Thursday, April 16, 2009

PERAYAAN SATU JUTA PENGUNJUNG BLOG - BAGI-BAGI BUKU GRATIS

Bulan April adalah ulang tahun blog Gizi dan Kuliner by Budi. Tepat di usia blog yang ke 36 bulan ini, Budi Boga mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada semua pengunjung yang telah sudi mampir ke blog ini.

Dalam rangka memberikan penghargaan serta ungkapan rasa syukur kepada pengunjung blog ke satu juta versi site meter. Blog ini akan memberikan kenang-kenangan berupa 5 buah buku terbaru karya Budi Boga kepada 5 pemenang.

Pilihan bukunya adalah:

1. Rahasia Sehat dengan Jus Buah & Sayuran
2. Buku Pintar Menu Ibu Hamil
3. Sukses Bisnis Bakso
4. Cara Mudah Menghias Cake
5. Variasi Mie & Pasta Bonus VCD

Syaratnya sangat mudah. Berikan coment berupa kritik dan saran untuk perbaikan blog pada postingan ini serta buku mana yang Anda inginkan. Pemenang akan murni diundi dan dikirim langsung ke alamat Anda. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada tangal 30 Mei 2009 di blog ini. Tinggalkan e-mail Anda untuk pemberitahuan pemenang dan konfirmasi alamat pengiriman.
Salam Kuliner

Budi Sutomo

Catatan: Maaf hanya untuk pengunjung blog di Indonesia


Wednesday, April 08, 2009

Hidangan Sarapan Praktis & Sehat

Keterbatasan waktu untuk menyiapkan menu sarapan membuat para ibu seringkali kehabisan ide untuk memasak. Apalagi syarat nutrisi harus lengkap dengan rasa yang enak serta penampilan menggugah selera, mengingat pagi hari biasanya selera makan masih kurang. Jangan berkecil hati, masakan corn flakes campur buah ini selain praktis juga padat gizi dan lezat. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo

CORN FLAKES CAMPUR BUAH

Bahan:
100 g corn flakes
60 g stroberi, potong-potong
60 g melon, potong dadu
400 ml susu tawar cair dingin
4 sdm madu

Cara Membuat:
1. Siapkan mangkuk saji, masukkan corn flakes, potongan stroberi dan melon, aduk rata.
2. Siram dengan susu tawar cair dan madu. Aduk rata. Hidangkan segera.
Untuk 2 Porsi

Tip: Sajikan segera setelah cornflakes disiram dengan susu agar teksturnya tidak terlalu lembek. Untuk variasi rasa, susu tawar cair bisa diganti dengan susu UHT siap minum dengan rasa cokelat atau stroberi. Corn flakes bisa diganti dengan cereal, seperti rice flakes atau coco crunch. Sedangkan buah bisa diganti sesuai selera.

Tuesday, April 07, 2009

Menu Balita Sehat & Bergizi


Setelah melewati masa ASI eklusif selama 6 bulan, kebutuhan gizi bayi semakin meningkat dan diperlukan nutrisi tambahan agar bayi dapat berkembang optimal. Resep Nasi Tim Kakap mengandung nutrisi lengkap, cocok diberikan untuk balita usia di atas satu tahun. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.

NASI TIM KAKAP
Bahan:
200 g beras, cuci, tiriskan
100 g kakap, cincang halus
600 ml kaldu ayam/air
50 g tomat, potong dadu
60 g brokoli, potong-potong
2 sdm saus tomat
1 sdm keju parut
¼ sdt garam halus
¼ sdt lada halus
2 siung bawang putih, cincang kasar

Cara Membuat:
1. Didihkan kaldu/air, masukan beras, aduk rata. Masak hingga seluruh cairan terserap habis dan beras agak lunak. Angkat.
2. Campur aron beras dengan daging kakap cincang, tomat, brokoli, keju parut, saus tomat, bawang putih, lada dan garam. Aduk rata.
3. Masukkan aron beras ke dalam pinggan tahan panas. Tim hingga beras lembut. Angkat, hidangkan hangat.
Untuk 3 Porsi

Fillet Ikan Kakap:
Filet ikan kakap bisa diganti dengan ikan tuna, salmon, gurami, gindara atau ikan lain berdaging tebal namun tidak banyak durinya. Setiap 100 g ikan kakap mengandung energi 86 kkal, protein 20 g, lemak 0.7 g, mineral 2.3 g, kalsium 20 mg dan fosfor 200 mg.

Monday, April 06, 2009

Mengenal Bumbu Dapur - Kas-Kas


Kuliner nusantara, khusunya masakan daerah Sumatra dan Aceh sangat kaya akan pengunaan bumbu dan rempah. Salah satunya adalah kas-kas atau white poppy seed (Papaver somniferum). Bumbu ini adalah adalah biji dari tanaman Poppy. Masarakat Timur Tengah mengenalnya dengan sebutan kashakish, karena susah mengejanya maka masarakat kita menyebutnya dengan kas-kas.


Rasa bumbu ini sedikit pedas, hampir menyerupai rasa lada namun tidak beraroma lada. Bumbu yang oleh masarakat Aceh disebut koca-kaci ini biasanya ditambahkan dalam masakan kari, gulai, mi aceh, soto banjar, taburan kue basbousa, taburan roti maupun bumbu nasi kebuli.

Bumbu ini akan meningkatkan rasa gurih, memberi efek rasa kental dan gurih seperti kemiri pada hidangan berkuah seperti soto dan kari. Kas-kas juga memberikan sedikit sentuhan rasa pedas. Selain varietas putih, kas-kas juga ada yang berwarna hitam. Bumbu dijual di gerai bumbu kering pada swalayan terkemuka. Teks/Foto: Budi Sutomo.

Onde-Onde Tertawa


Bentuknya menyerupai kue onde-onde namun pecah dipermukaannya. Orang menyebut sebagai onde-onde tertawa. Perbedaannya, jika onde-onde terbuat dari tepung ketan dengan isi kumbu kacang hijau, kue ini terbuat dari tepung terigu dan tanpa isi. Namun keduanya tetap memiliki cita rasa yang lezat. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo

Bahan:
Tepung terigu protein sedang/cap segitiga biru 300 g
Telur ayam 1 butir
Gula pasir 160 g
Air 100 ml
Margarin 1 ½ sdm
Baking powder ½ sdt
Soda kue ¼ sdt
Wijen 100 g
Garam halus ½ sdt
Minyak untuk menggoreng
Cara Membuat:
1. Campur gula pasir, garam dan air, aduk rata. Rebus hingga mendidih, angkat, saring, dinginkan.
2. Di tempat terpisah, kocok telur dengan margarin hingga rata. Tuang air rebusan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga berbuih.
3. Ayak tepung terigu dengan baking powder dan baking soda. Masukkan ayakan tepung ke dalam kocokan telur. Aduk rata.
4. Ambil satu sendok makan adonan, bentuk menjadi bulatan-bulatan. Lakukan hingga adonan habis.
5. Celupkan adonan yang telah dibentuk ke dalam air. Gulingkan ke atas biji wijen hingga seluruh permukan terselimuti wijen.
6. Panaskan minyak, goreng adonan yang telah dibentuk ke dalam minyak banyak dan panas. Masak hingga onde-onde pecah, matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan hingga dingin. Atur di dalam piring saji, hidangkan.
Porsi ± 22 buah

Tip: Goreng onde-onde dalam minyak banyak agar onde-onde dapat mengembang dan matang sempurna. Kemas kue setelah dingin agar kue tidak lembab dan cepat berjamur.