Monday, December 22, 2008

Awas Buku Copy Paste Dari Blog !!!

Sempat kaget ketika melihat sebuah buku di toko buku Gunung Agung - Atrium Senen. Melihat sekilas langsung engeh, “Wah ngga beres nih buku, fotoku dipakai buat cover” Setelah diperhatikan secara detail, ternyata tidak cuma cover depan, cover belakang dan isi juga menggunakan foto dari blog tanpa menyebutkan sumber.

Berulang kali kasus pencurian foto dari blog. Kali ini pencurian dilakukan oleh penerbit yang sudah menjadi anggota IKAPI. Tidak tanggung-tanggung, foto digunakan untuk cover depan, cover belakang dan isi.

Sepertinya budaya copy paste di dunia maya menjadi perilaku yang dihalalkan oleh Penerbit Pustaka Anggrek yang beralamatkan di Jl. Anggrek 3/34, Baciro Baru, Yogyakarta. 55225. Telepon (0274)554985/554986. e-mail pustakaanggrek@galangpress.com. www.galangpress.com

Buku yang berjudul 250 Resep Aneka Jajan Pasar Paling Nendang. Disusun oleh Tu’tu Catering. Perancang Isi: Reni Roselina. Perancang cover: Reni Roselina. Menggunakan foto cover dari blog Info Boga - Asia Blogging Network tanpa Ijin. Buku ini dijual dengan harga Rp.30.000. Hampir semua fotonya diambil dari internet dan beberapa diantaranya termasuk foto cover depan, foto cover belakang dan isi. Sangat disayangkan perbuatan dari penerbit Anggrek yang sudah mengantongi ijin dari IKAPI. Harusnya Penerbit Anggrek berprilaku profesional karena buku yang diterbitkan adalah buku resep komersial.

Lihat Kasus Copy Paste Sebelumnya:
Buku Nutrisi Tanaman
Majalah Info Resto

13 Comments:

At 11:56 PM, Anonymous Novari Mursita said...

Yach...itulah orang-orang bangsa ini Suka Menjiplak!!.Ndak kaset, CD, buku, sekarang copy paste. Sebentar lagi cloning menjamur di Indonesia..he..hee

 
At 12:13 AM, Anonymous Anonymous said...

Ngga bakal aku beli bukunya Tutu Catering. sabar mas Bud...

Nindita
Nindita65@yahoo.co.id

 
At 12:14 AM, Anonymous Anonymous said...

Kasih pelajaran saja mas, biar kapok tuh penerbitnya

Panji Ananta
Panji_nanta@yahoo.com

 
At 10:07 PM, Blogger happyninie said...

orang/pengusaha2 yg beginian,harsu di warning mas. harus di beri pelajaran. semua itu perlu proses ,usaha. bukan main jiplak aja. gak pro banget deh

 
At 10:19 PM, Anonymous Yunicazarez said...

Saranku kecilkan fotonya aja mas, gak hanya resolusinya tapi ukurannya jg (cm-nya) dan kasih merek. Biar mrk pada kecele!

 
At 11:18 AM, Blogger Bia R Adawiyah said...

Saya setuju dgn saran Yunicazarez.
Kalau mas mau masukan photo di kecilkan dulu jadi kalau ada orang mau ngambil juga gambarnya akan buran(engga jelas).
http://www.resize.it/

 
At 10:08 PM, Anonymous Anonymous said...

Mas kasih alamat blog aja di photonya biar nggak bisa diapa-apain. Sekalian buat promosi juga mas.

 
At 10:09 PM, Anonymous Lukman said...

Mas bisa ngikutin apa yang dilakukan freefoto.com.

 
At 11:22 PM, Anonymous Anonymous said...

nendang....

 
At 1:09 AM, Anonymous nonadita said...

Kasus kayak gini emang ngeselin. Untuk mencegah kasus serupa, bener banget saran di atas. Foto2nya dikecilkan dan kasih watermatrk/alamat blog ini persis di tengah foto.

Jangan ditulis di pinggir foto, bisa di-crop nanti. Good luck, Mas

 
At 10:30 PM, Blogger Dapur Bia said...

Ini saya beli bukunya masBudi

http://dapurbia.blogspot.com/2009/01/brownies-kentang.html

 
At 7:48 AM, Blogger Grace said...

Duh gawat ya di Indonesia bisa2nya ya paste cover segala,kalau disini sdh dibawa kepengadilan,disini tuh negara pangacara,apa2 modelnya pengacara....jadi pengacaranya pada kaya2.
Mas,mestinya pengarangnya di tulisin surat ,pengin tahu reaksinya.
kesel hati ya mas.....saya busa merasakan.

 
At 9:01 PM, Anonymous defnie said...

Waah, copy paste untuk tujuan komersil sih mestinya bagi-bagi keuntungan doonk ! ini udah nggak mau bagi keuntungan, nggak mau nyebutin sumbernya pula, benar2 keterlaluan.

Tapi kalau aku boleh donk, copy paste untuk bagi2 ilmu pengetahuan, tentunya aku sebutkan sumber aslinya doonk ! boleh ya ! thanks berat nih ....!

 

Post a Comment

<< Home