Monday, March 28, 2011

Minuman Tradisional Indonesia - Wedang Bandrek

Wedang bandrek adalah minuman tradisional yang sangat populer. Minuman asal Jawa Barat ini memiliki aroma harum khas rempah-rempah. Rasanya manis dan sedikit pedas karena bahannya menggunakan jahe. Cocok disajikan hangat. Wedang bandrek juga bisa ditambahkan susu kental manis  sebagai campuran, bandrek dengan campuran susu dikenal dengan sebutan “Bansus” atau bandrek susu. Sebagai variasi, Anda juga bisa menambahkan serutan daging kelapa muda sebagai bahan isinya. Resep/Foto/Dapur Uji: Budi Sutomo.

Wedang Bandrek

Bahan:
1 lt air
150 g gula aren, iris halus
50 g gula pasir
100 g jahe, bakar, potong-potong, memarkan
3 cm kayu manis
10 buah cengkih
1 batang serai, memarkan
2 potong daun pandan
¼ sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Didihkan air, masukkan jahe, gula aren, gula pasir, kayu manis, serai, daun pandan, cengkih dan garam. Masak dengan api kecil selama 15 menit sambil sesekali diaduk-aduk. Angkat, saring.
2. Siapkan gelas saji. Tuang wedang bandrek panas. Hidangkan segera.
Untuk 5 Porsi

Tip: Selain disajikan hangat, wedang bandrek juga bisa disajikan dingin menjadi es bandrek dengan tambahan potongan es batu. Gula aren bisa diganti dengan gula merah/gula jawa.

Membeli Buku Masakan Online Lebih Murah dan Mudah

Buku masakan, kuliner, gizi dan kesehatan karangan Budi Sutomo kini tersedia online di gramediaonline.com. Keuntungan membeli secara online adalah, harga buku lebih murah karena diskon 15 %, aman dan lebih mudah. Klik link berikut www.gramediaonline.com untuk melihat buku yang tersedia.

Beberapa judul  buku yang tersedia, diantaranya: 
1. Makanan Sehat Pendamping ASI
2. Menu Sehat & Lezat Sebulan untuk Golongan Darah O
3.  Sukses Bisnis Bakso
4. Sukses Wirausaha Roti Favorit
5. Rahasia Sehat Jus Buah & Sayuran
6. Menu Sehat Alami untuk Batita & Balita
7. Cara Mudah Menghias Cake
8. The Simple Art of Napkin Folding
9. Sukses Wirausaha Kue Kering
10. Menyusul judul-judul lainnya...


Masakan Jepang - Shusi

Shusi adalah masakan Jepang yang populer hingga ke mancanegara, termasuk di Indonesia. Bahan-bahan segar, penyajian menarik dan rasa yang lezat membuat suhsi semakin diminati. Video berikut adalah cara membuat shusi vegetarian yang lezat dan sehat.

Vdeo Membuat Eclair Cokelat

Eclair cokelat terbuat dari adonan choux pastry atau yang kita kenal dengan sebutan adonan kue sus. Membuatnya sangat mudah dan bahan-bahan yang mudah di dapat. Saksikan videonya dan Anda pasti bisa mempraktekkannya di rumah. Selamat Mencoba. 

Friday, March 25, 2011

Waffle Blueberry

Kue waffle memang menggugah selera, apalagi jika disajikan hangat dengan ice cream dan taburan buah blueberry segar sehingga lebih sehat. Anda bisa membuat kue ini di rumah karena teknik membuatnya cukup mudah. 

Thursday, March 24, 2011

Croissant - Roti Popular Asal Perancis


Kue berbentuk menyerupai tanduk asal Perancis ini memang sangat populer. Selain sebagai pengganti roti tawar untuk sarapan, croissant juga bisa menjadi camilan yang mengenyangkan. Resep/Dapur Uji/Foto Utama: Budi Sutomo.  

Bahan:
500 g tepung terigu protein tinggi (cap cakra kembar)
300 g korsvet
50 g margarin
250 ml air dingin
1 butir telur ukuran sedang
40 g gula halus
11 g yesat/ragi instan/fermipan
1 sdm susu bubuk
1 sdt garam halus
Olesan, aduk rata:
3 sdm madu
3 butir telur

Cara Membuat:

1. Masukkan korsvet dalam plastik, giling hingga ketebalan 1 cm dan rapikan bentuknya menjadi bentuk persegi empat.

2. Campur tepung terigu dengan garam, ragi, gula halus, dan susu bubuk. Aduk rata. Masukkan telur dan air
es/dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni dan dibanting-banting hingga terbentuk adonan yang kalis dan elastis. Tambahkan margarin, uleni hingga adonan benar-benar kalis. Masukkan adonan dalam baskom, tutup dengan serbet lembab. Diamkan selama 20 menit agar adonan mengembang. Kempeskan adonan dengan cara di tekan-tekan dengan tangan. Bulatkan adonan, masukkan di dalam lemari es selama 20 menit. 

3. Siapkan meja kerja, taburi dengan tepung terigu. letakan adonan di atas meja, giling adonan menjadi bentuk segi empat setebal 1 cm. Letakan korsvet di bagian tengah. Lipat adonan menutupi korsvet seperti melipat amplop. Pastikan semua bagian korsvet tertutupi adonan.

4. Giling adonan dengan perlahan hingga ketebalan 1 cm. Lipat bagian kiri ke kanan dan bagian sisi kanan ke arah kiri sehingga terbentuk tiga lapisan. Dinginkan dalam kulkas selama 15 menit. Lakukan proses menggiling, melipat dan mendinginkan sebanyak 3 kali.

5. Pada gilingan terahir, giling dengan ketebalan ½ cm. Potong menjadi bentuk segi tiga. Gulung menjadi bentuk menyerupai tanduk. Lakukan hingga habis.

6. Atur adonan yang telah dibentuk di atas loyang. Diamkan selama 25 menit.Olesi permukaan adonan dengan bahan olesan. Panggang di dalam oven bertemperatur 190 derajat celcius selama 20 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.

8. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.

Untuk 30 Potong

Tip: Untuk variasi, permukaan croisant bisa ditaburi dengan keju parut.

Cumi Saus Hoisin - Masakan Cina Halal

Cumi Saus Hoisin merupakan masakan Cina yang lezat dan mudah dibuat. Jangan memasak cumi terlalu lama karena daging cumi akan liat. Gunakan cumi dan bahan-bahan yang segar agar cita rasa masakan prima. Resep/Dapur Uji/Foto:/Food Stylist Budi Sutomo.

Cumi Saus Hoisin

Bahan:
300 g cumi-cumi, bersihkan, potong-potong
150 g kailan, potong-potong
1 sdt tepung kanji
100 ml air
5 sdm minyak goreng
Bumbu:
3 siung bawang putih, cincang
6 buah cabai kering, potong-potong
2 cm jahe, iris tipis
3 sdm saus hoisin
1 sdm kecap asin
1 sdm saus tomat
1 sdt gula pasir
1 sdm air jeruk lemon/nipis
1 sdt biji wijen
½ sdt bubuk kaldu instan (jika suka)
½ sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum.  Masukkan cumi, bji wijen, jahe, masak dan cabe kering. Masak hingga cumi berubah warna.
2. Tuang saus hoisin, kecap asin, saus tomat, gula pasir, bubuk kaldu instan, dan garam. Aduk rata. Larutkan teopung kanji dengan air, tuang ke dalam tumisan cumi. Masak hingga bumbu meresap.
3. Masukkan kailan dan air jeruk nipis/lemon. Masak hingga semua bahan matang. Angkat. Tuang ke dalam pinggan saji. Hidangkan.
Untuk 4 Porsi

Saus Hoisin: Bumbu khas masakan China. Saus yang terbuat dari kacang kedelai hitam, pasta wijen, cuka beras, airjeruk, bawang putih dan rempah-rempah lainnya. Teksturnya kental, berwarna cokelat dan beraroma tajam. Cocok digunakan untuk masakan seafood. Dijual di swalayan terkemuka.


Puff Pastry Isi Kismis

Puff pastry atau sering di sebut sebagai adonan lembaran memiliki tekstur yang khas. Berlapis-lapis dan renyah. Lapisan ini terbentuk karena penggunaan korsvet/pastry magarin yang dibuat dengan teknik lipat dengan adonan terigu sehingga terbentuk adonan yang berlapis-lapis. Jangan menggiling terlalu keras saat mebuat adonan karena lapisan korsvet akan menembus adonan terigu dan membuat lapisan tidak terbentuk. Resep/Foto Utama/ Dapur Uji: Budi Sutomo.

Bahan:
500 g tepung terigu protein tinggi (cap cakra kembar)
300 g korsvet
50 g margarin
250 ml air dingin
1 butir telur ukuran sedang
40 g gula halus
1 sdm susu bubuk
1 sdt garam halus
Isi:
100 g ksimis
1 sdm bubuk kayu manis
Olesan, aduk rata:
3 sdm madu
3 butir telur

Cara Membuat:

1. Masukkan korsvet dalam plastik, giling hingga ketebalan 1 cm dan rapikan bentuknya menjadi bentuk persegi empat.

2. Campur tepung terigu dengan garam, gula halus, dan susu bubuk. Aduk rata. Masukkan telur dan air es/dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni dan dibanting-banting hingga terbentuk adonan yang kalis dan elastis. Tambahkan margarin, uleni hingga adonan benar-benar kalis. Masukkan adonan dalam baskom, tutup dengan serbet lembab. Masukkan di dalam lemari es selama 20 menit. 

3. Siapkan meja kerja, taburi dengan tepung teirgu. letakan adonan di atas meja, giling adonan menjadi bentuk segi empat setebal 1 cm. Letakan korsvet di bagian tengah. Lipat adonan menutupi korsvet seperti melipat amplop. Pastikan semua bagian korsvet tertutupi adonan.

4. Giling adonan dengan perlahan hingga ketebalan 1 cm. Lipat bagian kiri ke kanan dan bagian sisi kanan ke arah kiri sehingga terbentuk tiga lapisan. Dinginkan dalam kulkas selama 15 menit. Lakukan proses menggiling, melipat dan mendinginkan sebanyak 3 kali.

5. Pada gilingan terahir, giling dengan ketebalan ½ cm. Olesi permukaanya dengan bahan olesan. Taburi bubuk kayu manis dan kismis. Gulung seperti menggulung bolu gulung. Dinginkan kembali selama 10 menit.

6. Potong gulungan adonan setebal ½ cm. Atur di atas loyang beroles margarin.

7. Panggang di dalam oven bertemperatur 190 derajat celcius selama 20 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.

8. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.

Untuk 30 Potong

Tip: Isi bisa diganti dengan potongan manisan ceri, sukade, kacang , parutan keju atau myses cokelat. Taburi permukaan adonan dengan sedikit tepung terigu agar adonan tidak menempel di meja.

Kue Talam Kacang Merah

Kue talam memiliki tekstur yang lembut, manis, gurih dan lezat. Membuatnya mudah dan bahan-bahannya mudah di dapat. Anda bisa membuatnya untuk penyerta minum teh di sore hari.

Video Membuat Roti

Memberikan kado atau bingkisan untuk valentine tidak selalu berupa cokelat atau cake. Roti hangat bertekstur empuk bisa menjadi pilihan yang berbeda. Selain cantik, roti valentine juga lezat. Budi Sutomo.

Wednesday, March 23, 2011

Masakan Cina Populer - Kuang Pao Chicken

Salah satu masakan favorit Cina Szechuan adalah Kuang Pao Chicken. Masakan daging ayam dengan daun bawang, kacang mete dan bumbu khas Szechuan membuat lauk yang satu ini populer hingga manca negara. Andapun bisa mengolahnya sendiri di rumah, karena mudah dibuat dan semua bahan-bahan bisa dijumpai di supermarket Indonesia. Selamat Mencoba. Resep/Foto/Dapur Uji: Budi Sutomo.

Kuang Pao Chicken

Bahan:
500 g fillet daging ayam, potong dadu 2 x 2 cm
100 g kacang mete pangang/goreng
150 ml air
2 sdm gula pasir
1 sendok sayur minyak goreng
1 batang daun bawang, potong 2 cm
12 buah cabe merah kering, potong kasar
4 siung bawang putih, cincang kasar
2 cm jahe, iris tipis
1 sdt lada szechuan, tumbuk kasar
Bumbu Perendam:
2 sdm kecap ikan
1 sdt gula pasir
2 sdm angciu (jika suka)
1 sdm minyak wijen
2 sdt tepung maizena
Saus:
1 sdm kecap ikan
½ sdm cuka
1 sdm minyak wijen
3 sdm angciu
1 sdt  tepung kanji, larutkan dengan sedikit air
1 sdm kecap ikan
Cara Membuat:
1.Bumbui potongan filet ayam dengan bumbu perendam, aduk rata. Diamkan selama 20 menit agar bumbu meresap.
2.Panaskan minyak dalam wajan,  masukkan potongan ayam, masak hingga ayam berubah warna dan matang. Angkat potongan daging ayam.
3.Tuang dua senok makan minyak dalam sisa bumbu bekas menggoreng ayam dalam wajan. Masukkan bawang putih,  tambahkan semua bahan saus, cabe kering, lada, jahe, ayam,  dan potongan daun bawang. Aduk rata.
4. Masukkan gula dalam wajan, masak hingga gula menjadi karamel. Tuang air, masak hinga mendidih dan tekstur larutan gula agak kental. Masukkan ayam dan kacang mete. Masak sebentar hingga bumbu benar-benar meresap. Angkat.
5. Tuang ke dalam pinggan saji. Hidangkan Panas.
Untuk 4 Porsi

Monday, March 21, 2011

Radish & Culinary Uses

Kuliner Indonesia kurang mengenal sayur dari umbi bernama Radish (Raphanus sativus). Bentuk, rasa dan aromanya hampir mirip lobak. Biasanya digunakan sebagai bahan campuran salad.

Selain mirip lobak, jika belum dipotong, umbi ini juga mirip dengan umbi bit. Perbedaan dengan umbi bit,  kulit dan bagian daging umbi bit semuanya berwarna merah, sedangkan radish hanya kulit luarnya saja. Radish biasanya dimakan mentah  sebagai campuran salad, tumisan, asinan atau isi sup. Aroma yang khas dengan rasa yang unik membuat masakan terasa berbeda jika ditambahkan radish.  Jika Anda membuat saus cocolan, sedikit parutan umbi radish bisa menjadi bahan tambahan agar citarasa saus lebih segar. Pilih radish yang masih muda agar tekstur rasanya renyah dan tidak terlalu getir rasanya.

Ditilik dari sisi nutrisi, umbi radish kaya akan vitamin dan serat. Bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mempelancar proses pencernaan dan mencegah kanker saluran cerna. Terks & Foto: Budi Sutomo.
Kandungan Gizi Radish Per 100 g

Energi 16 kcal
Sugars 1.86 g
Serat 1.6 g
Lemak 0.10 g
Protein 0.68 g
Thiamine (Vit. B1) 0.012 mg (1%)
Riboflavin (Vit. B2) 0.039 mg (3%)
Niacin (Vit. B3) 0.254 mg (2%)
Pantothenic acid (B5) 0.165 mg (3%)
Vitamin B6 0.071 mg (5%)
Folate (Vit. B9) 25 μg (6%)
Vitamin C 14.8 mg (25%)
Calcium 25 mg (3%)
Iron 0.34 mg (3%)
Magnesium 10 mg (3%)
Phosphorus 20 mg (3%)
Potassium 233 mg (5%)
Zinc 0.28 mg (3%)

Sunday, March 20, 2011

Bumbu Dapur - Temu Kunci

 
Sebagai bumbu masak, temu Kunci (Boesenbergia pandurata) memang tidak sepopuler rimpang jahe, kencur atau lengkuas. Biasanya temu kunci digunakan sebagai bumbu sayur bening, seperti sayur bayam., urapan, dan pecal.

Temu kunci merupakan keluarga jahe-jahenan, menyukai media tanam yang gembur dan agak ternaungi. Tanaman ini sangat mudah dibudidayakan. Perbanyakan bisa dilakukan dengan menyemaikan umbinya atau dengan memisahkan anakan. Umbi temu kunci bentuknya panjang ke bawah menyerupai anak kunci, makanya orang sering menyebutnya dengan temu kunci.
Penggunaan temu kunci biasanya digunakan dalam keadaan segar. Sebelum digunakan umbi, diiris halus terlebih dahulu. Cukup 4-5 cm temu kunci untuk memberikan aroma yang khas pada satu liter kuah sayur bening. Umbi temu kunci muda, seringkali dimakan sebagai lalapan oleh sebagian masyarakat Sunda.

Selain masakan Indonesia, kuliner Thailand juga banyak menggunakan temu kunci. Di Thailand temu kunci dikenal dengan nama krachai, di Cina di sebut  ao chun jiang dan dapur Eropa menyebutnya sebagai fingerroot atau chinese ginger. Teks & Foto: Budi Sutomo.

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf

Banyak orang yang salah kaprah mengira bay leaf adalah daun salam. Sepintas memang mirip, namun ke dua jenis bumbu daun ini memiliki aroma dan kegunaan yang berbeda.

Literatur luar memang sering menyebut daun salam sebagai Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel. Namun yang dimaksud Indonesian bay leaf adalah daun salam dengan nama ilmiah Syzygium polyanthum, bukan bay leaf dengan nama latin Laurus nobilis.

Bay Leaf ( Laurus nobilis )
Bay leaf adalah bumbu masakan Eropa dan sebagian negara Timur Tengah. Daun bay sering digunakan dalam keadaan kering maupun segar. Di Eropa, daun dari tanaman berkayu keluarga Lauraceae ini sangat populer sebagai bumbu masak. Seperti di Prancis, daun bay biasanya dibuat bouquet garni, yaitu aneka bumbu dasar kaldu yang diikat menjadi satu dan digunakan sebagai bumbu membuat kaldu. Baik kaldu daging, ayam maupun ikan. Sup, hidangan daging panggang, olahan seafood dan unggas juga sering ditambahkan daun bay sebagai penambah aroma. Penggunaan daun ini sekitar 2-3 lembar untuk masakan, atau satu sendok teh jika digunakan dalam bentuk bubuk  setiap 1 liter kaldu. Aroma wangi dari daun bay leaf membuat masakan lebih menggugah selera.

Daun Salam ( Syzygium polyanthum )
Daun salam populer di dapur Asia, seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam dan Thailand. Daun salam biasanya digunakan dalam keadaan segar, namun beberapa daerah menggunakannya dalam keadaan kering. Penggunaannya dalam bentuk utuh. Tambahkan 2-3 lembar daun salam untuk masakan berkuah santan atau kaldu sebanyak 1 liter.

Dalam kuliner Indonesia, daun salam banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Seperti sayur asem, lodeh, pepes, gulai, kari, nasi kuning, sup bahkan bubur gurih. Aroma harum khas daun salam menbuat masakan lebih harum dan sedap. Konon selain sebagai bumbu masakan, daun salam juga dipercaya dapat sebagai obat diabetes, radang lambung, stroke dan penyumbatan pembuluh darah. Teks & Foto: Budi Sutomo.

Video Membuat Bolu Sakura & Gula Karamel

Membuat kue yang lezat tidak selalu harus dengan teknik pembuatan rumit dan bahan-bahan yang mahal. Seperti kue bolu sakura. Meskipun bahannya sederhana, aroma karamel yang khas membuat kue ini terasa special. Selamat Mencoba. 

Friday, March 18, 2011

Kacang Ginkgo - Mempertajam Daya Ingat

Dalam kuliner Cina, kacang ginkgo sudah dimakan sejak ribuan tahun yang lalu. Kacang dari keluarga tanaman Ginkgophyta memiliki rasa yang gurih. Cocok diolah dengan cara panggang, disangrai atau digoreng sebagai camilan. 

Beberapa tahun silam, dunia kesehatan dihebohkan dengan manfaat ginkgo biloba. Ekstrak daun ginkgo dipercaya dapat meningkatkan daya ingat, kecerdasan, bahkan anti kanker. Selain daunnya, biji kacang ginko juga memiliki manfaat yang sama. Di dalam kacang ginko mengandung senyawa nootropic. Zat ini bermanfaat untuk memperbaiki kinerja syaraf sehingga dapat mempertajam daya ingat. Dari sisi nutrisi, kacang ginkgo kaya akan protein nabati, dan lemak.

Terlepas dari manfaatnya. Kacang berkulit keras ini memiliki rasa yang gurih, dengan rasa sedikit agak pahit. Jika Anda pernah memakan biji melinjo atau emping. Rasa kacang ginkgo hampir sama. Jika direbus, kacang ini memiliki tekstur yang kenyal. Di pasaran, kacang ini dijumpai dalam keadaan segar dan kering. Kacang ginko olahan juga dijual dalam kemasan kaleng. 

Selain dimakan sebagai snack, kacang ini juga bisa menjadi campuran beragam masakan. Seperti diiris tipis sebagai taburan cake, isi puding, isi bubur manis, atau campuran hidangan seperti sup dan tumisan. Teks & Foto: Budi Sutomo.

Bumbu Dapur Kontinental - Daun Thyme



Tanaman rempah asal Mediteranian yang kini populer diseluruh belahan bumi. Segala jenis olahan daging, ungas, seafood dan pasta terasa lebih sedap jika ditambahkan dengan bumbu daun thyme atau thyme leave.

Kuliner Indonesia tidak mengenal daun thyme (Thymus spp) sebagai bumbu. Thyme lebih banyak digunakan di dapur eropa dan sebagian timur tengah. Biasanya digunakan sebagai bumbu masakan yang dipanggang, sup atau stew (masakan dengan sedikit kuah). Baik olahan ikan, unggas maupun daging. Dipasaran  dijual dalam bentuk segar dan kering. Aromanya harum dan khas, memberikan efek rasa gurih, harum serta meningkatkan citarasa lezat. Daun ini juga dapat mengurangi aroma amis ikan atau daging. Gunakan sejumput untuk membumbui hidangan dan aroma khas pun akan terbentuk dari bumbu dapur ini. Teks/Foto: Budi Sutomo.

Wednesday, March 02, 2011

Daun Sage - Bumbu Dapur Masakan Eropa

Daun Sage (salvia officinalis L.) banyak digunakan sebagai bumbu masak di dapur Eropa. Daun beraroma wangi ini biasanya digunakan sebagai bumbu masakan daging, unggas, sup dan seafood.

Sage merupakan tanaman perdu, daunya berwarna hijau keabu-abuan dengan bunga biru keunguan. Selain sebagai bumbu masak, tanaman sage juga cocok dijadikan tanaman hias dalam pot karena daun dan bunganya yang indah. Sage merupakan tanaman keluarga Lamiaceae dan konon berasal dari wilayah Mediterania.

Dalam masakan, daun sage biasa digunakan dalam kondisi segar maupun kering. Rasanya sedikit pedas dan agak pahit dengana roma harum yang khas. Masakan yang dipanggang akan lebih harum jika ditambah dengan taburan daun sage. Di Italia, daun sage seringkali digunakan sebagai taburan minestrone soup atau masakan daging osso buco. Keju cottage juga menjadi lebih lezat dengan menambahkan rempah sage di dalamnya. Tumisan seafood atau masakan unggas juga menjadi lebih harum dan berkuang aroma amisnya jika ditambahkan daun ini. Karena aromanya yang wangi, daun sage juga sering menjadi taburan saus, di keringkan menjadi teh sage dan disuling minyaknya menajdi bahan baku parfum.

Selain sebagai bumbu masak, daun sage juga mengandung minyak atsiri dan zat aktif lainnya. Zat ini berfungsi sebagai obat, seperti menyembuhkan gigitan ular, meningkatkan kesuburan, sebagai antibiotik dan bersifat diuretik atau melancarkan buang air kecil. Teks & Foto: Budi Sutomo.

Ayam Goreng Mentega

Harumnya mentega dan bawang bombay membuat ayam goreng mentega menjadi menu favorit sepanjang masa. Apalagi proses membuatnya mudah dan cepat. Lauk ini dibuat dengan teknik memasak yang cepat sehingga lebih cocok dibuat dari ayam ras. Presto terlebih dahulu jika menggunakan ayam kampung agar dagingnya tidak liat. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Bahan:
1 kg ayam, potong menjadi 12 bagian
4 sdm mentega/margarin
60 g bawang bombay, potong korek api
7 siung bawang putih, haluskan
3 sdm kecap manis
2 sdm kecap asin
2 sdm kecap inggris
2 sdm air jeruk nipis/limau
1 sdt lada halus
1 sdt garam halus
Minyak untuk menggoreng
Cara Membuat:
1. Bumbui potongan ayam dengan lada, garam, bawang putih dan air jeruk nipis, aduk rata. Diamkan selama 20 menit hingga bumbu meresap. Panaskan minyak banyak, goreng ayam hingga matang. Angkat.
2. Panaskan mentega/margarin, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan potongan ayam goreng. Tuang kecap manis, kecap asin dan kecap inggris. Masak sambil diaduk-aduk hingga bumbu meresap. Angkat.
3. Tuang ke dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk 12 Potong

Tuesday, March 01, 2011

Daun Kesum - Bumbu Wajib Laksa Malaysia

Daun Kesum (Polygonum odoratum) adalah tanaman asal tanaman Asia Tenggara. Masyarakat Singapura dan Malaysia biasanya menggunakan daun ini sebagai salah satu bumbu wajib masakan laksa. Aroma harum dan cita rasa pedas daun kesum sangat khas dan dapat mengurangi aroma amis pada olahan ikan, ayam atau daging.

Seni kuliner Indonesia tidak banyak menggunakan daun kesum sebagai bumbu masakan. Biasanya komunitas Cina Singapura, Malaysia atau sebagian masyarakat Sumatera seperti orang Aceh yang menggunakan daun kesum sebagai bumbu masakan. Selain di Malaysia dan Singapura, daun dari famili tanaman Polygonaceae juga populer di dapur Thailand, orang Thailand menyebutnya dengan nama phak phai. Sedangkan di Vietnam disebut dengan rau ram. Sebutan populer lain untuk daun kesum adalah daun laksa/laksa leaf, daun kesom, daun senahun, Vitnamese coriander, dan Cambodian mint.

Daun kesum merupakan tanaman perdu. Menyukai media tanam yang gembur, cukup air dan sedikit ternaungi. Perbanyakannya sangat mudah, bisa dilakukan dengan stek batang atau pemisahan rumpun/anakan. Penggunaan dalam masakan bisa digunakan dalam kondisi segar maupun kering. Daun kesum memiliki aroma yang “wangi” dan rasa tajam, seperti campuran antara daun kemangi dan daun salam koja(daun kari). Rasanya agak pedas. Biji daun kesum yang pedas konon dijadikan campuran membuat wasabi. Gunakan 10-20 lembar daun kesum untuk masakan yang menggunakan 1 liter santan/cairan.

Daun kesum bisa menggantikan penggunaan daun kemangi atau daun salam koja dalam masakan. Hidangan sup ikan asam pedas, laksa, kari ikan, dan kari ayam lebih lezat jika menggunakan daun kesum sebagai salah satu campuran bumbunya. Aroma wangi daun kesum bisa mengurangi bau amis ikan atau daging. Selain meningkatkan rasa masakan, daun kesum yang pedas ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan, seperti menyuburkan dan menghitamkan rambut, mencegah perut kembung, mengobati cacingan, merangsang haid, pengobati penyakit kudis dan mempercepat pemulihan kesehatan paska melahirkan. Teks & Foto: Budi Sutomo.

Mengolah Couscous - Tabouleh Salad


Couscous atau sering disebut bulgur adalah bahan pangan sejenis pasta Italia, seperti makaroni, spaghetti dan penne. Bentuknya butiran kecil sekitar 1 milimeter. Dibuat dari tepung gandum Semolina yang dilapisi dengan tepung gandum jenis Durum Wheat. Couscous populer di negara-negara Afrika dan Timur Tengah. Seperti Libiya, Maroko, Mesir, Lebanon, Arab Saudi, dan Tunisia. Saat ini couscous populer di seluruh belahan bumi, baik di Eropa maupun Asia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, couscous bisa diperoleh di supermarket besar, biasanya diletakan pada rak pasta.

Seperti keluarga pasta, masak couscous sangat gampang, hanya dengan direbus 5-6 menit, couscous sudah matang dan siap diolah menjadi hidangan. Tambahkan olive oil setelah direbus agar tidak saling menempel dan rasanya menjadi lebih lezat. Selain direbus, bahan pangan ini juga bisa diolah dengan cara dikukus, perciki cous-cous dengan air, kukus selama 5 menit, perciki kembali dengan air sambil diaduk, kukus lagi selama 5 menit hingga couscous benar-benar matang. Agar lebih praktis, mematangkan couscous dengan microwave, caranya, masukkan couscous dalam mangkuk, rtuang air higga couscous terendam, tambahkan beberapa sendok makan olive oil. Masak dalam microwave seperti saat Anda memasak mi instan.
Couscous bisa sebagai pendamping beragam hidangan atau pengganti nasi, karena bahan pangan ini tinggi karbohidrat dan kalori. Masyarakat Lebanon biasanya mengolah bahan pangan ini sebagai bahan utama masakan tabouleh ( ada juga yang menyebut Tabbouleh), salad khas Lebanon.

Di dunia seni kuliner, couscous bisa diolah menjadi beragam hidangan, seperti dijadikan nasi berbumbu, seperti nasi kebuli, menjadi isi sup, diungkep dengan daging, seafood, campuran masakan sayuran, maupun dimasak tawar menjadi pengganti pasta, nasi atau kentang. Berikut resep “Nasi” Couscous yang bisa Anda coba di rumah.

“Nasi” Cous-Cous

Bahan:
300 g couscous instan
700 ml air
4 sdm olive oil
60 g daun peterseli/parsley, cincang halus
1 sdm mentega
50 g bawang bombay, cincang halus
1 sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Didihkan air, rebus cous-cous selama 5 menit atau hingga matang, angkat tiriskan. Tuang olive oile, aduk rata.
2. Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan couscous, garam dan daun peterseli. Masak sambil diaduk-aduk selama 2 menit. Angkat.
3. Tuang di dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk 350 g

Dari Resep “Nasi” Couscous ini, Anda bisa mengembangkan menjadi Tabouleh Salad (Salad khas Lebanon)

Tabouleh Salad

Bahan:
150 g “nasi” couscous (lihat resep di atas)
3 buah tomat, rebus 1 menit, buang bijinya, potong dadu kecil
6 sdm air jeruk nipis/lemon
50 g bawang bombay, cincang
3 sdm daun parsley /peterseli cincang
6 lembar daun mint, iris halus
2 sdm olive oil
½ sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Campur “nasi” couscous dengan potongan tomat, bawang bombay, daun parsley, daiun mint, olive oil dan garam halus. Aduk rata.
2. Masukkan dalam mangkuk saji. Simpan di dalam kulkas selama 1 jam. Hidangkan.
Untuk 5 Porsi

Catatan: Selain sebagai hidangan pembuka. Tabouleh salad juga lezat disajikan bersama roti pita (pita bread), hummus atau sebagai penyerta menu utama. Teks & Foto: Budi Sutomo.