Tuesday, December 02, 2008

Cerita Blogger & Nokia N 78



Teman-teman, media online yang bernama blog ini, beserta para blogger dan komunitas-komunitasnya sedikit demi sedikit, perlahan-lahan, semakin lama semakin mendapat tempat serius di masyarakat. Sebelumnya, blogger sudah diakui oleh pemerintah yang menyatakan 27 Oktober adalah Hari Blogger Nasional dan dianggap sebagai bagian dari keluarga besar pemerintah. Lalu, para artis beserta para tokoh-tokoh publik di Indonesia pun tidak ketinggalan memiliki media personal yang bernama blog ini.

Dan mulai baru-baru ini, kita-kita para blogger pun mulai ‘dilirik’ oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia sebagai ‘teman dekat’ perusahaan. Sebelumnya, pada bulan Februari 2008 lalu, beberapa blogger diundang oleh Toyota Astra Motor Indonesia di peluncuran All New Toyota Corolla Altis. Pada saat itu, sekitar 15 blogger, sebagian adalah blogger-blogger ternama Indonesia, seperti Pak Nukman, Ndorokakung, Paman Tyo, Ong Hock Chuan, Pitra, diundang untuk makan siang bersama di Hotel Ritz Carlton Jakarta sekaligus menghadiri peluncuran mobil itu.

Dan minggu lalu, tepatnya Jum’at, 13 Juni 2008, acara serupa juga diselenggarakan oleh Nokia. Beberapa blogger, termasuk saya (kaget lho, saya diundang juga!), diundang oleh Nokia dalam acara bertajuk Blogger Gathering: “Join The Things That Matter To You”. Tempatnya di restoran Neo Vanity, Menara Baru Standard Chartered, Jakarta. Ceritanya, mas Budi Putra diminta oleh Nokia untuk mengajak beberapa blogger dari berbagai kalangan dan berbagai topik blog. Dan mas Budi Putra pun akhirnya mengundang 10 blogger yang memiliki topik blog berbeda-beda, dari IT, fashion, boga, teknologi komunikasi, tulis-menulis, dan blog tentang blog.

Pada pertemuan itu, pihak Nokia menceritakan tentang produk terbaru mereka, Nokia N78 yang mengusung tema konvergensi. Tepatnya, N78 itu mengkonvergensikan (aduh, betul nggak ya bahasanya?) fitur GPS dan kamera dengan cara yang sangat inovatif: memasukkan location-based tag ke dalam metadata foto digital. Gampangnya, kalo kita mengambil foto di Monas pake kamera N78 ini, komputer akan tahu kalau kita foto itu dari Monas. Dengan menggunakan satelit GPS, koordinat tempat kita mengambil foto itu dimasukkan ke dalam metadata foto tersebut. Contoh satu hal yang paling keren adalah, pada saat foto dengan metadata lokasi itu di-upload ke flickr, orang-orang yang membuka foto itu bisa mengetahui titik pengambilan foto itu pada peta dunia! Gampang banget kan, buat nunjukin ke temen kita yang ada di sisi lain Indonesia tempat foto ini.. Dipikir-pikir, N78 ini cocok buat para blogger, terutama yang suka travelling dan foto-foto..

Nah, sekarang kita kembali lagi ke topik utama. Iya, dengan Nokia Blogger Gathering ini, berarti saya sudah tahu 2 kegiatan mengundang blogger yang diadakan oleh perusahaan besar. Kedua acara ini jelas-jelas menunjukkan, bahwa komunitas blogger di Indonesia sudah semakin ‘dianggap ada’ oleh perusahaan-perusahaan besar. Terbukti, blogger bukanlah sebuah komunitas online yang bisa dianggap remeh, karena pengaruh yang kita hasilkan kepada masyarakat (setidaknya masyarakat Internet) semakin lama semakin besar. Apa yang kita tuliskan di blog kita akan dibaca oleh banyak orang yang berkunjung ke blog kita. Karena umumnya pengunjung setia blog kita itu percaya dengan apa yang kita tuliskan di blog, maka besarlah pengaruh kita sebagai blogger kepada pembacanya. Dan apabila banyak blogger menuliskan suatu hal yang sama pada suatu waktu, yakinlah kita bahwa hal yang ditulis itu adalah hal yang penting.

Menurut saya, itulah yang dengan cerdas ditangkap oleh Toyota dan Nokia. Dengan menjamu blogger sambil menceritakan produknya, blogger pun menjadi terkesan. Apabila produk itu memang benar-benar worth it untuk diceritakan kembali di blog-nya, blogger pun menceritakan itu di blog-nya. Itulah yang terjadi setelah Toyota dan Nokia mengundang para blogger. Baca saja liputan beberapa blogger yang hadir pada Nokia Blogger Gathering itu: Nokia “Go Blogging”, Blog, Telkom, Nokia, dan Karya Nokia Untuk Bloggers. Blogger pun tampaknya mulai menjadi mitra perusahaan dalam membangun citranya di masyarakat.

Dan sepertinya, akan bertambah lagi perusahaan-perusahaan yang akan mengundang blogger dalam peluncuran produk-produknya. Dan suatu saat, mungkin saja kita termasuk ke dalam blogger yang beruntung akan diundang makan enak sama perusahaan-perusahaan itu, hehe..

Ayo ngeBlog!

Dari kiri-ke kanan:

  1. Budi Sutomo. http://budiboga.blogspot.com/
  2. Dominikus Susanto. Nokia Product Marketing Manager
  3. Regina Hutama Poli. Nokia Corporate Communications Manager
  4. Harry Sufehmi. http://harry.sufehmi.com/
  5. Yessi Pratiwi Surya Budhi. http://yessipratiwi.blogspot.com/
  6. Budi Putra. http://thegadgetnet.com/
  7. Kuncoro Wastuwibowo, http://kun.co.ro/
  8. Saya (Muhammad Ilman Akbar). http://www.ilmanakbar.com/, http://www.ayongeblog.com/
  9. Puti Karina Puar. http://byputy.com/
  10. Amir Karimuddin. http://amir.karimuddin.com/
  11. Rendy Maulana. http://rendymaulana.com/
  12. Pepih Nugraha. http://pepihnugraha.com/
  13. Jonru. http://www.jonru.net/
  14. Mbak Leya. Prisma Public Relations
  15. Mbak Fira Dewiyana. Prisma Public Relations
Teks & Foto Diunduh Dari: http://www.ayongeblog.com

2 Comments:

At 4:14 AM, Anonymous mbelGedez™ said...

Halah...

Lha Blog sayah ituh Blog Jelek Dan Sesat kok, boss...


:mrgreen:

 
At 4:31 AM, Anonymous iBnu said...

sori ya gak bisa ikut
abis sibuk banget
hahahahaha (ngarep)

 

Post a Comment

<< Home