Saturday, May 17, 2008

Hidangan Lezat Berbahan Murah

Cita rasa ikan asin memang menggugah selera, apalagi jika diolah menjadi botok. Perpaduan kelapa parut yang gurih, ikan asin yang sedap serta wanginya petai cina dan daun kemangi membuat acara makan Anda semakin lahap. Resep/Teks/Foto/food Stylist: Budi Sutomo.


Botok Ikan Asin

Bahan:

100 g ikan asin/ ikan jambal roti, potong-potong

150 g kelapa setengah tua, parut

4 sdm santan kental

50 g petai cina

Bumbu:

5 siung bawang merah, haluskan

4 siung bawang putih, haluskan

2 buah cabe merah, iris halus

6 buah cabe rawit

4 lembar daun salam, potong-potong

1 sdt gula pasir

10 lembar daun kemangi

1 sdt garam halus

Daun pisang untuk membungkus

Cara Membuat:

  1. Campur kelapa parut, dengan petai cina, potongan ikan asin, santan kental dan semua bumbu-bumbu. Aduk rata.
  2. Siapkan daun pisang, masukkan tiga sendok makan adonan botok, bungkus dengan cara di tum. Kukus hingga matang. Angkat. Atur di dalam piring saji, hidangkan hangat.
Untuk 5 Porsi

Sayur Bayam Campursari

Bahan dan bumbunya sederhana, namun penuh gizi dan tentu saja menyehatkan. Apalagi penambahan bumbu kencur dan temu kunci, menjadikan rasa sayur bening ini semakin segar dan lezat. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Food Stylist/Foto: Budi Sutomo.

Sayur Bayam

Bahan:

200 g daun bayam, potong-potong

100 g oyong, bersihkan, potong-potong

60 g jagung putren, potong-potong

2 buah tomat, potong dadu

1400 ml air

Bumbu:

4 siung bawang merah, iris halus

3 siung bawang putih, iris halus

2 cm kencur, iris halus

1 cm temu kunci, iris halus

1 sdt gula pasir

1 sdt garam halus

Cara Membuat:

  1. Rebus air dengan semua bumbu-bumbu. Masak hingga mendidih.
  2. Masukkan oyong, jagung putren, tomat dan bayam. Masak hingga semua bahan matang. Angkat. Tuang ke dalam mangkuk saji, hidangkan hangat
Untuk 5 Porsi

Masakan Bali

Hidangan Pulai Dewata tidak hanya pelalah dan ayam betutu. Sate lilit ikan juga tidak kalah lezatnya. Lezatnya daging ikan semakin kaya rasa dengan penambahan beragam bumbu di dalam masakan ini. Resep/Dapur Uji/Food Stylist: Budi Sutomo


Sate Lilit Ikan

Bahan:

400 g daging ikan kakap/tenggiri, haluskan

60 ml santan kental

50 g kelapa parut

2 sdm minyak goreng

12 batang serai

Bumbu:

6 butir bawang merah, haluskan

4 siung bawang putih, haluskan

2 butir kemiri, haluskan

2 lembar daun jeruk, iris halus

1 cm kencur, haluskan

1 cm kunyit, haluskan

1 cm jahe, haluskan

4 buah cabe merah, haluskan

1 batang serai, iris halus

1 sdt gula pasir

½ sdt garam halus

Cara Membuat:
1.
Panaskan minyak, tumis semua bumbu hingga harum. Angkat. Dinginkan.
2.
Campur bumbu yang telah di tumis ke dalam daging ikan cinang. Masukkan kelapa parut dan santan, aduk rata.
3.
Siapkan batang serai, ambil satu sendok makan adonan ikan. Lilitkan ke batang serai. Lakukan hingga habis.
4.
Bakar di atas bara api hingga matang sambil sesekali diolesi santan kental. Angkat. Atur di dalam pinggan saji. Hidangkan hangat.

Untuk 12 tusuk


Tip: Agar penampilan sate lebih bagus. Bakar dulu sate di atas wajan datar anti lengket yang telah diolesi dengan sedikit minyak. Selanjutnya baru dibakar di atas bara api.

Manfaat Petai Cina

Petai cina ( Leucaena glauca) atau sering juga disebut lamtoro semakin susah dijumpai. Padahal bahan pangan ini memiliki cita rasa yang khas dan menambah napsu makan.

Cita rasanya mirip petai, aromanya khas dan menggugah selera makan. Biji petai cina biasanya dijadikan bahan campuran pelas, urap, botok, buntil atau pecal. Buah muda beserta kulitnya enak dimakan mentah sebagai lalapan.

Namun jangan mengkonsumsi petai cina terlalu banyak dan jangka waktu lama karena mengandung zat mimosin penyebab kerontokan rambut. Namun jangan khawatir, mimosin mudah hilang selama proses pemasakan dan perendaman. Konon petai cina juga dapat membasmi cacing kremi pada anak-anak. Teks&Foto: Budi Sutomo.

Monday, May 12, 2008

Mengenal Daun Thyme Segar


Tanaman asal Mediteranian yang kini populer diseluruh belahan bumi. Segala jenis daging, unggas, seafood dan pasta terasa lebih sedap jika ditambahkan dengan bumbu ini.

Dipasaran dapat dijumpai thyme (Thymus spp) dijual dalam bentuk segar dan kering. Aromanya harum dan khas, memberikan efek rasa gurih, harum serta meningkatkan citarasa lezat. Gunakan sejumput untuk membumbui hidangan dan aroma khas pun akan terbentuk dari bumbu dapur ini. Teks/Foto: Budi Sutomo

Kue Kering Berbahan Kacang-Kacangan

Selain gurih dan lezat, penambahan kacang polong membuat kue ini terasa lebih istimewa. Bahan dan cara membuatnya juga mudah, Anda bisa mencobanya dengan si Bungsu di rumah. Selamat Berkreasi. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo


Cookies Kacang Polong

Bahan:
450 g tepung terigu protein sedang/cap segitiga biru
300 g margarin
200 g gula halus
4 butir kuning telur
1 butir telur
½ sdt baking powder
100 g kacang sukro/polong kering
½ sdt garam halus

Cara Membuat:
1. Blender kacang polong/kacang sukro hingga kacang tercincang kasar. Sisihkan.

2. Di tempat terpisah, kocok telur, kuning telur, gula dan garam menggunakan mixer hingga lembut (2 menit). Masukkan margarin, kocok kembali hingga tercampur rata.

3. Masukkan campuran tepung terigu dan kacang polong ke dalam adonan mentega. Aduk menggunakan sendok kayu/spatula plastik hingga tercampur rata.

4. Sendoki adonan dan atur di atas loyang beroles margarin, rapikan bentukknya. Lakukan hingga adonan habis.

5. Panggan adonan di dalam oven bertemperatur 150oC selama 25 menit atau hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat. Dinginkan.

6. Kemas kue di dalam stoples/kantung plastik kedap udara.

Untuk ± 1100 g

Tip: Jika menghendaki kue bercitarasa gurih, hilangkan penggunaan gula di dalam resep ini. Kacang polong/sukro kering bisa diganti dengan kacang tanah cincang.

Membuat Kue Bolu Berlapis

Tidak semua cake dan bolu lezat diolah dengan cara dipanggang. Hanya bermodalkan kukusan, Anda bisa menyajikan kue bolu cantik dengan rasa yang lezat. Segera ambil kukusan dan mixer anda, dan sajikan bolu lais trio untuk penyerta minum teh sore ini.
Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo



Bolu Lapis Trio

Bahan:
Tepung terigu protein sedang/cap segitiga biru 200 g
Telur ayam 7 butir
Gula pasir 200 g
Santan kental 75 ml
Ovalet 1 sdt
Minyak goreng 50 ml
Pasta pandan/pewarna hijau ½ sdt
Pasta stroberi/pewarna merah ½ sdt
Garam halus ¼ sdt

Cara Membuat:
1. Campur telur, gula pasir dan garam. Kocok menggunakan mixer hingga mengembang kaku. Tambahkan ovalet, kocok kembali selama 2 menit.

2. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Tuang santan dan minyak, diaduk hingga tercampur rata.


3.
Bagi adonan menjadi tiga bagian. Tambahkan pasta pandan dan pasta steroberi pada dua bagian, aduk rata. Biarkan putih pada bagian lainnya.

4. Siapkan cetakan cake yang telah dioles dengan sedikit margarin dan dialas kertas minyak. Tuang adonan putih, ratakan. Kukus selama 10 menit. Tambahkan adonan merah, kukus kembali selama 10 menit. Terakhir, tuang adonan hijau. Untuk mematangkan semua lapisan, kukus selama 20 menit. angkat, dinginkan.

5. Keluarkan bolu dari cetakan.potong-potong. Atur di dalam piring saji. Hidangkan.

Untuk ± 15 Potong

Tip: Jangan membuka kukusan sebelum 10 menit atau bolu mengembang sempurna karena permukaan bolu akan turun. Untuk variasi, bolu bisa di taburi mises cokelat atau kacang almon panggang sebagai campuran isi. Alas loyang dengan kertas minyak agar bolu mudah dikeluarkan.

INFO LENGKAP JAJAN PASAR KLIK DI SINI

Resep Ayam Panggang

Bosan menyantap ayam goreng sebagai lauk harian? Dengan bumbu sederhana, andapun bisa menyajikan ayam panggang super lezat. Saya pecaya, hidangan ini pasti akan menjadi menu favorit keluarga. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.


Roast Chicken

Bahan:
500 g ayam, potong beserta tulangnya
3 sdm minyak goreng
5 buah cabe merah, tumbuk kasar
2 buah tomat, haluskan
2 sdt gula pasir
1 sdt kecap manis
1 sdt lada hitam, tumbuk kasar
½ sdm ketumbar, haluskan
3 butir kemiri, haluskan
1 sdm air jeruk lemon
½ s dt garam halus
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
2 batang serai, memarkan

Cara Membuat:
1. Rebus potongan ayam dengan daun salam, daun jeruk dan serai. Masak hingga mendidih, angkat. Tiriskan.

2. Campur cabai yang sudah dihaluskan dengan tomat, gula pasir, minyak, kecap manis, lada hitam, ketumbar, kemiri, air jeruk lemon/nipis, minyak dan garam. Aduk rata. Masukkan potongan ayam, aduk dan diamkan 20 menit agar bumbu meresap.

3. Atur potongan ayam di dalam pinggan tahan panas/loyang atau loyang aluminium foil. Panggang di dalam oven atau di atas bara api hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat.

4. Atur di dalam piring saji, hidangkan hangat.

Untuk 3 Porsi

Kue Pukis Untuk Wirausaha

Lembut, wangi, gurih dan lezat, demikian kata-kata yang tepat untuk mengungkapkan cita rasa kue mungil ini. Bahanya relatif murah dan mudah didapat, Anda ingin mencobanya? Resep berikut bisa menjadi panduan Anda turun ke dapur. Selamat Mencoba. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.



Pukis

Bahan:
Tepung terigu protein sedang/cap segitiga biru 200 g
Telur ayam 4 butir
Gula pasir 125 g
Santan dari ½ butir kelapa 200 ml
Ragi instan/instan yeast 10 g
Margarin, lelehkan 40 g
Vanili bubuk/vanili pasta ¼ sdt
Garam halus ½ sdt

Cara Membuat:
1. Kocok telur, gula dan garam hingga mengembang kaku. Tambahkan tepung terigu, ragi instan, margarin dan vanili, aduk rata.

2. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga terbentuk adonan yang licin. Diamkan adonan selama 60 menit atau hingga adonan mengembang dan berbuih.

3. Panaskan cetakan pukis yang sudah dioles dengan sedikit margarin. Tuangkan adonan, panggang dengan api sedang hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, dinginkan.

4. Atur di dalam piring saji, hidangkan.

Untuk ± 20 buah

Tip: Untuk variasi isi, sebelum permukaan kue mengering, taburi meises, parutan keju, kismis atau cincangan kacang tanah sangrai. Adonan juga bisa ditambahkan dengan 1 sdt pasta cokelat dan 1 sdm cokelat bubuk untuk mendapatkan kue pukis berwarna cokelat.

Mengenal Daun Tespong



Bagi masarakat Jawa Barat, menikmati hidangan dengan sambal dan lalapan merupakan lauk sehari-hari. Salah satu lalapan favorit masarakat Suku Sunda adalah daun Tespong (Oenanthe javanica).

Tanaman tespong tumbuh subur di dataran tinggi hingga dataran rendah, asalkan tanahnya gembur, lembab dan berdrainase baik, tespong dapat tumbuh dengan baik. Sepintas, tanaman semak yang bisa mencapai tinggi 150 cm menyerupai daun sledri. Aromanya harum dengan daun bergerigi. Daun mudanya sangat enak diolah menjadi tumisan atau dimakan mentah sebagai lalapan sebagai pelengkap lauk ikan bakar, ayam goreng dengan sambal. Teks&Foto: Budi Sutomo

Alamat Toko Alat dan Bahan Kue

Toko Alat & Bahan Kue

Banyak e-mail yang masuk menanyakan tempat membeli bahan dan alat kue. Berikut beberapa toko bahan dan alat kue di Jakarta, Bogor dan Surabaya yang bisa dijadikan tempat berbelanja.


Nama : Toko Tania

Melati Mas Square (Samping Giant Melati Mas) Serpong
Telepon : (021) 538 4860

Nama : Toko Teratai
Jln. Gunung Sahari III no. 12C Jakarta Pusat
Telepon : (021) 421 9036


Nama : Toko New Batang Hari

Jl. Hayam Wuruk (HARCO) Pertokoan Glodok Makmur blok A no.22, Jakarta 11180
Telepon : (021)-6903169


Nama : Toko Cherri
Jl Pondok Kelapa Raya Blok I/14 No. 3C
Telepon : (021) 865 6043

Nama : La Sara
Perum. Bumi Satria Kencana, Jl. H.Noer Ali - Kalimalang Bekasi
Telepon : (021) 8840910

Nama : Toko Ani
Jl. Gunung Sahari I No. 5, Jakarta 10610
Telepon: (021) 421 1286 - 425 3109 - 389 04460

Nama : Arvian
Jl. Margorejo Indah XIV blok C no. 603 Surabaya
Telepon : (031) 843 6100

Nama : Handijaya
Jl. Walikota Mustajab 54 Surabaya

Nama: Toko Cherry
Ruko Sentra Eropa Blok B/27, Kota Wisata
Tlpn: 021-929 20278 – 849 35316

Nama : Toko Fortuna
Jl. Zainul Arifin, Jakarta Pusat
Telepon : (021) 632 2937

Nama : Toko Merry
Pasar Mayestik Lt.1 Blok I B18
Telepon : (021) 724 4718 - 722 1785

Nama : Sinar Yong
Jl. Kedungdoro No. 24-26 Surabaya

Nama : Toko Mira
Jl. KH. Hasyim Ashari no. 9-B Jakarta Pusat
Telepon : (021) 6329224

Nama : Tigerson
Jl. Kaji No. 18B, Jakarta Pusat
Telepon : (021) 632 5913, 632 5917

Nama : Toko ACC Senen
Proyek Pasar Senen Blok III Lt. Dasar Los DD 8/9
Telepon : (021) 421 0149

Nama : Bluebell
Kelapa Nias Raya (Pelepah Elok I) Blok GN1-35, Jakarta 14250
Telepon : (021) 451 7082 - 451 7083

Nama : Toko Rossy
Jl. Kaji No. 38A, Jakarta 10130
Telepon : (021) 632 1145 - 632 1147

Nama : Toko Syafina
Cawang Baru no. 432 B
Telepon : (021) 687 50675

Nama : Toko Kharisma
Jl. Danau Agung II Blok E3/2A No. 18, Sunter, Jakarta.
Telepon : (021)-65833931-32 , Fax: (021)-6459118

Nama : Toko Mira – Depok
Ruko Depok Mas B No. 3 Jl. Raya Margonda No. 42, Depok
Telepon : (021) 772 03681

Nama : Titan
Jl. RS Fatmawati 22A, Cilandak Barat, Jakarta Selatan
Telepon : (021) 769 2329

Nama : Wilton – Fatmawati
R.S. Fatmawati No. 8 Blok A, Jakarta Selatan
Telepon : (021) 720 0239 - 724 6858

Nama : Restomart - Kitchen Superstore
Gajah Mada Plaza Lt. III/9 Jl. Gajahmada No. 19-26 Jakarta Pusat
Telepon : (021)-633 6860 - 633 6861

Nama : Lowids
Ruko Bintaro Jaya Sektor 9 Blok C No.5 - Bintaro Jaya
Telepon : (021) 745 1918 - 745 2248

Nama : Aneka Loyang
Jl. Dewi Sartika 88 Bogor
Telepon : (0251) 378864

Nama : Toko Mekar Jaya
Jl. Siliwangi no. 128 B Bogor
Telepon : (0251) 310234

Nama : PT.Prambanan Kencana
Jl.Kaji 11A, Jakarta Pusat
Telepon : (021) 633 2127

Nama : Toko Puspita
Ruko Pasar Modern Blok R85-86 Sektor 1.2 BSD - Serpong Tangerang
Telepon : (021) 531 58366

Nama : Yoeks

Jl. Gedong Sawah 1 no. 7 Bogor
Telepon : (0251) 311436