Thursday, January 29, 2009

Demo Masak - Dekorasi Butter Cream

Budi Boga beserta Tim Dapur Uji Demedia yang dimotori oleh Ayu Kharie mengadakan demo masak dekoasi butter cream. Demo yang dilaksanakan di Mal Karawaci ini termasuk rangkaian promosi buku Cara Mudah Menghias Cake terbitan Demedia Pustaka.
Informasi buku klik di sini:
http://budiboga.blogspot.com/search?q=cara+mudah+mengias+cake+dan+tart

















Friday, January 16, 2009

Buku Pintar Menu Ibu Hamil

" Buku yang ditulis oleh pakar gizi dan praktisi kuliner, dapat dipertanggungjawabkan keilmuannya. Memandu Anda para calon ibu untuk menjalani kehamilan dengan cara sehat dan benar dari sisi nutrisi." M Isnaini - Redaktur Majalah Kesehatan Health Today.

" Susunan menunya lengkap berdasakan triwulan, sesuai dengan perkembangan janin dalam kandungan. Sangat membantu bagi para ibu dalam menyusun menu sehat selama hamil." Dr. Dwi Yanti A - Redaktur Majalah Kesehatan Dokter Kita.

Judul:
Buku Pintar Menu Ibu Hamil

Penulis:
Prof.Dr.Ir. Ali Khomsan MS
Budi Sutomo. S.Pd

Penerbit:
Pustaka Bunda

Harga:
Rp. 65.000

Informasi & Pemesanan:
021-8712219 / 021- 8729059/021 4204402

E-Mail:
swara@cbn.net.id

Notes:
Buku bisa di beli di seluruh jaringan toko buku Gramedia, Gunung Agung dan toko buku terkemuka di seluruh Indonesia

Resensi:

Saat hamil seorang wanita memerlukan asupan gizi lebih banyak. Mengingat selain kebutuhan gizi tubuh, wanita hamil harus memberikan nutrisi yang cukup untuk sang janin

Masa kehamilan menjadi saat yang dinati dan membahagiakan. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan buah hati berkembang normal, wanita hamil harus memiliki pola hidup yang sehat. Seperti makan makanan yang bergizi, cukup olahraga, istirahat, serta menghindari alkohol dan tidak merokok. Tentu dengan harapan janin dapat berkembang dengan normal dan telrahir dengan selamat dan sehat.

Ketika seorang wanita dinyatakan hamil, perubahan fisiologis tubuh turut berubah, sehingga kebutuhan gizinya pun juga berubah. Perubahan paling nyata adalah bertambahnya berat badan. Selama kehamilan 9 bulan, berat badan wanita hamil umumnya bertambah sekitar 6 - 12 kg. Selama tiga bulan pertama, pertambahan berat badan sangat lambat yakni sekitar 1,5 kg. Pada trimester kedua dan ketiga pertambahan berat badan ibu hamil akan mencapai 4 ons per minggu sehingga pada akhir kehamilan beratnya bertambah 12 kg. Berat badan selama hamil adalah cerminan output dari produk kehamilan dan perubahan dalam tubuh ibu itu sendiri. Seperti bertumbuhnya fetus (janin), plasenta, dan cairan amnion. Berat totalnya bisa mencapai 5 kg. Sisanya sekitar 7 kg berisi deposit lemak yang menempel pada tubuh ibu, pertambahan volume darah ibu serta pertambahan ukuran payudara dan rahim.

Selain untuk mencukupi kebutuhan tubuh, ibu hamil juga harus berbagi nutrisi dengan janin. Karenanya wanita hamil memerlukan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang lebih tinggi dibandingkan wanita yang sedang tidak hamil. Kekurangan gizi selama kehamilan bisa menyebabkan anemia gizi, bayi terlahir dengan berat badan rendah, bahkan bisa menyebabkan bayi lahir cacat.

Buku Menu Pintar Menu Ibu Hamil ini mengulas secara lengkap dan mendalam. Mulai dari kebutuhan gizi ibu hamil, perubahan selama kehamilan, angka kecukupan gizi ibu hamil, makanan yang disarankan, makanan yang sebaiknya dihindari, suplemen ibu hamil, ngidam atau pica, hingga morning sickness. Tidak ketinggalan, pembahasan kehamilan risiko tinggi seperti ibu yang mengalami diabetes, hipertensi, anemia, obesitas dan kehamilan kembar di ulas tuntas.
Tidak lupa panduan menu lengkap dari trimester pertama, kedua dan ketiga sangat membantu dan memudahkan Anda untuk memilih makanan yang tepat selama kehamilan. Menu dibuat dari bahan yang mudah didapat dan dipilih resep dengan teknik pengolahan yang mudah dibuat serta praktis. Selain menu utama, di dalam buku ini juga tersedia pilihan aneka hidangan sarapan, snack serta minuman sehat. Semuanya dipersembahkan untuk Anda bagi para calon ibu. Segera miliki buku ini dan Anda akan mendapat panduan tepat selama menjalani masa kehamilan.

Sunday, January 04, 2009

Cegah Kanker Dengan Buah Delima


Buah delima (Punica granatum L.) sangat kaya akan vitamin, mineral dan fitonutrien. Di setiap 100 g buah delima terkandung energi 74 kkal, potasium 238 mg zat besi 500 mcg dan vitamin C 7 mg. Buah juga mengandung asam sitrat, asam malat, glukosa, fruktosa dan maltosa.

Buah delima bermanfaat sebagai obat diare, penurun demam, antikanker, meningkatkan kekebalan tubuh dan meredakan demam. Manfaat lainya adalah antitoksik, melumas paru, dan meredakan batuk. Kulit buah menghambat pertumbuhan basil typhoid, mengendalikan penyebaran infeksi virus polio, virus herpes simpleks, clan virus HIV. Serat yang tinggi di dalam buah delima membantu melancarkan buang air besar dan mencegah kanker kolon. Teks & Foto: Budi Sutomo.

Friday, January 02, 2009

100 BLOG PALING POPULER 2008

Setiap akhir tahun Blog Indonesia merilis 100 blog paling populer selama tahun 2008. Jadi penasaran, siapa saja ya yang masuk? Mmm....kira-kira BudiBoga masuk ngga ya? Silahkan klik disini untuk melihat daftar selengkapnya.

salam

Thursday, January 01, 2009

Makanan Balita - Nasi Tim Kakap


Setelah melewati masa ASI eklusif selama 6 bulan, kebutuhan gizi bayi semakin meningkat dan diperlukan nutrisi tambahan agar bayi dapat berkembang optimal. Resep Nasi Tim Kakap mengandung nutrisi lengkap, cocok diberikan untuk balita usia di atas satu tahun. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.

Bahan:

200 g beras, cuci, tiriskan

100 g kakap, cincang halus

600 ml kaldu ayam/air

50 g tomat, potong dadu

60 g brokoli, potong-potong

2 sdm saus tomat

1 sdm keju parut

¼ sdt garam halus

¼ sdt lada halus

2 siung bawang putih, cincang kasar

Cara Membuat:

1. Didihkan kaldu/air, masukan beras, aduk rata. Masak hingga seluruh cairan terserap habis dan berass agak lunak. Angkat.

2. Campur aron beras dengan daging kakap cincang, tomat, brokoli, keju parut, saus tomat, bawang putih, lada dan garam. Aduk rata.

3. Masukkan aron beras ke dalam pinggan tahan panas. Tim hingga beras lembut. Angkat, hidangkan hangat.

Untuk 3 Porsi

Fillet Ikan Kakap:

Filet ikan kakap bisa diganti dengan ikan tuna, salmon, gurami, gindara atau ikan lain berdaging tebal namun tidak banyak durinya. Setiap 100 g ikan kakap mengandung energi 86 kkal, protein 20 g, lemak 0.7 g, mineral 2.3 g, kalsium 20 mg dan fosfor 200 mg.

Ulas Bahan - Manfaat Umbi Bit

Bit (Beta vulgaris) merupakan akar tunggang yang berubah bentuk dan berfungsi sebagai umbi. Umbi bit yang berwarna merah ternyata mengandung unsur antikarsinogenik yang menangkal kanker. Di dalaam 100 g umbi bit terkandung zat gizi berupa energi 47 kkal, protein 1.6 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 9.6 g, mieral 1.1 g, kalsium 27 mg, fosfor 43 mg, besi 1.0 g, retinol 6 mcg, thiamine 0.02 mg dan asam askorbat 10 mg.

Karena kandungan zat besinya yang tinggi menjadikan jus bit bisa menjadi tambah darah sekaligus membuang deposit lemak. Bit yang berwarna merah kaya vitamin A. Umbi ini juga mengandung karotenoid, asam folat dan kalium. Dengan begitu, bit berkhasiat sebagai antioksidan. Kaliumnya berperan menjaga kenormalan tekanan darah, mengendalikan kadar kolesterol darah dan menjaga kesehatan mata. Teks & Foto: Budi Sutomo

Makanan Sehat - Sup Oyong

Oyong atau gambas adalah sayuran dari tanaman merambat yang memiliki tekstur lembut. Cita rasa oyong segar dan netral, cocok dipadu padankan dengan beragam bahan. Seperti sup ini, lezatnya bakso, terasa pas dengan lembutnya oyong dan jamur kuping. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.


Bahan:

1700 ml kaldu daging/ayam/air

150 g oyong, potong-potong

60 g jamur kuping, rendam air, potong-potong

100 g bakso ayam/daging, potong-potong

60 g bunga sedap malam, simpulkan

1 batang daun bawang, potong serong

1 sdm sledri cincang

1 sdm minyak goreng

Bumbu:

4 siung bawang putih, cincang kasar

4 siung bawang merah, iris halus

1 sdm kecap asin

1 sdm air jeruk nipis/lemon

1 sdt lada halus

1 sdt gula pasir

1 sdt garam halus

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tuang kaldu/air, garam, gula pasir, lada dan kecap asin. Masak hingga mendidih.
  2. Masukkan bakso, jamur kuping, oyong dan bunga sedap malam. Masak hingga semua bahan matang. Sesaat sebelum diangkat, masukkan air jeruk nipis, sledri cincang dan daun bawang, aduk rata. Angkat.
  3. Tuang sup ke dalam mangkuk saji. Hidangkan segera.

Untuk 4-5 Porsi

Tip: Bakso daging/ayam bisa diganti dengan bakso ikan/udang. Sayuran bisa diganti sesuai selera.