Sunday, November 02, 2008

Makanan Vegetarian


Gaya hidup vegetarian kembali menjadi trend. Tidak hanya tubuh lebih sehat, pola makan ini juga ramah lingkungan.

Kendala diet vegetarian memang adalah terbatasnya bahan pangan yang diperbolehkan untuk dimakan. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo

Kiat Sehat Diet Vegetarian:

1. Variasikan menu dan bahan pangan yang dikonsumsi. Menyukai makanan tertantu yang berlebihan bisa menyebabkan kekurangan dan kelebihan zat gizi. Dengan menu yang beragam, maka kebutuhan gizi tubuh semakin lengkap karena masing-masing bahan berbeda kandungan gizinya.

2. Kebutuhan protein penganut vegetarian memang terbatas hanya protein nabati. Disarankan di dalam setiap menu ada unsur kacang-kacangan dan hasil olahannya. Seperti susu kedelai, tempe dan tahu. Menghingat bahan pangan ini merupakan sumber protein nabati yang baik.

3. Batasi penggunaan lemak, garam dan gula. Meskipun diperbolehkan, ketiga bahan ini akan memicu beragam penyakit. Seperti hipertensi, diabetes, jantung dan obesitas.

4. Jika Anda menjadi vegetarian bukan karena alasan agama/kepercayaan. Usahakan Anda tetap mengkonsumsi ikan, susu atau telur agar kebutuhan protein tubuh tercukupi.

5. Hindari makanan kemasan karena dimungkinkan mengandung pengawet, pewarna dan pemberi rasa (MSG) yang berifat karsinogen penyebab kanker.

6. Jangan mengolah bahan makanan terlalu matang karena akan merusak unsur gizi, terutama golongan vitamin yang mudah rusak selama proses pemanasan.

7. Agar lebih sehat, gunakan teknik memasak rebus, kukus atau panggang yang menggunakan sedikit.

Tumis Jamur Asparagus

Bahan:

250 g asparagus, bersihkan, potong-potong
100 g jamur kancing/merang, potong-potong
100 g paprika merah, potong korek api
75 ml air
2 sdm minyak goreng
Bumbu:
3 siung bawang putih, cincang
2 sdm bawang bombay cincang
2 sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
1 sdt gula pasir
½ sdt garam halus

Cara Membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
2. Masukkan jamur, aduk rata. Tuang air, kecap asin, saus tiram, gula pasir dan garam. Aduk rata.
3. Tambahkan paprika dan asparagus. Masak sambil diaduk-aduk hingga semua bahan matang. Angkat. Tuang ke dalam pinggan saji, hidangkan hangat.

Untuk 4 Porsi

10 Comments:

At 8:55 AM, Blogger Masak sehat by Yuni said...

Mantap kalee, jd ngiler neh mas. Aku mau cobain pake jagung baby ah secara asparagusnya langka.

 
At 12:20 AM, Anonymous tips from irfan said...

Salam kenal..

Saya mendapatkan informasi tentang vegetarian yang sehat dari blog ini. thanks

 
At 2:27 AM, Blogger weight_loss_solution said...

salam kenal mas,
saya prima dari purwokerto
terimakasih atas info makanan vegetariannya..kalau boleh,saya minta info mengenai masakan vegetarian yang direbus atau dikukus,karena saya sangat suka makanan rebus/kukus...terimakasih sebelumnya

 
At 3:52 PM, Anonymous topbloggerpost said...

aduh... bagus banget nih blog nya

 
At 3:53 PM, Anonymous DUNIA LUCU-LUCU said...

SALAM KENAL AJA YA MAS

 
At 3:54 PM, Anonymous Click Overall Money Maker said...

blog walkin, mampir salam-salaman aja

 
At 3:55 PM, Anonymous Resep Masakan Super Kitchen said...

Salam kenal mas

 
At 3:55 PM, Anonymous Foto Selebrity Indonesia said...

Foto Selebrity Indonesia
Foto Selebrity Indonesia
Foto Selebrity Indonesia

 
At 5:54 PM, Anonymous INFO DIABETES MELLITUS said...

Wah blog ini sayang banget nggak dimaintain lagi kayaknya.
Sebenarnya bagus lho artikelnya.

 
At 5:56 PM, Anonymous ARTIKEL SEX said...

Keren deh mas

 

Post a Comment

<< Home