Friday, October 30, 2009

Menilik Nutrisi Lobak


Selain kaya nutrsi, lobak (Raphanus sativus L) juga bisa diolah menjadi beragam hidangan. Di dalam seni kuliner, lobak dikenal sebagai campuran bahan sup, soto bandung, acar atau salad. Aromanya khas dengan rasa sedikit pedas membuat sayuran ini banyak digemari.

Kandungan nutrisi lobak sangat kaya, lobak kaya akan mineral kalsium dan fosfor, selain itu lobak juga kaya serat dan zat fitonutrien yang baik untuk kesehatan. Setiap 100 g lobak mengandung energi 22 kkal, protein 0.9 g, lemak 0.1 g, karbohidrat 4.3 g, mineral 0.7 g, kalsium 0.7 g, fosfor 26 mg, zat besi 0.6 g, retinol 3 mcg, thiamine 0.03 mg dan asam askorbat 32 mg.

Lobak bermanfaat untuk mengatasi insomnia atau ganguan sulit tidur. Sayuran ini juga rendah kalori, sangat baik bagi Anda yang sedang menjalani diet obesitas. Lobak kaya akan serat, pektin dan asam folat yang dapat mencegah risiko kanker, stoke dan mengendalikan hipertensi. Manfaat lain dari serat lobak adalah mengatasi ganguan pencernaan seperti sembelit. Teks & Foto: Budi Sutomo.

Puding Nata De Coco


Hidangan penutup yang cocok untuk anak anak hingga lansia. Selain cita rasanya yang segar, puding ini juga kaya serat dan vitamin. Pilihan kismis dan nata de coco sebagai bahan isi, memberikan kejutan serta sensasi berbeda dalam hal rasa. Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo.

Puding Cokelat Isi Nata De Coco

Bahan:
10 g bubuk agar putih
300 ml susu tawar cair
300 ml air
100 g nata de coco
50 g kismis
60 g gula pasir
3 sdm cokelat bubuk
ΒΌ sdt garam halus


Cara Membuat:
1. Larutkan bubuk agar dengan air, gula pasir, dan garam halus. Aduk rata.
Rebus adonan agar sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Tuang susu tawar cair. Didihkan kembali. Angkat.
2. Masukkan potongan nata de coco dan kismis ke dalam gelas saji/cetakkan puding. Tuang adonan puding hingga separuh dari tinggi cetakkan. Dinginkan hinga mengeras.
3. Tambahkan cokelat bubuk yang telah dilarutkan dengan dengan sedikit air, didihkan kembali. 4. Tuang adonan agar cokelat ke atas adonan putih, dinginkan hingga mengeras.
5. Keluarkan puding dari cetakan, atur di dalam piring saji. Hidangkan.
Untuk 8 Porsi

Tip: Susu tawar cair bisa diganti dengan santan cair, susu kedelai atau susu bubuk yang dilarutkan dengan air.