Friday, July 18, 2008

Seperti Apa Daun Oregano Segar?

Biasanya kita hanya mengenal oregano (Origanum spp) dalam bentuk bubuk, namun saat ini sudah banyak dijual oregano segar di swalayan terkemuka. Andapun bisa menanam sendiri, karena tanaman oregano bisa tumbuh subur di Indonesia.

Oregano adalah bumbu masakan Eropa, aromanya wangi dan khas. Sepintas daunnya mirip daun kemangi namun lebih kecil. Bumbu ini cocok untuk hidangan pasta, saus pasta, masakan seafood, toping pizza dan hidangan daging. Kuliner Eropa sangat akrab dengan bumbu yang satu ini. Topping pizza akan kehilangan ciri khasnya jika Anda tidak menambahkan oregano. Olahan saus pasta, steak, soup dan salad juga terasa lebih lezat dan istimewa jika ditambahkan oregano. Selain untuk bumbu, oregano juga bermanfaat untuk kesehatan, seperti mengatasi gangguan pencernaan, antiseptik dan meringankan migran. Dipasaran dijual dalam kondisi segar dan kering. Teks & Foto: Budi Sutomo

Wednesday, July 16, 2008

FOTO COVER BUKU DARI BLOG TANPA IZIN

Belum lama copy paste isi blog di majalah Food & Resto terjadi, kasus serupa terulang kembali. Kasus ini lebih parah karena foto dari blog dijadikan cover buku. Sebenarnya apa susahnya ya minta izin? Kan di blog ada alamat e-mail, juga Ym. Atau budaya ‘mencuri’ sudah menjadi hal yang biasa di ngeri ini?


Ceritanya, habis ngopi di Plaza Senayan, terus iseng mampir ke Hero Plaza Senayan, ngga sengaja mampir ke counter majalah yang ada di depan pintu masuk Hero. Pilih-pilih majalah, terus mata tertuju pada sebuah buku. Belum liat judulnya, kepekaan sebagai seorang wartawan timbul. “Kayanya gue kenal sama foto yang ada di cover buku ini, soalnya inget banget, ngambil fotonya di rumah saat mau posting cincau hijau buat blog”. Tanaman juga tiap hari gue yang nyiramin.

Karena ingin memastikan, akhirnya buku dibeli, sesampainya di rumah, cek semua data foto tanaman. “Gila, bener ini foto gue, kemudian lacak isi blog, bener, penerbit/penulis pasti ngambil dari postingan blog MANFAAT CINCAU (klik disini)”. Kacau juga ini penerbit, Padahal di halaman 6 buku yang berjudul NUTRISI TANAMAN, dengan jelas ditulis “Hak cipta dilindungi Undang-Undang. Dilarang mengutip, memperbanyak dan menerjemahkan sebagian atau seluruh isi buku ini tanpa izin tertulis dari Penerbit.” Tapi kenapa covernya saja hasil copy paste dari isi blog? Mau menghubungi penerbit Prestasi Pustaka Publisher - Jakarta, di dalam buku tidak dicantumkan alamatnya. Si penulis, K.A.Wijaya, juga tidak tau dimana rimbanya. Enaknya diapain ya kalau kelakuan penulis dan penerbit seperti ini?

Tuesday, July 15, 2008

Sup Telur Gulung

Acara makan tidak lengkap jika tanpa hidangan sup. Jika Anda bosan dengan menu sup harian, resep sup telur gulung ini bisa menjadi alternativ lain menu keluarga Anda. Selain cantik tampilannya, sup telur gulung juga kaya akan gizi. Resep/Dapur Uji/ Foto/food Stylist: Budi Sutomo

Bahan:
1500 ml kaldu daging/ayam
60 g kacang polong
100 g wortel, potong dadu
100 g bihun/suun seduh air, tiriskan
2 sdm minyak goreng
Telur Gulung:
3 butir telur, buat dadar tipis
200 g daging sapi/ayam cincang
2 siung bawang putih, haluskan
2 butir bawang merah,haluskan
¼ sdt lada halus
¼ sdt garam halus
Bumbu:
4 siung bawang putih, haluskan
3 siung bawang merah, haluskan
2 sdm sledri cincang
1 sdm kecap asin
1 sdt gula pasir
1 sdt lada halus
1 sdt garam halus
1 sdm bawang merah goreng

Cara Membuat:

1. Telur Gulung: campur daging ayam cincang dengan bawang putih, lada dan garam, aduk rata. Ambil satu lembar telur dadar, letakan 4 sdm adonan daging\ayam di tengahnya, ratakan, gulung. Kukus hingga matang, angkat, potong-potong. Sisihkan.

2. Panaskan minyak, tumis bawang putih, dan bawang merah hingga harum. Tuang kaldu, kecap asin, gula pasir, lada dan garam. Masak hingga mendidih.

3. Masukkan wortel, kacang polong dan sledri cincang. Masak hingga semua bahan matang. Sesaat sebelum diangkat masukkan suun/bihun dan potongan telur gulung. Didihkan sebentar. Angkat. Tuang ke dalam mangkuk saji, hidangkan hangat dengan taburan bawang merah goreng.
Untuk 5 Porsi

Monday, July 14, 2008

Snack Dari Ikan

Ikan tidak hanya lezat diolah menjadi lauk. Dengan sedikit kreasi, ikan bisa menjadi snack yang lezat dan menggugah selera. Seperti resep bola-bola ikan, bentuknya yang unik pasti menjadi hidangan favorit buah hati Anda. Selamat mencoba. Resep/Dapur Uji/Food Stylist/Foto: Budi Sutomo

Bola-Bola Ikan

Bahan:
3 lembar roti tawar, potong dadu
300 g fillet ikan kakap, cincang halus
2 sdm tepung kanji
60 g keju mozzarella/cheddar, parut
½ butir putih telur, kocok lepas
½ sdt lada halus
2 siung bawang putih, cincang
2 sdm irisan daun bawang
1 sdt garam halus
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

1. Campur ikan cincang, tepung kanji, telur, lada, garam, bawang putih, dan irisan daun bawang. Aduk rata.

2. Dengan menggunakan dua sendok, ambil adonan ikan, bentuk bulatan. Gulingkan ke atas potongan roti tawar. Lakukan hingga adonan habis.

3.Panaskan minyak, goreng hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. sajikan hangat.
Untuk 4 Porsi

Tip: Masak dengan api kecil agar bagian tengahnya matang.

Olahan Pasta Italia Praktis & Lezat

Banyak sekali jenis pasta, terkadang suka bingung mau diolah menjadi masakan apa. Seperti Fettuccine yang berbentuk pipih panjang menyerupai kwetiau. Pasta jenis ini enak diolah dengan saus bolognese. Selain lezat, hidangan ini juga mudah dibuat. Selamat mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo

Fettuccine Bolognese

Bahan:
200 g fettuccine, rebus, tiriskan
250 g daging sapi cincang
75 ml susu tawar cair
60 g wortel potong dadu kecil
60 g keju parmesan
2 sdm pasta tomat
5 sdm saus tomat
2 buah tomat, rebus, haluskan
2 sdm mentega
Bumbu:
60 g bawang bombay cincang
2 siung bawang putih, cicnag
2 sdt bubuk oregano
1 sdt bubuk daun basil
½ sdt bubuk bay leaf
½ sdt pala halus
½ sdt lada halus
½ sdt garam halus

Cara Membuat:
1. Rebus air dengan ½ sdt garam. Masukkan fettuccine, masak hingga matang. Angkat. tiriskan.
2. Saus Bolognese: Panaskan mentega, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging cincang, aduk hingga daging berubah warna. Tuang susu tawar cair, saus tomat, tomato pasta, dan rebusan tomat. Masak hingga mendidih. Angkat. Sisihkan.
3. Penyajian: Siapkan pinggan saji, masukkan fettuccine, sesaat sebelum disajikan, siram dengan sasu bolognese dan taburi keju parmesan. Hidangkan hangat.
Untuk 3 Porsi