Tuesday, August 12, 2008

Minuman Segar untuk Buka Puasa

Buka puasa memang seagar jika diawali dengan minuman dingin yang manis. Fruit cocktail bisa Anda jadikan kudapan segar berbuka puasa. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo


Fruit Cocktail


Bahan:
100 g pepaya, potong dadu
100 g semangka, potong dadu
100 g melon, potong dadu
100 g nanas, potong dadu
500 ml air kelapa/minuman bersoda tanpa warna (sprite)
Es batu secukupnya

Sirup:

100 g gula pasir
300 ml air
3 cm kayu manis
3 butir cengkih
4 sdm air jeruk lemon/nipis

Cara Membuat:

1. Sirup: Campur semua bahan sirup kecuali air jeruk lemon/nipis. Rebus hingga mendidih. Angkat, saring. Dinginkan.
2. Campur potongan buah. Dinginkan.
3. Penyelesaian: Campur sirup gula dengan air soda, air jeruk lemon/nipis, dan potongan buah, aduk rata. Tuang ke dalam gelas saji. Tambahkan beberapa potong es batu. Hidangkan segera.

Untuk 8 Porsi

Tip:
Sebaiknya gunakan air kelapa untuk menggantikan cairan dan ion tubuh yang hilang selama puasa.

Kuliner Manado - Daun Gedi

Daun gedi ( Hibiscus manihot L.) banyak digunakan dalam seni kuliner Manado. Bubur Manado (bubur tinutuan) tidak lengkap jika tidak ditambahkan bumbu ini sebagai campuran. Daun gedi mempunyai fungsi sebagai penambah rasa gurih serta mengentalkan. Selain lezat, daun gedi juga kaya akan vitamin A, zat besi dan serat yang baik untuk saluran pencernaan. Kolagen terkandung di dalam daun ini juga bermanfaat antioksidan dan menjaga kesehatan kulit.


Saat ini daun gedi susah dijumpai, padahal tanaman ini sangat mudah tumbuh dan diperbanyak. Cukup stek batang dan tanam di media tanah yang gembur pasti tumbuh subur. Tinggi tanaman bisa mencapai dua meter. Daunya hijau dan sepintas mirip daun singkong. Selain sebagai campuran bubur manado, daun gedi juga enak dijadikan gulai, dibuat sayur bobor maupun ditumis. Teks&Foto: Budi Sutomo

Wednesday, August 06, 2008

Mengenal Bahan Pangan Masakan Asia

Daun Shiso

Daun ini banyak digunakan dalam seni kuliner Jepang, Korea dan Vietnam. Bentuknya oval dengan tepi bergerigi. Ada dua jenis daun shiso yaitu berwarna hijau dan merah. Daun shiso memiliki aroma dan rasa seperti menthol. Bisa dimakan sebagai lalapan, untuk membungkus, campuran acar mapun menjadi garnis hidangan.


Banyak sebutan untuk daun shiso. Sebagian orang menyebutnya daun perilla (Perilla frutescens), daun wijen, dan beefsteak leaves. Seni kuliner Korea mengenal daun ini sebagai pembungkus hidangan daging bulgogi. Kuliner jepang mencampur makanan ini dalam sup atau pembungkus shusi. Teks & Foto: Budi Sutomo.

Kontribusi untuk Majalah Female

Female, Indonesia's Leading Fashion & Beauty Magazine. Majalah yang mengangkat tema Fashion dan Kecantikan sebagai laporan utamanya. Namun ada yang beda di Female edisi Agustus 2008. Super bonus majalah edisi ini, yaitu Female HEALTH membuat Female semakin istimewa. Tidak hanya seputar informasi kesehatan dan diet terkini. Rubrik kuliner sehatnya diisi dengan resep diet bedasarkan golong darah. Mulai dari golongan darah A, B, AB hingga O. Dan Saya merasa tersanjung karena didaulat sebagai pengisi rubrik majalah ini. Terimakasih Female...

Kue Kering Untuk Lebaran & Natal

Sebentar lagi perayaan hari besar Lebaran dan Natal. Bagi Anda yang bingung membuat suguhan di hari istimewa ini. Resep nastar gulung berikut bisa menjadi suguhan yang lezat. Praktis membuatnya dan menarik bentuknya. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.


Nastar Gulung

Bahan:
675 g tepung terigu protein rendah/cap kunci
525 g margarin
200 g gula halus
3 butir kuning telur
50 g tepung maizena
40 g susu bubuk
½ sdt garam halus
Isi:
200 g selai nanas
Olesan, aduk rata:
5 butir kuning telur
2 sdm susu tawar cair
1 sdm gula halus
Taburan:
100 g keju cheddar, parut

Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, tepung maizena dan susu bubuk, ayak. Sisihkan.


2. Di tempat terpisah, kocok margarin, gula halus, kuning telur dan garam. Kocok menggunakan mixer hingga lembut (2 menit).

3. Masukan campuran terigu ke dalam adonan kocokan margarin. Aduk menggunakan spatula plasik/sendok kayu hingga tercampur rata dan terbentuk adonan yang dapat dipulung.

4. Ambil sejumput adonan bentuk menjadi bulatat-bulatan, giling hingga bentuknya tipis dan oval. Beri tengahnya dengan 1 sdt selai nanas. Gulung dan padatkan. Lakukan hingga adonan habis

5. Atur adonan yang telah dibentuk di atas loyang beroles margarin. Olesi permukaannya dengan bahan olesan dan taburi parutan keju cheddar.

7. Panggang adonan di dalam oven bertemperatur 150oC selama 30 menit atau hungga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. Dinginkan.
Kemas kue di dalam stoples kedap udara atau di dalam kantung plastik.

Untuk ± 1600 g


Tip: Selai nanas bisa diganti dengan selai kacang/pindakas. Keju cheddar bisa diganti dengan keju edam. Tekan dan satukan pada pertemuan adonan bagian bawah agar sambungan tidak lepas saat dipanggang.

HIDANGAN SAYURAN PRAKTIS

Hidangan ini sangat mudah dibuat dan tidak memerlukan banyak bahan. Soal citarasa, buktikan sendiri kelezatannya. Selamat Mencoba. Resep/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.


Bokcoi Siram Daging
Bahan:
300 g bokcoi, bersihkan, potong-potong, rebus, tirskan
200 g daging sapi cincang
100 g paprika merah, potong dadu
4 sdm minyak goring
Bumbu:
50 g bawang Bombay, potong korek api
3 siung bawang putih, cincang
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
¼ sdt garam halus
½ sdt lada halus
1 sdt gula pasir

Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bawang Bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging cincang, masak hingga daging berubah warna.
2. Tuang saus tiram, kecap asin, gula pasir, lada dan garam, aduk rata. Masukkan bokcoi, aduk dan masak hingga matang. Angkat. Tuang ke dalam pinggan saji. Hidangkan hangat.
Untuk 3 Porsi
Porsi

Membuat Iklan TV Produk Farmhouse

Membuat produk masakan untuk iklan televisi ternyata lebih rumit dari iklan media cetak. Selain penataan harus lebih cantik dan menggiurkan, produk juga harus terlihat dengan jelas meskipun sudah diolah menjadi masakan.

Ceritanya belum lama berselang, Budi Boga terlibat pembuatan iklan untuk produk masakan. Produk yang dipakai adalah aneka jenis bahan pangan seperti sosis, daging asap, bakso dan burger produk Farmhouse. Tiga buah masakan dibuat dari produk Farmhouse, setelah beberapa kali uji coba, tercipalah Omelet Bakso Panggang untuk tema menu praktis keluarga. Sedangkan untuk tema bekal ke kantor, produk smoked beef farmhouse diolah menjadi Sandwich Smoked Beef. Hidangan terakhir adalah, snack untuk anak dan keluarga, sosis farmhouse dibuat menjadi masakan Sosis Lilit Mi. Rencananya iklan yang digarap oleh INDRA TV NEWS AGENCY akan tayang di dalam acara Foody with Rudy. Acara ini tayang setiap Sabtu jam 10.00 WIB di TRANS 7.