Tuesday, December 23, 2008

Cara Mudah Menghias Cake dan Tart - Khusus Pemula

Banyak moment bahagia seperti ulang tahun, hari lebaran, hari natal, paskah, imlek, kelahiran, dan perkawinan tidak lepas dengan kehadiran cake, tart atau puding lezat berhias butter cream. Menyajikan kue berhias cantik buatan sendiri tentu lebih membanggakan dan memberi arti khusus bagi penerimanya. Bukan impian, setelah mempelajari buku ini Anda akan trampil menghias kue.

Sebagian orang menganggap bahwa dekorasi kue dengan butter cream sulit dipelajari. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Menghias kue dengan butter cream tidaklah sulit. Asalkan rajin berlatih dan dilakukan dengan kesabaran, kue cantik bisa tercipta dari tangan Anda.

Melalui buku ini, Anda akan dipandu bagaimana cara mengias kue dengan butter cream. Mulai dari mengenal bahan, alat, cara membuat cake dasar, adonan dasar butter cream, membuat beragam hiasan dasar, serta foto step by step pembuatan hiasan semakin memudahkan Anda menghias kue. Buku ini diperuntukan bagi Anda yang masih pemula, karenanya disusun dengan bahasa yang mudah dipahami serta dipilih jenis dekorasi hiasan butter cream yang tidak terlalu sulit.

Jika Anda jeli membaca peluang usaha boga, permintaan kue tart berhias sangat tinggi. Tidak menutup kemungkinan Anda menekuni usaha cake berhias butter cream. Berbekal buku ini, saya percaya Anda akan semakin trampil menghias kue. Selamat berkreasi.

Judul: Cara Mudah Menghias Cake
Penulis: Budi Sutomo
Penerbit: Demedia
Harga: Rp. 26.000
Informasi & Pemesanan: 021-7451644/021-74863334
Catatan: Bisa dibeli di seluruh jaringan toko buku Gunung Agung dan Gramedia

Monday, December 22, 2008

Awas Buku Copy Paste Dari Blog !!!

Sempat kaget ketika melihat sebuah buku di toko buku Gunung Agung - Atrium Senen. Melihat sekilas langsung engeh, “Wah ngga beres nih buku, fotoku dipakai buat cover” Setelah diperhatikan secara detail, ternyata tidak cuma cover depan, cover belakang dan isi juga menggunakan foto dari blog tanpa menyebutkan sumber.

Berulang kali kasus pencurian foto dari blog. Kali ini pencurian dilakukan oleh penerbit yang sudah menjadi anggota IKAPI. Tidak tanggung-tanggung, foto digunakan untuk cover depan, cover belakang dan isi.

Sepertinya budaya copy paste di dunia maya menjadi perilaku yang dihalalkan oleh Penerbit Pustaka Anggrek yang beralamatkan di Jl. Anggrek 3/34, Baciro Baru, Yogyakarta. 55225. Telepon (0274)554985/554986. e-mail pustakaanggrek@galangpress.com. www.galangpress.com

Buku yang berjudul 250 Resep Aneka Jajan Pasar Paling Nendang. Disusun oleh Tu’tu Catering. Perancang Isi: Reni Roselina. Perancang cover: Reni Roselina. Menggunakan foto cover dari blog Info Boga - Asia Blogging Network tanpa Ijin. Buku ini dijual dengan harga Rp.30.000. Hampir semua fotonya diambil dari internet dan beberapa diantaranya termasuk foto cover depan, foto cover belakang dan isi. Sangat disayangkan perbuatan dari penerbit Anggrek yang sudah mengantongi ijin dari IKAPI. Harusnya Penerbit Anggrek berprilaku profesional karena buku yang diterbitkan adalah buku resep komersial.

Lihat Kasus Copy Paste Sebelumnya:
Buku Nutrisi Tanaman
Majalah Info Resto

BUKU TERBIT DI MALAYSIA

Seri buku Panduan Tepat Diet Golongan darah A, B, AB dan O karangan Budi Boga sudah terbit di Malaysia menggunakan Bahasa Malaysia. Bagi Anda yang berminat memiliki buku ini, bisa diperoleh pada toko buku terkemuka di Malaysia.

Judul Versi Malaysia: Siri Panduan Diet Golongan Darah - PANDUAN DIET UNTUK GOLONGAN DARAH (A, B, AB dan O)

Penerbit: Synergy Media - Kuala Lumpur

Penulis: Budi Sutomo, S. Pd & Dr. Yoanita Ristyaningrum

Harga: RM.14.90

Resensi buku versi Indonesia bisa dilihat dilihat dalam link ini:
http://budiboga.blogspot.com/search?q=panduan+tepat+diet+golongan+darah

Keterangan Foto: Kiri Cover Versi Malaysia, kanan; Cover Versi Indonesia

Thursday, December 04, 2008

Acara House & Living di DAAI TV


Di tengah maraknya acara tv yang penuh kekerasan, tayangan mistik dan suguhan sinetron tidak mendidik. DAAI tv hadir dengan format berbeda. Seluruh acaranya mengajarkan kasih sayang, cinta lingkungan, semangat berbagi, kebersamaan, gaya hidup sehat serta mendidik. Pilihan tepat bagi pemirsa tv Indonesia.

Acara stasiun DAAI tv kian beragam. Salah satu acara barunya adalah HOUSE & LIVING. Sebuah acara keluarga berdurasi 30 menit dan dibagi dalam tiga segmen, yaitu, Do It Your Self, Good Idea, dan Tea Time.

Do It Your Self
Berisikan ide-ide pemanfaatan barang tidak berguna menjadi barang baru yang bernilai guna. Setelah menyaksikan tayangan ini, pemirsa diharapkan terinspirasi untuk memanfaatkan barang bekas yang tidak berguna atau limbah, diolah menjadi produk baru yang bermanfaat dan bernilai ekonomi.

Good Idea
Sesuai namanya, Segmen ini menayangkan berbagai tip & trik pekerjaan dapur, rumah maupun kegiatan di luar rumah. Sederhana namun bermanfaat sehingga memberikan solusi bagi pemirsa. Semua tip & trik yang disuguhkan dapat dilakukan sendiri bagi para pemirsa di rumah.

Tea Time
Pada bagian ini, Budi Boga akan mempraktekkan resep kudapan yang praktis, mudah dibuat, sehat dan bergizi.

Acara HOUSE & LIVING mulai tayang Hari Minggu, 7 Desember 2008 pada Jam 9.00 WIB. Bagi Anda yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya, DAAI tv ada di channel UHF 59. Sedangkan untuk Kota Medan DAAI tv ada di saluran 51 UHF.

Saksikan acara-acara DAAI tv dan Anda akan mendapatkan banyak inspirasi seperti orang-orang di dalam link ini






Kue Spesial untuk Jamuan Natal

Perayaan hari raya Natal tinggal dalam hitungan hari. Bagi Anda umat Nasrani, tentu sudah mulai sibuk dengaan persiapan jamuan di hari yang istimewa nanti. Untuk kuenya, tidak perlu bingung, cobalah pie dengaan aroma jahe dan vanila. Kehangatan Natal akan semakin berkesan dengan hadirnya kue beraroma jahe nan lezat ini. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.

Ginger Vanilla Pie

Kulit:

450 g tepung terigu rendah protein/cap kunci

300 g margarin

150 g gula halus

4 butir kuning telur

1 sdm bubuk kayu manis

3 cm jahe, parut

½ sdt garam halus

Vla:

60 g tepung maizena

1 lt susu tawar cair

150 g gula pasir

3 kuning telur

1 sdm margarin

¼ sdt garam halus

1 sdm rum

1 sdt bubuk agar warna putih

1 sdt vanila pasta

Isi:

200 g kiwi, kupas, potong-potong

200 g stroberi, potong-potong

Cara Membuat:

  1. Campur dan aduk rata tepung terigu, kayu manis bubuk, parutan jahe, gula halus dan garam, aduk rata. Ayak. Sisihkan.
  2. Masukkan margarin dan kuning telur ke dalam campuran tepung. Potong-potong atau aduk-aduk adonan menggunakan pisau atau sepatula plastik hingga terbetuk adonan berbutir-butir halus.
  3. Satukan adonan dengan cara di kepal-kepal dengan tangan atau sendok kayu hingga adonan menyatu.
  4. Giling adonan di atas plastik hingga ketebalan ½ cm. Cetak dengan cetakan bulat. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Ambil cetakkan pie yang telah diolesi dengan margarin. Masukkan kulit pie. Tekan-tekan dan rapikan bentuknya dan tusuk-tusuk dengan garpu pada dasarnya.
  6. Atur di atas loyang, panggangin 160oC selama 25 menit atau hingga kulit matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. Dinginkan.
  7. Isi dengan vla dan tutup atasnya dengan potongan buah kiwi dan stroberi. Sajikan.
  8. Vla: Larutkan tepung maizena dan bubuk agar-agar ke dalam susu tawar cair, aduk rata. Masukkan gula, vanili dan garam. Masak sambil terus diaduk hingga mendidih, matang dan mengental. Angkat. Selagi panas, masukan kuning telur, rum dan margarin. Aduk rata. Vla siap digunakan.

Untuk ± 20 buah

Wisata Kuliner - Bebek Bengil


Pulau Bali tidak hanya memiliki alam yang indah. Seni kuliner pulau dewata ini juga terkenal lezat dan menggugah selera. Siapa yang tidak kenal bebek betutu, sate lilit ikan atau pisang rai. Namun ada satu lagi masakan Bali yang tidak kalah lezatnya, namanya bebek bengil. Bebek goreng yang disajikan dengan sambal matah dan jukut sayuran.

Jika Anda berkunjung ke Bali, sempatkan mampir ke restoran Bebek Bengil yang terletak di Jalan Hanoman-Padang Tegal-Ubud. Restoran dengan konsep tradisional dan terletak di pinggir sawah ini menyuguhkan beragam hidangan andalan khas Bali. Harga menu memang sebanding dengan rasa dan suasana yang ditawarkan, harga satu porsi bebek sekitar 60 ribuan. Jika menyantap satu paket menu lengkap, mulai dari minuman, makanan pokok dan hidangan penutup, kurang lebih anda harus merogoh kocek 300 ribuan. Sembari bersantap, mata anda akan dimanjakan dengan hamparan sawah yang menyejukan mata.

Menu andalan resto ini tentu bebek bengil. Hidangan yang terbuat dari bebek yang di sajikan dengan sambal dan urap/jukut. Konon nama bengil diambil dari kelakuan si bebek sawah yang kotor. Bebek kotor ini masuk ke dalam restoran yang belum jadi dan mengotori lantai. Sejak saat itu restorannya diberi nama bebek bengil alias bebek kotor oleh sang pemilik.

Bagi Anda yang belum sempat berkunjung ke restoran ini, jangan khawatir, resep bebek bengil ala budi boga tidak kalah lezatnya. Anda bisa mencobanya di rumah dan siapa tau menjadi lauk favorit keluarga Anda. Selamat mencoba. Teks/Resep/Foto: Budi Sutomo.


Bebek Bengil ala Budi Boga

Bahan:

1 kg bebek utuh

1500 ml air

Minyak untuk menggoreng

Bumbu:

7 siung bawang putih, haluskan

3 lembar daun salam

2 cm kencur, haluskan

3 sdm air jeruk nipis

2 cm jahe, haluskan

3 cm lengkuas, haluskan

1 sdt terasi, bakar, haluskan

1 sdm ketumbar, sangrai, haluskan

1 sdt lada halus

2 sdt garam halus

Cara Membuat:

  1. Lumuri bebek dengan air jeruk nipis, bakar di atas api hingga bulu-bulu halusnya hilang. Potong bebek menjadi 8 bagian. Sisihkan.
  2. Campur potongan daging bebek dengan semua bumbu-bumbu. Diamkan di dalam kulkas selama satu malam hingga bumbu meresap.
  3. Panaskan 5 sendok makan minyak goreng, masukkan potongan daging bebekmbeserta bumbu-bumbu. Masak hingga daging bebek berubah warna.
  4. Tuang air, aduk rata. Tutup wajan dan masak dengaan api sedang hingga bebek empuk dan air mengering. Tambahkan air jika air mengering namun bebek belum lunak. Agar lebih cepat empuk, proses merebus bisa dilakukan di dalam panci presto. Rebus bebek di dalam panci presto selama 30 menit. Angkat.
  5. Setelah air mengering, tuang minyak hingga seluruh bebek terendam. Goreng bebek hingga berwarna kuning kecokelatan dan bumbu mengering. Sajikan panas dengan sambal matah dan jukut sayuran.

Untuk 8 Porsi


Jukut Sayuran

250 g kacang panjang, potong-potong

150 g tauge, bersihkan

150 ml santan kental

Bumbu:

2 sdm air jeruk limau

1 sdt garam halus

4 buah cabe rawit, iris halus

1 sdm bawang merah goreng, haluskan

1 sdm bawang putih goreng, haluskan

3 siung bawang merah, iris halus

3 cm kencur, haluskan

2 lembar daun jeruk, iris halus

1 sdt garam halus

1 sdt gula pasir

3 sdm minyak panas

Cara Membuat:

  1. Rebus tauge dan kacang panjang hingga matang. Angkat tiriskan.
  2. Masukkan semua bumbu-bumbu di dalam santan, aduk rata. Panaskan sambil terus di aduk hingga panas namun belum mendidih. Angkat.
  3. Campur santan panas dengan minyak panas dan sayuran. Aduk rata. Sajikan sebagai pelengkap bebek goreng.

Untuk 8 Porsi


Sambal Matah

Bahan:

5 buah cabe merah keriting, iris halus

9 butir bawang merah, iris halus

3 siung bawang putih, iris halus

2 batang serai, ambil bagian putih, iris halus

3 lembar daun jeruk, iris halus

3 sdm air jeruk nipis

½ sdt terasi, bakar, haluskan

3 sdm minyak goreng

1 sdt garam halus

¼ sdt lada hitam, haluskan

Cara Membuat:

Panaskan minyak, angkat. Campur semua bahan sambal, aduk rata. Tuang minyak hangat, aduk rata. Sajikan sebagai pelengkap bebek goreng.

Mengolah Sayap Menjadi Hidangan Lezat


Sayap ayam memiliki daging yang gurih dan lemak yang tidak terlalu banyak. Sayap juga bisa diolah menjadi beragam hidangan yang lezat. Salah satunya adalah dibuat hot chicken wing. Gurihnya daging ayam sangat pas dengan balutan tepung panir yang renyah dan bumbu cabe yang pedas. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/food Stylist/Foto: Budi Sutomo.


Hot Chicken Wing


Untuk 20 Potong

Bahan:

10 potong sayap ayam

2 sdm kecap asin

1 sdt lada halus

4 siung bawang putih, haluskan

1 sdt cabe merah bubuk

1 sdt garam halus

Minyak untuk menggoreng

Lapisan:

2 butir telur, kocok lepas

100 g tepung terigu

100 g tepung panir kasar

Cara Membuat:

  1. Potong sayap ayam, kerok dagingnya dengan pisau tajam hingga mengumpul di salah satu pangkal sayap.
  2. Bumbui sayap ayam dengan kecap asin, lada, garam dan cabe merah bubuk.
  3. Gulingkan sayap ayam ke atas tepung terigu, celupkan ke kocokan telur dan terakhir taburi tepung panir hingga seluruh permukaan terselimuti tepung. Lakukan hingga habis.
  4. Panaskan minyak, goreng ayam hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat. Atur di dalam piring saji. Hidangkan hangat dengan saus tomat atau saus sambal sebagai cocolan.

Pangsit Isi Udang


Selain di kukus, pangsit juga bisa digoreng. Keduanya sama-sama lezat. Jangan lupa menyajikannya dengan saus kacang sebagai pelengkap. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo

Pangsit Isi Udang

Bahan:

250 g udang, cincang halus
150 g daging ayam, cincang halus
50 g kacang polong 40 g wortel, potong dadu
1 butir telur, kocok lepas
20 lembar kulit pangsit
Minyak untuk menggoreng
Bumbu:
4 siung bawang putih, haluskan
1 sdm sledri cincang
1 sdm irisan daun bawang
½ sdt lada halus
½ sdt garam halus
½ sdt gula pasir

Cara Membuat:
1. Campur udang, daging ayam, telur dan semua bumbu-bumbu. Aduk rata. Masukkan kacang polong dan wortel, aduk rata.
2. Siapkan satu lembar kulit pangsit. Bersi satu sendok makan bahan isi. Bentuk sesuai selera.
3. Kukus pangsit selama 30 menit atau hingga matang. Angkat, dinginkan.
4. Panaskan miinyak, goreng pangsit hingga kulit pangsit berwarna kuning kecoklatan. Angkat. Sajikan hangat dengan saambal kacang atau saus sambal.
Untuk 20 Buah

Tip: Pangsit juga bisa disajikan tanpa digoreng terlebih dahulu.

Masakan Jepang Favorit


Menu Favorit restoran Jepang cepat saji ini bisa Anda coba sendiri di rumah. Sekedar tip, jika Anda susah membentuknya seperti yang ada di dalam foto. Bungkus saja ekkado menyerupai dadar gulung atau risolles. Selamat mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.


Ekkado Udang

Bahan:

250 g udang cincang

200 g daging ayam giling

4 batang daun kucai, iris halus

1 sdm tepung kanji

1 butir telur, kocok lepas

50 g kol, iris halus

50 g wortel, potong dadu kecil

4 lembar kembang tahu, pilih yang lentur

Minyak untuk menggoreng

Bumbu:

4 siung bawang putih, iris halus

1 sdt lada halus

1 sdt garam halus

2 sdm kecap asin

Cara Membuat:

  1. Campur daging udang, daging ayam, daun kucai, tepung kanji, telur, kol, wortel dan semua bumbu-bumbu. Aduk rata.
  2. Potong kembang tahu ukuran 10 X 10 cm. Ambil satu sendok makan adonan, letakkan dibagian tengah kulit kembang tahu. Bungkus dan ikat dengan daun kucai atau benang kasur. Lakukan hingga habis.
  3. Panaskan minyak, goreng ekkado dengan api sedang hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat. Sajikan hangat dengan saus tomat atau sambal sebagai pelengkap.

Untuk 20 Buah

Tip: Kembang tahu harus dipilih yang lentur dan tipis agar mudah dibentuk. Jangan menggoreng dengan minyak terlalu panas karena kulit kembang tahu mudah matang dan bagian isi masih mentah. Goreng dengan api sedang. Gunakan 2 lembar kembang tahu agar kulit tidak terlalu tipis.


Hidangan Spesial Idul Adha


Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban tinggal dalam hitungan hari. Tentu banyak persediaan daging kambing di rumah nantinya. Selain dibuat gulai, tongseng dan sate. Daging kambing juga lezat diolah menjadi kebab. Hidangan sate ala Timur Tengah dengan saus salsa yang segar. Selamat mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/food Stylist: Budi Sutomo


Kebab Kambing

Bahan:

600 g daging kambing, cincang halus

3 sdm tepung panir

1 butir telur, kocok lepas

2 sdm minyak samin/mentega

4 sdm olive oil/minyak sayur

Bumbu:

60 g bawang bombay, cincang

5 siung bawang putih, cincang

1 sdm peterseli cincang/sledri cincang

4 lembar daun mint, iris halus

1 sdt lada halus

¼ sdt jintan bubuk

1 sdt garam halus

Saus Salsa:

3 buah tomat, potong dadu kecil

50 g timun, potong dadu kecil

50 g bawang bombay, cincang

3 buah cabe rawit, iris halus

4 lembar daun ketumbar, iris halus

4 sdm air jeruk lemon/nipis

2 sdm minyak zaitun

¼ sdt lada halus

¼ sdt garam halus

Pelengkap:

50 g acar bawang putih/pickle

60 g paprika merah/cabe merah, potong dadu

60 g bawang bombay, potong dadu

60 g timun, potong dadu

Cara Membuat:

  1. Campur daging kambing cincang dengan telur, tepung panir dan semua bumbu-bumbu. Aduk rata.
  2. Ambil satu sendok makan adonan, bentuk menjadi bulatan-bulatan. Tusuk secara selang-seling antara daging, acar bawang putih, paprika, timun dan bawang bombay di dalam tusukan sate. Lakukan hingga habis.
  3. Bakar di atas bara api sambil sesekali diolesi minyak zaitun hingga daging matang. Angkat. Sajikan hangat dengan saus salsa.
  4. Saus salsa: campur semua bahan saus, aduk rata. Diamkan satu jam di dalam kulkas. Sajikan sebagai pelengkap kebab.

Untuk 6 Porsi


Tuesday, December 02, 2008

Cerita Blogger & Nokia N 78



Teman-teman, media online yang bernama blog ini, beserta para blogger dan komunitas-komunitasnya sedikit demi sedikit, perlahan-lahan, semakin lama semakin mendapat tempat serius di masyarakat. Sebelumnya, blogger sudah diakui oleh pemerintah yang menyatakan 27 Oktober adalah Hari Blogger Nasional dan dianggap sebagai bagian dari keluarga besar pemerintah. Lalu, para artis beserta para tokoh-tokoh publik di Indonesia pun tidak ketinggalan memiliki media personal yang bernama blog ini.

Dan mulai baru-baru ini, kita-kita para blogger pun mulai ‘dilirik’ oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia sebagai ‘teman dekat’ perusahaan. Sebelumnya, pada bulan Februari 2008 lalu, beberapa blogger diundang oleh Toyota Astra Motor Indonesia di peluncuran All New Toyota Corolla Altis. Pada saat itu, sekitar 15 blogger, sebagian adalah blogger-blogger ternama Indonesia, seperti Pak Nukman, Ndorokakung, Paman Tyo, Ong Hock Chuan, Pitra, diundang untuk makan siang bersama di Hotel Ritz Carlton Jakarta sekaligus menghadiri peluncuran mobil itu.

Dan minggu lalu, tepatnya Jum’at, 13 Juni 2008, acara serupa juga diselenggarakan oleh Nokia. Beberapa blogger, termasuk saya (kaget lho, saya diundang juga!), diundang oleh Nokia dalam acara bertajuk Blogger Gathering: “Join The Things That Matter To You”. Tempatnya di restoran Neo Vanity, Menara Baru Standard Chartered, Jakarta. Ceritanya, mas Budi Putra diminta oleh Nokia untuk mengajak beberapa blogger dari berbagai kalangan dan berbagai topik blog. Dan mas Budi Putra pun akhirnya mengundang 10 blogger yang memiliki topik blog berbeda-beda, dari IT, fashion, boga, teknologi komunikasi, tulis-menulis, dan blog tentang blog.

Pada pertemuan itu, pihak Nokia menceritakan tentang produk terbaru mereka, Nokia N78 yang mengusung tema konvergensi. Tepatnya, N78 itu mengkonvergensikan (aduh, betul nggak ya bahasanya?) fitur GPS dan kamera dengan cara yang sangat inovatif: memasukkan location-based tag ke dalam metadata foto digital. Gampangnya, kalo kita mengambil foto di Monas pake kamera N78 ini, komputer akan tahu kalau kita foto itu dari Monas. Dengan menggunakan satelit GPS, koordinat tempat kita mengambil foto itu dimasukkan ke dalam metadata foto tersebut. Contoh satu hal yang paling keren adalah, pada saat foto dengan metadata lokasi itu di-upload ke flickr, orang-orang yang membuka foto itu bisa mengetahui titik pengambilan foto itu pada peta dunia! Gampang banget kan, buat nunjukin ke temen kita yang ada di sisi lain Indonesia tempat foto ini.. Dipikir-pikir, N78 ini cocok buat para blogger, terutama yang suka travelling dan foto-foto..

Nah, sekarang kita kembali lagi ke topik utama. Iya, dengan Nokia Blogger Gathering ini, berarti saya sudah tahu 2 kegiatan mengundang blogger yang diadakan oleh perusahaan besar. Kedua acara ini jelas-jelas menunjukkan, bahwa komunitas blogger di Indonesia sudah semakin ‘dianggap ada’ oleh perusahaan-perusahaan besar. Terbukti, blogger bukanlah sebuah komunitas online yang bisa dianggap remeh, karena pengaruh yang kita hasilkan kepada masyarakat (setidaknya masyarakat Internet) semakin lama semakin besar. Apa yang kita tuliskan di blog kita akan dibaca oleh banyak orang yang berkunjung ke blog kita. Karena umumnya pengunjung setia blog kita itu percaya dengan apa yang kita tuliskan di blog, maka besarlah pengaruh kita sebagai blogger kepada pembacanya. Dan apabila banyak blogger menuliskan suatu hal yang sama pada suatu waktu, yakinlah kita bahwa hal yang ditulis itu adalah hal yang penting.

Menurut saya, itulah yang dengan cerdas ditangkap oleh Toyota dan Nokia. Dengan menjamu blogger sambil menceritakan produknya, blogger pun menjadi terkesan. Apabila produk itu memang benar-benar worth it untuk diceritakan kembali di blog-nya, blogger pun menceritakan itu di blog-nya. Itulah yang terjadi setelah Toyota dan Nokia mengundang para blogger. Baca saja liputan beberapa blogger yang hadir pada Nokia Blogger Gathering itu: Nokia “Go Blogging”, Blog, Telkom, Nokia, dan Karya Nokia Untuk Bloggers. Blogger pun tampaknya mulai menjadi mitra perusahaan dalam membangun citranya di masyarakat.

Dan sepertinya, akan bertambah lagi perusahaan-perusahaan yang akan mengundang blogger dalam peluncuran produk-produknya. Dan suatu saat, mungkin saja kita termasuk ke dalam blogger yang beruntung akan diundang makan enak sama perusahaan-perusahaan itu, hehe..

Ayo ngeBlog!

Dari kiri-ke kanan:

  1. Budi Sutomo. http://budiboga.blogspot.com/
  2. Dominikus Susanto. Nokia Product Marketing Manager
  3. Regina Hutama Poli. Nokia Corporate Communications Manager
  4. Harry Sufehmi. http://harry.sufehmi.com/
  5. Yessi Pratiwi Surya Budhi. http://yessipratiwi.blogspot.com/
  6. Budi Putra. http://thegadgetnet.com/
  7. Kuncoro Wastuwibowo, http://kun.co.ro/
  8. Saya (Muhammad Ilman Akbar). http://www.ilmanakbar.com/, http://www.ayongeblog.com/
  9. Puti Karina Puar. http://byputy.com/
  10. Amir Karimuddin. http://amir.karimuddin.com/
  11. Rendy Maulana. http://rendymaulana.com/
  12. Pepih Nugraha. http://pepihnugraha.com/
  13. Jonru. http://www.jonru.net/
  14. Mbak Leya. Prisma Public Relations
  15. Mbak Fira Dewiyana. Prisma Public Relations
Teks & Foto Diunduh Dari: http://www.ayongeblog.com

Monday, December 01, 2008

Membuat Sup Lezat a la Restoran

Sentuhan oriental sangat kental di dalam sup ini. Cita rasa kaldu ayam yang lezat terpadu sempurna dengaan telur kocok sebagai campuran. Makaroni dan kacang merah sebagai isi semakin memperkaya rasa dan nilai gizi. Sedangkan wangi daun sledri membuat hidangan ini semakin menggugah selera. Cocok disajikan panas sebagai hot appetizer. Resep/Dapur Uji/Food Stylist/Foto: Budi Sutomo


Sup Telur Kacang Merah


Bahan:

2000 ml kaldu ayam

200 g daging ayam, potong dadu

60 g makaroni, rebus, tiriskan

60 g wortel, potong dadu

100 g kacang merah segar

1 butir telur, kocok lepas

1 batang daun sledri, irs halus

2 sdm minyak goreng

Bumbu:

4 siung bawang putih, haluskan

2 sdm bawang bombay cincang

1 cm jahe, memarkan

2 cm lengkuas, memarkan

1 sdt lada halus

1 sdt gula pasir

½ sdm kecap asin

1 sdt garam halus

Cara Membuat:

  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, angkat tumisan bumbu, tiriskan.
  2. Didikan kaldu, masukkan daging ayam, kacang merah, wortel, tumisan bawang, lada, jahe, lengkuas, gula pasir, kecap asin dan garam. Masak hingga semua bahan matang.
  3. Kecilkan apinya, tuang kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga terbentuk serabut-serabut.
  4. Sesaat seselum diangkat, tambahkan makaroni dan sledri cincang. Angkat. Tuang ke dalam mangkuk saji, hidangkan hangat.
Untuk 7 Porsi

Cover Majalah Female Health by Budi

Majalah wanita FEMALE edisi Desember 2008 memberikan super bonus berupa majalah Female Health. Turut bangga karena sebagai cover berupa puding cantik dan halaman rubrik Food Wise yang mengangkat tema "Delicious Organic Recipes" adalah hasil karya budiboga.