylist/Foto: Budi Sutomo.

Brownies Cokelat


Bahan:
150 g tepung terigu
200 g margarin
150 g gula pasir

3 butir telur, kocok hingga mengembang
40 g cokelat bubuk

200 g dark cooking chocolate, potong-potong
½  sdt garam halus
½ sdt baking powder
Hiasan, tim hingga meleleh:
100 g dark cooking chocolate/cokelat masak hitam

Cara Membuat:
1. Panaskan margarin, masukkan potongan cokelat dan gula pasir, masak sambil diaduk-aduk hingga cokelat meleleh dan gula larut.
2. Campur tepung terigu dengan bubuk cokelat, baking powder dan garam halus, aduk rata. Sisihkan,
 3. Di tempat terpisah, kocok telur menggunakan mixer selama 5 menit atau hingga kental.
4. Masukkan campuran tepung terigu ke dalam cokelat tim, aduk dengan mixer kecepatan rendah. Tambahkan kocokan telur, aduk hingga tercampur rata.
5.Tuang adonan brownies ke dalam loyang cake beroles margarin. Panggang di dalam oven bertemperatur 170 derajat celcius selama 40 menit atau hingga brownies matang. Angkat.

6. Potong-potong brownies, atur di dalam piring saji. Masukkan cokelat tim untuk hiasan ke dalam piping bag. Hias brownies dengan cokelat tim membentuk garis-garis atau sesuai selera. Hidangkan.
Untuk 12 potong

Tip:
Warna kue brownies yang cokelat susah untuk mengetahui apakah kue sudah matang atau belum. Caranya dengan menusuk kue dengan lidi/kawat. Jika lidi diangkat sudah tidak ada adonan yang menempel/kering 
berarti kue sudah matang.

Jangan mengocok telur terlalu mengembang karena akan menyebabkan tekstur brownies empuk menyerupai cake. Cukup kocok hingga telur mengental.