Wednesday, November 18, 2009

SHOOTING LARIS MANIS DI ANTV

Acara LARIS MANIS ANTV adalah sebuah program yang menjawab kebutuhan akan informasi bagi para ibu modern untuk segala bidang.

LARIS MANIS hadir dengan konsep TV magazine yang dikemas dalam format keluarga. Sebagai host. Keluarga LARIS MANIS terdiri dari Pipih (Ayah) yang diperankan oleh Abdel, Mimi (Ibu) yang diperankan oleh Cut Mini, anak yang diperankan oleh Vanessa Angel, pembantu yang diperankan oleh Nunung dan supir yang diperankan oleh Ferry Ardiansyah.

Turut berbangga hati karena disalah satu segmen memasak saya berkesempatan ikut mengisi acara yang tayang dari Senin sampai Jumat jam 9 pagi ini. Tema yang diangkat pada episode Rabu 18 November 2009 adalah Demam Berdarah Pada Anak karena sudah memasuki musim hujan dan biasanya demam berdarah menjadi wabah tahunan.

Sesuai tema, tentu dibuat makanan yang masih berhubungan dengan demam berdarah. Pilihan resep jatuh pada Jus Jakurma, alias jus jambu kurma madu. Mengapa jus, karena anak dalam kondisi demam biasanya susah makan dan minum, apalagi makan buah. dengan mengolah buah menjadi jus diharapkan anak suka meminumnya. Selain itu jus juga membantu mencukupi kebutuhan gizi dan cairan tubuh anak.
Bahan yang digunakan jambu biji, jambu kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan virus. Selain itu kandungan jambu biji juga kaya akan zat aktif tanin dan flavonoid, zat yang dapat menghabat pertumbuhan virus demam berdarah.

Madu, kaya akan mineral dan vitamin, manfaatnya meningkatkan daya tahan tubuh serta memberikan energi pada anak disamping memberikan rasa manis yang disukai anak-anak. Sedangkan kurma banyak mengandung vitamin dan gula buah untuk mencukupi kebutuhan energi anak.

Monday, November 16, 2009

Kacang Hijau - Menjaga Kesehatan Jantung

Selain kaya nutrisi, kacang hijau juga kaya akan serat yang bagus untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kacang hijau juga murah dan mudah didapat, cocok sebagai sumber protein nabati yang murah setelah tempe atau tahu.

Kacang Hijau (Phaseolus radiatus) memang istimewa, kandungan nutrisinya sangat kaya dan lengkap. Setap 100 g kacang hijau mengandung energi 351 kkal, protein 22.2 g, lemak 1.2 g, karbohidrat 62.9 g, mineral 3.7 g, kalsium 125 mg, fosfor 320 mg, besi 6.7, retinol 47 mcg, thiamine 0.64 mg dan asam askorbat 6 mg. Kacang hijau juga kaya akan serat dan fitonutrien yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. serat dalam kacang hijau mampu mengikat zat karsinogen penyebab kanker kolon. Kandungan asam lemak kacang hijau mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sedangkan golongan vitamin B berperan dalam proses perumbuhan tubuh dan memelihara kesehatan tubuh.

Kacang hijau bisa diolah menjadi beragam masakan dan minuman, seperti bubur kacang hijau, susu kacang hijau, es kacang hijau, campuran kolak dan gandasturi. Kacang hijau juga bisa ditunaskan menjadi sayuran kecambah atau tauge. Hal yang perlu diperhatikan saat merebus kecambah agar cepat empuk adalah, jangan menambahkan garam saat merebus kacang hijau. Tambahkan garam setelah biji kacang kedelai empuk dan pecah. Kacang hijau memiliki aroma sedikit langu, tambahkan jahe atau esen aroma yang lain agar aroma langu dari kacang hijau bisa dikurangi. Teks & Foto: Budi Sutomo.

Wednesday, November 04, 2009

Panduan Lengkap Table Manner, Table Setting & Napkin Folding

Judul: The Simple Art of Napkin Folding
Penulis: Budi Sutomo
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Harga: Rp. 45.000,00
Resensi:


" Sebuah buku yang berisi etiket jamuan makan (table manner), table setting dan nakin folding. Penting sebagai modal awal pergaulan di era global "

Anda tentu pernah bersantap di restoran atau menghadiri jamuan makan di hotel dengan penataan meja makan yang elegan. Salah satu pusat pandang mata adalah bentuk lipatan napkin yang cantik. Sering kali kita bertanya-tanya, bagai mana cara membentuk lipatan serbet yang unik, tentu rumit dan merepotkan. Sebenarnya tidak, dengan sedikit ketelatenan dan panduaan step by step cara pembuatannya, Anda bisa menghadirkan lipatan serbet cantik ala hotel di atas meja makan rumah. Asal rajin berlatih, mengkreasikan beragam bentuk lipatan napkin yang cantik pasti bisa anda lakukan.
Serbet makan atau napkin merupakan elemen penting dan bagian yang tidak terpisahkan di dalam seni menata meja atau table setting. Selain berfungsi sebagai serbet makan, kehadiran napkin akan memperindah penataan meja secara keseluruhan. Di dalam etiket jamuan makan, fungsi napkin ternyata tidak hanya sekedar sebagai serbet makan. Anda bisa memberi kode kepada pelayan hanya dengan meletakan napkin di atas kursi atau meja makan. Dengan mendalami isi buku ini, andapun tidak akan salah lagi menggunakan napkin secara benar. Buku ini akan mengulas secara mendalam tentang fungsi napkin di dalam etiket jamuan makan.

Sebanyak 40 kreasi lipatan napkin, lengkap dengan tahap demi tahap cara pembuatannya bisa anda pelajari. Pengenalan sifat kain, bahan napkin dan cara merawatnya juga diulas secara dengan jelas. Selain itu, fungsi napkin, etiket penggunaanya serta pengetahuan dasar table setting akan sangat berguna bagi Anda untuk ‘modal’ bersosialisasi di era global. Selamat Berkreasi.