Monday, March 30, 2009

Bumbu Masakan - Bumbu Dasar Merah


Jika Anda tidak memiliki banyak waktu luang, membuat bumbu dasar bisa menjadi solusi praktis dalam memasak. Seperti bumbu dasar merah. Dengan bumbu dasar ini Anda bisa membuat beragam masakan. Seperti sambal urap, balado telur, sayur asam pedas, sambal goreng tempe, tumis kangkung pedas, ayam bakar merah, rica-rica daging dan lain sebagainya. Resep/Foto: Budi Sutomo

Bahan:
30 buah cabe merah
12 buah bawang merah
8 siung bawang putih
2 buah tomat
1 sdt terasi (jika suka)
1 sdm gula pasir
2 sdt garam
6 sdm minyak goreng

Cara Membuat:
1. Haluskan semua cabe merah, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, gula pasir, dan garam hingga lembut.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum. Angkat. Dinginkan.
3. Masukkan bumbu di dalam stoples, tutup rapat. Bumbu siap digunkan setiap saat.
Untuk 100 g

Tip:
Bumbu bisa bertahan hingga 10 hari jika disimpan dalam lemari pendingin.
Agar lebih praktis haluskan bumbu dengan mesin penghalus bumbu listrik. Giling agak lama jika Anda menghendaki bumbu dengan tekstur halus.

Tuesday, March 24, 2009

RAHASIA SEHAT DENGAN JUS BUAH DAN SAYURAN

Gaya hidup back to nature sedang menjadi tren di masyarakat yang sadar pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Seperti dalam ungkapan bijak “You are what you eat,” atau kesehatan tercermin dari apa yang Anda makan. Jika pola makan buruk, beragam penyakitpun akan bermunculan, sedangkan pola makan yang baik akan menjadikan tubuh bugar dan sehat. Ada hubungan sejajar antara pola perilaku makan dan kesehatan.

Tuntutan jaman yang serba cepat, kesibukan bekerja menjadikan sebagian masarakat kita lebih memnyukai pola makan serba instan. Seringnya mengkonsumsi makanan instan ini berdampak negatif terhadap kesehatan. Ini di sebabkan karena makanan instan kebanyakan mengandung pengawet, pewarna, pemberi rasa, tinggi lemak, tinggi protein, banyak gula, garam namun rendah serat. Pola makan ini menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit degeneratif seperti tekenen darah tinggi, diabetes mellitus, jantung koroner, stroke, obesitas hingga kanker. Agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut, hendaklah kita menghindari pola makan tidak sehat. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran sebagai sumber vitamin, mineral esensial, serta nutrisi mikro yang penting bagi kesehatan tubuh. Buah dan sayuran juga mampu mendetoksifikasi tubuh dari beragam zat karsinogen penyebab kanker.

Buah dan sayur juga mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan ini mampu mengubah sel-sel tubuh menjadi pengaman untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Sejatinya, radikal bebas yang tidak terkontrol bisa menyebabkan kerusakan sel-sel. Disinilah antioksidan dalam buah dan sayuran mengambil peranan, seperti mencegah berkembangnya radikal bebas di dalam tubuh sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Masalahnya, sebagian besar makanan sumber antioksidan sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah, agar tetap efektif manfaatnya. Mengonsumsi makanan mentah/segar dalam bentuk jus bisa menjadi solusi. Jus menjadikan buah dan sayuran lebih mudah dicerna dan meningkatkan citarasa sehingga lebih mudah diterima.

Pendekatan food based dengan cara terapi jus adalah cara terbaik untuk memperoleh berbagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh dalam melawan berbagai penyakit. Vitamin, mineral, fitonutrien dan enzim dalam jus, dibutuhkan untuk merawat organ-organ tubuh, jaringan yang melemah, memperbaiki sistem kekebalan, meingkatkan daya tahan serta menjaga seluruh fungsi vital tubuh.

Disamping itu, jus juga merupakan metode cepat untuk memperoleh makanan yang mudah dicerna dan diasimilasi secara mudah dan cepat. Makanan tersebut akan masuk ke dalam sistem darah dan kelenjar tubuh, memberi makanan sel serta mempertahankan dan menjaga kesehatan hanya beberpa saat setelah jus diminum.

Contoh konkretnya bisa dilihat pada jus buah dan jus sayuran. Jus buah memasok lebih banyak vitamin sementara jus sayuran cenderung memasok lebih banyak mineral. Meskipun secara umum masing-masing mengandung keduanya. Vitamin dan mineral, merupakan elemen penting yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan. Dengan pasokan kontinyu dari jus buah dan sayuran, dipastikan kesehatan dan kebugaran tubuh akan tetap terjaga. Sehingga secara umum, jus dapat membantu memperbaiki kualitas kesehatan kita.

Di dalam buku ini mengulas secara mendalam tentang; Cara kerja terapi jus. Kandungan gizi buah dan sayuran. Khasiat buah dan sayuran untuk kesehatan. Herbal sebagai pelengkap terapi jus. Proses pembuatan jus. Tip jus yang enak dan menyehatkan. Jus untuk mengendalikan diabetes. Jus untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Jus untuk mengontrol hipertensi. Jus untuk mengatasi ganguan pra menstruasi. Jus untuk mengatasi keputihan. Jus untuk membantu mengatasi asma dan alergi. Jus untuk meredakan asam urat. Jus untuk mengatasi sembelit dan wasir. Jus mencegah kanker. Jus untuk mencegah osteoporosis. Jus untuk peremajaan kulit dan awet muda. Jus untuk mengatasi anemia. Jus untuk mengatasi migren dan sakit kepala. Jus untuk mengobati diare. Jus untuk mencegah stroke. Jus untuk demam berdarah dan flu burung. Jus untuk meningkatkan stamina dan gairah seksual. Jus untuk kesehatan mata. Jus untuk mencegah penyakit jantung. Jus untuk mencegah obesitas. Jus untuk olahragawan.

Penulis:
Budi Sutomo & Dr. Gatot Ibrahim
Penerbit: Demedia
Informasi & Pemesanan: 021-78883030
Harga: Rp. 85.000
Buku bisa didapatkan di seluruh jaringan toko buku Gramedia dan Gunung Agung

Friday, March 20, 2009

Sambal Goreng Kembang Turi


Kembang turi biasanya diolah sebagai campuran pecal/pecel atau campuran urapan sayuran dengan sambal kelapa. Jika Anda mau sedikit berkreasi, dengan bumbu sambal goreng, kembang turi bisa diolah menjadi hidangan lauk yang lezat.
Soal rasa, jangan ditanya, Teksturnya lembut dan rasa sedikit pahit terasa pas dengan campuran daging. Bumbu yang pedas membuat sepiring nasi tidak cukup untuk penyerta lauk ini. Selamat mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo

Bahan:
250 g kembang turi, buang kepala putiknya
100 g daging sapi, potong korek api
60 g wortel, potong korek api
60 ml air
3 sdm minyak goreng
Bumbu:
4 buah cabe merah, haluskan
2 buah cabe merah, potongs erong
4 siung bawang merah, haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
2 butir kemiri, haluskan
1 sdt gula pasir
2 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
½ sdt terasi, haluskan
Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis semua bumbu-bumbu hingga harum. Masukkan potongan daging sapi, aduk hingga daging berubah warna.
2. Tuang air, masak hingga air mendidih. Masukkan wortel dan kembang turi. Masak sambil diaduk-aduk higga bumbu meresap dan semua bahan matang. Angkat.
3. Tuang ke dalam pinggan saji. Hidangkan panas.
Untuk 5 Porsi

Tip:
Daging sapi bisa diganti dengan udang atau ayam. Jangan memasak kembang turi terlalu lama karena teksturnya terlalu lunak. Buang putik kembang turi yang terletak di bagian dalam bunga agar rasanya tidak pahit.

Bunga Turi (Sesbania grandiflora)

Pohon turi adalah tanaman perdu berkayu yang tingginya bisa mencapai 10 meter. Selain kembang turi berwarna putih, ada juga varietas kembang turi berwarna merah. keduanya sama-sama enak dimakan. Selain kacang dan daunnya yang enak di makan, bunga turi juga sering diolah sebagai masakan. Masarakat Jawa mengolah bunga ini untuk campuran urapan, pecel, ditumis atau dibuat sayur. Rasanya hampir mirip dengan bunga pepaya namun tidak terlalu pahit. Teksturnya lunak dan agak sedikit berlendir. Selain kaya vitamin dan mineral, kembang turi juga banyak mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Wednesday, March 04, 2009

Kue Kering - Cinnamon Cookies


Kue kering yang satu ini memang istimewa. Nikmatnya cokelat semakin terasa lezat dengan sentuhan aroma kayu manis. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.

Bahan
800 g tepung terigu rendah protein/cap kunci
400 g gula pasir
200 ml minyak goreng
100 g margarin, lelehkan
5 butir telur
3 butir kuning telur
1 sdm bubuk kayu manis
¼ sdt pewarna cokelat
1 sdm cokelat bubuk
1 sdt baking powder
1 sdt garam halus
Taburan, aduk rata:
60 g kacang kenari/tanah, cincang
50 g kismis
50 g manisan ceri, potong-potong
Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, bubuk kayu manis, baking powder, dan bubuk cokelat. sisihkan.
2. Kocok telur, kuning telur, gula pasir, margarin, minyak, pewarna cokelat dan garam menggunakan mixer kecepatan sedang hingga lembut (2 menit).
2. Tambahkan campuran tepung terigu. Aduk dengan sepatula plastik/sendok kayu hingga tercampur rata.
3. Siapkan loyang beroles margarin. Sendoki adonan dan tuang di atas loyang sambil di atur agar bentuknya bulat. Taburi atasnya dengan campuran bahan taburan.
4. Panggang kue di dalam oven bertemperatur 150 derajat celcius selama 30 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. Dinginkan. Atur kue di dalam tempat penyajian. Hidangkan.
Untuk ± 1600 g

Tip:
Membentuk adonan bisa dilakukan dengan cara dimasukkan ke dalam plastik segi tiga/piping bag. Semprotkan di atas loyang beroles margarin. Jangan mengoven kue ini dengan suhu tinggi garena kue akan cepat gosong.

Tuesday, March 03, 2009

Panduan Menu Ibu Hamil Sehat Alami

" Buku yang ditulis oleh pakar gizi dan praktisi kuliner, dapat dipertanggungjawabkan keilmuannya. Memandu Anda para calon ibu untuk menjalani kehamilan dengan cara sehat dan benar dari sisi nutrisi." M Isnaini - Redaktur Majalah Kesehatan Health Today.

" Susunan menunya lengkap berdasakan triwulan, sesuai dengan perkembangan janin dalam kandungan. Sangat membantu bagi para ibu dalam menyusun menu sehat selama hamil." Dr. Dwi Yanti A - Redaktur Majalah Kesehatan Dokter Kita.

Judul:
Buku Pintar Menu Ibu Hamil

Penulis:
Prof.Dr.Ir. Ali Khomsan MS
Budi Sutomo. S.Pd

Penerbit:
Pustaka Bunda

Harga:
Rp. 65.000

Informasi & Pemesanan:
021-8712219 / 021- 8729059/021 4204402

E-Mail:
swara@cbn.net.id

Notes:
Buku bisa di beli di seluruh jaringan toko buku Gramedia, Gunung Agung dan toko buku terkemuka di seluruh Indonesia

Resensi:

Saat hamil seorang wanita memerlukan asupan gizi lebih banyak. Mengingat selain kebutuhan gizi tubuh, wanita hamil harus memberikan nutrisi yang cukup untuk sang janin

Masa kehamilan menjadi saat yang dinati dan membahagiakan. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan buah hati berkembang normal, wanita hamil harus memiliki pola hidup yang sehat. Seperti makan makanan yang bergizi, cukup olahraga, istirahat, serta menghindari alkohol dan tidak merokok. Tentu dengan harapan janin dapat berkembang dengan normal dan telrahir dengan selamat dan sehat.

Ketika seorang wanita dinyatakan hamil, perubahan fisiologis tubuh turut berubah, sehingga kebutuhan gizinya pun juga berubah. Perubahan paling nyata adalah bertambahnya berat badan. Selama kehamilan 9 bulan, berat badan wanita hamil umumnya bertambah sekitar 6 - 12 kg. Selama tiga bulan pertama, pertambahan berat badan sangat lambat yakni sekitar 1,5 kg. Pada trimester kedua dan ketiga pertambahan berat badan ibu hamil akan mencapai 4 ons per minggu sehingga pada akhir kehamilan beratnya bertambah 12 kg. Berat badan selama hamil adalah cerminan output dari produk kehamilan dan perubahan dalam tubuh ibu itu sendiri. Seperti bertumbuhnya fetus (janin), plasenta, dan cairan amnion. Berat totalnya bisa mencapai 5 kg. Sisanya sekitar 7 kg berisi deposit lemak yang menempel pada tubuh ibu, pertambahan volume darah ibu serta pertambahan ukuran payudara dan rahim.

Selain untuk mencukupi kebutuhan tubuh, ibu hamil juga harus berbagi nutrisi dengan janin. Karenanya wanita hamil memerlukan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang lebih tinggi dibandingkan wanita yang sedang tidak hamil. Kekurangan gizi selama kehamilan bisa menyebabkan anemia gizi, bayi terlahir dengan berat badan rendah, bahkan bisa menyebabkan bayi lahir cacat.

Buku Menu Pintar Menu Ibu Hamil ini mengulas secara lengkap dan mendalam. Mulai dari kebutuhan gizi ibu hamil, perubahan selama kehamilan, angka kecukupan gizi ibu hamil, makanan yang disarankan, makanan yang sebaiknya dihindari, suplemen ibu hamil, ngidam atau pica, hingga morning sickness. Tidak ketinggalan, pembahasan kehamilan risiko tinggi seperti ibu yang mengalami diabetes, hipertensi, anemia, obesitas dan kehamilan kembar di ulas tuntas.
Tidak lupa panduan menu lengkap dari trimester pertama, kedua dan ketiga sangat membantu dan memudahkan Anda untuk memilih makanan yang tepat selama kehamilan. Menu dibuat dari bahan yang mudah didapat dan dipilih resep dengan teknik pengolahan yang mudah dibuat serta praktis. Selain menu utama, di dalam buku ini juga tersedia pilihan aneka hidangan sarapan, snack serta minuman sehat. Semuanya dipersembahkan untuk Anda bagi para calon ibu. Segera miliki buku ini dan Anda akan mendapat panduan tepat selama menjalani masa kehamilan.