Mengenal Fungsi Kegunaan Bahan Kue untuk Pemula TEMPAT BELANJA CETAKAN DAN LOYANG KUE KURSUS MASAKAN ONLINE GRATIS


Bagi para pemula, sering kali bingung membaca resep masakan, kue, roti, cake atau minuman. Banyak istilah bahan pembuatan kue yang kurang faham. Seperti apa itu ragi, apa itu baking powder dan apa fungsi dari bread improver. Penjelasan berikut semoga membantu para pemula agar dapat membedakan fungsi dan kegunaan bahan kue. 

BELANJA ALAT MASAK DAN BAHAN KUE ONLINE DI TOKO SHOPEE BUDIBOGA

BELAJAR MASAK ONLINE GRATIS DI BUDIBOGA OFFICIAL

Ragi Instan/Yeast/Biang Donat
Ragi instan/yeast/biang donat adalah beragam nama dengan isi yang sama. Di dalam ragi (yeast) berisi mikroorganisme ber sel satu yang hidup dari keluarga fungus atau khamir, spesies Saccharomyces cerevisiae. Di dalam adonan roti, ragi berfungsi mefermentasi adonan sehingga adonan dapat mengembang dan terbentuk serat/pori-pori roti. Di dalam proses fermentasi, ragi merubah gula dan karbohidrat di dalam adonan menjadi gas karbondioksida (CO2) dan alkohol. Terbentuknya zat inilah yang menjadikan adonan mengembang dan beraroma harum khas roti ketika dipanggang.

Di pasaran banyak dijual aneka jenis ragi. Seperti ragi basah (compressed yeast) atau ragi kering instan (instant dry yeast). Ragi basah kurang populer karena tidak praktis dalam penggunaanya, seperti harus menggunakan adonan biang, disimpan dalam suhu dingin dan tidak tahan lama. Ragi instan lebih banyak digunakan karena praktis dan dapat dicampur langsung ke dalam adonan. Penambahan ragi biasanya menggunakan perbandingan 20-25 g ragi per 1 kilo gram tepung terigu. Ragi harus disimpan di dalam tempat yang dingin (kulkas), setelah dibuka sebaiknya segera digunakan. Ragi hanya tahan beberapa minggu di dalam suhu ruang (setelah dibuka) dan beberapa bulan di dalam suhu dingin. Setelah itu ragi tidak dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kualitas adonan roti yang rendah.Di pasaran dijual dengan merek dagang fermipan, saft-instant,  dan mauripan.

Bread Improver
Dipasaran lebih dikenal dengan sebutan Unipan atau Baker Bonus. Bread improver adalah bahan tambahan roti yang ditambahkan dengan tujuan agar hasil roti lebih empuk, teksturnya lebih lembut, fermentasi berjalan lebih cepat dan roti memiliki serat yang halus. Di dalam bread improver terdapat penguat gluten (Ascorbic acid), pelunak gluten (Sodium metabisulfit), makanan ragi (amonium klorida), enzim (Alfa amylase), dan emulsifier (surfactant atau lecitchin). Bentuk bread improver adalah serbuk berwarna cokelat muda. Bisa di beli di toko yang menjual aneka bahan kue. Penggunaanya sekitar 1 sdt untuk 500 g tepung terigu. Di pasaran banyak sekali merek dagang bread improver seperti Eka-300, Unipan, Lowan, V9, Baker’s Bonus dan Bakerine Plus.

SP
Fungsi SP tidak jauh berbeda dengan ovalet atau TBM yaitu membuat adonan menjadi homogen dan tidak mudah turun saat dikocok atau biasa di sebut cake emulsifier. Biasanya digunakan untuk cake, bolu atau kue-kue lain yang menggunakan teknik telur dikocok hingga mengembang kaku. Kandungan kimia SP adalah Ryoto ester (gula ester). Dimana esternya adalah asam lemak seperti asam stearat, palmitic, dan oleic. Bahan SP terkadang merupakan produk hewani sehingga kehalalannya masih diragukan. Bentuknya pasta seperti ovalet. Biasanya dijual dengan merek dagang SP cap Koepoe-Koepoe, SP Baker Cream, SP-Nova atau Sponge-28. Gunakan 1 sendok teh setiap 5 butir telur.

Cream of Tar-Tar
Bahan ini biasanya ditambahkan saat mengocok putih telur dalam proses membuat cake, kue bolu, meringue atau kue-kue yang memerlukan kocokan putih telur sampai mengembang kaku. Komposisi cream of tar tar adalah garam potasium (kalium) dari asam tartaric, yang berbentuk kristal atau powder sehingga memiliki nama kimia potassium tartaric acid atau potassium hydrogen tartraye dan potassium bitartrate. Fungsi bahan ini adalah mengeluarkan gas di dalam adonan sehingga akan dihasilkan volume kocokan telur yang baik, manfaatnya tentu akan dihasilkan tekstur pori-pori cake yang baikpula. Bahan ini dibuat dari proses pembuatan minuman beralkohol yang direaksikan dengan potassium. Bentuknya bubuk mengkilat berwarna putih. Gunakan ½ sdt untuk mengocok 5 butir putih telur. Merek dagang cream of tar tar adalah McKenzie’s, Koepoe-Koepoe, dan McCormuck.

VX
VX seringkali ditambahkan dalam proses pembuatan cake. Tujuannya agar cake lebih mengembang. Kandungan kimi VX adalah  sodium bicarbonat (NaHCO3), sodium acid picorofosfat, dan bahan pengisi seperti pati jagung. Bentuk VX adalah serbuk putih. Bahan ini kategorinya aman kehalalannya. Pengunaanya sekitar 1/2 sdt untuk 500 g tepung terigu. Campur dan ayak dengan tepung. Baking soda dan baking powder dapat menggantikan VX.

Baking Soda
Sering disebut juga soda kue. Baking soda sebenarnya nama lain dari sodium bikarbonat. Bahan ini akan mengeluarkan gas kabondioksida (CO2) ketikan dipanaskan atau bertemu dengan cairan atau asam. Karenanya bahan ini bisa digunakan sebagai pengembang karena mengeluarkan gelembung gas saat adonan kue di goreng, kukus atau dipanggang. Baking soda bisa ditambahkan untuk membuat cake atau kue kering. Di dalam cake baking soda akan memperbaiki tekstur cake menjadi lebih berpori-pori dan jika ditambahkan di dalam adonan kue kering, baking soda akan menjadikan kue kering bertekstur garing, kering dan renyah. Bentuknya bubuk berwarna putih. Gunakan ½ sendok teh untuk 500 g tepung terigu. Merek dagang di pasaran Baking Soda Arm & Hammer, Koepoe-Koepoe dan Pesawat Angkasa.

Baking Powder
Baking powder  biasanya digunakan sebagai pengembang (leavening agent) cake, bolu panggang, bolu kukus, cup cake dan pancake. Komposisi kimia dari baking powder adalah  campuran sodium bicarbonat, sodium alumunium fosfat, dan monocalcium fosfat. Baking powder juga berisi inert seperti pati. Bahan berisi fat inert ini sengaja dicampur untuk menjaga agar komponen bahan baking powder tetap dalam keadaan baik. Dari sisi kehalalan komposisi baking powder tergolong aman. Seperti halnya baking soda, cara kerja baking powder adalah akan mengeluarkan gas karbondioksida saat bertemu dengan cairan dan terkena panas. Karenanya baking powder dapat mengembangkan cake atau kue. Di pasaran dijual single acting baking powder dan double acting baking powder. Double acting baking powder memiliki efek mengembangkan lebih kuat dibandingkan dengan single acting baking powder. Efek pengembangan double acting baking powder ini bekerja saat adonan dibuat dan saat dipanggang. dikukus atau digoreng. Gunakan jenis baking powder ini jika anda membuat kue dalam jumlah banyak agar kue yang terahir dipanggang tetap dapat mengembang dengan sempurna.  Bentuknya bubuk berwarna putih. Merek dagang untuk baking powder double acting adalah Suparize, Hercules dan U-88. Gunakan1/2 sendok teh untuk 500 g tepung terigu. Dipasaran baking powder single acting dikenal dengan merek dagang Royal, Hain, Davis, hercules,  U-88, Suparize, Pesawat Angkasa, dan Koepoe-Koepoe.

Ovalet
Ovalet sebenarnya bukan bahan pengembang melainkan cake emulsifier atau pelembut dan pensetabil adonan agar adonan cake homogen dan tidak mudah turun saat dikocok serta adonan tercampur dengan baik.  Komposisi kimia  ovalet biasanya adalah mono  dan digliserida. Bahan ovalet juga biasanya menggunakan asam lemak dari hewan atau tumbuhan. Kehalalannya masih dipertanyakan. Ovalet, TBM dan SP bisa saling menggantikan. Biasanyanya digunakan sebagai bahan pengemulsi pada adonan cake dan bolu. Bentuknya pasta berwarna kuning. Gunakan 1 sendok teh untuk 5 butir telur. Merek dagang di pasaran dijual dengan merek dagang Ovalet cap Koepoe-Koepoe dan Vivid SP cake emulsifier.

TBM
TBM berfungsi memperbaiki tekstur cake menjadi lebih lembut. TBM adalah merek dagang, komposisi kimia bahan ini sama dengan ovalet yaitu mono dan digliserida.  Biasanya ditambahkan saat pengocokan adonan telur. Penggunaanya sekitar 1 sendok teh untuk 5 butir telur. Bentuknya pasta seperti ovalet. Merek TBM yang terkenal adalah TBM cap Koepoe-Koepoe.

Aneka Pasta Pemberi Aroma
Di pasaran dijual aneka pasta, seperti pasta pandan, pasta vanili, pasta stroberi, pasta moka, pasta cokelat dan lain sebagainya. Aneka pasta ini ditambahkan pada produk cake, kue atau minuman dengan tujuan meningkatkan cita rasa dan aroma lebih kuat. Seperti cake cokelat. Meskipun sudah menggunakan cokelat blok atau cokelat bubuk, dengan ditambahkan pasta cokelat maka warna akan lebih cokelat dan aroma cokelat lebih kuat. Penggunaan cukup ½ sdt setiap 1 liter bahan cair atau 1 kg penggunaan tepung.

Aneka Essence/esens
Esen adalah ekstrak dari aroma bahan makanan seperti vanili, cokelat, moka, orange, stroberi dan lainnya. Esens digunakan untuk menambah atau menguatkan aroma pada  bahan cake, roti, kue, puding  maupun minuman. Bentuknya cair. Penggunaanya cukup 1 sdt setiap 1 liter cairan atau 1 kg penggunaan bahan tepung.

Rum
Rum biasanya digunakan sebagai bahan pemberi aroma cake, puding, minuman atau saus pada hidangan penutup atau dessert. Bentuk rum adalah cairan berwarna agak kecokelatan. Rum seringkali mengandung alkohol, namun jumlah alkohol rendah dan biasanya akan menguap ketika dipanaskan. Agar lebih aman, gunakan rum esens yang tidak mengandung alkohol. Di pasaran, rum dijual dengan merek dagang World Famous atau Rum Jamaica. Penggunaanya 1 sdt untuk setiap bahan cair atau 1 kg tepung. Teks: Budi Sutomo. Foto; Budi Sutomo dan Dot Net.

Komentar

  1. Mas Budi,

    Saya ingin menanyakan masa kadaluarsa dari bahan2 kue diatas, berhubung pada umumnya tidak tertera pada kemasannya.
    Terima kasih.
    Salam,
    Patricia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kapan ibu beli dong.. kalau ibu beli bahannya 19 tahun yg lalu pasti sekarang sdh expired

      Hapus
    2. Wakakakakak...
      ....encroooottt ...apalagi belinya taun 1825 pas pecah perang di ponegoro

      Hapus
    3. Wakakakakak...
      ....encroooottt ...apalagi belinya taun 1825 pas pecah perang di ponegoro

      Hapus
    4. Anonim8:38 AM

      Liat sampai ada jamurnya

      Hapus
    5. Wkwkwk belix 19 tahun lalu....? Gokil lu komenx

      Hapus
  2. Anonim7:34 PM

    makasih infonya membantu sekali bagi pemula seperti saya.

    BalasHapus
  3. Norma S10:12 AM

    Terima kasih banyak info-nya, Mas.

    BalasHapus
  4. Anonim3:44 PM

    Makasih infonya :)

    BalasHapus
  5. Anonim8:20 PM

    dian
    trims atas ilmunya.. bagi pemula ini sangat berarti

    BalasHapus
  6. Anonim9:31 AM

    Makasih info'a :)

    BalasHapus
  7. Anonim9:33 AM

    makasih info'a :)

    BalasHapus
  8. Anonim9:26 AM

    Kalo untuk bikin martabak manis bangka, terang bulan, yg ada dipasaran itu menggunakan apa yah mas?? Tolong dijawab ya mas
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  9. mas kalau membelinya ditoko yang kaya gimana misal dipasar

    BalasHapus
  10. Infonya top banget, jadi nambah ilmu nich..thanks

    BalasHapus
  11. infonya top banget, jadi nambah ilmu nich..thanks ya!!

    BalasHapus
  12. mas.. ijin copas ke blog saya ya .. trims ..

    BalasHapus
  13. Thank you zillion mas rudiiiiii....you d best sangat bermanfaat

    BalasHapus
  14. Terima ksh mas Budi.... Jadi lebih tahu dan mengerti.

    BalasHapus
  15. Anonim12:12 AM

    Thanks .sangat membantu skl...

    BalasHapus
  16. Anonim12:13 AM

    Thanks.

    BalasHapus
  17. Terimakasih lo

    BalasHapus
  18. Akhirnya dapat ilmu bhn" dasar pembuatan kue.. Maksaih info.y ^.^

    BalasHapus
  19. Suwun info nya berow

    BalasHapus
  20. kalau makan banyak ragi gimana efeknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim9:15 PM

      Badan bau asem ky tape wkwkwkk

      Hapus
  21. Anonim10:23 AM

    Kalo serbuk potas itu apa ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anonim9:15 PM

      Potas itu untuk mempertajam rasa kue/cake. klw mau lebih jozz lagi bisa d tambah sianida

      Hapus
  22. Postingan keren, sangat membantu?

    BalasHapus
  23. Top bagt infonya.sgt manfaat

    BalasHapus
  24. Makasi yo... infonya

    BalasHapus
  25. wah...infonya bermanfaat banget

    BalasHapus
  26. Mas kalau buat adonan pisang keju yang rasanya kres..itu pakai apa see mas

    BalasHapus
  27. Anonim2:06 PM

    Gimana caranya biar kontol kita bisa besar?

    BalasHapus
  28. Hi mas Budi bisa ga cream of tartar digantikn sm emulsifier?

    BalasHapus
  29. Mo tanya,soalx da lomba membuat pasta. Tuh yg dimaksut bahan campuran kue atau kue jadi umpams:burger,spageti dll Terimakasih

    BalasHapus
  30. MasBudi yth. Mo tanya yg namax pasta itu apakah nama tambahan bahan tuk buat kue? Atau kue yg sudah jadi misal; burger,spageti,mi dll. Atad jawabanx sy sampaikan terimakasih.

    BalasHapus
  31. Mo tanya,soalx da lomba membuat pasta. Tuh yg dimaksut bahan campuran kue atau kue jadi umpams:burger,spageti dll Terimakasih

    BalasHapus
  32. Anonim8:24 AM

    you're really a excellent webmaster. The web site loading
    pace is incredible. It kind of feels that you are doing any unique trick.
    Moreover, The contents are masterpiece. you've done a magnificent activity in this matter!

    BalasHapus
  33. Anonim11:54 PM

    What a information of un-ambiguity and preserveness of precious knowledge concerning unpredicted emotions.

    BalasHapus
  34. Madam Togel merupakan agen situs judi online angka togel aman dan terpercaya dengan bayaran tertinggi sebesar 9,8juta dan minimal deposit 10.000. Baru saja mendapatkan angka mimpi, kode alam pasang di https://165.22.110.99/ .

    Jika anda ingin betting di pasaran Sydney tetapi Anda tidak yakin dengan angka Anda? Kita sudah siapkan spesial buat anda PREDIKSI TOGEL SYDNEY .

    Sudah berhasil meraih JP di Sydney? Dan belum puas dengan JP nya? Betting lagi dong di Singapore agar Anda mendapatkan uang yang berlipat dalam waktu yang singkat. Untuk menyakinkan kembali Angka anda, kita sudah siapkan angka-angka jitu sebagai rekomendasi kepada Anda. Bisa di lihat di PREDIKSI SINGAPORE dong bosku secara gratis.

    Gimana sih rasanya bangun tidur mendapatkan uang yang cukup banyak dengan cara mudah? yups, betting di pasaran Hongkong dong jawabannya. Dengan result keluaran pada pukul 11:00 WIB, dan Anda sudah pasti lelah bukan dengan keseharian Anda? Tidak punya angka jitu untuk betting di pasaran Hongkong? Tenang bosku, kita sudah siapkan PREDIKSI HONGKONG .

    Nah, selain 3 pasaran tadi kita juga sudah prediksi semua pasaran di PREDIKSI MADAM TOGEL . Semua prediksi dijamin akurat karena semua prediksi berasal dari ahlinya ya bosku.

    BalasHapus

Posting Komentar

BELANJA COD ALAT MASAK DAN DEKORASI KUE

BELANJA GROSIR COD ALAT MASAK & DEKORASI KUE

RESEP FAVORIT

RESEP FAVORIT
Tom Yum Soup Thailand

Ayam Goreng Lengkuas

Puding Brownies Lumer

Cheesecake Mangga

Roti Goreng Praktis

ARTIKEL POPULER

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas

MENGENAL ANEKA FUNGSI DAN PERBEDAAN BAHAN PENGEMBANG KUE DAN ROTI - OVALET - BAKING POWDER - SP - VX - BREAD IMPROVER - CREAM OF TAR-TAR - RAGI - BAKING SODA DLL

Mengenal Aneka Potongan Sayuran dalam Seni Kuliner - ILMU TATA BOGA - KENALI POTONGAN SAYURAN SEBELUM MASAK - PENGETAHUAN DASAR MENJADI CHEF

Perbedaan Bumbu Daun Salam dan Bay Leaf