Tuesday, August 31, 2010

Tabloid Info Kuliner Collection Edition

Tabloid Info Kuliner edisi 01-Th IV-2010 hadir dengan format sepesial Collection Edition setebal 40 halaman.

Isinya kian beragam dengan mengangkat tema khusus, seperti 10 jenis usaha kuliner paling laku, 77 daftar restoran terekomendasi di Jabodetabek, serta aneka informasi seputar tip mengelola wirausaha boga. Lantas apa kata pakar tentang prediksi usaha kuliner yang diminati pada tahun 2010? Simak wawancara William Wongso, Sisca Suwitomo, Chef Ragil dan Budi Sutomo tentunya, hehehehe...Simak ulasan lengkapnya di Tabloid Info Kuliner Terbaru yang telah beredar mulai 31 Agustus 2010.

Friday, August 27, 2010

Sate Ayam Kampung Sambal Mete

Sate ayam sambal kacang itu biasa, jika sate ayam kampung dengan legitnya sambal kacang mete dipadu kemiri baru luar biasa. Gurih dan lezatnya daging ayam kampung dengan tekstur yang tidak terlalu lunak serta sedikit lemak membuat sate ini terasa sangat lezat. Apalagi sentuhan sambal mete dan kemiri, pasti memberikan sensasi baru dalam petualangan rasa Anda. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.

Bahan:
600 g daging dada ayam kampung, potong dadu 2 x 2 cm
Tusuk sate secukupnya
3 sdm minyak goreng
2 sdt lada halus
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam halus
1 sdm air jeruk nipis
Sambal Kacang Mete:
100 g kacang mete, goreng, haluskan
7 butir kemiri, goreng, haluskan
150 ml santan kental dari 1 butir kelapa
2 sdm minyak goreng
3 siung bawang putih, haluskan
4 butir bawang merah, haluskan
1 sdt ketumbar, haluskan
4 buah cabe merah keriting, haluskan
4 buah cabe rawit, haluskan
1 sdm irisan gula merah
½ sdm air jeruk limau
½ sdm kecap manis
1/2 sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Bumbui potongan daging ayam kampung dengan lada, garam, kecap manis, minyak goreng, air jeruk nipis dan bawang putih. Aduk rata. Diamkan 30 menit agar bumbu meresap.
2. Siapkan tusukan sate. Masukkan potongan daging ayam kampung ke dalam tusukan sate. Nyalakan bara arang kayu. Bakar sate di atas bara api sambil dibolak-balik hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat.
3. Atur sate di atas piring saji, siram dengan sambal kacang mete. Sajikan segera selagi panas.
4. Sambal Kacang Mete: Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, ketumbar dan cabe hingga harum. Tuang santan, kacang mete, bawang merah goreng, kecap manis, garam, gula merah dan air jeruk limau. Masak hingga mendidih dan mengental. Angkat.
Untuk 6 Porsi

Tip: Sambal kacang bisa diganti dengan sambal kecap. Bahan sambal kecap, 6 buah cabe rawit merah, 6 buah cabe rawit hijau, 5 buah bawang merah, 6 sdm kecap manis, ½ sdm air jeruk limau. Campur semua bahan sambal kecap. Aduk rata. Sambal siap digunakan sebagai pelengkap sate.

Monday, August 16, 2010

Ketrampilan - Napkin Folding (Seni Melipat Serbet)

Seni melipat serbet atau napkin folding banyak sekali ragamnya, salah satunya adalah jenis lipatan Bread Box yang berfungsi sebagai tempat meletakkan roti. Kreasi/Foto/Teks: Budi Sutomo.

Bread Box

1. Lipat napkin ke arah dalam hingga hingga bentuk serbet menjadi empat persegi panjang.
2. Tekuk sisi serbet bagian kanan ke arah dalam hingga menutupi sepertiga bagian serbet.
3. Lipat bagian kanan bawah ujung napkin ke arah atas seperti yang terlihat di dalam gambar.
4. Lakukan seperti tahap no 3 pada sisi bagian kanan atas napkin mengarah ke bawah.
5. Lipat sisa napkin bagian tengah mengarah ke samping untuk mengunci lipatan.
6. Lakukan hal yang sama pada bagian ujung sebelah kiri sehingga tercipta bentuk seperti yang ada di dalam gambar.

Informasi Buku Seni Melipat Serbet bisa dilihat di sini : The Simple Art of Napkin Folding

Lauk Rumahan untuk Sehari-Hari - Gulai Telur Ayam

Telur merupakan sumber protein yang murah dan mudah di dapat. Teksturnya lunak dan mudah di cerna, cocok sebagai lauk seluruh anggota keluarga. Gulai telur adalah salah satu resep olahan telur yang wajib Anda coba. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Gulai Telur Ayam

Bahan:
7 butir telur, rebus, kupas
1 lt santan dari satu butir kelapa
3 sdm minyak goreng
Bumbu:
12 butir bawang merah, haluskan
6 siung bawang putih, haluskan
4 buah cabe merah, haluskan
1 sdt jintan, sangrai, haluskan
2 buah kapulaga
2 cm kayu manis
3 lembar daun jeruk
2 cm kunyit, bakar, haluskan
2 batang serai, memarkan
1 sdt ketumbar, haluskan
1 sdt garam halus
1 sdm bawang merah goreng untuk taburan
Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, cabai, serai dan bumbu-bumbu lainnya hingga harum. Masukkan telur, aduk rata.
2. Tuang santan, masak sambil sesekali diaduk-aduk hingga kuah mengental. Angkat.
3. Tuang gulai telur ke dalam piring saji. Taburi bawang merah goreng. Sajikan.
Untuk 6 Porsi

Tip: Jika Anda menghendaki gulai telur yang tidak terlalu berlemak dan rendah kalori, ganti santan dengan susu tawar cair non fat atau susu kedelai.

Roti Isi Cokelat

Banyak orang mengira membuat roti itu sulit dan berisiko gagal. Padahal jika ukuran resepnya tepat dan prosesnya benar, roti homemade yang lembut dan lezat bisa tercipta dari dapur Anda. Resep Roti Isi Cokelat ini menghasilkan roti bertekstur lembut dengan isi vla cokelat yang legit. Cocok disajikan hangat sebagai penyerta minum teh di sore hari. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.
Roti Isi Cokelat
Bahan:
500 g tepung terigu tinggi protein/hard wheat
100 g gula pasir
120 g mentega
10 g ragi instan/fermipan
4 butir kuning telur
150 ml air es
1 sdm bread improver
1 sdm g susu bubuk
1 sdt g garam halus
Isi:
3 sdm tepung maizena
50 g gula pasir
600 ml susu tawar cair
150 g cokelat blok, potong-potong
2 sdm cokelat bubuk
½ sdt garam halus
1 sdm mentega
¼ sdt vanili bubuk
Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, susu bubuk, bread improver dan garam. Aduk rata.
2. Masukkan adonan ke dalam mangkuk mixer/mangkuk adonan, tuang air , kuning telurd an margarin/mentega sedikit demi sedikit sambil dikocok menggunakan mixer kecepatan sedang. Lakukan pengadukan selama 12 menit atau hingga adonan kalis. Pengocokan bisa dilakukan secara manual menggunakan tangan hingga adonan kalis dan elastis.
3. Bulatkan adonan, diamkan selama 30 menit atau hingga adonan mengembang dua kali lipat. Kempeskan adonan dengan cara digiling atau dipukul-pukul dengan telapak tangan.
4. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Giling masing-masing bagian dengan ketebalan ½ cm.
5. Tuang sebagian bahan isi ke atas adonan pertama, ratakan. Tumpuk dengan lembaran adonan kedua, olesi kembali dengan bahan isi dan tutup atasnya dengan lembaran adonan terahir sehingga terbentuk tiga lapisan adonan.
6. Potong-potong adonan bentuk segi empat. Olesi permukaanya dengan campuran susu tawar cair dan gula halus. Letakkan di atas loyang beroles margarin.
7. Panggang di dalam oven bertemperatur 200oC selama 30 menit atau hingga roti matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dinginkan. Atur Di dalam piring saji. Hidangkan.
8. Isi: Larutkan tepung maizena, gula pasir dan garam ke dalam susu tawar cair, aduk rata. Rebus sambil diaduk-aduk hingga mendidih, tambahkan cokelat blok, vanili, mentega dan cokelat bubuk. Masak hingga mengental dan matang. Angkat.
Untuk 20 Potong
Tip: Agar lebih praktis, bahan isi bisa diganti dengan selai kacang/pindakas atau selai buah siap pakai.

Kumpuran Resep Soto & Sup Populer

Judul: Kumpulan Resep Soto & Sup
Penulis: Budi Sutomo
Penerbit: Demedia Pustaka
Informasi & Pemesanan: 021-78883030
+ 64 RESEP SUP & SOTO FAVORIT
+ SAMBAL PELENGKAP

+ KALDU DASAR & TIP ANTI GAGAL
+ MENGENAL BUMBU DASAR


Hidangan berkuah seperti sup dan soto memang menggugah selera. Hampir semua orang menyukainya dan selalu menjadi hidangan favorit di saat waktu makan. Anda ingin membuatnya sendiri di rumah? Jangan bingung karena memang hampir semua daerah di Indonesia memiliki masakan khas sup dan soto. Buku ini akan memandu Anda, mulai dari memilih resep, mengenal bumbu, membuat kaldu dasar sup dan soto, menentukan sambal pelengkap soto atau sup, hingga rahasia tip anti gagal.

Sup dan soto merupakan hidangan yang mudah dibuat, teknik pengolahannya sederhana dan bahan-bahan yang mudah didapat. Selain puluhan resep sup dan soto, buku ini juga membekali pembaca dengan pengetahuan dasar tentang bagaimana cara membuat kaldu yang harum dan lezat. Karena kunci kelezatan sup dan soto terletak dari kaldu dasar. Empat resep kaldu dasar, seperti kaldu daging, kaldu ayam, kaldu ikan dan kaldu udang menjadi modal awal Anda berkreasi dengan masakan sup dan soto yang disajikan di dalam buku ini.

Pengetahuan dasar tentang fungsi dan kekgunaan bumbu juga diulas dengan mendalam serta di sertai foto penunjang sehingga Anda bisa membedakan jenisnya. Pembahasan bumbu khas seperti pekak, daun ketumbar, daun kari, oregano dan thyme membuat Anda semakin percaya diri dalam meracik bumbu sup dan soto.

Semua resep telah lolos dapur uji dan ditulis dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami. Tunggu apa lagi? Baca resepnya, praktekan dan sajikan. Kini bersiplah untuk mendapat pujian dari orang-orang terkasih di rumah Anda. Selamat Mencoba.

Sunday, August 15, 2010

Bubur Sagu Mutiara - Kudapan Manis untuk Berbuka Puasa

Setelah seharian berpuasa, tubuh memerlukan asupan kalori secara cepat agar badan kembali bugar. Jus buah, kurma, dan kudapan manis seperti Bubur Sagu Mutiara bisa menjai pilihan berbuka puasa. Legitnya maizena, gurihnya susu dan sensasi kenyal dari sagu mutiara membuat makanan ini menjadi kudapan favorit keluarga. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Bubur Sagu Mutiara

Bahan:
4 sdm tepung maizena
60 g sagu mutiara, rebus, tiriskan
100 g manisan kolang-kaling, potong-potong
1200 ml susu tawar cair (ultra milk)
5 sdm susu kental manis
100 g gula pasir
1/4 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam halus
2 lembar daun pandan
Cara Membuat:
1. Larutkan tepung maizena, gula pasir dan garam, aduk rata. Rebus sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
2. Tambahkan daun pandan, vanili, kolang-kaling dan susu kental manis. Masak hingga mendidih dan tekstur bubur mengental.
3. Sesaat sebelum diangkat masukkan rebusan sagu mutiara, aduk rata. Angkat. Tuang bubur dalam mangkuk saji. Hidangkan hangat.
Untuk 6 Porsi

Tip: Susu tawar cair bisa diganti dengan santan cair. Untuk variasi rasa, potongan buah nangka bisa ditambahkan sebagai campuran bahan isi.

Saturday, August 14, 2010

Laris Manis AN TV

Acara LARIS MANIS ANTV adalah sebuah program yang menjawab kebutuhan akan informasi bagi para ibu modern untuk segala bidang.

LARIS MANIS hadir dengan konsep TV magazine yang dikemas dalam format keluarga. Sebagai host. Keluarga LARIS MANIS terdiri dari Pipih (Ayah) yang diperankan oleh Abdel, Mimi (Ibu) yang diperankan oleh Cut Mini, anak yang diperankan oleh Vanessa Angel, pembantu yang diperankan oleh Nunung dan supir yang diperankan oleh Ferry Ardiansyah.

Turut berbangga hati karena disalah satu segmen memasak saya berkesempatan ikut mengisi acara yang tayang dari Senin sampai Jumat jam 9 pagi ini. Tema yang diangkat pada episode Rabu 18 November 2009 adalah Demam Berdarah Pada Anak karena sudah memasuki musim hujan dan biasanya demam berdarah menjadi wabah tahunan.

Sesuai tema, tentu dibuat makanan yang masih berhubungan dengan demam berdarah. Pilihan resep jatuh pada Jus Jakurma, alias jus jambu kurma madu. Mengapa jus, karena anak dalam kondisi demam biasanya susah makan dan minum, apalagi makan buah. dengan mengolah buah menjadi jus diharapkan anak suka meminumnya. Selain itu jus juga membantu mencukupi kebutuhan gizi dan cairan tubuh anak.
Bahan yang digunakan jambu biji, jambu kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan virus. Selain itu kandungan jambu biji juga kaya akan zat aktif tanin dan flavonoid, zat yang dapat menghabat pertumbuhan virus demam berdarah.

Madu, kaya akan mineral dan vitamin, manfaatnya meningkatkan daya tahan tubuh serta memberikan energi pada anak disamping memberikan rasa manis yang disukai anak-anak. Sedangkan kurma banyak mengandung vitamin dan gula buah untuk mencukupi kebutuhan energi anak.

Kelas Masak Nestle dan Klub Nova

Sajian Sehat dan Praktis untuk Keluarga - Tema yang diangkat dalam Cooking Class Sahabat Nestle - Klub Nova.
Sesuai tema maka pada cooking class kali ini dipraktekan aneka hidangan yang praktis dan sehat. Mulai dari appetizer, main course, dessert hingga minuman. Pilihan resepnya cup cake bayam, Kentang panggang saus tuna, puding banana koko curnch, dan strawberry star freeze. Semua resep praktis dan sehat ini menggunakan produk nestle seperti Susu Dancow Instan, Koko Crunch Cereal, Susu Dancow Stroberi, Honey Star Cereal dan Nestle Cornflakes.
Peserta yang jumlahnya sekitar 25 orang ini, mengikuti jalanya kelas masak dengan antusias karena masing-masing peserta mendapatkan bahan sehingga langsung praktek. Sebelum praktek, peserta dibekali pengetahuan resep, tip anti gagal dan pengenalan bahan agar hasil praktek maksimal. Hasil praktek juga dievaluasi sehingga peserta menjadi tau akan hasil yang baik dan solusi jika terjadi kegagalan. Tentu hasilnya bisa di coba dan dibawa pulang. Sampai ketemu di cooking class berikutnya. salam.


Masakan Tradisional Indonesia - Lemang

Masakan khas Sumatra Barat ini selalu hadir di saat bulan ramadan atau hari raya lebaran, khususnya di daerah Sumatra. Cita rasanya legit, wangi dan pulen. Sangat cocok sebagai penyerta makan rendang atau sebagai kudapan dimakan dengan tape ketan hitam. Resep, Dapur Uji &Foto: Budi Sutomo.

Lemang Ketan

Bahan:
600 g beras ketan
800 ml santan dari 2 butir kelapa
2 sdt garam halus
4 lembar daun jeruk purut
4 lembar daun salam
Daun pisang muda
Batang bambu
Cara Membuat:
1. Cuci beras ketan hingga bersih. Rendam selama 3 jam di dalam air, tiriskan. Di tempat terpisah, campur santan dengan garam, aduk rata.
2. Siapkan batang bambu yang telah diisi dengan daun pisang muda. Masukkan beberapa lembar daun jeruk dan daun salam. Tuang beras ketan ke dalam bambu. Tuang santan, hingga ketinggian santan 5 cm dari permukaan beras.
3. Tutup permukaan batang bambu dengan daun pisang dan ikat dengan erat.
4. Panaskan bara api, bakar bambu dengan posisi berdiri agak miring agar santan tidak tumpah.
5. Putar posisi batang bambu setiap 25 menit agar ketan matang merata. Setelah beras ketan mengembang, balik posisi batang bambu agar bagian atas berada di bawah, pastikan agar sumbatan bambu rapat agar santan tidak tumpah.
6. Bakar kembali selama kurang lebih 60 menit atau hingga ketan benar-benar matang.
7. Keluarkan lemang dari batang bambu. Dinginkan. Potong-potong. Atur di atas piring saji, hidangkan lemang dengan rendang daging atau tape ketan hitam sebagai pelengkap penyajian.
Untuk 6 Porsi

Tip: Lapisi bambu dengan 3-4 lapisan daun agar ketan tidak gosong. Agar daun pisang tidak mudah robek, letakan posisi daun melintang searah dengan lingkaran bambu. Bolak-balik batang bambu agar ketan matang dengan sempurna. Pilih batang bambu yang tidak terlalu tebal karena ketan tidak matang merata, sedangkan batang bambu yang terlalu tipis menyebabkan batang bambu sudah gosong namun ketan belum matang.

Tuesday, August 10, 2010

Budi Boga Kini Hadir di Yahoo.com - Kuliner Ramadan

Yahoo.com Edisi Ramadan Mubarak tampil dengan halaman yang lebih semarak. Salah satunya adalah dengan hadirnya rubrik kuliner sepesial Ramadhan, Turut berbangga hati karena saya dilibatkan dalam urusan "Dapur dan Perut" yang bikin nafsu makan kian bertambah, apalagi di saat puasa seperti ini. Di sana Anda akan dimanjakan dengan resep-resep khas Bulan Puasa, seperti menu sahur, berbuka puasa hingga kue-kue istimewa untuk lembaran. Mampir ya di Yahoo, berikut linknya:
1. http://id.promotion.yahoo.com/ramadan/article?blogid=ramadan&postid=5&viewPost=1

2. http://id.promotion.yahoo.com/ramadan/article?blogid=ramadan&postid=8&viewPost=1

3. http://id.promotion.yahoo.com/ramadan/

4. And much more...

Monday, August 02, 2010

Lauk Sayuran - Tumis Bunga Pepaya


Terinspirasi dari masakan Manado yang praktis dan lezat. Bahannya mudah didapat, murah dan rasanya lezat. Cita rasa lezat bunga pepaya, menyatu dengan gurihnya teri Medan. Efek rasa pahit dari daun pepaya justru membuat indra perasa kita seolah memanggil, lagi, lagi dan lagi....Resep/Foto: Budi Sutomo.

Bahan:
400 g daun pepaya, rebus, potong kasar
60 g bunga pepaya
50 g teri nasi/teri medan
5 sdm minyak goreng
Bumbu:
5 siung bawang putih, iris halus
4 siung bawang merah, haluskan
5 cm lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
1 sdt gula pasir
5 buah cabe rawit, iris halus
1 sdt garam halus
Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas dan serai hingga harum. Masukkan teri nasi, garam, garam dan gula pasir. Aduk rata.
2. Masukkan daun pepaya dan bunga pepaya. Masak sambil diaduk-aduk hingga matang. Angkat. Tuang ke dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk 6 Porsi

Tip: Agar daun pepaya tidak pahit, potong kasar daun pepaya dan rendam dalam larutan garam. Rebus dan tiriskan.

Kue Kering Populer Praktis dan Ekonomis


Judul: Kue Kering Populer - Praktis & Ekonomis
Penulis: Budi Sutomo
Penerbit: Nine Season
Harga: Rp. 21.000

Kue kering adalah salah satu jenis kue yang memiliki banyak penggemar, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kue ini juga mudah dibuat dan teknik pembuatan yang tidak rumit sehingga memungkinkan semua orang dapat membuatnya. Jika Anda jeli membaca peluang usaha, kue kering juga cocok dijadikan sebagai alternatif wirausaha boga.

Berbekal buku kecil ini, Anda akan dipandu bagaimana membuat kue kering populer yang praktis dan ekonomis. Pemilihan resep dilakukan dengan cermat, ukuran yang pas, dan telah lolos dapur uji sehingga teruji keakuratannya. Bahan-bahan dipilih yang mudah didapat, harganya terjangkau, dan teknik pembuatan yang tidak rumit. Resep dibuat dengan bahasa sederhana sehingga mudah dimengerti. Tip-tip anti gagal di setiap resepnya akan membantu Anda meminimalkan kegagalan.

Bagian depan buku ini dilengkapi dengan pengenalan bahan, yang akan sangat membantu Anda, para pemula, untuk mengenal jenis dan kegunaan masing-masing bahan, seperti tepung terigu, margarin, gula pasir, telur, susu bubuk, dan bahan tambahan yang lain. Masing-masing bahan memerlukan penanganan yang berbeda. Seperti memilih jenis tepung terigu, jika salah pilih bisa menyebabkan kegagalan, karena jenis tepung terigu di pasaran banyak ragamnya seperti jenis protein sedang, tinggi, dan rendah. Untuk kue kering digunakan jenis tepung terigu rendah protein yang akan menghasilkan kue kering yang renyah.

Tunggu apalagi, pelajari resepnya, buat adonan dan panaskan oven di dapur Anda. Percayalah, kue kering lezat bikinan Anda pasti akan digemari seluruh anggota keluarga. Selamat berkreasi!

Makanan Sehat Ibu Menyusui

Judul: Menu Sehat untuk Ibu Menyusui
Penerbit: Demedia Pustaka

Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan utama bayi yang baru lahir hingga usia enam bulan. Selama masa menyusui, seorang ibu biasanya memproduksi ASI ± 800--850 ml per hari. Pada umumnya, dalam 100 gram ASI terkandung kalori 60 ml kal dan protein 1.2 gram. Komponen nutrisi ini berasal dari sari makanan yang dikonsumsi ibu. Produksi ASI akan lancar jika kebutuhan gizi ibu tercukupi. Oleh karena itu, ibu menyusui harus cermat dalam menyusun pola makan.

Selain pola makan yang seimbang, ibu menyusui juga harus cermat dalam memilih bahan makanan yang dapat memperlancar produksi ASI. Ibu menyusui sebaiknya memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Sayuran tertentu seperti daun katuk dapat melancarkan produksi ASI karena mengandung laktagogum. Daun katuk juga kaya betakaroten (provitamin A), vitamin C, zat besi, fosfor, dan kalsium yang penting bagi ibu menyusui. Penguasaan tentang menu-menu sehat tentu akan sangat berguna bagi ibu menyusui.

Kualitas ASI sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang dikonsumsi ibu. Berikut ini beberapa bahan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi ibu menyusui.

A. Protein hewani.
Bahan-bahan makanan seperti udang, ayam, daging, dan ikan merupakan contoh bahan makanan yang kaya protein hewani. Protein yang berasal dari hewan ini berfungsi sebagai sel pembangun dan membantu meningkatkan kecerdasan otak. Oleh karena itu, ibu menyusui sebaiknya memperbanyak konsumsi bahan-bahan makanan yang mengandung protein hewani.

B. Protein nabati.
Saat menyusui, seorang ibu sebaiknya banyak mengonsumsi bahan makanan yang mengandung protein nabati. Tahu dan tempe adalah contoh bahan makanan yang mengandung protein nabati dengan harga terjangkau. Protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan ini berfungsi untuk membentuk dan memperbaiki sel-sel tubuh serta mengandung serat makanan yang membantu melancarkan proses pencernaan.

C. Sayuran hijau.
Sayuran hijau mengandung karoten (provitamin A). Kandungan betakaroten pada sayuran mencegah risiko penyakit kanker dan meningkatkan fungsi paru-paru. Sayuran juga mengandung vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan untuk kekebalan tubuh. Contoh sayuran hijau adalah daun singkong, bokcoy, dan bayam.

D. Kacang-kacangan.
Kacang-kacangan memiliki kandungan gizi tinggi. Contoh bahan makanan yang termasuk keluarga kacang-kacangan adalah kacang panjang, kacang kedelai, dan kacang merah. Kacang-kacangan merupakan sumber vitamin, mineral, dan serat yang baik. Bahan makanan ini murah dan mudah didapat.

Selanjutnya, bagaimana mengolah makanan yang mengandung empat kategori bahan makanan di atas sehingga menjadi sajian yang lezat? Berapa komposisi makanan ibu hamil untuk menunjang kebutuhannya? Nah, buku “Menu Sehat untuk Ibu Menyusui” terbitan DEMEDIA ini memberikan panduannya secara praktis buat Anda.