Tuesday, October 26, 2010

What Expert Predictions About Culinary Trends in 2010?

Tabloid Info Kuliner edisi 01-Th IV-2010 hadir dengan format sepesial Collection Edition setebal 40 halaman.

Isinya kian beragam dengan mengangkat tema khusus, seperti 10 jenis usaha kuliner paling laku, 77 daftar restoran terekomendasi di Jabodetabek, serta aneka informasi seputar tip mengelola wirausaha boga. Lantas apa kata pakar tentang prediksi usaha kuliner yang diminati pada tahun 2010? Simak wawancara William Wongso, Sisca Suwitomo, Chef Ragil dan Budi Sutomo tentunya, hehehehe...Simak ulasan lengkapnya di Tabloid Info Kuliner Terbaru yang telah beredar mulai 31 Agustus 2010.

Baca Resep Budi Boga di Yahoo! Indonesia News

Monday, October 25, 2010

Cheese Stick Renyah Buatan Sendiri

Snack yang satu ini mudah dibuat  dan memiliki rasa yang gurih dan lezat. Bahan-bahannya juga mudah didapat. Jika Anda ingin berwirausaha boga, resep ini bisa menjadi panduan. Ikuti petunjuk resep dan jumlah bahan agar hasil kue maksimal. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.

Cheese Stick

Bahan:
250 g tepung terigu protein sedang
60 g keju edam, parut
1 sdm margarin
2 butir telur, kocok lepas
1 sdm  tepung maizena
4 sdm air
1 sdt garam halus
½ sdt bubuk kaldu instan rasa daging
Minyak untuk menggoreng
Cara Membuat:
1.Aduk rata tepung terigu, keju parut, tepung maizena, bubuk kaldu instan, dan garam. Aduk rata.
2.Tuang kocokan telur dan margarin. Aduk rata. Tuang air dan uleni hingga terbentuk adonan yang kalis.
3.Giling adonan menggunakan gilingan kayu atau gilingan mie dengan ketebalan 4 mm. Potong menggunakan pisau adonan menjadi bentuk strip memanjang. Lakukan hingga adonan habis.
4.Panaskan minyak banyak, goreng hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk 500 g

Tip: Jangan menggoreng adonan terlalu banyak sekaligus karena akan menyebabkan kue tidak kering sempurna. Tambahkan sedikit air jika adonan susah digiling. Jangan menggoreng terlalu banyak karena kue akan susah mengembang dan hasilnya tidak kering merata.

Resep Pizza



Bosan menikmati pizza bertopping daging, ayam atau seafood? Pizza tabur jamur dan jagung manis menjanjikan sensasi rasa yang berbeda dan lebih sehat. Ikuti petunjuk resep agar hasil pizza maksimal. Resep/Foto/Dapur Uji/Food Stylist: Budi Sutomo

Pizza Tabur Jamur


Bahan:
2 kg tepung terigu tinggi protein/hard wheat/cap cakra kembar
30 g ragi instan/instan yeast
1100 ml air es
120 g olive oil/ minyak sayur
30 g bread improver/baker bonus/pengempuk roti
1sdt garam halus
15 g gula pasir
Topping:
500 g jagung manis kalengan/pipilan
250 g jamur kancing, potong-potong
150 g paprika merah, potong korek api
200 g bawang bombay, iris halus
200 g jamur kancing, iris halus
400 ml saus tomat
100 ml saus sambal
1 sdt daun bay leaf bubuk
2 sdt oregano bubuk
300 g keju mozzarella, potong-potong

Cara Membuat:
Kulit:
1.
Campur Tepung terigu, ragi instan, bread improver, garam dan gula pasir. Aduk rata. Masukkan campuran tepung ke dalam mangkuk mixer roti. Aduk rata. Tambahkan air dan minyak goreng. Aduk dengan kecepatan sedang selama 10 menit atau hingga adonan kalis. Proses pengadukan bisa dilakukan secara manual dengan tangan hingga adonan kalis.
2. Bulatkan adonan, fermentasikan selama 30 menit. Kempeskan, potong dan timbang masing-masing adonan seberat 50 g. Bulatkan kembali dan fermentasikan selama 10 menit.
3. Giling adonan menjadi bentuk bulat tipis setebal ½ cm. Olesi permukaanya dengan saus tomat dan saus sambal. Taburi dengan bubuk oregano, bay leaf, jagung manis, paprika, jamur dan bawang bombay. Tutup atasnya dengan potongan keju mozzarella.
4. Panggang di dalam oven bertemperatur 250 derajat celcius selama 10-15 menit atau hingga pizza matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, potong-potong. Hidangkan hangat.
Untuk 40 Buah
Tip: Jamur bisa diganti daging cincang, sosis atau daging asap. Lakukan fermentasi di tempat yang hangat agar adonan mengembang. Tutup adonan rapat-rapat saat fermentasi agar permukaan adonan tidak kering.
Informasi Lengkap Resep Aneka Roti Bisa di Klik di SINI

Sunday, October 17, 2010

Masakan Oriental

Hidangan berkuah seperti Tom Yam Soup memang menggugah selera, apalagi jika disajikan hangat sebagai lauk. Tak perlu ke restoran mewah, karena Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah dan bersiaplah menerima pujian dari orang-orang terdekat. Resep/Foto/Dapur Uji: Budi Sutomo

Tom Yam Soup

Kaldu:
2000 ml air
5  batang serai, potong-potong
2 cm jahe, memarkan
10 lembar daun jeruk
2 sdm kecap ikan/nampla sauce
7 potong lengkuas, memarkan
2 sdt  minyak cabai
3 buah cabai merah, haluskan
4 siung bawang putih, memarkan
5 buah jeruk nipis, ambil airnya
3 sdm akar daun ketumbar, cuci, potong-potong
1 sdt garam halus

Bahan Isi
:
500 gr udang ukuran besar, buang kepala dan bersihkan
150 gr jamur merang, potong-potong
8 buah cabai rawit, biarkan utuh
5 lembar daun ketumbar, cincang kasar

Cara Membuat:
1.    Rebus air hingga mendidih. Masukkan serai, jahe, daun jeruk,  lengkuas, akar daun ketumbar, cabe merah, kecap ikan, minyak cabai dan garam, aduk rata. Masak hingga air mendidih.
2.    Masukkan udang, jamur dan cabe rawit, masak hingga udang matang. Sesaat sebelum diangkat, masukkan air jeruk nipis dan daun ketumabar, aduk rata. Angkat.
3.    Tuang sup beserta isinya ke dalam mangkuk saji. Hidangkan hangat.
Untuk 6 Porsi

Tip: Jika Anda suka tom yam yang berkuah agak creamy dan gurih, tambahkan 200 ml susu tawar cair (ultra milk) ke dalam kaldu. Cumi-cumi dan kerang hijau bisa dicampurkan sebagai bahan isi. Minyak cabe bisa dibuat dengan cara menggoreng 50 g potongan cabe kering dengan 60 ml minyak, masak selama dua menit dan saring. Minyak  cabe siap digunakan.

CLINIQUE BEAUTY WORKSHOP & HEALTHY FOOD COOKING DEMONSTRATIONS AT MULIA HOTEL JAKARTA

Sabtu, 16 Oktober 2010 digelar demo masak dan beauty workshop di Hotel Mulia Jakarta. Acara yang diselenggarakan oleh CLINIQUE cosmetics ini dihadiri sekitar 40 Peserta. Tema seputar Masalah kecantikan kulit dan makanan sehat untuk menunjang kecantikan prima luar dan dalam. Selain menambah pengetahuan makanan sehat, peserta juga mendapat perawatan kecantikan dari produk CLINIQUE. Tentu agar Anda cantik mendapatkan kecantikan paripurna luar dan dalam. 

Wednesday, October 06, 2010

Resep Bolu Kukus

Tidak semua cake dan bolu lezat diolah dengan cara dipanggang. Hanya bermodalkan kukusan, Anda bisa menyajikan kue bolu cantik dengan rasa yang lezat. Segera ambil kukusan dan mixer anda, dan sajikan bolu lais trio untuk penyerta minum teh sore ini. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo

Bolu Lapis Trio

Bahan:
200 g. tepung terigu protein sedang/cap segitiga biru
7 butir telur ayam
200 g gula pasir
75 ml santan kental
2 sdt ovalet
50 ml minyak goreng
1/2 sdt pasta pandan/pewarna hijau
1/2 Pasta stroberi/pewarna merah
1/2 sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Campur telur, gula pasir dan garam. Kocok menggunakan mixer hingga mengembang kaku. Tambahkan ovalet, kocok kembali selama 2 menit.
2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Tuang santan dan minyak, diaduk hingga tercampur rata.
3. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Tambahkan pasta pandan dan pasta steroberi pada dua bagian, aduk rata. Biarkan putih pada bagian lainnya.
4. Siapkan cetakan cake yang telah dioles dengan sedikit margarin dan dialas kertas minyak. Tuang adonan putih, ratakan. Kukus selama 10 menit. Tambahkan adonan merah, kukus kembali selama 10 menit. Terakhir, tuang adonan hijau. Untuk mematangkan semua lapisan, kukus selama 20 menit. angkat, dinginkan.
5. Keluarkan bolu dari cetakan.potong-potong. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk ± 15 Potong

Tip: Jangan membuka kukusan sebelum 10 menit atau bolu mengembang sempurna karena permukaan bolu akan turun. Untuk variasi, bolu bisa di taburi mises cokelat atau kacang almon panggang sebagai campuran isi. Alas loyang dengan kertas minyak agar bolu mudah dikeluarkan.
INFORMASI LENGKAP JAJAN PASAR BISA DI KLIK DI SINI

Tuesday, October 05, 2010

Kue Lezat untuk Anak


Membuat snack untuk si kecil tidak harus rumit dan lama, cukup berbekal roti tawar dan keju Anda bisa membuat kudapan lezat untuk sang buah hati. Libatkan anak-anak untuk membantu memasak agar mereka belajar dan  dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Cookies Keju Roti Tawar

Bahan:
250 g roti tawar
60 g margarin
3 siung abwang putih, haluskan
3 butir kuning telur
60 g keju cheddar, parut
Cara Membuat: 
1. Pipihkan roti tawar dengan gilingan kue. Cetak dengan cetakan kue kering sesuai selera. Lakukan hingga habis.
2. Campur margarin dengan bawang putih dan kuning telur, aduk rata. Olesi permukaan roti dengan campuran kuning telur.
3. Taburi dengan keju cheddar parut. Panggang di dalam oven bertemperatur 160 derajat celcius selama 15 menit atau hingga kue kering dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, dinginkan. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk 250 g

Tip: Untuk variasi rasa, bisa ditambahkan seledri cincang sebagai bahan taburan.
Informasi Lengkap Tentang Makanan Bayi dan Balita bisa di klik dalam link INI

Kue Lidah Kucing

Bentuknya memang seperti lidah kucing, rasanya manis dan rasanya renyah. Agak sulit memang membuatnya, namun ada kepuasan tersendiri jika anda sukses mencoba kue ini dan menyajikannya untuk keluarga tercinta. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.
 
Bahan:
200 g tepung terigu rendah protein/cap kunci
250 g margarin/mentega
100 ml putih telur
150 g gula pasir
½ sdt baking powder
½ sdt emplex/perenyah kue
½ sdt garam halus
Cara Membuat:
  1. Campur tepung terigu, emplax dan baking powder, ayak. Sisihkan.
  2. Masukkan margarin/mentega, gula halus, dan garam halus hingga mengembang dan bertekstur ringan (40 menit).
  3. Tambahkan putih telur, kocok kembali selama 15 menit.  Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan mixer kecepatan rendah hingga terigu tercampur rata.
  4. Olesi loyang lidah kucing dengan margarin. Masukkan adonan ke dalam piping bag yang telah diisi dengan supuit polos. Semprotkan adonan sepanjang cetakkan. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 160 derajat celcius selama 20 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat, dinginkan. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk 400 g

Tip: Jangan memanggang kue lidah kucing dalam suhu terlalu panas karena kue akan menjadi gosong namun bagian tepi namun bagian tengahnya masih lembab. Emplex adalah bahan perenyah kue, bisa di beli di toko bahan kue.
INFORMASI LENGKAP KUE KERING DAN JAJAN PASAR BISA DI KLIK DI SINI

Sunday, October 03, 2010

Kisah Sukses Foodie Blogger Mencoba Resep Masakan

Sungguh berita menggembirakan jika resep yang saya bagikan di blog atau buku ternyata dicoba oleh para blogger kuliner dan mereka berhasil. Senang sekali mendengarnya dan tentu sangat membanggakan, rasanya seperti anak kecil mendapatkan baju lebaran...., hehehehe..., Sedikit ilmu yang saya bagikan ada manfaatnya. 
Sebaliknya, jika ada yang mencoba dan mereka gagal mempraktekannya, rasanya ingin segera meluncur ke dapur para blogger dan ingin tau penyebab kegagalannya.  Sekali lagi terimakasih sudah mencoba resep saya dan ditunggu kisah suksesnya. Berikut, beberapa link kisah sukses perjuangan foodie blogger dalam menaklukkan resep masakan:
 
25. Donat

Yang belum sempat di link kasih kabar ya, salam kuliner...

Indonesian Cuisine

Hidangan Indonesia memang banyak ragamnya, setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Termasuk soto. Berikut adalah soto ayam yang praktis, lezat dan menggugah selera. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Soto Bening Ayam

Bahan:
1 kg ayam kampung, potong-potong
100 g soun, seduh air panas, tiriskan
100 g taoge, seduh air panas, tiriskan
2 butir telur rebus, potong, potong
2000 ml air
1 sdm minyak goreng

Bumbu:
7 siung bawang putih, haluskan
2 cm jahe, bakar, haluskan
2 lembar daun jeruk
2 butir kemiri, haluskan
1 cm kunyit, bakar, haluskan
3 batang serai, memarkan
½  sdt lada butir, sangrai, haluskan
2 sdt garam

Pelengkap:
2 sdm irisan daun bawang
2 sdm bawang merah goreng
Sambal cabe rawit
1 buah jeruk nipis, potong-potong
2 sdm kecap manis

Cara Membuat:

1. Didihkan air, rebus ayam potongan ayam kampung dengan lengkuas dan daun salam. Masak hingga ayam empuk. Angkat daging ayam, suwir-suwir. Sisihkan kaldunya.

2. Tumis  bawang putih, kunyit, kemiri, jahe dengan 1 sendok makan minyak goreng hingga harum.  Tuang tumisan bumbu ke dalam rebusan kaldu ayam. Tambahkan serai, lada, garam dan daun jeruk, aduk rata. Didihkan kembali. Angkat.

3. Siapkan mangkuk saji, atur soun, suwiran daging ayam, tauge dan potongan  telur rebus. Tuang kuah soto panas di atasnya. Sajikan dengan taburan daun bawang dan bawang goreng. Hidangkan bersama sambal rawit, kecap manis dan potongan.
Untuk 4 Porsi

 
Tip: Sambal cabe rawit dibuat dari 20 buah cabe rawit, 1 siung bawang putih, 1 sdt garam halus, 5 sdm air matang. Cara membuatnya, rebus cabe dan bawang putih, haluskan hingga lembut dengan garam. Tambahkan air, aduk rata.

BUKU ANEKA SOTO DAN SUP BISA DI KLIK DI SINI

Friday, October 01, 2010

Resep Lapis Legit Lembut dan Harum


Siapa sih yang menolak jika disuguhi kue lapis legit yang lembut, lezat dan harum? Apalagi disertai dengan secangkir teh di sore hari. Hmm...tentu menggugah selera. Tidak usah ke bakery ternama, dari dapur Anda, kue lapis legit homemade lebih menggugah selera. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Bahan:
650 gr mentega
60 gr susu bubuk full cream
70 g tepung terigu protein sedang (Cap Segi Tiga Biru)
4 sdm susu kental manis
50 butir kuning telur
400 gr gula halus
1 sdt vanilla essence/bubuk
2 sdt pewarna kuning
1 sdm  bumbu spekoek
1 gr garam halus
200 g manisan kering buah prune, potong-potong, rendam dalam sirup gula, tiriskan
Cara Membuat:
1.    Campur tepung terigu, bumbu sepekuk, garam halus dan susu bubuk, aduk rata. Sisihkan.
2.    Kocok mentega dan susu kental manis selama 10 menit atau hingga lembut. Sisihkan.
3.    Di tempat terpisah, kocok kuning telur dan gula halus hingga mengembang dan lembut (kurang lebih 30 menit).
4.    Masukkan kocokan mentega dan tepung bergantian ke dalam kocokan kuning telur sedikit  demi sedikit sambil dimixer kecepatan sedang hingga tercampur rata.
5.    Siapkan loyang ukuran 20x20x8 cm yang telah dioles dengan margarin. Tuang adonan ke dalam loyang sebanyak 2 sendok sayur, ratakan. Oven dengan suhu 170 derajat celcius menggunakan api bawah. Hingga lapisan atas mengering. Tuang adonan berikutnya, taburi dengan potongan manisan buah prune. Oven kembali dengan api atas. Lakukan selapis demi selapis dan setiap 2 lapis ditaburi dengan potongan buah prune hingga adonan habis. Untuk lapisan terahir, panggang menggunakan api bawah dan atas selama 10 menit hingga kue benar-benar matang. Angkat dinginkan. 
6. Potong-potong, atur di dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk 22 Potong

Tip: Ratakan setiap lapisan dengan spatula agar terbentuk lapisan yang bagus dan rata bagian permukaannya.Lapisan juga bisa dibuat variasi tebal dan tipis sehingga kue lebih menarik, caranya  banyaknya adonan dibedakan setiap lapisannya.